Pilihan Bank Digital Terbaik di Indonesia

Gaesss, hari gini banyak hal bisa kita lakukan sambil rebahan. Bekerja, belajar, nonton film, silaturahmi, ngurus itu ini... Berkat teknologi, dunia serasa ada dalam genggaman kita. Demikian juga urusan perbankan. Kini tak perlu lagi antri untuk buka rekening, setor tunai, penarikan, transfer dan banyak transaksi perbankan yang bisa dikerjakan sambil rebahan. Well, melalui bank digital kini kita makin dimudahkan bertransaksi keuangan.

Yup, bank digital adalah layanan perbankan yang dilakukan secara online. Artinya, aktivitas account bisa dilakukan dari smartphone saja. Tanpa harus capek-capek pergi ke cabang bank terdekat atau mendatangi Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Bahkan membuka rekening pun bisa dilakukan secara online. Selama dokumen yang diperlukan lengkap, pasti bisa langsung membuat.

Berbeda halnya dengan bank konvensional, di mana segala aktivitas transaksinya belum sepenuhnya bisa dilakukan secara online. Termasuk saat pembukaan rekening, kamu wajib datang ke kantor cabang bank bersangkutan untuk proses verifikasi.

Bank Digital Indonesia


Pilihan Bank Digital Terbaik di Indonesia


Nah, tahukah kamu, di Indonesia saat ini menjamur banyak sekali bank digital yang menjadi pilihan terbaik untuk menabung maupun melakukan transaksi secara daring.

Apa sajakah itu? Ini dia!

Jenius

Jenius merupakan bank digital yang dimiliki oleh PT Bank BTPN Tbk. Lebih dari 3,33 juta pengguna sudah menggunakan e-money yang satu ini.

Mulai dari buka rekening hingga melakukan transaksi semua dilakukan hanya dari aplikasi. Tidak perlu keluar rumah sama sekali, verifikasi identitas cukup menggunakan KTP dan juga video call, very simple kan?

Tak hanya itu saja, Jenius juga menyediakan kartu kredit buat kamu. Jadi transaksi selain bisa pakai smartphone, juga bisa pakai kartu kreditmu

Digibank

Bank digital terbaik selanjutnya adalah Digibank dari DBS. Selain berfungsi sebagai tabungan, Digibank juga bisa digunakan untuk peminjaman, kartu kredit, hingga investasi.

Di Digibank kamu sama sekali tidak perlu ke kantor cabang untuk membuka rekening. Sebab, buka rekening Digibank sudah bisa dengan sidik jari saja. Oia, Digibank juga memiliki fitur yang membuatmu bisa mengontrol pengeluaran.

Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur lainnya seperti virtual assistant, live chat 24/7, dan kamu bisa transfer gratis baik ke dalam maupun luar negeri.

Blu

Blu adalah bank digital BCA sekaligus bank digital terbaru yang saat ini juga banyak diminati. Ada banyak fitur yang bisa kamu nikmati antara lain yaitu bluaccount untuk membuat akun, bluSaving untuk menabung, bluDeposit untuk melakukan deposit, transfer untuk mengirim uang, tarik tunai untuk mengambil uang, QRIS untuk bayar dengan kode QR, dan lainnya.

Semua proses transaksi cukup dilakukan dari satu aplikasi saja. Transaksi pakai blu, bebas biaya admin lho, jadi kamu tidak akan dikenakan biaya setiap melakukan transaksi.

Jika kamu masih ingin mengetahui lebih lanjut tentang blu, jangan ragu menghubungi tim haloblu yang siap menjawab pertanyaanmu kapan saja.

Jago

Jago atau Bank Jago, adalah pilihan bank digital selanjutnya yang wajib kamu coba. Bank Jago semula bernama Bank Artos Indonesia yang merupakan bank konvesional kini telah berubah menjadi aplikasi bank digital.

Selain untuk menabung dan bertransaksi, dengan Bank Jago kamu juga bisa berinvestasi. Sebab Bank Jago sudah berkolaborasi dengan Bibit untuk kebutuhan investasi kamu.

Nah, cara buat akunnya bisa dilakukan darimana pun karena cukup menggunakan satu aplikasi saja. Tak perlu khawatir dengan keamanan data, sebab kerahasiaan datamu bakal terlidungi dengan sistem keamanan yang canggih.

Oia, Bank Jago juga memberikan kuota free biaya transfer sebanyak 25 kali dan free biaya tarik uang tunai di ATM lain sebanyak 5 kali. Sangat menarik bukan?

TMRW dari Bank UOB

TMRW digital banking untuk kamu menginginkan transaksi hanya dalam satu genggaman saja. Buka rekening sangat mudah, cukup dari aplikasi TMRW pada smartphone kamu.

TMRW memiliki fitur smart Insights yang membuatmu bisa langsung mengontrol pemasukan dan pengeluaran sehingga kamu bisa mengatur keuangan lebih baik lagi.

Bahkan kamu bisa mendapatkan saldo Gopay hingga 600 ribu rupiah jika rutin menabung dan bertransaksi di TMRW. Sayangnya, aplikasi TMRW hanya bisa dijalankan pada perangkat dengan sistem operasi android 8.0 ke atas atau iOs 11 ke atas. Ini berarti tidak bisa digunakan di semua versi android ya.

Wokee

Pilihan bank digital terbaik selanjutnya adalah bank Wokee yang dikembangkan oleh Bank Bukopin. Wokee sudah hadir sejak tahun 2018 dan semua proses layanan perbankan dilakukan dari aplikasi mulai dari pendaftaran nasabah baru, verifikasi data, hingga melakukan transaksi.

Salah satu keunggulan dari aplikasi Wokee adalah kamu bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu di semua ATM Bukopin di seluruh Indonesia.

Tenang saja, keamanan data dan proses tarik tunai akan tetap terjaga dengan adanya fitur Face ID, Voice ID, hingga Biometric Fingerprint Scanning.

Top up saldo dapat dilakukan dengan mudah bisa dengan dompet digital seperti OVO, Gopay, atau LinkAja. Tak hanya itu saja, Wokee juga memberi kemudahan dalam bertransaksi seperti kirim uang, beli pulsa, bayar tagihan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

D-Save dari Danamon

D-Save sebenarnya bukan sebuah bank digital yang berdiri sendiri seperti daftar bank digital lainnya. Namun, bank ini merupakan produk digital resmi dari Bank Danamon, sebuah perusahaan layanan finansial yang sudah terkenal di Indonesia.

Untuk calon nasabah yang berencana membuka rekening, D-Save sudah memiliki layanan buka rekening dari rumah secara online. Jadi tidak perlu lagi datang ke Bank Danamon terdekat di daerahmu. Nantinya, petugas dari D-Save akan melakukan panggilan video untuk memverifikasi data.

Selain itu, tidak ada batasan minimal setoran awal untuk membuka rekening di bank digital ini.

D-Save sendiri memiliki banyak keunggulan yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa, pelajar, maupun masyarakat lainnya. Salah satu yang paling membantu adalah adanya fitur gratis biaya transaksi dan biaya bulanan.

PermataME

Pilihan bank digital terbaik di Indonesia yang terakhir adalah PermataME. Sesuai dengan namanya, bank yang satu ini merupakan produk atau anak perusahaan dari Permata Bank yang melayani masyarakat Indonesia sejak 1954.

Dengan aplikasi PermataME, masyarakat yang sudah punya rekening Bank Permata maupun nasabah baru bisa menikmati transaksi tanpa biaya selama saldo rata-rata di atas 1 juta per bulan. Bukan hanya itu, nasabah PermataME juga tidak perlu terbebani oleh biaya adminstrasi ketika menarik tunai saldo di rekening mereka.

Tidak ada minimal saldo untuk membuka rekening PermataME. Namun, kamu akan dikenakan biaya OTP melalui SMS ketika pertama kali membuat akun di aplikasi ini.

Selain dari itu, tidak ada lagi beban yang diberikan kepada nasabah. kamu bisa membuka rekening dari rumah secara online dan tidak ada saldo yang mengendap atau tidak bisa diambil di dalam akun.

See, Menarik ya Pilihan Bank Digital Terbaik di Indonesia?


Apalagi bank digital ini punya banyak kelebihan, yakni:

  • Kemudahan akses, sambil rebahan pun bisa bertransaksi perbankan
  • Kecepatan transaksi, tak perlu lagi menunggu antrean berjam-jam
  • Bank digital lebih hemat biaya menyewa kantor, bayar listrik, dan lainnya. Membuat mereka tak meminta terlalu banyak dari nasabahnya. Otomatis biaya administrasi bank digital lebih rendah, bunga simpanan juga bisa menjadi lebih tinggi

Meski begitu ada juga beberapa kekurangan dari bank digital ini, di antaranya:

  • Koneksi internet bisa jadi kendala saat mengakses rekening kita
  • Karena online sifatnya kemungkinan pencurian berbagai data pribadi juga rawan terjadi
  • Kemudahan akses terus-menerus ke rekening bisa membuat kita semakin boros

Semoga layanan bank digital bisa memberikan solusi bagi kamu yang ingin melakukan aktivitas perbankan tanpa repot-repot keluar rumah yaa...

Oia, sedikit tips, pilih hanya lembaga keuangan digital yang terpercaya. Juga, demi keamanan dan kontrol keuangan, simpan sebagian saja uangmu di sana. Taruh juga dana di rekening nondigital.

Oia, sudahkah kamu punya bank digital di smartphone-mu? Kalau sudah, selamat bertransaksi dan tetap hati-hati!💖


Happy Sharing

signature-fonts

14 comments

  1. Maraknya bank digital bermunculan membuat pengguna memiliki lebih banyak pilihan layanan perbankan ya. Dari daftar yang dibuat Mbak Dian, ada beberapa yang sudah aku kenal, ada yang belum sama sekali. Yang terbaru aku tahu Blu. Tapi belum coba sih :D
    Yang aku suka dari bank digital salah satunya ya layanan nya jadi lebih inklusif sebagai ciri utama yang membedakannya dari bank konvensional yakni dari cara mereka melakukan operasionaliasi dan ekspansi jangkauan layanan.


    ReplyDelete
  2. Dengan adanya bank digital, masyarakat yang ingin punya rekening bank gak perlu repot buatnya ya mbak, alias gak perlu lagi capek ngantre apalagi di masa PPKM ini. Siip SemangatCiee menabung

    ReplyDelete
  3. Karena sekarang era serba digital, maka layanan perbankan juga kudu lebih sophisticated lagi di ranah online ya mbaa
    senaaaanggg karena banyak pilihan, jadi kita bisa memilih mana yg paling 'chemistry'-nya dapat banget!

    ReplyDelete
  4. Iya juga ya, semakin dipermudah oleh banyaknya fitur bank digital, semakin mudah pula duit kita terkuras, hahahaha.
    Pokoknya kalau ada bank digital berdampingan dengan aplikasi e-commerce, udah deh, babay isi rekening, hahaha.

    Tapi nggak dipungkiri juga sih ya, dengan adanya kemudahan tersebut, semakin membantu kita untuk lebih dipermudah transaksi yang penting :)

    ReplyDelete
  5. Bank digital semakin banyak pilihannya, pelayanannya juga semakin bersaing. Tinggal kita sebagai pengguna yang harus memilih yang paling sesuai kebutuhan dan peruntukannya.

    ReplyDelete
  6. Waww ternyata banyak pilihan digital bank yg bisa kita percayakan nyimpen uang kita ya... biar yg kita punya safety. Nice recomend buat yg lagi bingung milih digital bank

    ReplyDelete
  7. kalau sobatku masuk enggak Mbak Dian?

    saya pernah punya tabungan di Sobatku, itupun karena menang lomba nulis :D

    sesudah itu mau transfer via BCA kok gagal

    berlanjut terus sampai akhirnya dihapus deh akun saya :D

    ReplyDelete
  8. Pilihan menabung di masa digitalisasi semakin marak, pilih sesuai referensi diatas agar jauh lebih mudah menentukan pilihan.

    ReplyDelete
  9. Saya semakin yakin bahwa semakin banyak bank digital di Indonesia maka inklusi keuangan negara kita juga semakin bagus. Bank digital ini pastinya punya keuntungan ya kak, misal saat pembukaan rekening baru jadi gampang karena bisa lewat aplikasi bank terkait. Lebih praktis, mudah dan cepat alias tidak ngantre hehe..

    Btw, saya baru nyoba yang jenius hehe. Belum coba yang lainnya.

    ReplyDelete
  10. Ada banyak pilihan bank digital terbaik ternyata, ya. Saya jadi penasaran, yang enggak baik kira2 yang seperti apa?

    ReplyDelete
  11. Banyak banget ya mba aplikasi kirim uang . Tinggal pilih yg kita suka dan cocok aja. Saya biasanya lihat dulu di play store penilaian orang

    ReplyDelete
  12. Ternyata saya banyak ketinggalan fitur fitur perbankan yang semakin canggih dan penuh layanan ramah pelanggan. Terima kasih sharingnya Bu, sekalian memilih fitur sesuai artikel ini. Salam sehat.

    ReplyDelete
  13. Dengan kondisi aturan minim mobilitas, bank digital memang jadi andalan ya Mbak. Bertransaksi keuangan semua bisa dilakukan dari rumah. Praktis dan hemat ongkos pulak. HIkmah dari pandemi nih ya Mbak Dian. Orang-orang jadi melek teknologi digital

    ReplyDelete
  14. Sekarang serba praktis ya mbak terutama urusan transaksi dengan bank. Ga usah datang ke kantor cabang pake antri lagi kalau ada urusan transaksi perbankan. Saya juga andalkan smartphone nih untuk segala transaksi apalgi ada bank digital yang jadi solusi keren deh ya

    ReplyDelete