Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Turn Over Karyawan Tinggi? Cara Ini Bisa Jadi Solusi!

Temaaan, Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Mereka berperan melakukan perencanaan, kebijakan, serta aktivitas lain yang kinerjanya menentukan perkembangan perusahaan. Smentara di sisi lain, kemajuan teknologi membawa arus perubahan yang kuat, menyebabkan lingkungan bisnis berubah semakin dinamis. Perubahan zaman ini, tentunya menuntut beragam industri untuk terus berinovasi agar dapat bersaing lebih kompetitif. Akibatnya, perusahaan pun membutuhkan SDM yang berkualitas dan kompeten.

Tapi tidak sedikit pula perusahaan yang justru banyak ditinggal karyawannya, lho. Bermacam alasan ada, mulai dari tidak kuat dengan sistem kerjanya, tidak bisa beradaptasi, bahkan banyak pula yang bosan dan merasa tidak berkembang di sana!

Duh, ada saja yaa....
aplikasi ruangkerja


Well, menyikapi permasalahan ini, sejatinya perusahaan bisa memberikan program pelatihan kerja bagi SDM. Pasalnya, pelatihan kerja merupakan salah satu media yang efektif untuk memperbaiki performa dan meningkatkan kompetensi karyawan. Sehingga, setiap karyawan merasa dirinya diperhatikan, merasa diajak untuk berkembang bersama, dan merasa difasilitasi untuk memiliki kompetensi yang lebih lagi.

Tapi, bagaimana kalau karyawannya banyak? Tersebar di penjuru Nusantara pula?

Memang hal ini menjadi kendala bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan bahkan yang tersebar di seluruh Indonesia. Beragam kegiatan pelatihan kerja dinilai kurang efisien dan menyebabkan lemahnya efektivitas kinerja perusahaan. Apalagi, di masa pandemi, pelatihan kerja dapat meningkatkan risiko penyebaran virus Covid-19 ini.

Nah, aplikasi ruangkerja, sebuah unit bisnis Ruangguru yang berfokus pada pelatihan SDM secara online, hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Banyak perusahaan yang telah bermitra dengan ruangkerja dalam memberikan pelatihan online bagi karyawan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia. Aplikasi ruangkerja adalah sebuah solusi karena menyediakan berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan secara efisien dan profesional.

Lalu, Apa Saja Fitur Unggulan Aplikasi ruangkerja Serta Manfaatnya Bagi Karyawan dan Perusahaan Anda?


Pelatihan Berbasis Digital

Pertama, kapasitas waktu dan tenaga perusahaan yang terbatas dalam memberikan pelatihan kerja dapat diatasi menggunakan aplikasi ruangkerja, sebuah platform pelatihan berbasis digital. Karena melalui ruangkerja, program pelatihan kerja akan mudah diakses karyawan. Mereka dapat mengikuti pelatihan kapan saja dan di mana saja, langsung dari perangkat mobile, komputer, atau laptopnya. Dengan demikian, pelatihan akan jauh lebih efektif dan efisien, bukan?


Memungkinkan Personalisasi Materi Pelatihan dengan Mudah

Kemudian, aplikasi ruangkerja memiliki fitur sistem manajemen konten untuk setiap mitra perusahaan. Sistem ini akan memberi keleluasan bagi perusahaan untuk mengelola materi pelatihan dalam bentuk apapun, seperti video belajar, bank soal, dan lain sebagainya. Anda dapat menyusun kelas-kelas pelatihan bagi karyawan secara runtut dan sistematis, sesuai kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Selain itu, kelas pelatihan sendiri juga bisa dibuat secepat apa pun yang Anda mau melalui Content Management System (CMS) ruangkerja yang sangat mudah.


Sistem Belajar yang Terstruktur dan Up-to-Date

Selanjutnya, melalui fitur learning journey, materi belajar disusun secara terstruktur dan sistematis. Di mana fitur ini sangat berguna bagi karyawan atau profesional yang sibuk dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran berbasis mobile. Tampilan ruangkerja yang menarik dan user friendly membuat peserta pelatihan nyaman saat menggunakan aplikasi ini. Semua informasi penugasan pelatihan dan pengingat untuk menyelesaikan kelas akan terkirim secara otomatis melalui email maupun push notification. Hal ini membantu peserta agar selalu up-to-date dengan informasi yang diberikan perusahaan.

ruangkerja dari ruangguru


Kolaborasi dengan Kelompok Secara Online

Enggak itu saja, di aplikasi ruangkerja, peserta pelatihan dapat berkolaborasi dengan peserta lainnya terkait materi pelatihan melalui fitur forum diskusi. Mereka pun dapat bertanya kepada para ahli mengenai materi yang mereka pelajari. Fitur ini memberikan kemudahan bagi peserta untuk memaksimalkan pemahaman materi, meskipun pelatihan kerja dilakukan secara online.


Memudahkan Pemantauan Proses dan Hasil Pelatihan

Next, dengan aplikasi ruangkerja, perusahaan dapat memantau progres dan hasil pelatihan para peserta dengan mudah melalui fitur monitoring dashboard. Dashboard di aplikasi ruangkerja akan menampilkan data terbaru terkait jalannya pelatihan yang dilakukan peserta beserta hasil penilaian yang mereka peroleh. Tentunya, fitur ini membantu Anda dan Management Team dalam mengambil keputusan.


Menyesuaikan Pelatihan dengan Role-based Access Control

Oia, ada pula fitur role-based control yang berfungsi untuk mengatur hak akses masing-masing karyawan sesuai jabatan (role) pada Content Management System (CMS) ruangkerja. Dengan role-based control, tidak semua data bisa diakses oleh peserta. Ini berarti, peserta hanya dapat mengakses data-data atau materi yang sesuai dengan jabatannya. Hal ini bertujuan untuk keamanan data serta mencegah penyalahgunaan data yang tersimpan.


User Grouping dan Enrollment Peserta Pelatihan

Berikutnya, agar pelatihan peserta dapat berjalan secara efisien dan profesional, ruangkerja menyediakan fitur grouping. Fitur ini akan membagi peserta ke dalam beberapa kelompok (group) berdasarkan posisinya di perusahaan. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan enrollment peserta secara massal.


Meningkatkan Performa Karyawan

Kemudian, aplikasi ruangkerja dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam menyelesaikan materi yang diberikan. Reward points merupakan salah satu fitur yang mampu memicu antusiasme peserta pelatihan. Melalui fitur ini, peserta dapat memperoleh poin setelah menyelesaikan modul pelatihan yang ditugaskan. Selain itu, ada juga fitur leaderboard yang dapat mendorong peserta untuk menyelesaikan materi sebaik mungkin dan menjadi yang terbaik di kelas. Bagi peserta yang sudah menyelesaikan seluruh rangkaian materi pelatihan, mereka akan mendapatkan sertifikat digital yang dapat diunduh dan dicetak.

ruangkerja

Menghemat Investasi dan Waktu Implementasi

Enggak hanya itu, dengan bermitra bersama ruangkerja, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan pelatihan pekerja. Subscription model melalui cloud ruangkerja akan menghemat biaya investasi perusahaan, dibandingkan harus membuat sistem pelatihan sendiri. Data karyawan dan materi perusahaan disimpan dalam cloud storage ruangkerja. Hal ini tentunya akan mempercepat waktu implementasi. Anda juga tidak perlu khawatir mengalami kebocoran data karena ruangkerja dilengkapi dengan SSL Security yang mampu menjaga seluruh konten dan data Anda.

See, Banyak Sekali Fitur-fitur ruangkerja ini....


Di mana kesemuanya dapat mendukung program pelatihan kerja agar lebih efisien dan profesional bagi perusahaan Anda.

Oia, aplikasi ruangkerja juga telah mendapat banyak review dan respon positif dari para penggunanya, lho. Bahkan aplikasi ini mendapat rating app sebesar 4.8/5.0 dan engagement rate penggunaan social learning 94.8%. Hal ini menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap metode dan pelaksanaan kegiatan.

Jadi, jika turn over karyawan tinggi, enggak perlu bingung lagi, aplikasi ruangkerja bisa jadi solusi!💗

Salam Semangat

signature-fonts

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

17 komentar untuk "Turn Over Karyawan Tinggi? Cara Ini Bisa Jadi Solusi!"

  1. Keren bangeet ini, sebuah perluasan bisnis dr RuangGuru ya.
    Skrg jamannya serba online ya, jd emang harus cepat beradaptasi ya.

    Ini prosedurnya gmn kalau mau pakai? Jd nanti yg bikin materinya si perusahaan dan nanti karyawannya yg tinggal download and belajar gitu ya? Hampir mirip kayak Udemy gitu bukan ya?

    BalasHapus
  2. Aplikasi RuangKerja ini pastinya dibutuhkan banyak korporat/perusahaan
    karena memang simpel dan fungsional banget
    fitur2nya juga super berfaedah.

    BalasHapus
  3. Masya Allah. Aku selalu kagum dengan Ruangguru, selalu ada terobosan baru dalam produk-produknya. Sekarang ada lagi yang namanya Ruangkerja, pelatihan SDM secara online, yang tentunya bermanfaat sekali untuk para karyawan di perusahaan. Sangat membantu dan memudahkan, semoga banyak yang menggunakannya. Tfs Mbak Dian, ulasannya lengkap dan menarik.

    BalasHapus
  4. Waahh baru tau soal RuangKerja ini. Kok jadi pengen nyari pelatihan editing foto dan video yaa di aplikasi ini. Pasti ada juga kan mbak?

    BalasHapus
  5. wah adanya Ruangkerja by Ruangguru ini bisa membantu perusahaan mengatasi turn over karyawan ya mbak
    pas juga di situasi pandemi seperti ini

    BalasHapus
  6. Platform yang satu ini pasti akan membawa banyak manfaat untuk mereka yang membutuhkan yaa mba

    BalasHapus
  7. Banyak ya fitur-fitur ruangkerja, dan semuanya dapat membantu peningkatan kualitas karyawan. Program pelatihan karyawan jadi praktis banget ya kalau kayak gini. Keren deh Ruangguru yang selalu inovatif, salah satunya dengan adanya ruangkerja ini.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah,
    Ruangkerja dari ruangguru ini solutif banget. Membuat karyawan semakin skillfull dan menjadi perusahaan semakin produktif.

    BalasHapus
  9. Jadi bukan cuma karyawan aja yang harus berkembang dan meningkatkan skill tapi perusahaan juga haru smau berubah jadi lebih bauk ya. Kalau ada turn over karyawan yang tinggi harusnya juga jadi tanda tanya buat perusahan itu. Baru tau sekarang Ruangguru punya aplikasi ruangkerja nih yang bisa menyediakan pelatihan untuk karyawannya

    BalasHapus
  10. Bagi karyawan seperti aku kayaknya harus punya dan coba aplikasi ruang kerja ini. Penasaran juga mau mencoba ini mba. Kayaknya seru ama teman kantor lainnya :D

    BalasHapus
  11. Untuk perusahaan, ruangkerja jadi penghematan luar biasa ya karena bisa memaksimakan potensi pegawai. Dan ga harus dalam satu gedung. Pegawai semua cabang bisa belajar dalam satu ruang virtual

    BalasHapus
  12. Kumplit ya ruang guru ada pelatihan Juga untuk karyawan/SDM kupikir tadi hanya untuk anak2 tingkat SD - SMA Aja... Jadi penasaran mau Buka deh

    BalasHapus
  13. Ruang Kerja ini bisa jadi solusi bagi perusahaan yang ingin pekerjanya lebih cakap ya. Dengan berbagai fitur yang bisa membantu pekerja meningkatkan kualitas dirinya.

    BalasHapus
  14. Ruang kerja itu perlu banget untuk menambah semangat kita dalam bekerja Apalagi sebagai blogger atau content Creator ya

    BalasHapus
  15. Perlu juga ini dicoba ruang kerja di aplikasi ruang guru agar semakin banyak karyawan dapat mengupgrade skill-nya.

    BalasHapus
  16. aplikasi ruang kerja ini jadinya solusi banget emang ya mbak, memang kadang suka kesal kalau ada karyawan kerja di perusahaan tapi gak ngerti produk yang dijual, asal kerja aja hehehheeh

    BalasHapus