Ketahui Manfaat Bergerak untuk Kesehatan Tubuh

Gaesss, sudahkah dirimu bergerak hari ini? Ayo, hari sudah berganti jangan rebahan terus dong.... Stop jadikan pandemi sebagai alasan bagi kita untuk bermalas-malasan beraktivitas maupun sekedar bergerak. Daripada diam tidak ngapa-ngapain, bergerak jelas lebih membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kita bisa lakukan gerak apa saja, dan enggak harus pergi juga bisa. Yups, di rumah pun kita bisa bergerak dengan melakukan yoga, berjalan, berlari atau melompat, seperti inspirasi yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan webinar bersama Anlene dan Lilyana Natsir baru-baru ini.

Manfaat Bergerak untuk Kesehatan Tubuh

Etapiii, Apa Saja sih Manfaat Bergerak Bagi Kesehatan Tubuh Kita Ini?


Oia, sebelumnya tahukah kamu? Ternyata rata-rata orang Indonesia itu memang malas bergerak. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil riset tahun 2018 yang menunjukkan 33% orang Indonesia itu enggan bergerak. Jumlah yang terus meningkat dari tahun 2016 sebesar 26%. Dan kabar buruknya, jumlah ini diprediksi bakal meningkat pada masa pandemi. 

Well, meski di rumah aja, bergerak sangat dianjurkan oleh pakar karena membawa banyak sekali dampak positif bagi kesehatan. Beberapa aktivitas gerak yang bisa kita lakukan antara lain yaitu yoga, stretching, naik turun tangga, nge-gym, skipping, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, apa sajakah manfaat bergerak?

Memperkuat Tulang dan Otot

Mau tulang dan otot jadi lebih kuat? Asupan nutrisi plus rutin minum susu saja itu tidak cukup, harus didukung dengan hal lainnya, yaitu aktif bergerak.

Nutrisi termasuk susu memang bisa memperkuat tulang. Tapi apa gunanya jika tulang tersebut tidak pernah dilatih atau digerakkan sama sekali?

Maka dari itu, yuk coba bergerak meski hanya 30 menit dalam sehari supaya tulang dan otot kamu menjadi lebih kuat. Semakin kuat, maka semakin kecil peluang tulang kaki kamu terkena osteoporosis.

Untuk bergerak agar otot dan tulang menjadi kuat, tidak harus yang berat-berat kok. Cukup jalan kaki di seputar rumah, atau naik turun tangga rumah kita saja itu sudah cukup.

Meningkatkan Stamina

Banyak bergerak membuat tubuh menjadi lebih prima. Stamina pun menjadi meningkat dan kamu lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Jika pagi harinya kamu bergerak, maka dari siang sampai malam badan tidak akan merasa loyo. Justru tubuh menjadi semakin kuat. Nah, stamina yang kuat ini bisa melancarkan sistem peredaran darah di dalam tubuh.

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat bergerak lainnya adalah mampu meningkatkan konsentrasi. Ya, biar kamu lebih konsen dan nggak salah fokus terus.

Berbeda halnya jika dirimu hanya diam, rebahan, scrolling HP saja. Pikiran kemana-kemana, sulit konsentrasi, kalaupun fokus ya pasti fokusnya ke HP bukan yang lainnya.

Dan ini benar-benar membahayakan jika dilakukan terus-terusan. Maka dari itu, supaya tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan di depan, coba ajak keluarga yang ada di dalam rumah untuk bergerak bersama.

Tidak Mudah Lelah

Kamu orang yang gampang banget lelah? Hal seperti bisa disebabkan karena kamu yang tidak terbiasa bergerak atau melakukan aktivitas fisik setiap harinya. Awal-awal mungkin kamu merasa kelelahan, tapi lambat laun tidak lagi karena kamu sudah terbiasa melakukannya.

Bergerak artinya kamu telah melakukan aktivitas fisik yang bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Dengan begitu tubuh lebih banyak memproduksi energi sehingga bisa terhindar dari rasa lelah ini.

Meningkatkan Semangat

Hm, memangnya ada hubungannya ya gerak dengan suasana hati kita? Tentu saja ada dong. Ketika kita bergerak membuat merasa lebih bersemangat dan suasana hati pun jadi lebih adem.

Aktivitas fisik seperti bergerak bisa merangsang zat kimia dalam otak yang membuat suasana hati jadi lebih baik. Bukan hanya itu saja, aktif menggerakkan tubuh juga bisa meningkatkan rasa percaya diri serta mengurangi stres

Menurunkan Berat Badan

Manfaat bergerak bagi kesehatan berikutnya adalah bisa menurunkan berat badan yang terlalu berlebih. Teruntuk kamu yang saat ini sedang menjalani program diet, tidak cukup dengan membatasi makan saja, supaya diet jadi berhasil wajib rutin bergerak atau berolahraga.

Karena pada dasarnya bergerak adalah salah satu cara terbaik membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Beberapa aktivitas gerak yang dapat menurunkan bobot tubuh antara lain yaitu jogging, jalan kaki, lompat tali, bersepeda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Bergerak itu bisa buat tubuh mengeluarkan keringat. Keringat ini berfungsi untuk menyeimbangkan kelebihan natrium atau kalium yang ada di dalam tubuh.

Nah, kedua zat tersebut sangat dibutuhkan untuk menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh.

Membantu Proses Hidrasi

Banyak bergerak, apalagi sampai berolahraga dalam waktu cukup lama pastinya badan jadi berkeringat. Kalau sudah begini, kamu pun menjadi mudah haus dan terus menerus ingin minum air.

Itulah alasan mengapa aktif bergerak bisa membantu proses hidrasi. Lancarnya proses hidrasi membuatmu terhindar dari kekurangan cairan alias dehidrasi. Maka dari itu, yuk terus bergerak supaya kamu tidak kekurangan cairan.

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat bergerak bagi kesehatan tak hanya bagus untuk merangsang seseorang untuk minum, tetapi juga bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Nah kalau nafsu makan meningkat tentu saja banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Tubuh pun jadi semakin sehat sepanjang makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Orang yang suka makan sehat biasanya juga memiliki metabolisme yang lancar.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Jika kamu suka bergerak dengan cara berolahraga, kamu sangat beruntung karena bergerak bisa mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh. Kadar gula darah yang normal membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit diabetes.

Salah satu alasannya adalah rutin bergerak dan berolahraga mencegah resistensi insulin yang menyebabkan diabetes.

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Riset membuktikan seseorang yang aktif bergerak dengan cara rutin berolahraga setiap hari atau minimal 3 kali per minggu bisa memperkuat otot jantung, melancarkan sirkulasi darah, serta meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Manfaat tersebut adalah langkah awal penting yang bisa mencegah terjadinya penyakit yang menyerang sistem kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung yang dikenal sangat mematikan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Semakin sering kamu bergerak, maka semakin kuat imun tubuh sehingga kamu bisa terhindar dari segala jenis penyakit. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, rajin bergerak bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan kalau rutin bergerak atau olahraga bisa menyembuhkan virus Corona, namun setidaknya dengan daya tahan tubuh yang bagus membuat virus atau bakteri kesulitan masuk ke dalam tubuh kita.

Kamu juga tidak mudah terkena penyakit-penyakit kronis seperti diabetes, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

Jadi Itulah Berbagai Manfaat Bergerak untuk Kesehatan Tubuh Kita....


Dengan mengetahui banyaknya manfaat yang sudah dijelaskan di atas, masihkah kamu malas untuk bergerak?

Yuk ah gaess, bangun dari rebahanmu, mari bergerak bersamaku!💖


Salam Semangat

signature-fonts

19 comments

  1. Betul-betul bergerak bisa meningkatkan konsentrasi. Saya sering ngeblank kalau kelamaan rebahan dan scrolling2 hp doang.. xixixi... memang harus dijadwalin. minimal melakukan pekerjaan rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya mbak bener banget. Kadang kalau rebahan terus saya sulit konsentrasi. Memang harus dirutinkan nih bergerak aktif setiap hari biar konsentrasi juga meningkat

      Delete
  2. Kalau yang tidak punya asisten rumah tangga setidaknya ada aktivitas bergerak walau cuma ke dapur dan nyapu pel teras saja. Nah buat yang tidak punya asisten rumah tangga, apalagi yang kerjaannya duduk manis depan laptop, yuk bersama Mbak Dian bergerak-gerak. Banyak banget kan tuh manfaatnya...

    ReplyDelete
  3. tapi iya sih, selama isoman kemarin kan terbatas bergerak ya karena memang imun naik turun terus, nah jadi sulit konsentrasi a.k.a lebih sering onengnya hahahah makanya meski isoman aku tetap bergerak semampunya

    ReplyDelete
  4. ayoo kita aktif terus bergerak, meskipun di rumah aja. era pandemi kalo sakit itu bisa membahayakan. sedia payung sebelum hujan.

    ReplyDelete
  5. Ternyata memang banyak sekali ya manfaat dari bergerak aktif itu. Harus semangat nih, berani menolak godaan untuk mager dan rebahan melulu hehe..

    ReplyDelete
  6. Banyak banget ya manfaat yang didapatkan dengan berolahraga... Seluruh organ tubuh mendapatkan keuntungannya... Jadi kalau mager, inget ini aja, biar makin semangat olahraganya...

    ReplyDelete
  7. rajin berbegerak itu sangat Penting bagi kesehatan ya mbak dian
    makanya harus diusakan, termasuk meski di rumah saja
    Bisa juga olahraga di rumah ya mbak

    ReplyDelete
  8. Impian banget berat badan turun tapi hobi mager, hiks. Banyak banget ya mak ternyata manfaat gerak buat kesehatan kita. Mulai sekarang kalo mager aku bakalan inget2 betapa manfaat bergerak aktif jauh lebih banyak buat kesehatan kita. Makasih reminder nya mak

    ReplyDelete
  9. Banyak banget manfaat bergerak ya mba. Bersyukur masih bisa bergerak mondar mandir ngurus anak2 hihi. Klo sekarang sempetin olah raga setiap hari biar jantung jg sehat yaa mba, aku ngerasa banget, tidur jg lebih enak klo olah raga tiap hari. Pluuus minum susu ya, paksu udah sering ingetin minum susuuu..sehat2 yaa mbaa kitaaa..

    ReplyDelete
  10. Duh...sejak pandemi aku jadi kaum rebahan nih akibatnya BB makin naik dan tubuh kerasa ngak fit. Tapi sejak kena covid bulan lalu, aku sadar harus jaga kesehatan tubuh maksimal karena nolong banget biar tetap sehat di masa pandemi yang entah kapan akan berakhir. Terima kasih mbak udah dibagi tipsnya biar ngak malas lagi bergerak.

    ReplyDelete
  11. Banyak manfaat yang diperoleh ketika kita konsisten untuk bergerak aktif yaa..
    Aku kalau kurang fokus memang ketauan banget sih..kebanyakan gula, heuheuu~
    Dan dengan bergerak secara aktif juga untuk investasi masa depan kita loo..

    ReplyDelete
  12. Hehe bener banget nih kalau cuma rebahan kepala pusing, badan jadi melar haha jadi meati bergerak meskipun cuma di rumah

    ReplyDelete
  13. betul banget mba, makanya aku selalu berusaha bergerak atau work out setiap hari biar tubuhku gesit dan waspada merespon setiap gerakan. memang sih kalau mager diturutin bakal males tubuh buat bergerak

    ReplyDelete
  14. Ngga ada yang gratis di dunia ini, bahkan untuk sehat juga butuh perjuangan ya. Minimal kumpulkan niat untuk olahraga lalu konsisten menjalaninya. Semangat sehat kita ya...

    ReplyDelete
  15. Kalau udah terbiasa banyak gerak/aktif bergerak, rasanya ada yang kurang kalau gak olahraga. Badan berasa gak enak gitu. Yuk ah, pada semangat aktif bergerak meskipun di rumah aja. Ini sambil semangatin diri sendiri juga sih. Hhaahha.

    ReplyDelete
  16. iyaaa itu makanya orang tua dulu lebih sehat karena memang badannya lebih terjaga karena aktif e=bergerak ya. zaman now banyak jebakan yang bikin mager tapi harus dilawan agar tubuh tetap sehat dan selalu terjaga

    ReplyDelete
  17. Aku nyeseeel baru rutin olahraga ini pas awal pandemi :D. Sebelumnya boro2. Setelah rutin ikutan jelas2 full body workout dari zoom, ATO ikutin instruktur di YT, ya ampuuuuun jadi nagih mba. Skr ini baru tahu rasanya keringetan banjir tapi malah happy. Rasanya kayak bangga pas liat badan basah Ama keringet hahahaha. Pantesan para maniak olahraga itu selalu rutin ngelakuin yaaa..Krn memang berasa banget bisa naikin mood.

    ReplyDelete