Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Alhamdulillah, Ujian Praktik (Uprak) Kelas VI SD si Adik hari ini berjalan lancar. Jadwalnya mata pelajaran IPA dengan bahan ujian: Simulasi Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan. Hari pertama Uprak, Senin lalu,  pelajaran Alquran, yang meski bisa tapi agak ambyar lantaran salah mempersiapkan materi ujian. Hari kedua lancar jaya, palajaran Bahasa Indonesia, menulis surat pribadi dan berpidato, dengan tema belajar di masa pandemi COVID-19. Dan hari ini IPA yang Alhamdulillah lancar juga.

Jadi metode Uprak secara daring hari ini, siswa siminta menyiapkan peralatan (kertas HVS/kertas gambar ukuran A4, penggaris, jangka, pensil warna atau crayon), untuk menggambar simulasi gerhana matahari dan gerhana bulan. Kemudian jika sudah selesai menggambar mereka satu persatu diminta menjelaskan proses terjadinya gerhana itu. 


Simulasi Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan


Semua gerhana? 

Untungnya enggak.... Bu Guru kasih diskonan karena sekolahnya PJJ kayaknya hahaha. Jadi cuma diminta menggambar satu gerhana yang keluar saat undian. Tapi teteup dong kesemua gerhana dipelajari. Kan ga bakal tahu yang keluar undian gerhana apa, ye kan?

Nah, minggu lalu si Adik saya minta berlatih menggambar (meski ngasal) keenam gerhananya, kemudian menjelaskannya. Tadi malam dia saya minta berlatih beneran gambarnya tapi satu gerhana saja. Dan dia pilih Gerhana Matahari Total. 

Paginya setelah keluar undian dari Bu Guru, eh Qadarullah yang keluar Gerhana Matahari Total. Yo wis, dia lancaaar jadinya gambarnya dan begitu selesai lapor Bu Guru untuk presentasi. Yang kedua selesai dari sekelas (16 anak/kelompok Uprak, via Zoom Meeting), terus boleh leave meeting duluan deh. hehehe. Asyik!

Nah, berikut bahan ujian materi "Simulasi Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan". Siapa tahu ada yang perlu, monggo!

Tentang Gerhana


Gerhana adalah peristiwa tertutupnya suatu benda langit oleh benda langit lain. Dalam peristiwa gerhana ada 2 macam bayangan, yaitu bayangan Umbra dan Penumbra. Bayangan Umbra yaitu bayangan inti yang sangat gelap, dan Bayangan Penumbra yaitu bayangan samar. Gerhana terbagi menjadi 2 yaitu Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

A. Gerhana Matahari


Gerhana Matahari adalah terhalangnya Matahari oleh Bulan. Gerhana Matahari terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

1. Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari ini terjadi saat sinar matahari yang menuju bumi terhalang sepenuhnya oleh bayang-bayang bulan. Pada saat itu kedudukan bumi, bulan, dan matahari berada pada satu garis lurus, sehingga bagian Bumi yang terkena bayangan umbra Bulan akan gelap beberapa saat.Gerhana matahari total hanya berlangsung sekitar 7 menit. Gerhana matahari ini terjadi pada fase bulan baru.


Gerhana Matahari

2. Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian terjadi saat sinar matahari yang menuju bumi terhalang oleh bayang-bayang penumbra bulan. Pada gambar di atas, wilayah Bumi yang mengalami gerhana Matahari Sebagian adalah wilayah yang terkena bayangan penumbra. Ketika gerhana ini berlangsung, akan terlihat sebagian cakram matahari tertutup cakram bulan.


Gerhana Matahari

3. Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari ini terjadi saat bumi mengalami lanjutan umbra bulan yakni saat bulan berada pada titik terjauh dari bumi. Gerhana ini bisa ditandai dengan adanya garis cahaya membentuk lingkaran cincin yang memiliki lubang hitam di tengahnya.


Gerhana Matahari Cincin


B. Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah fenomena yang terjadi apabila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak bisa mencapai bulan karena terhalang bumi.

1. Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total terjadi apabila bulan tepat berada pada bayangan umbra bumi. Menjelang gerhana bulan total terjadi yakni saat sebagian besar bulan telah masuk ke umbra bumi, bagian umbra yang tadinya gelap akan tampak memerah. Begitu pula saat bulan telah masuk seluruhnya ke dalam umbra, bulan juga akan tampak memerah dan bukannya gelap total. Warna kemerahan tersebut berasal dari cahaya Matahari yang masih diteruskan oleh atmosfer Bumi.


Gerhana Bulan

2. Gerhana Bulan Sebagian 

Gerhana bulan sebagian terjadi apabila sebagian bulan berada pada bayangan umbra bumi dan sebagian lagi berada pada penumbra bumi. Pada saat gerhana ini terjadi permukaaan bulan akan terlihat gelap dan memerah, sedangkan sebagian lagi akan tampak normal.


Gerhana Bulan

3. Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan penumbra terjadi saat bulan tepat berada di bayangan penumbra Bumi. Pada saat itu, Bulan hanya akan tampak sedikit redup dari biasanya. Perubahan ini biasanya sulit dideteksi dengan mata dan hanya dapat diukur dengan alat khusus.


Gerhana Bulan



Salam Semangat

signature-fonts

No comments