Rekomendasi Takjil Buka Puasa di Jakarta dan Sekitarnya

Puasa Ramadan sudah terlewati beberapa hari. Pasti semangat masih tinggi buat nyiapin menu berbuka maupun sahur untuk keluarga, kan ya? Meski, adakalanya ingin menu yang berbeda, biar enggak itu-itu saja. Boleh kok, sekali-kali jajan agar enggak bosan, biar kita punya waktu lebih untuk memperbanyak amalan dan lebih lama rebahan. 

Apalagi, kini begitu banyak pilihan menu yang tinggal klik pesan, bayar, enggak pakai lama sampai deh di depan rumah kita. Thanks to technology yang membuat semua makin mudah  hingga bisa dilakukan hanya dari rumah!

Nah, beberapa jajanan kekinian yang saya rekomendasikan berikut ini pas banget buat menu takjil buka puasa, khususnya untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya - sesuai area tinggal saya. Oia, hampir semua yang ada di list ini ready, tanpa perlu pre-order dulu. Kalau dirimu berminat tinggal cek akun Instagramnya saja, biar tahu lebih jelasnya. Yang jelas takjil buka puasanya semua enak dan mantap jiwa!

Etapi, sejatinya apa sih takjil buka puasa itu?

Takjil Buka Puasa

Takjil Itu Apa?

Well, menyegerakan untuk berbuka puasa sangat dianjurkan dalam Islam, sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Ketika berbuka, Rasulullah SAW biasanya memakan kurma, seperti diriwayatkan pada hadits berikut ini:

"Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air." (HR. Abu Daud)

Nah, kata "takjil" kerap dipakai sebagai kata ganti kudapan yang dimakan sesaat setelah berbuka puasa. Umumnya, berupa makanan manis seperti kolak pisang, sop buah, es campur, gorengan, dan lain sebagainya. 

Tapi, ternyata kata "takjil" artinya bukan makanan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), "takjil" memiliki arti mempercepat dalam berbuka puasa yang berakar dari kata 'ajila' dalam bahasa Arab yang artinya menyegerakan. Sehingga takjil bermakna perintah menyegerakan untuk berbuka puasa.

Lalu, seiring berjalannya waktu, kata yang digunakan untuk menyuruh orang segera berbuka puasa ini justru dimaknai sebagai makanan pembuka saat waktu Maghrib tiba. 

Beragam Menu Takjil Buka Puasa 

Jelang waktu buka puasa, jalanan akan menjadi sangat ramai bahkan macet apalagi di tempat-tempat dijual makanan. Banyak orang yang mencari makanan untuk berbuka puasa yang umumnya dijual di pinggir jalan. Sayangnya banyak yang jualan, asal aja bikin lapaknya bahkan kadang sampai pakai bahu jalan. Enggak cuma itu, yang beli juga parkir sembarangan. Enggak heran lalu-lintas pun semrawut bikin pengguna jalan lainnya jadi gabut.

Nah, kalau kita amati, ada beragam menu makanan dan minuman yang dijual untuk hidangan berbuka puasa, di aneka lapak penjual ini. Menu makanan yang dijual biasanya makanan ringan seperti gorengan, jajanan pasar juga aneka minuman. 

Hidangan berbuka puasa yang dijual ini biasanya juga berbeda-beda di setiap daerah, biasa ada tradisi  makanan khas daerah tersebut yang dijual bahkan hanya saat Ramadan.

Pokoknya riuh rendah suasana di waktu ngabuburit ini! Meski, kini ada sebagian orang menghindar bebelian di lapak penjual di pinggir jalan terkait protokol kesehatan. Dan memilih pesan takjil buka puasa yang lebih higienis di penjual dengan lapak beneran. Meski harganya sedikit merogoh kocek kita, tapi untuk alasan kesehatan kenapa enggak, yekan?

Dan, berikut beberapa takjil buka puasa untuk area Jakarta dan sekitarnya yang sebelumnya sudah pernah saya post di akun IG saya.

Takjil Buka Puasa Area Jakarta dan Sekitarnya


1. Merah Delima

Masih ngumpulin ide buat bebikinan takjil Ramadan? Merah Delima ini bisa jadi salah satu pilihan. Saya sih belum pernah bikin sendiri hihi. 

Kata teman yang pernah bikin bahannya dari bengkuang yang dipotong kecil-kecil terus dikasih pewarna dan tepung sagu. Lalu masukkan ke air mendidih hingga matang. Hidangkan dengan air gula, santan atau krim plus es batu jika ingin dimakan dingin.

Oia, kalau ga mau repot sih pesen aja Merah Delima by tanteisye @home_tanteisye WA 0811855179. Dan tadaaa rasakan keunikannya. Ada kres..kres...bengkuang di dalamnya, berpadu santan/krim yang mantap rasanya buat takjil buka puasa!

Merah Delima by Tante Isye

2. Combro by 12 Frozen

Combro adalah camilan khas Sunda dengan isian berupa tumisan oncom yang gurih dan pedas rasanya. Bagian luarnya adalah adonan singkong parut yang empuk tapi renyah di luar. 

Merupakan singkatan dari kata oncom dijero, yang artinya oncom di bagian dalam, camilan tradisional ini mantap dimakan kapan saja. Apalagi combro kini sudah banyak dijual dalam kemasan beku sehingga memudahkan saat akan dinikmati.

Seperti Combro by 12 Frozen yang saya beli dari Mbak Utie Adnu (IG @teeadnu | FB: Utie Adnu), teman blogger saya ini, praktis dan mantap sekali buat pembuka puasa kita! 

Pas juga buat jadi stok camilan dan tinggal goreng saat ingin makan. Oia, ada keripik singkong dan tape singkong juga yang sama enaknya!

Combro by 12 Frozen

3. Dimsum Si Menur

Siomay dan dimsum, bedanya dimana?

Bahan baku utama: siomay menggunakan bahan daging ikan, sehingga rasa dan aromanya lebih kuat. Jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri. Sedangkan, dimsum biasa menggunakan berbagai jenis protein, seperti ikan, ayam, daging sapi, sampai cincangan kepiting. Walau tampaknya lebih kaya isian, aroma dimsum tak sekuat siomay.

Perbedaan tekstur: siomay menggunakan lebih banyak tepung sagu daripada dimsum, sehingga terasa lebih kenyal. sedangkan dimsum terasa lebih lembut saat digigit.

Beda bumbu: siomay menggunakan lebih banyak jenis bumbu khas Indonesia, seperti bawang putih, merica, garam, dan kaldu. Sementara dimsum, berbumbu dasar cincangan bawang putih, kecap manis, dan minyak wijen saja.

Kulit pembungkus; Bahan kulit siomay adalah tepung terigu, tepung maizena, garam, dan air panas, sehingga terasa lebih kenyal, tebal, dan keras. Sementara kulit dimsum hanya terbuat dari dua bahan saja, yakni tepung terigu dan air hangat.

Saus pelengkap: siomay mengggunakan saus bumbu kacang untuk menambah cita rasa.Sedangkan, saus pendamping dimsum biasanya berupa sambal yang biasanya rasa asam manis seperti sambal bangkok. Sebagian orang mengonsumsinya tanpa sambal, karena merasa dimsum sudah enak tanpa pendamping apa pun.

Nah, kalau kamu suka siomay apa dimsum? Saya sih keduanya haha. Oia, kalau kamu mau dimsum yang enak buat takjil Ramadan kali ini, coba deh pesan di outlet atau IG @dimsumsimenur yang mantap dan variannya banyak!

Beda siomay dan dimsum

4. Sempol Ayam Udang by Nyonyah Lee

Berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebaiknya anak atau dewasa membatasi gula tidak lebih dari 50 gram, lemak tidak lebih dari 10 persen dan kalori tidak lebih dari 20 persen konsumsi harian. Dijelaskan juga jumlah ideal kalori untuk asupan camilan anak-anak sehari-hari adalah 330 kkal yang dibagi menjadi 2 kali konsumsi.Tak itu saja, sebaiknya juga menghindari garam, perisa tinggi dan pegurih yang bisa membuat anak adiktif. Pasalnya, jika anak ingin terus yang gurih-gurih akan jadi lebih pemilih.

Yes, menumbuhkan kebiasaan smart snacking itu penting. Karena kebiasaan memilih dan memberikan camilan baik bagi anak dapat menumbuhkan kebiasaan gaya hidup sehat sejak dini.Di mana studi yang dipublikasikan di International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity tahun 2017 menunjukkan bahwa orang tua yang sejak dini memberikan contoh positif dalam memilih makanan dan camilan sehat, pada akhirnya akan mewariskan kebiasaan baik pada anak yang terbiasa mengonsumsi makanan dan camilan sehat pula.

Sedangkan, jika anak dibebaskan mengonsumsi camilan kapan saja, maka akan memicu kebiasaan ngemil yang buruk, yang dapat berujung pada kelebihan nutrisi atau nutrisi yang tidak seimbang.Selain itu jika jeda waktu antara snacking dengan waktu makan terlalu dekat, anak juga menjadi kurang berselera untuk mengonsumsi makanan berat.

Syukurnya sejak pandemi hadir, kesadaran terhadap gaya hidup yang lebih sehat pun semakin meningkat. Kepedulian akan asupan makanan termasuk camilan jadi membaik. Mengingat saat ini, pemilihan camilan sebagai konsumsi yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak sehari-hari pun kian krusial.Sebab, salah memilih camilan bisa berakibat menurunnya kekebalan tubuh anak. Sehingga kita enggak boleh lagi sembarangan memilihnya!

Seperti pilihan camilan sehat Sempol Ayam Udang dari @nyonyahlee (WA 08164831819) yang halal, tanpa MSG & tanpa pengawet ini. Bisa disimpan di freezer, defrost sebelum digoreng, celup kocokan telur, lalu goreng sampai kecoklatan. Sehat, tebal dagingnya dan mantap rasanya! Oia, ada juga aneka pilihan camilan yang bisa jadi takjil Ramadan ya!

Nyonyah Lee

5. Banoffee by Jellyciousfood

Banoffee, kue kekinian yang sedang digemari banyak orang. Saya kutip dari berbagai sumber Banoffee adalah kue penutup Inggris yang terbuat dari pisang, krim, dan toffee, dipadukan dengan basis biskuit mentega atau yang dibuat dari biskuit hancur dan mentega. Beberapa versi resep juga termasuk cokelat, kopi, atau keduanya.

Kata Banoffee berasal dari campuran dua kata yakni banana dan toffee. Banana sendiri merupakan pisang, sedangkan toffee adalah saus karamel. Banoffee ini diketahui sudah ada sejak lama yakni sekitar tahun 1971. Hidangan pencuci mulut ini dipopulerkan oleh Nigel Mackenzie dan Ian Dowding yang merupakan pemilik restoran The Hungry Monk di Jevington, East Sussex, Inggris. Sejak restoran tersebut menyediakan kenu banoffee, orang-orang pun menjadi sangat tertarik untuk mencicipnya karena cita rasanya yang manis dan legit.

Banoffee memiliki banyak varian yang merupakan hasil olahan inovasinya. Untuk olahan banoffee yang terkenal adalah pie banoffee yang pada bagian bawah lapisannya terbuat dari mangkuk pie, lalu ada cake banoffee yang memang dimasak dengan cara dipanggang sehingga aromanya lebih wangi, lalu ada juga cupcake banoffee.Sementara di Indonesia, banoffee lebih sering kita jumpai dalam bentuk dessert box yang dijual secara online. Dessert box banoffee dikemas dalam bentuk kotak cup yang transparan sehingga lapisannya terlihat cantik dari luar. Membuat kita bisa mudah menyantapnya di mana saja.

Seperti Banoffee by @jellyciousfood.id (WA 08577071997) yang mantap buat takjil buka puasa ini!

Jellyciousfood

6. Roti Dodo

Bagi para pelaku usaha khususnya yang berkutat di dunia Food and Beverages. Packaging yang menarik sangatlah penting agar konsumen senang dengan first impressions ketika membeli sebuah makanan atau minuman. 

Biasanya orang ketika berbelanja akan melihat logo maupun kemasan produknya. Orang akan lebih pilih produk yang menarik dan enak dipandang selain rasa pastinya. Yup, kemasan atau packaging bisa menjadi alat komunikasi dengan konsumen. Packaging yang terlihat menarik dan unik akan membuat konsumen ingat dan senang dengan produk tersebut. Yang akan memberi nilai tambah pada produknya.

Seperti packaging @rotidodo ini, simple but sweet. Kesan pertama suka, icip rasa rotinya makin sukaaa. Oia, kalau kamu suka iseng merhatiin kemasan makanan/minuman jugakah seperti saya? Well, kemasan cantik bikin kesan saat pesan takjil Ramadan makin menarik!

Roti Dodo Jakarta

7. Bolu Gulung by Dapur Ola

Happiness is made, not found! Happiness is right now, at your home, it’s in the coffe, in the slice of cake, during that phone call with your best friend, and the sunshine. Happiness can be wherever we choose for it to be, so do yourself a loving gift and place it in your mind first. Be Happy, Be You!

Enggak sempat bikin takjil buka puasa, pesan saja Bolu Gulung by @dapurola WA 082260011317 - Happiness is Homemade - fresh, empuk, lembut, 100% homemade tanpa pengawet dan tersedia juga aneka camilan lainnya!

Bolu Gulung Dapur Ola
8. Bluder by Mamaqta

Bluder adalah salah satu jenis roti yang berkembang pada era kolonial Belanda. Ciri khas roti ini adalah sangat empuk dan kalau disobek akan terlihat serat rotinya. 

Seperti Roti Bluder Butter dengan resep kuno dengan warna keemasan yang cantik dari @mamaqta ini. Tekstur rotinya lembut dan empuk, pas banget menemani secangkir teh atau kopi. Pun pas sekali buat takjil hari ini!

Roti Mamaqta

9. Chocban Jakarta

@chocban.jakarta, pastry yang dalamnya premium belgian chocolate dan aneka topping lainnya! Pastrynya flaky buttery mantap benar! Dengan aneka pilihan topping yang sungguh menggoda untuk dicoba dan pas betul buat takjil buka puasa. Bisa buat oleh-oleh juga seperti kapan hari saat saya bawa mudik ke Kediri. Pesannya di outlet atau IG @chocban.jakarta WA 087898998993

Oleh-oleh Jakarta

10. Roti su.pon,ji

Roti adalah makanan olahan tertua di dunia. Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan. Kemungkinan pada waktu itu tepung sudah mulai diekstraksi dari umbi-umbian, misalnya dari tumbuhan jenis Typha dan tumbuhan paku. Tepung ini ditebarkan di atas batu yang datar, dibakar dengan api, menjadi flatbread primitif.

Sekitar tahun 10.000 SM, dengan munculnya era neolitikum dan perkembangan pertanian, biji-bijian menjadi bahan utama roti. Bibit ragi belum dikenal, sehingga adonan mengembang secara alami, tanpa banyak campur tangan manusia. Ada beberapa sumber teknik pengembangan roti pada awalnya. Ragi yang ada di udara bisa didapat dengan membiarkan adonan yang belum matang terekspos udara beberapa waktu sebelum dimasak.

Pliny the Elder melaporkan bahwa Bangsa Galia dan Iberia menggunakan bir yang sudah diskim yang disebut barm untuk membuat roti yang lebih ringan dari yang biasa dibuat orang. Di daerah kuno yang lebih mengenal minuman anggur daripada bir, menggunakan pasta dari jus anggur dan tepung untuk memulai fermentasi, atau biji gandum yang direndam dalam anggur sebagai sumber ragi. Sumber paling utama dari pengembangan roti saat itu adalah teknik roti asam. 

Pada tahun 1961 proses roti Chorleywood dikembangkan, yang menggunakan penggunaan mesin untuk mengurangi masa fermentasi dan waktu pembuatan adonan. Proses ini, yang memungkinkan penggunaan biji-bijian berprotein lebih rendah, kini banyak digunakan di berbagai pabrik roti dunia. Sebagai hasilnya, roti bisa dibuat lebih cepat dengan biaya lebih rendah bagi produsen maupun konsumen.

Itulah sejarah roti yang saya kutip dari Wikipedia. Roti memang pas dinikmati kapan saja. Apalagi roti @su.pon.ji (WA 08122008694) yang lembut dan enak ini, dijamin pas buat takjil buka puasa!

Roti Suponji


Jadi.....

dirimu paling suka yang mana? Apa? Semua? Sama kita hahaha....!!

Siplah, tetap semangat Ramadannya dan selamat menunaikan ibadah puasa ya! See Ya!💖


Stay Happy & Healthy

signature-fonts

27 comments

  1. Duh mbaaa postingan ini bener-bener mengandung racun jahahaha. Auto ngiler akutu.. lha padahal aku yo nggak puasa. Tapi lihat cemilan yang begitu yummy itu aku tak kuasa. Hihihi..

    Aku sukak semua!!
    Apaa? Mau dibeliin? Aseek...
    Biar timbangan nganan terus kutak peduli deh.

    ReplyDelete
  2. Samma juga kita, suka semuaaa. Apalagi engga pake bikin ndiri. Sejatinya akutu penasaran ama bikin roti, selalu nyari resep yg empuk tanpa ulenin.
    Tapi kalo ada yg tinggal pesan dan endez, why not...
    Haha...

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka semua. hhahahha.. tapi kalau buka puasa, aku menghindari bahan roti-rotian gitu, Mbak. Lebih suka takjil yang mengandung air gitu :D

    ReplyDelete
  4. Enak enak semuaaaa ya Mba Diaaan
    Ketimbang uprek2 resep dan belum tentu sakseis, aku juga lebih demen pesen kue sik :D
    Karena emang jiwa baking-ku kembang kempis di bulan puasa ini, wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  5. Mbak Diaan, berasa melihat surga makanan. Langsung berasa lagi puasa hihihi.
    Istilah takjil ini akhirnya jadi umum dipakai ya untuk menyebut penganan buka puasa.

    ReplyDelete
  6. Duuuh, enak-enak semua kelihatannya ini yang di tulisan. Sampai seminggu Ramadhan ini saya belum pernah bikin sendiri makanan untuk takjil di rumah, selalu beli hihihi. Coba saya ada di Jakarta, udah saya cobain ini yg direkomendasikan.

    ReplyDelete
  7. Saya tahu takjil artinya sampai di menu buka puasa saja. Ternyata dalam bahasa arab beda lagi artinya..

    Emang sih umumnya takjil disajikan dengan ragam menu makanan kecil dan dominan rasa manisnya ya Mbak. Untuk memberikan tendangan energi setelah seharian tubuh kekurangan makan dan minum. Nah rekomendasi di atas, sukses bikin ngiler Mbak :)

    ReplyDelete
  8. eh pas bener, bberapa hari lalu ada penjelasan ttg istilah takjil ini di grup kompleks. Begitulah uniknya bahasa ya....dari arti asli bisa melenceng seturut kebiasaan dalam masyarakat. Dan kalau sudah begini, meluruskannya butuh upaya banget ye kan...

    btw..tidak semua nama makanan di sini sudah pernah saya cicip. Yang rerotian itu, bahkan baca namanya saja baru sekarang. Meski tidak ikut puasa, tapi kalau dikash semua makanan ini keknya saya auto poso deh mbak...opo opo kerso wkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Ya ampun, mendadak jadi kepingin dimsum dooong huhuhu
    Di depan komplek rumahku udah mulai rame yang jualan takjil, tapi jadi menyebar gitu gak ngumpul di satu tempat seperti tahun2 sebelumnya hehe

    Banyak banget sebenernya menu untuk takjil yah, aku aja yang kurang kreatif nih tiap takjil gorengan terus menunya hahaha

    ReplyDelete
  10. Wow! Menggiurkan banget swmuanyaaa... Mulai dari yang asin sampai yang manis, lengkap rekomendasinya.

    Bagus banget artikelnya nih mbak, sekalian membantu UMKM untuk maju ya.

    ReplyDelete
  11. Aku naksir sempolnya niih. Tapi jangan pake udang. Cukup ayamnya aja hehehe. So far belum kemana-mana nih untuk buka puasa, mencukupkan di rumah aja (masak sendiri or beli dan bawa pulang).

    ReplyDelete
  12. hahaha... sama mbak, baru lihat penampakannya aja, saya suka semua.

    Merah delima ini saya baru tahu mbak, penasaran deh pengen nyicip. Sayangnya jauh ya, mesti ke jakarta

    ReplyDelete
  13. Adudu warga Jakarta sangat terbaru banget ini buat yang sedang mencari takjil untuk berbuka puasa yaa.. memang banyak pilihan dan harus dipilih yang paling the best ya mbak.. karena momen berbuka puasa diawali dengan takjil yang membuat lidah puas hehe

    ReplyDelete
  14. Oh, aku baru tau takjil itu punya makna perintah menyegerakan untuk berbuka puasa. Aku mengira sebelumnya itu panganan berbuka puasa
    Variasi takjilnya banyak dan beragam ya. Informatif nih postingan mba Dian sebab disertakan tempat untuk belinya

    ReplyDelete
  15. Wah ternyata ada ya combro frozen jadi enak nih tinggal goreng kalau pas pingin. Mak Utie toh yang jualan. Kalau aku suka combro sama dimsum. tapi anakku pasti milihnya yang manis-manis. Asyik ada rekomendasi takjil bisa diorder nih

    ReplyDelete
  16. Combro Frozen ini kebayang enaknya yah, duh kebayang banget rasa gurihnya yah. Favorite bangetnih combro.

    ReplyDelete
  17. Dari bnyak takjil diats yang menggoda adalah Combroo dinikmati selagi hangat, ternikmaaaat.
    Biasanya di rumahku suka goreng2an buat takjil tuuh.
    Kalo pesen sampe ke lua kota bisa ga yaaa Combro Frozen

    ReplyDelete
  18. Doyan semua juga Hahahaha. kecuali combro, soalnya blom pernah nyobain sama sekali. Enak ya? Di Solo nggak pernah nemu combro sih.

    ReplyDelete
  19. Ya ampun mbak Dian, postingan ini sungguh bikin ngiler mbak

    semua takjil yang ditulis disini enak enak, klo makan takjil seenak ini, buka puasa jadi makin semangat ya mbak

    ReplyDelete
  20. Duh liat dimsum jadi ngileeeerrrr. Kayanya enak nih besok buka oake dimsum jugaaaa.. hihi

    ReplyDelete
  21. pisang kipas ny siapa itu yang di deket palmeraah ada enakk lupa
    trus sama dessertnya siapa ya yang viral itu duh baru beberpaa bulan lepas dari jkarta dah lupa namanya
    untung bacanya dah bukaaa

    ReplyDelete
  22. Waaa.. enak semua ituu.. hehehe. Pas semua buat menu takjil.
    Tapi beneran aku penasaran sama combro (yang katanya emang enak). Udah pernah beberapa kali ke Jakarta tapi lupa terus mau cari combro. Hehe.

    ReplyDelete
  23. Weww..untung baca postingannya pas udah jam berbuka. Jadi gak ngiler-ngiler amat. Hahahhaha. Pilih yang mana ya? Enak semua itu ah. Tapi saya paling penasaran sama Banoffee sih

    ReplyDelete
  24. Hehe makasih mba smp direkomemdasikan buat takjil.semua yg dilist diatas pernah dicoba cuma Ada yg belum dijadiin takjil

    Iya bener bngt untuk buka Kita disegerakan namun untuk sahur sebaliknya Lebih di saat terakhir

    Selalu sehat2 ya mba🙏

    ReplyDelete
  25. kadang kalo lagi di luar dan udah mepet waktu buka puasa suka bingung mau makan apa, makasih ya jadi ada rekomendasi nih...

    ReplyDelete
  26. MAAAAAAAAAAKKKK JANGAN BIKIN SAYA MILIH MAAAAAAAKKK SAYA NGGAK MAU MILIIIIHHH

    Sumpah enak-enak semua sih ini Mak. Tapi dari semua rekomendasi Mak Dian, paling penasaran sama Merah Delima sih. Packagingnya menarik, warnanya cantik, dan cakep aja gitu kayanya disandingin sama takjil gorengan :))

    ReplyDelete