Tips Menggemukkan Badan yang Aman

Gaess, sebenarnya terlalu gemuk itu enggak bagus, terlalu kurus juga enggak bagus. Selama ini, sering kali kegemukan yang jadi persoalan. Membuat segala cara dicoba agar bisa memangkas berat badan. Aneka tips pun dijabani untuk mengurangi timbunan lemak di sana sini. 

Tapi jangan salah, kurus juga bisa jadi masalah. Ada orang yang sudah makan banyak tapi badan segitu-gitu saja, kurus kering seperti tak berdaya. Ujung-ujungnya aneka penyakit tiba, seperti anemia, tulang rapuh, daya tahan tubuh lemah,... aneka penyakit jadi betah.

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana sih biar badan agak gemukan? Padahal sudah makan beberapa kali sehari kok badan masih segini-gini? Banyak yang ngatain lagi! 

Hm, memang serba salah, gemuk diejekin, kurus diomongin, sungguh ya body shaming ini bikin pusingg!! Hiks!

Tips Menggemukkan Badan

Tips Menggemukkan Badan Secara Alami yang Aman


Nah, buat dirimu yang saat ini kurus dan ingin beratnya bertambah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, tanpa perlu minum suplemen atau obat penggemuk badan.

Yes, menggemukkan badan secara alami bisa dilakukan dengan metode seperti ini :

Makan Lebih Sering

Ini adalah cara utama dan awal yang perlu kamu lakukan supaya berat badan bertambah. Ibarat mobil yang kehabisan bahan bakar, yang harus dilakukan tentu saja mengisinya, bukan?

Hal tersebut juga berlaku pada manusia. Bagaimana badan mau gemuk kalau asupan kurang. Maka, usahakan frekuensi makan lebih sering dari biasanya yang bertujuan untuk menambah asupan kalori dan nutrisi.

Jika tidak bisa menghabiskan dalam porsi banyak, tidak masalah makan sering dengan jumlah porsi yang lebih sedikit. Yang paling penting adalah makanan yang dikonsumsi harus benar-benar sehat dan bergizi seimbang.

Tidak Asal Memilih Makanan

Percuma saja makan banyak tapi makanan yang kamu konsumsi tidak tepat. Sebanyak apapun kamu memakan makanan tersebut tidak akan membuat badan kamu menjadi gemuk.

Oia, makanan yang sebaiknya dipilih, wajib menunjang peningkatan bobot tubuh. Mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta beragam vitamin dan mineral.

Untuk karbohidrat kamu bisa memperolehnya dari nasi atau roti, protein didapatkan dari ikan, daging, ayam, tahu, tempe, atau kacang-kacangan dan untuk kebutuhan vitamin dan mineral bisa didapatkan dari buah dan sayur-sayuran hijau.

Mengonsumsi Makanan Berlemak Baik

Tips menggemukkan badan yang efektif selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan berlemak baik. Ingat, hanya lemak baik alias lemak tak jenuh bukan lemak jenuh.

Kandungan lemak tak jenuh bisa kamu dapatkan pada makanan atau minuman seperti ikan, alpukat, telur, dan kacang-kacangan. Lemak jenis ini kaya akan kalori dan tidak menyebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah.

Variasikan Isi Piring

Setiap kali kamu makan, sebaiknya ada tiga jenis makanan berbeda yang ada di piring dan semuanya wajib kamu konsumsi. Misalnya, roti dengan olesan selai, potongan buah-buahan, dan sepotong ayam. Atau nasi dengan sayur capcay plus telor dadar.

Jadi, tidak hanya satu jenis atau dua jenis makanan saja. Semakin bervariasi makanan yang kamu konsumsi, semakin banyak asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Minum Jus atau Smoothie

Tips menggemukkan badan selanjutnya adalah dengan meminum jus atau smoothie. Kedua jenis minuman ini juga tinggi kalori sehingga dapat meningkatkan berat badan kamu.

Minuman ini bisa menggantikan susu jika kamu memang tidak suka minum susu. Bisa menjadi pengganti teh, kopi, atau soda yang tidak bagus dikonsumsi sering-sering, berbeda dengan jus buah atau smoothie yang tentunya aman dikonsumsi.

Rasa kenyang yang ditimbulkan setelah mengonsumi minuman ini tidak akan membuat perut kamu menjadi mulas. Justru, semakin menambah asupan nutrisi dan kalori tanpa membuatmu merasa kekenyangan atau merasakan perut yang tak nyaman.

Makan Sebelum Tidur

Tahukah kamu? Waktu terbaik makan supaya tubuh kita jadi gemuk adalah saat malam hari sebelum tidur atau sekitar jam 9 malam sampai 10 malam. Hal ini disebabkan karena setelah kamu makan, istirahat sejenak, lalu tidur tubuh bekerja untuk menyembuhkan dan meregenerasi sel dan jaringan yang rusak.

Makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan. Beberapa yang bisa kamu coba adalah rebusan dada ayam dan semangkuk salad atau sayur kesukaan.

Banyak Minum Susu

Minum susu secara rutin bukan hanya bikin tulang kuat, tetapi juga bisa buat badan kamu semakin gemuk. Susu bukan hanya sumber kalsium yang baik, melainkan juga sumber protein dan lemak yang bagus untuk tubuh kamu.

Jadi kamu bisa minum susu sapi murni satu sampai dua gelas sehari untuk menambah berat badan. Alternatif lain bisa mencoba minum susu penambah berat badan yang sangat mudah ditemukan.

Minum Di Waktu Terbaik

Perlu kamu ketahui, ada waktu-waktu terbaik seseorang minum air atau jenis minuman yang lainnya. Sebagian orang ada yang merasa kekenyangan kalau minum saat atau setelah makan, jika waktu tersebut bukanlah waktu terbaik baginya untuk minum.

Jadi, kamu harus mencari kapan waktu terbaik minum sehingga minuman yang kamu konsumsi masuk ke dalam tubuh tanpa sia-sia.

Berolahraga

Tips menggemukkan badan yang tidak kalah penting adalah rutin berolahraga. Jangan hanya makan banyak saja, olahraga juga perlu dilakukan.

Kalau tidak kuat dengan olahraga yang berat, tidak masalah berolahraga yang ringan. Asalkan kamu melakukannya secara rutin setiap hari, atau setidaknya seminggu tiga hingga empat kali.

Manfaat berolahraga membuat nafsu makan menjadi meningkat. Nah kalau makan sudah banyak, bisa bikin badan menjadi gemuk. Kalau mau cepat gemuknya, disarankan olahraga yang melatih kekuatan otot seperti push up atau pull up.

Tidak Merokok

Merokok menurut banyak penelitian memang tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu bisa membuat seseorang menjadi gemuk berlebih karena banyak bakteri dan virus berbahaya yang terkandung di rokok masuk ke dalam tubuh. Nah, kalau kamu mau gemuk yang normal, ya wajib menghentikan kebiasaan merokok. 

Bahayanya Tubuh Terlalu Kurus


Well, gaesss, salah satu alasan mengapa saya membuat artikel ini adalah karena ada teman yang mengeluh perihal badannya yang terlalu kurus dan dia khawatir jika itu akan menjadi masalah serius. 

Memang sih, kalau "terlalu" itu berbahaya. Nah, apakah bahaya jika terlalu kurus? 

Di antaranya:

  1. Meningkatkan risiko patah tulang, akibat massa tulang yang sedikit, jadinya rapuh
  2. Meningkatkan risiko radang sendi dan penyakit jantung serta stroke
  3. Bagi wanita hamil, dapat meningkatkan risiko keguguran terutama pada trimester pertama serta meningkatkan morning sickness
  4. Meningkatkan risiko depresi karena produksi serotonin berkurang
  5. Bagi orang yang sudah lanjut usia dengan barat badan kurang dari rata-rata, meningkatkan risiko penyakit paru-paru kronis seperti asma, bronkitis atau pneumonia.
  6. Mengurangi kualitas sperma karena jumlah dan kepekatannya berkurang akibat tubuh yang terlalu kurus

Nah itulah tips menggemukkan badan yang aman tanpa harus mengkonsumsi suplemen penggemuk badan. Juga risiko jika badan terlalu kurus. 

Kalau kamu punya tips lain yang terbukti efektif, feel free to discuss. Silakan disampaikan lewat kolom komentar yaa...See ya!💓


Stay Happy & Healthy

signature-fonts

24 comments

  1. Kamu, ada tips lain menggemukkan badan yang aman?

    ReplyDelete
  2. Memang serba salah ya, orang yang gemuk pengin kurus, sebaiknya yang kurus pengin gemuk.
    Ternyata untuk menggemukkan badan secara alami ada tips nya juga ya, gak hanya asal makan banyak aja tapi harus diimbangi dengan olah raga dll. Yang penting memang badan kita jadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit tentunya :)

    ReplyDelete
  3. Wahh, baru kali ini aku baca artikel ttg gemukin badan, mbaa :D
    Soale selama ini yg sering jd bahan diskusi kan soal gimana ngurusin yak, wkwkw
    Tapii baru tau juga kalo terlalu kurus tuh ngga bagus.
    makasii mbaaa

    ReplyDelete
  4. Memang paling enak punya tubuh ideal dan sehat ya mam. Terlalu gemuk ga sehat, terlalu kurus juga ngga bagus. Kalau akiu sedang berjuang menurunkan berat badan mam. COba kalau ada transfer berat badan, nanti aku sharing 10kg untuk mam dian, heheheh...

    ReplyDelete
  5. Wah, saya kebalikannya nich, makan sedikit saja tetap mekar dan bertambah besar. Saya baca aja ya Bu Dian, dan menunggu tips dari Ibu untuk menguruskan badan he..he..he..Salam sehat dan selamat beraktifitas

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen share cerita saya ini. Kalau saya, mudah nambah berat badan, asal ga ada masalah aja. Dan kebalikan. Kalau mau kurus juga mudah, pas ada masalah, udah bisa dilihat bakal cepet kurusnya. Hehehe

    ReplyDelete
  7. Waduuuuh, gemes aku bacanya hahaha soalnya aku maunya menguruskan body ihihihih :) Ternyata ada persamaan urusan bikin kurus maupun gemuk ya, mbak Dian. Sama2 harus berolahraga secara rutin hahaha :D Kalau soal minum susu, makan lebih sering, itu kayaknya auto wkwkwkwkwk. Yang penting jangan kegemukan ya, masih idela lah yaw, biar tetep sehat dan cantik eeeaaa.

    ReplyDelete
  8. 15 tahun lalu aku pusing cari cara supaya gemuk, sekarang aku pusing cari cara supaya kurus. Tapi tipsnya udah pernah kulakonin semua. Dan menurutku salah satu kunci ukuran tubuh yang proporsional itu di poin variasi makanan dan olahraga. soalnya kalau malas olahraga ntar jadinya kegemukan kayak aku sekarang. hehehe

    ReplyDelete
  9. wahh mbak dian kebalikan dari aku
    klo dian yang ini butuh banget tips menguruskan badan
    hehehe
    btw ini tips menggemukkan badan yang aman ya mbak

    ReplyDelete
  10. Wah ini info yang aku butuhin mbak, sudah berjuang keras untuk gemuk tapi kok tak gemuk-gemuk padahal makannya dah banyak hehe.... Mungkin perlu menerapkan tip-tip yang ada di sini nih!

    ReplyDelete
  11. Dulu saya juga pejuang untuk badan supaya gemuk. Makan banyak tetapi gak naik-naik aja berat badannya. Eh tapi selama pandemi, berat badan saya naik sampai 5 kg, Mbak. Mungkin karena kebanyakan ngemil dan mager kali ya, hihihi

    ReplyDelete
  12. Dulu aku kurus dan pengen gemuk. Sekarang gemuk dan mau agak kurus dikit. Emang manusia banyak maunya, hahaha. Dulu aku juga sering makan di atas jam 9, Mbak. Makanya berhasil tuh gemuknya. Sekarang kudu tetap diimbangi dengan olahraga

    ReplyDelete
  13. Yang serba terlalu itu memang gak bagus ya mbak, terlalu gemuk atau kurus. Yang pasti harus seimbang ya antara konsumsi makanan dan bergerak. Aku aja udah naik beratnya udah ideal tapi terlihat kurus karena naiknya di massa otor karena olahraga, jadi makan apa aja aman sih asal diimbangi olahraga.

    ReplyDelete
  14. Dulu waktu kecil saya terbilang kurus sampai dipikir nggak bakalan bisa gemuk. Eh pas sudah kuliah mulailah merasa badan bisa gemuk dan sekarang malah gemuk banget kayak ibu hamil. Heu. Kuncinya kalau saya ya makan terus. Wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Temen aku ada kak Dian, giliran semua orang pusing ngurusin badan, dia mah sampai beli suplemen untuk menggemukkan badan.
    ...dan cara apapun gak bisa bikin beliau gemuk.
    Nyaman banget sebenernya yaa..

    ReplyDelete
  16. Duh mbak, saya pengennya mengurangi kegemukan. Lha kok malah nemu tulisan cara menggemukkan badan yang aman.

    Ya udah, ntar aku share ke temenku aja mbak. Dia itu udah makan banyak, suka ngemil, tapi badannya tetep kurus aja.

    ReplyDelete
  17. sejak pandemi badan yang selalu dibilang kurus banget ini membengkak hampir 10 kg, udahlah nikmati aja walau pengen berusaha BB ideal deh

    ReplyDelete
  18. Mbak, aku dari dulu pengen banget ngegemukin badan tapi gak bisa bisa hihihi kata orang katanya mungkin perawakan saya emang begitu.

    Eh setelah mulai berumur, alhamdulillah makin melar. Mungkin sebab hormon juga yaa. Alhamdulillah. btw tipsnya makasih yaa.

    ReplyDelete
  19. Olahraga sama-sama dibutuhkan ya sama yang pengen kurus dan pengen gemuk... Kalo urusan makan sih jelas ya..harus banyak dan sering..

    ReplyDelete
  20. Dulu banget berat badanku susah naik. Ternyata dulu aku ngebatin alias stres, makanya pas lepas dari hubungan toxic aku jadi gendut tanpa direncanakan. Emang jiwanya harus disenengin dulu mbak, baru gampang gendutnya hehe.

    ReplyDelete
  21. BAnyak cara menuju badan gemuk, dan aku baru tau caranya waktu baca-baca di salah satu aplikasi diet. TErnyata untuk gemukin badan ada carra dan tip-tipsnya ya..jadi nggak asal makan gitu

    ReplyDelete
  22. teman saya ada tuh yang susah gemuk, padahal udah makan banyak katanya dan suka baking, ternyata ada hal lain juga selain makan banyak ya. kalau saya dulu gemuknya karena hormon setelah menikah dan melahirkan jadi melar huhu

    ReplyDelete
  23. Notes Mak, akutuh terlalu kurus. Sudah makan banyak, tapi tubuh ya masih aja kurus

    ReplyDelete
  24. Makan sering, ngemil, minum susu, itu emang mujarab banget buat ningkatin BB. Dulu saya sampai stress berat badan gak naik-naik sampai dibully kerempeng. Eh, mulai tahun 2016 an, saya mulai doyan makan tuh, ngemil, wisata kuliner. Jadilah berangsur-angsur naik.

    ReplyDelete