Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sambut Tahun Ajaran Baru Bersama Ruangbelajar by Ruangguru

Tadi pagi saya mengikuti acara Pengumuman Kelulusan Kelas VI di sekolah anak saya. Membuncah syukur di dada mengingat satu tahap pendidikan dasar sudah berhasil dilewatinya. Meski, setahun terakhir perjalanan beneran penuh perjuangan. Karena pandemi, sekolah dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) harus menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang enggak cuma bikin anak pusing tapi juga membuat saya sebagai orangtua pening. 

Apalagi bagi orangtua yang anaknya berada di tahun terakhir sekolah, yang harus mengikuti serangkaian ujian untuk kelulusan. Sementara, baik persiapan maupun ujiannya, dilakukan dari rumah saja. Serius, sampai saat ini masih sehat jiwa raga saja sudah sangat bersyukur rasanya.

Ruangbelajar by Ruangguru

Well, sejatinya saya sudah menurunkan ekspektasi, dengan tidak menetapkan standar terlalu tinggi dikarenakan pandemi. Tapi, teteup sebagai Ibu saya ingin dong anak mendapatkan pemahaman sesuai tingkatan pendidikan. Sedangkan selama PJJ ya gituuuu, keterbatasan waktu membuat materi yang disampaikan guru pun tak selengkap biasanya. 

Membuat orangtua harus membantu anak agar paham pada pelajaran yang diajarkan. Padahal, makin tinggi kelasnya makin susah pelajarannya. Yang enggak semua dimengerti orangtua karena sudah lupa atau memang bukan kapasitasnya.

Seperti saya yang kadang kebingungan buat jelasin ke anak saat menemaninya belajar. Ujung-ujungnya, malah emosi jiwa dan bisa berakibat buruk baik bagi mental saya maupun dia. 

Beneran, di tahun pelajaran depan, saya butuh bantuan materi untuk mendampingi anak belajar mandiri sehingga enggak bakal ada cerita kami berdua sama-sama stresnya! 

Syukur-syukur jika dilengkapi dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal yang bisa di-download sehingga hemat kuota! Wah, enggak bakal nolak saya! Tapi, ada enggak yaa?


belajar online termurah

Aplikasi Belajar Online

"Kalau gitu, Coba Saja ruangbelajar by Ruangguru!"


Demikian, solusi dari seorang teman saat saya tjurhat di sosial media! Enggak pakai mikir, auto kepo dong saya dengan sarannya. 

Well, Ruangguru, perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Kini telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi.

Juga telah dipercaya untuk bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia.

Tak hanya itu, Ruangguru juga telah memenangkan sejumlah penghargaan di dalam dan luar negeri, termasuk Solver of MIT, Atlassian Prize, UNICEF Innovation to Watch, Google Launchpad Accelerator, dan ITU Global Industry Award.

Waaaah, keren!! 

Lalu, kalau kalau ruangbelajar apanya Ruangguru? 


aplikasi belajar online terbaik

Ruangbelajar by Ruangguru

Ruangbelajar adalah Fitur yang Ada di Ruangguru yang Membuat Belajar Bisa Lebih Mudah dan Efektif!


Mengingat saat ini belajar online jadi pilihan karena pemberlakuan sistem PJJ, perubahan cara belajar baru yang lebih efektif dan efisien pun dibutuhkan.

Maka itu ruangbelajar hadir untuk membantu pelajar Indonesia tetap produktif dan semangat belajar dan tetap berprestasi. 

Ruangbelajar by Ruangguru menjadi bimbel online nomor satu di Indonesia yang memiliki kualitas tinggi dalam sistem pembelajaran yang diterapkan.  Yes, ruangbelajar by Ruangguru, walaupun berbasis online tapi tak kalah seru karena tidak ada yang mustahil asalkan rajin belajar dan pantang menyerah.

Apalagi ruangbelajar by Ruangguru punya banyak kelebihan, diantaranya

1. Akses internet susah? Gak masalah!
Semua materi belajar di Ruangguru dapat di-download dan diakses secara offline, tanpa butuh koneksi internet

2. Layanan belajar online terlengkap di Indonesia
Belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal. Bisa di-download, hemat kuota!

3. Akses materi belajar sesuai kurikulum 
Dengan Master Teacher dengan puluhan ribu video belajar yang dikemas menarik serta dengan animasi dan rangkuman infografis yang bikin pengguna super paham.

4. Akses ruangbelajar mudah
Ruangbelajar selain bisa diakses dari smartphone juga dapat digunakan di laptop. Download saja aplikasi Ruangguru for Desktop. Oia, tersedia untuk Windows dan Mac yaaa

5. Ratusan ribu soal dan pembahasan untuk mengasah kemampuan
Ruangbelajar dilengkapi beragam fitur-fitur latihan seperti banksoal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan kamu sudah paham betul materi yang kamu pelajari.

6. Belajar jadi seru dengan Ruangguru Adventure dan Teman Belajar
Belajar di Ruangguru dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan!

7. Personalisasi
Materi ruangbelajar by Ruangguru menyesuaikan kebutuhan siswa. Belajar terasa privat 1:1, bebas gangguan

8. Hemat
Harga hanya Rp 1.000-an/hari, hemat sampai 10x lipat dibandingkan biaya bimbel jadoel

9. Jadwal Belajar
Di ruangbelajar by Ruangguru, bisa kapan saja belajar, materi dapat diulang-ulang sesuai kebutuhan

10. Pantau perkembangan belajar dengan mudah
Orangtua cukup ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif

Enggak salah lagi, memang ruangbelajar by Ruangguru adalah solusi untuk persiapan saya sebagai orangtua dalam menyambut tahun ajaran baru nanti.

Yuk, sama-sama kita sambut tahun ajaran baru bersama ruangbelajar by Ruangguru!💖 


Salam Semangat

signature-fonts
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

20 komentar untuk "Sambut Tahun Ajaran Baru Bersama Ruangbelajar by Ruangguru"

  1. memang sudah terkenal ya dan bikin anak mudah belajar

    BalasHapus
  2. Dua tahun terakhir ini pembelajaran anak anak memang jungkir balik ya. Belajar di sekolah bagaimana, belajar di rumah juga ya bagaimana...
    Duh pandemi semoga berakhir segera...

    BalasHapus
  3. adanya aplikasi semacam ruangguru sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi berlangsungnya pendidikan anak bangsa

    BalasHapus
  4. Siap Bu, terima kasih artikelnya untuk ruang guru sangat membantu di saat Siswa Belajar di rumah seperti saat ini

    BalasHapus
  5. Wah murah banget ya belajar di ruangguru, cuma seribu rupiah. Setara dengan uang jajan anak kalau di sekolah. Jadi tetap hemat dan mencerdaskan.

    BalasHapus
  6. Meman ruang guru bikin pelajaran jadi efektif tp permasalahannya lagi gak semua orang punya smartphone

    BalasHapus
  7. Kehadiran Ruangguru sangat membantu belajar anak. Metode nya juga bagus dan keren. Bisa diikuti di mana saja, praktis sekali.

    BalasHapus
  8. Selamat ya Mba Dian, akhirnya si mas bakal ganti seragam di tahun ajaran baru nanti. Hehehe.

    Aplikasi belajar online kayak RuangGuru ini sangat membantu anak dan orang tua khususnya di zaman PJJ sekarang ini. Apalagi penyajian materinya juga menarik, seperti pakai video, infografis, bahkan animasi. Istimewanya, RuangGuru sudah bermitra dengan 32 pemprov dan 326 kabupaten kota di Indonesia. Udah kayak perusahaan plat merah alias BUMN nih mba, merata penyebarannya. Hihihi.

    BalasHapus
  9. Wah ada aplikasi ruangbelajar juga rupanya dari ruang guru. Selama ini aku pahamnya hanya sampai ruang guru saja, kebetulan adikku juga pakai aplikasi ini buat belajar jelang kelulusannya. Asiknya lagi, orangtua bisa ikut pantau pergerakan nilai anak juga ya.

    Ruangbelajar ini bisa dimanfaatkan sampai jenjang kelas berapa ya?

    BalasHapus
  10. Wow, di Ruangguru ada pembahasan ratusan ribu soal ya, yg banyak dicari para siswa nih,, soalnya kl hanya mengandalkan belajar daring dari sekolah doang kok rasanya blm cukup yaa...nice info Mbak Dian...

    BalasHapus
  11. Wah ngga terasa udah tahun ajaran baruu aja ya mbaa. Selamat untuk dd, mudahmudahan tahun ini bisa ketemu temen2 lagiiiii yaa, aamiin

    BalasHapus
  12. Informasi yang mbak Dian tuliskan ini lengkap banget dan akan saya teruskan nih ke teman saya yang tahun depan anaknya akan masuk SMP sedang dia masih kesusahan dalam menerima materi pembelajaran. Maklumlah, pandemi menyebabkan beberapa anak menurun kualitas belajarnya termasuk anak dari teman saya

    BalasHapus
  13. Wah ada Ruang Belajar ya Mba di Ruang Guru. Asyik nih materinya bisa di download jadi kalau kehabisan kuota tetap bisa akses materi pembelajaran. Memang Ruang Guru top banget

    BalasHapus
  14. Wah ini ya yang namanya Ruangbelajar by Ruangguru, sering dengar namanya akhir-akhir ini, tapi baru tau ttg manfaat yang dibutuhkan murid akan belajar online yang efektif dalam ruangbelajar ini

    BalasHapus
  15. makin keren ya fasilitas yang dikasih ruangguru nih, sangat membantu, siswa dan orang tua meski kudu belajar online dari rumah.

    BalasHapus
  16. Ku jadi penasaran gimana isi lengkapnya Ruangguru terutama Ruangbelajar ini sebagai user anak sekolah, dari fitur terlihat lengkap dan detail juga ya. Orangtua juga bisa memantau perkembangan belajar anak, bisa digunakan di laptop juga tentunya

    BalasHapus
  17. Tadinya mikir mau masukin anak ke bimbel. Selain karena Corona juga biayanya sekarang malah melambung. Ternyata di ruang guru lebih mudah dan murah. Banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dan juga kemudahan bagi anak untuk memahami pelajaran.

    BalasHapus
  18. PJJ selama pandemi ini memang luar biasa wah. Kebayang bagaimana rasanya untuk anak yang saat ini memasuki masa akhir pembelajaran untuk proses kelulusan. Semangat untuk semua para ibu.

    Adanya ruangbelajar yang bisa mendukung pendidikan anak memang dibutuhkan, supaya anak juga bisa lebih memahami pelajarannya lebih mendalam.

    BalasHapus
  19. Memang kalau ngobrolin pandemi, untuk ibu-ibu yang udah punya anak sekolah, pendidikan jadi PR terbesar ya. Sungguh nggak mudah membersamai sekolah online, tantangannya beragam. Bersyukur banyak platform online bermunculan yang bisa membantu proses sekolah online jadi lebih asyik. Salah satunya Ruang Guru dengan fitur terbarunya ini. Cakeep deh. Aku juga jadi pengen nyoba.

    BalasHapus