Yuk, Coba Resep Royco NutriMenu!

Mak, bingung mau masak apa? Yuk kepoin Royco NutriMenu saja! Gudang inspirasi resep lezat bernutrisi dari bahan yang mampu cukupi kebutuhan gizi untuk #BantuTumbuhSesuai dan terhindar dari kondisi Hidden Hunger. Yes, Royco NutriMenu adalah program memasak resep berbahan 50 Pangan Masa Depan, sesuai Isi Piringku, dengan ragam bahan makanan seru dan lezat yang baik untuk diri juga Bumi.

Apa itu 50 Pangan Masa Depan?

Tepatnya “Ragam Bahan Makanan yang Baik untuk Masa Depan (Future 50)” yang memberdayakan manusia menuju perubahan positif. Di mana daftar ini berfokus pada makanan berbasis tumbuhan karena makanan berbasis hewan memberi dampak yang lebih besar terhadap lingkungan. Nah, mengambil langkah untuk memasukkan lebih banyak makanan berbasis tumbuhan ke dalam pola makan dapat menghasilkan dampak positif bagi kita dan bumi.

Oh ya, 50 Makanan Masa Depan ini kaya warna dan rasa. Meliputi seluruh warna spektrum pelangi dan menawarkan cita rasa serta tekstur yang dapat dinikmati orang-orang dengan beragam selera. Dan kesamaan di antara ke-50 makanan ini adalah nilai gizinya yang tinggi dan dampak lingkungan yang rendah. Sayur-mayur hijau, kacang-kacangan, umbi-umbian, kecambah, ganggang, dan biji-bijian seluruhnya padat gizi dan lezat alami.


50 Pangan Masa Depan


Tentang Ragam Bahan Makanan yang Baik untuk Masa Depan (Future 50)


Well, “Ragam Bahan Makanan yang Baik untuk Masa Depan (Future 50)” disusun melalui penelitian dengan masukan dari berbagai ahli di bidang ketahanan pangan, pertanian, dan gizi. Laporan ini dipersembahkan oleh Royco, WWF, dan Dr. Adam Drewnowski sehingga bisa dipertanggungjawabkan mengingat:

  1. Royco telah lebih dari 40 tahun menyediakan makanan inovatif dan secara aktif bekerja sama dengan para petani, pemasok, dan koki untuk menepati komitmen pengadaan sayuran, rempah-rempah, dan serealia yang berkelanjutan, paling lambat tahun 2020.
  2. World Wildlife Fund (WWF) adalah organisasi konservasi terkemuka di dunia, dengan pendekatan berbasis ilmiah, jangkauan berskala global, dan lebih dari 5 juta anggota.
  3. Adam Drewnowski adalah Direktur Pusat Gizi Kesehatan Masyarakat di Sekolah Kesehatan Masyarakat, University of Washington. Beliau salah satu tokoh terpandang dalam studi tentang obesitas dan kesenjangan sosial pada diet dan kesehatan.

Royco dengan Garam Beriodium


Apa Saja yang Termasuk “Ragam Bahan Makanan yang Baik untuk Masa Depan (Future 50)”?


Nah, yang termasuk dalam “Ragam Bahan Makanan yang Baik untuk Masa Depan (Future 50)” adalah 18 jenis sayuran, seperti lobak putih yang lebih cepat tumbuh dan rasanya tidak sepedas lobak merah, ‘sepupunya’ yang lebih umum ditemukan. Selain itu, tercantum juga 13 jenis serealia, biji-bijian, atau umbi-umbian, misalnya teff, biji-bijian pokok tahan cuaca asal Etiopia yang serbaguna dan kaya akan zat besi. Kacang-kacangan, polong-polongan, dan kecambah juga menjadi anggota inti daftar ini, termasuk kacang marama, sumber asam lemak esensial berbasis tumbuhan dengan rasa mirip kacang mete.

Kemudian daftar ini disempurnakan dengan 4 jenis kacang-kacangan dan biji-bijian, yang semuanya lezat dikonsumsi sebagai camilan bergizi, serta 3 varietas jamur, yang dapat ditambahkan ke berbagai hidangan pembuka untuk memperkaya zat gizi yang bermanfaat sekaligus mendapatkan rasa umami yang gurih.

Oiya, “Ragam Bahan Makanan yang Baik untuk Masa Depan (Future 50)” bukan daftar makanan padat gizi yang lazim dikenal sebagai ‘superfood' yaaa... Melainkan kumpulan beragam bahan makanan dari seluruh dunia yang dipilih secara saksama dengan satu tujuan penting: "Anda dan Bumi yang lebih sehat."

Lalu, untuk siapakah “Ragam Bahan Makanan yang Baik untuk Masa Depan (Future 50)” ini? 

Untuk kita, komunitas kita, bumi kita—siapa saja! Banyak makanan di daftar ini yang mengingatkan kita pada santapan nenek moyang kita, dan semuanya memiliki manfaat baik untuk generasi mendatang.

Seperti dua resep yang saya coba yang berbahan salah satu dari 50 Pangan Masa Depan berikut ini: Mendoan Pedas Royco dan Bobor Bayam Ubi.

Royco Nutrimenu

Resep Mendoan Pedas Royco & Bobor Bayam Ubi


Mendoan berbahan tempe kaya protein, dapat dijadikan alternatif sumber protein nabati yang terjangkau. Proses fermentasi tempe menjadikan kandungan gizi kedelai terurai jadi lebih sederhana sehingga mudah dicerna.

Sementara, ubi jalar dapat dijadikan sumber makanan pokok pengganti beras, mengandung karbohidrat dan betakaroten yang bantu jaga kekebalan tubuh.

Mendoan Pedas Royco


Bahan:

1 papan/400 g tempe, iris
200 ml minyak goreng

Adonan pelapis, aduk rata:

100 g tepung terigu
1 sdm tepung tapioka/sagu
1 1/2 sdt Royco Rasa Ayam
1 1/2 sdt ketumbar bubuk
6 buah cabai merah, iris tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
250 ml air dingin

Yuk masak!

Celupkan tempe ke adonan pelapis, goreng dalam minyak panas hingga matang keemasan. Angkat, tiriskan. Sajikan segera.

Bobor Bayam Ubi


Bahan:

200 g bayam
2 buah wortel, kupas, potong dadu
75 g ubi ungu, kupas, potong dadu
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 1/2 sdm gula
2 sdt Royco Rasa Ayam
1000 ml santan encer
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu, haluskan:

6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar butiran

Yuk masak!

Panaskan minyak. Tumis bumbu,lengkuas,daun salam hingga harum. Tuang santan, didihkan. Masukkan wortel, ubi, masak hingga matang. Masukkan bayam, gula, Royco, aduk rata. Masak 2 menit hingga bayam layu. Angkat. Sajikan segera ditemani nasi putih.

Tuh, simpel kan bikinnya? Sehat pula!

Yuk, coba resep lainnya yang ada di: https://www.royco.co.id/home.html saja kalau lagi bingung mau masak apa!

Ikuti juga @emak2blogger Instagram Photo Contest bertema "Royco NutriMenu" (di periode 1-21 Februari 2021) bersama @roycoindonesia yaa!❤




Happy Cooking!


signature-fonts

7 comments

  1. Jadi kangen sayur bobor aku. Tapi di rumah ki nggak ada yang suka kecuali emake sama anak mbarep mbak. Berhubung anak mbarep udah balik kost, nggak ada temenny makan sayur bobor. Aku mau ke web royco ah, mau coba resep buat masak biar nggak jenuh.

    ReplyDelete
  2. Waah bobor bayamnya pake ubi :). Aku blm pernah kalo pake itu, biasanya hanya wortel ato jagung. Ntr mau coba kalo pake ubi :).

    Mendoan aku juga jrg bikin sendiri, Krn bbrp kali gagal bikin tekstur kulitnya yg setengah Mateng itu mba :D. Akhirnya LBH suka beli hihihi...

    ReplyDelete
  3. Wah.. saya udah lama gak bikin bobor bayam. Lebih sering bayamnya dimasak sayur bening. Nanti pengen bikin juga, deh! Ditambah mendoan pastinya jadi lebih nikmat ya...

    ReplyDelete
  4. Wiiih ini ada resep bobor baru nih. Pake ubi ungu! Menarik banget idenya mbaa. Selama ini aku kalo bikin sayur bobor bayem isinya ya cuman bayem, kacang panjang ama labu siam. Next kayaknya harus cobain deh ditambah ubi ungu. Mumpung kemarin baru aja beli nih. Belum diapa-apain.

    Trus itu mendoannya juga kece ditambahin pedes heheheh. Semuanya smart recipe nih... Aku contek ya mbaa.. sekalian nanti mau kepoin webnya royko nih. Biar ga mati gaya mau masak apaan lagi. Ekekek... Emak emak penunggu dapur suka mendadak blank ide ... Untung ada royko

    ReplyDelete
  5. Itu resep mendoan pedes royco menggoda, wajib dicoba nih. Bobor bayamnya baru tahu.. Menu royco emang sehat banget

    ReplyDelete
  6. Resepnya simple banget tapi menggoda selera makan. Apalagi mendoan mbak. Sejak tinggal di Cirebon aku suka banget ngemil jajanan ini.

    ReplyDelete