Beragam Manfaat Senam Irama Bagi Tubuh

Well, Gaess, sebelumnya saya sudah menuliskan apa saja manfaat bergerak bagi kesehatan tubuh kita. Nah, bicara soal gerak, banyak kok aktivitas gerak yang bisa kita lakukan. Mulai dari yang ringan-ringan saja sampai membutuhkan aktivitas fisik yang berat. Dan, salah satu aktivitas gerak yang dapat kamu lakukan adalah senam irama.

Manfaat Senam Irama

Apa sih Senam Irama?


Senam irama merupakan gerakan senam dengan diiringi irama musik. Umumnya dilakukan secara berkelompok dan ada instrukturnya. Tapi, pada masa pandemi seperti saat ini dirimu bisa melakukannya di rumah sendiri.

Tinggal siapkan HP yang berisi musik berima lalu lakukan senam sambil menyetel musik tersebut. Kalau kamu belum hafal gerakannya tinggal lihat saja video yang ada di Youtube atau mengikuti senam irama secara virtual. 

Mudah kan?

Nah, tujuan senam irama sejatinya tidak hanya untuk kesehatan saja, lho. Tetapi juga untuk hiburan ketika senam irama tersebut diperlombakan. Unsur-unsur senam irama yaitu kelenturan, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, dan ketepatan.

Oia, gerakan senam irama itu ada banyak sekali. Dasarnya adalah gerakan langkah kaki yang dapat melatih otot betis. Maka, senam gerak berirama disebut juga senam ritmik.

Lalu, Jenis-jenis Senam Irama Apa Saja?


Berdasarkan perkembangannya, senam irama terbagi menjadi tiga jenis yaitu :

Senam Irama Sandiwara: senam yang diiringi dengan gerakan sandiwara dan menjadi senam irama pertama yang hadir di dunia dan ciptakan oleh seorang sutradara Francois Delsarte pada tahun 1811-1871.

Senam Ritmik Musik: merupakan jenis senam irama yang banyak dilakukan pada saat ini. Menggunakan irama musik sebagai pengiringnya dan awal mulanya dipelopori oleh guru musik yang bernama Emile Jaques Dalcroze pada tahun 1856-1950.

Senam Ritmik Tari: sesuai dengan namanya, senam yang satu ini gerakannya berasal dari seni tari yaitu balet yang memadukan dua unsur utama yaitu dressur dan keberhasilan penguasaan gerakan.

Kemudian, Apa Manfaat Senam Irama Bagi Tubuh Kita?


Banyak sekali manfaat senam irama manfaat bagi tubuh kita? Di antaranya:

Menguatkan Otot

Pada dasarnya senam irama memang melatih kekuatan otot, baik itu otot pada bagian kaki maupun otot pada bagian tangan. Semakin sering kamu senam, maka semakin kuat ototmu.

Tidak ada lagi cerita kamu akan kesulitan mengangkat barang-barang tertentu. Tapi kalau terlalu berat itu wajar ya kalau tidak bisa terangkat, toh kita bukan atlet angkat berat kwkwk

Menguatkan Tulang

Selain dapat menguatkan otot, manfaat melakukan senam irama lainnya adalah membuat tulang kamu menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Tubuh kamu jadi kuat ketika menopang beban.

Tak hanya itu saja, senam irama juga bisa mencegah kerapuhan tulang dan mencegah penyakit-penyakit tulang lainnya seperti osteoporosis.

Membakar Lemak Berlebih

Teruntuk kamu yang saat ini punya masalah dengan berat badan, cobalah rutin lakukan senam irama biar lemak yang ada di tubuh itu terbakar. Sehingga pada akhirnya berat tubuhmu berangsur-angsur berkurang.

Olahraga senam bisa menjadi aktivitas pendukung menyukseskan program diet yang telah kamu lakukan. Sebab, diet yang bagus bukanlah sekedar mengurangi porsi makan saja melainkan juga melakukan gerakan fisik seperti senam irama dan itu sama pentingnya.

Gerakan senam irama ini sudah dirancang sedemikian rupa supaya seluruh bagian tubuh kita aktif bergerak. Hal ini membuat seluruh bagian tubuh menjadi terbakar.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat senam irama bagi tubuh kita lainnya adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Gerakan senam ini punya tempo yang bervariasi, ada yang lambat dan ada juga yang sangat cepat serta tidak lupa ada pendinginan di akhir sesi.

Tempo yang bervariasi inilah membuat otot jantung menjadi terlatih tanpa harus terbebani dengan gerakan-gerakan yang terlalu cepat. Jantung pun menjadi lebih sehat.

Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Oke, sekarang coba kamu berdiri, letakkan telapak kaki di lutut, rentangkan tangan, lalu jinjitlah! Seberapa lama kamu mampu menjaga keseimbangan? Jika kurang satu menit kamu sudah roboh, itu tandanya ada yang salah dari keseimbangan tubuh kamu.

Dan salah satu cara memperbaiki keseimbangan tubuh adalah dengan senam ritmik atau senam irama. Tak hanya itu saja, resiko pembengkokan tulang belakang juga bisa diminimalisir.

Meminimalisir Cedera

Setiap aktivitas yang kamu lakukan sangat berpotensi cedera. Misalnya, ketika kamu lari pagi bisa saja kesandung bantu sampai akhirnya terjatih dan kakimu pun menjadi terluka.

Kasus lainnya, saat kamu sedang berolahraga namun salah dalam melakukan gerakan sebenarnya sangat membahayakan karena membuat salah satu atau sebagian tubuh jadi cedera. Keseleo, cedera otot, bahkan sampai patah tulang bisa saja dialami.

Nah, senam irama inilah yang bisa meminimalisir resiko cedera. Sebab gerakannya disusun secara urut, mulai dari pemanasan, inti hingga pendinginan pada bagian akhir.

Mengatasi Stres

Manfaat senam irama bagi tubuh adalah menghasilkan hormon endorfin. Nah, hormon inilah yang memiliki peranan mengurangi stres yang kamu rasakan. Musik yang berima dan enak didengar juga menjadi alasan mengapa senam jenis ini terbukti efektif mengurangi stres.

Apalagi jika dilakukan secara rutin. Bukan hanya stres yang bisa dihindari, kesehatan mental pun juga bisa terjaga dengan baik. Alhasil, kamu pun selalu merasa senang dan bahagia setiap harinya.

Mengoptimalkan Fungsi Otak

Melakukan senam irama juga bisa membuat fungsi otak bekerja secara optimal. Hal ini disebabkan karena alunan lagu sebagai pengiring senam irama terbukti efektif menurunkan kadar hormon epinefrin dan kortisol.

Kedua hormon tersebut menjadi penyebab seseorang menjadi stres. Jadi, ketika senam irama dilakukan, kerja hormon itu bakal diganti dengan antidepresan berupa norepineprin.

Tak sekedar itu saja, rutin senam irama juga bisa menghindari kamu dari penyakit yang menyerang sistem kognitif seperti Alzheimer.

Memperbaiki Bentuk Fisik

Ingin memiliki bentuk fisik yang bagus? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ya berolahraga atau yang dimaksud dalam hal ini adalah senam irama.

Senam yang satu ini aktif melakukan gerakan-gerakan yang bisa merubah bentuk fisik kamu. Bentuk fisik pun semakin bagus dan menjadi proporsional.

Dan, Masih Banyak Lagi Manfaat Senam Irama Bagi Tubuh Kita.....


Bahkan, manfaatnya tidak hanya bisa dirasakan dari fisik saja, tetapi juga dari segi sosial. Kegiatan senam irama yang dilakukan secara bersama-sama bakal mewujudkan interaksi. Meski memang saat pandemi kita mungkin tak bisa melakukan ini. Tapi setidaknya, melakukan senam irama bersama keluarga akan menjadi quality time yang menyenangkan.

Atau coba saja lakukan senam irama bersama teman-teman yang lainnya secara virtual. Meski tak bisa  bertatap muka dan berolahraga di tempat yang sama, tak akan menyurutkan semangat kita untuk tetap sehat dengan bersama-sama melakukan senam irama.

Yuk, senam barengan kita!💖


Salam Sehat

signature-fonts

2 comments

  1. Semoga selalu sehat ya! Yuk, semangat!

    ReplyDelete
  2. kangen banget senam irama
    jadi pas isoman kemarin, kepikiran mau olahraga senam jaman dulu, jadi langsung buka yutub buka SKJ

    ReplyDelete