Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Nyaman Beraktivitas di Tengah Varian Omicron

Nyaman beraktivitas di tengah varian Omicron memang tak mudah! Setelah dihantam varian Delta, di mana saya, suami dan anak bungsu menjadi penyintasnya, Omicron pun tiba dan kembali membuat khawatir karena jumlah yang terpapar makin menyebar. Duh, kapan ini semua akan berakhir!

Well, sebagai penyintas COVID-19 varian Delta, saya tetap waspada meski banyak teman yang bilang, enggak mungkin lagi kena. Sungguh kejemawaan yang bisa berakibat fatal. Karena, virus bisa menyerang siapa saja tanpa memilih apakah dia sudah atau belum pernah terpapar sebelumnya. 

Jadi teteup, prokes dijalankan dan imunitas tubuh ditingkatkan. Sehingga kita bisa nyaman beraktivitas di tengah varian Omicron yang makin meluas!

Manfaat Natur-E

Pandemi dan Varian Baru yang Datang Lagi dan Lagi!


Coba deh kita hitung, sejak kasus COVID-19 pertama kali terkonfirmasi di negeri ini, pada 2 Maret 2020 lalu...

Ya, nyaris 2 tahun virus mematikan ini bercokol dan enggan pergi! Bahkan pandemi yang sudah berlangsung dan menghantam dunia,  belakangan ini variannya terus bermutasi. 

Varian Omicron yang merupakan mutasi terbaru dari COVID-19 kini merupakan salah satu jenis varian yang perlu diwaspadai (variant of concern) karena tingkat penularannya yang tinggi dan sedang menjadi perhatian masyarakat. 

Meski saat ini kembali diberlakukan pembatasan aktivitas di beberapa sektor, namun secara umum aktifitas kegiatan dalam masyarakat terus berjalan, meski memang disesuaikan dengan kebijakan dan ketentuan pemerintah yang berlaku dan dapat berubah sewaktu-waktu. 

Misalnya, suami saya dan banyak pekerja lainnya yang kembali menjalani Work From Office (WFO) - meski masih selang-seling bergantian Work From Home (WFO). Juga kedua anak saya yang sudah mulai mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolahnya. 

Tak dapat disangkal, hal ini menyebabkan kekhawatiran tersendiri bagi saya dan orangtua lainnya, mengingat pandemi belum usai. Meskipun kami sekeluarga dan banyak orang di luar sana telah divaksin, tapi itu enggak menjamin.

Memang pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem imun untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Pasalnya di dalam tubuh, kita memiliki sistem kekebalan (imun) tubuh yang berfokus pada zat asing tertentu, yang dinamakan B-Cell dan T-Cell yang salah satu fungsinya adalah memproduksi antibodi. 

Tapi, ada beberapa hal yang dapat melemahkan sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang, misalnya gaya hidup yang kurang sehat, kurang asupan gizi dan lainnya. Padahal, sistem imun yang kuat dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan berbagai virus. 

Sayangnya, masih banyak masyarakat seperti saya yang menerapkan gaya hidup tidak sehat seperti kurang berolahraga serta tidak mengonsumsi nutrisi seimbang yang diperlukan oleh tubuh sehingga tubuh menjadi rentan kekurangan vitamin, mineral, dan zat-zat lain yang dapat memengaruhi sistem kekebalan. Duh!

Lalu, bagaimana cara untuk melindungi diri dari serangan virus COVID-19 yang variannya datang lagi dan lagi ini?

Dr. Prasna Pramita SpPD
atas: Nucha Bachri, bawah: Dokter Prasna, Ibu Wulan

Tentang Sistem Kekebalan Tubuh dan Cara Meningkatkannya


Adalah Dr. Prasna Pramita SpPD, K-AI, MARS, FINASIM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, yang menjelaskan seputar sistem kekebalan tubuh ini, pada Konferensi Pers Virtual Natur-E "Nyaman Beraktivitas di Tengah Varian Omicron", Rabu, 16 Februari 2022.

Dokter Prasna mengingatkan agar semua tidak menganggap remeh varian Omicron terkait banyaknya pemberitaan jika varian ini tak separah Delta. Pasalnya, Omicron 4 kali lebih cepat menular dibanding Delta. Maka, kewaspadan tetap penting, jaga imunitas juga wajib hukumnya!

"Ah tidak apa-apa, nanti kita sembuh. Iya benar, kita sembuh. Tapi tetap kita harus waspada, tetap harus menjaga kesehatan tubuh, kita harus tetap mempunyai imunitas yang kuat. Supaya kita bisa tidak tertular ataupun kalau terkena, tidak terlalu berat,” ingat Dokter Prasna.

Dijelaskan lagi, sistem kekebalan tubuh terhadap organisme berbahaya seperti bakteri dan virus, dikawal oleh sel yang disebut B-Cell dan T-Cell

  • B-Cell berfungsi sangat penting sebagai garda penting memerangi patogen berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuh, termasuk virus.
  • T-Cell melakukan fungsinya sebagai sel yang memerangi sumber penyakit dalam jangka waktu yang lebih lama. T-Cell akan lebih lama mengingat dan mengenali patogen berbahaya. 

Keduanya sangat penting dalam pertahanan kekebalan tubuh kita!

Nah, cara utama untuk melindungi diri dari penyakit adalah dengan memiliki daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang kuat. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas merupakan garda pertahanan pertama dari berbagai virus yang menyerang tubuh. 

Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita?

Caranya dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi nutrisi seimbang, minum air yang cukup 6-8 gelas per hari, rutin berolahraga, berjemur di bawah sinar matahari (jam 10 pagi - 3 sore) idealnya selama 10 - 15 menit, dan tidur yang cukup.

Kalau sudah semua, apakah perlu mengonsumsi suplemen juga?

Well, konsumsi vitamin akan membantu tubuh melawan berbagai penyakit, melindungi tubuh dari kerusakan sel dan meningkatkan sistem imun. Jika status konsumsi tidak cukup bisa menekan imunitas.
"Apabila asupan nutrisi kurang seimbang dalam mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi suplemen yang tepat bisa menjadi solusi dalam menjaga kondisi tubuh kita, dan juga sel-sel yang berperan menjaganya. Dari beberapa penelitian, Vitamin E berperan penting dalam mengoptimalkan kondisi B-Cell dan T-Cell,” tambah Dokter Prasna lagi.

 

Nyaman Beraktivitas di Tengah Varian Omicron


Peran Suplemen Vitamin E dari Bahan Alami untuk Dukung Daya Tahan Tubuh Optimal


Nah terkait dibutuhkannya asupan suplemen salah satunya Vitamin E oleh tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan dan memerangi bakteri dan virus yang datang, maka kita jadi mengerti sedemikian bermanfaatnya vitamin ini terutama saat pandemi. 

Bahkan tak hanya itu, Vitamin E juga membantu melebarkan saluran vena darah yang dapat menghindari risiko pengentalan serta dibutuhkan sel tubuh untuk berinteraksi satu sama lain dalam menjalankan fungsinya!

Maka, Vitamin E karena mengandung antioksidan, tidak hanya bagus untuk kulit, tapi juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Lalu Vitamin E ini bisa didapatkan darimana?

Nah, salah satu suplemen Vitamin E yang dapat dijadikan pilihan adalah Natur-E, suplemen Vitamin E yang diproduksi dari bahan alami serta mengandung ekstrak biji bunga matahari dan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Yes, Natur-E adalah merek ternama yang sudah 45 tahun tepercaya, yang dibuat dari bahan-bahan alami dan merupakan satu-satunya produk perawatan kulit yang berbasis Vitamin E yang juga terbukti dapat merawat kulit dari luar dan dalam sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kita.

Seperti yang dijelaskan Widya Wulandari, Brand Manager Natur-E pada kesempatan yang sama, 

”Kami mengerti akan kekhawatiran masyarakat khususnya orangtua dan para ibu dengan situasi pandemi yang kian tak menentu. Dibuat dari bahan alami, Natur-E adalah suplemen vitamin E yang dibuat dari bahan alami seperti ekstrak biji bunga matahari serta bahan-bahan alami lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan di antaranya astaxanthin dan glutathione. Kami berharap Natur-E dapat melengkapi asupan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh keluarga Indonesia.”

Oia, Natur-E memiliki empat varian yang bisa dikonsumsi sesuai kebutuhan, yakni:

  1. Natur-E 100 (100 IU) yang dianjurkan untuk dikonsumsi kelompok usia di bawah 25 tahun (minimal 17 tahun)
  2. Natur-E 300 IU untuk usia 25 tahun ke atas, dan/atau yang memiliki gaya hidup sangat aktif dan banyak melakukan kegiatan di luar ruangan
  3. Natur-E Advanced (100 IU + Astaxanthin): mengandung Vitamin E 100 IU, likopen 1,8 mg, dan astaxanthin 2 mg yang diperuntukkan bagi perempuan usia 35 tahun ke atas
  4. Natur-E White (20 IU and Glutathione) yang dapat membantu untuk memelihara kesehatan kulit yang cenderung kusam serta dapat dikonsumsi oleh kelompok usia mulai 20 tahun ke atas

Nah Natur-E ini diproduksi oleh PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (Darya-Varia), perusahaan industri farmasi yang telah berdiri di Indonesia sejak 1976 yang bermisi “Membangun Indonesia yang Lebih Sehat Setiap Orang di Setiap Waktu”. 

Memproduksi produk-produk yang berkualitas, baik produk kesehatan bagi konsumen umum maupun rangkaian produk Ethical, Darya-Varia bergerak maju untuk menjadi salah satu dari lima perusahaan farmasi teratas di Indonesia. 

Termasuk Natur-E yang menyediakan berbagai macam produk yang sesuai dengan kelompok usia, dimana mungkin saja di setiap rumah terdapat berbagai macam golongan usia, mulai dari bapak, ibu, remaja, hingga mungkin lansia. 

“Pilihlah jenis suplemen dan produk perawatan tubuh topikal dengan bijak, karena Anda harus memastikan bahwa merek yang anda pilih nantinya telah melewati serangkaian tes yang menyeluruh dengan kualitas kontrol yang baik. Suplemen selayaknya terbuat dari bahan alami yang aman serta halal untuk dikonsumsi," tegas Widya Wulandari.
Cara Cegah Omicron

Natur-E Darya Varia

Question & Answer "Nyaman Beraktivitas di Tengah Varian Omicron"


Nah acara menarik yang dipandu oleh Nucha Bachri, Co-founder Parentalk.id, yang dihelat melalui platform Zoom, dihadiri oleh rekan media, blogger dan komunitas, serta bisa diikuti via IG Live agar audiens meluas ini kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab. 

Pertanyaan dijawab baik oleh Dokter Prasna maupun Ibu Wulan, di antaranya:

Q: Apa yang membedakan varian Delta, Omicron dan Flu biasa?  
A: Kalau Delta ada demam tinggi, kehilangan penciuman/perasa, batuk, pilek, sakit tenggorokan. Sementara pada Omicron biasa tidak ada demam, ada sakit kepala, nyeri otot yang ekstrim, batuk, tenggorokan gatal. 

Q: Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes PCR/ antigen?
A: Kalau kontak erat dengan yang orang yang positif, maka hari kelima dari itu kemungkinan akan ada hasil positif/negatif. Jadi beri jeda waktu 3-5 hari dari kontak pertama dengan orang yang positif.

Q: Vaksin yang sudah ada berfungsi untuk mencegah saja, maka apa upaya optimal untuk cegah Omicron? 
A: Vaksin primer (vaksin 1 dan 2) harus lengkap dulu sehingga sistem imunitas tercapai dengan baik. Enam bulan dari itu perlu booster karena antibodi sudah menurun, agar antibodi bisa meningkat lagi. Sehingga tak mudah tertular virus lagi, atau jika pun terpapar tidaklah berat. 

Q: Bagaimana dengan ibu hamil?
A: Ibu hamil boleh melakukan vaksinasi dan booster di usia kehamilan di atas 13 minggu (sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter kandungan)

Q: Bagaimana cara mencegah varian Omicron agar tidak menyerang anak-anak?
A: Anak 6 tahun ke bawah harus dibatasi bertemu dengan orang yang datang ke rumah. Jika orangtua dari luar harus mandi/bebersih dulu, baru pegang anak. Jangan lupa asupan dan vitamin tercukupi untuk mencegah tertular virus ini.

Q: Apakah Natur-E bisa dikonsumsi oleh laki-laki?
A: Bisa banget! Untuk manfaat kesehatan tadi, laki-laki pun boleh mengonsumsi

Q: Apa saja sumber Vitamin E alami?
A: Alpukat, aneka berry, mangga, tomat, kiwi, labu, biji bunga matahari, kacang almond

Q: Apa sinyal tubuh yang menunjukkan kita kekurangan Vitamin E?
A: Otot kita melemah, koordinasi tubuh terganggu, refleks tubuh lambat, sulit ambil suatu benda, gangguan penglihatan, kesemutan, mati rasa di bagian tubuh tertentu, pucat, mudah lelah

Q: Amankah Natur-E untuk ibu hamil dan menyusui?
A: Aman karena kandungannya alami. Tapi karena kondisi setiap ibu berbeda sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan terkait ini.

Q: Bagaimana dengan lansia, apakah masih boleh beraktivitas seperti biasa?
A: Intinya kita perlu menjaga sistem imun kita agar tetap baik dan prokes tetap dijalankan. Karena kita enggak mungkin enggak kemana-mana seterusnya. Terlalu 'parno' juga enggak bagus. Tetap berpikir positif!

Fungsi Natur-E suplemen antioksidan

Nyaman Beraktivitas di Tengah Varian Omicron Bersama Natur-E


Well, pada kondisi yang enggak menentu seperti ini, penting banget buat pastikan kalau kebutuhan nutrisi kita tercukupi agar bisa tetap sehat dan lebih #NyamanBeraktivitas. Salah satunya dengan rutin konsumsi Natur-E Soft Capsule yang bisa bantu meningkatkan sistem imun tubuh!

Gimana, kamu punya tips #NyamanBeraktivitas bareng Natur-E versi kamu sendiri? Yuk ikuti dan menangkan hadiah cantik dari Natur-E. Cara ikutannya:

1. Beli Natur-E Soft Capsule varian apa saja
2. Ceritakan tips #NyamanBeraktivitas versi kamu bareng Natur-E Soft Capsule
3. Post cerita kamu di Instagram feed/reels dalam bentuk foto atau video
4. Tag & mention @natur_e_indonesia di post-an kamu
5. Jangan lupa gunakan hashtag #NyamanBeraktivitas
6. Tidak menggunakan second account & instagram tidak diprivate

Hadiah yang bisa kamu dapatkan: 

Hadiah utama: 1 Samsung Galaxy S21 FE, 2 Philips Air Purifier 800 Series
Hadiah Mingguan: 5 Saldo e-wallet Rp200,000

Wow! Nah, jangan sampai ketinggalan, ya! Periode: 15 Februari - 21 Maret 2022.

Oia, dapatkan juga potongan harga 10% (minimal pembelian Rp 30.000) di official store Natur-E di marketplace kesayangan kamu dengan menyertakan kode "NATUSEHAT" yaaa...!💚


Natur-E
Web: www.natur-e.co.id | FB: natureindonesia
IG: @natur_e_indonesia


Stay Healthy & Happy

Dian Restu Agustina


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

25 komentar untuk "Tips Nyaman Beraktivitas di Tengah Varian Omicron"

  1. Iya mbak betul banget harus tetap waspada walaupun penyintas, karena ada juga yang kembali kena soalnya. Semoga mbak Dian & sekeluarga juga kita semua sama-sama diberikan kesehatan ya dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Suplemen Nature E udah lama juga aku konsumsi nih

    BalasHapus
  2. Waah hadiahnya mantul air purifier philips. Natur E sudaah lamaa sekali tapi masih banyak yang sukaa, istilahnya meskipun sekarang vitamin E banyak pilihan tapi Nature E tetap punya pangsa pasar sendiri.

    Vit E jg bagus buat kesehatan kulit emak usia 40 plus

    BalasHapus
  3. Benar maka kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Coronavirus covid 19 terus saja bermutasi. Saya berharap tubuh kita akan imun dengan sendirinya. Tapi dalam waktu dekat mustahil ya sepertinya sebab setelah divaksin pun ternyata kita tidak akan terbebas dari covid. Yang bisa dilakukan saat ini hanyalah memperketat prokes dan mengkonsumsi multivitamin agar tubuh selalu sehat

    BalasHapus
  4. Berarti aku cocok mengonsumsi 3 varian Natur-E di nomor 2 sampai 4 ya, Natur-E 300 IU, Natur-E Advanced dan Natur-E White :) Betul, tentu selain menjaga asupan bergizi dan olahraga serta tidur yang cukup, kita juga butuh vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi masih dalam masa pandemi. Oh ya, berjemur juga tuh 15 menit saja biar makin sehat.

    BalasHapus
  5. Wah, terima kasih ya mbak
    Sudah menulis tips nyaman berkativitas di tengah varian omicron
    Emang sekarang lagi naik ya kasusnya
    Jadi kita harus tetap beradaptasi
    Salah satunya dgn minum suplemen seperti Natur E ini

    BalasHapus
  6. Padahal varian omicron ini nggak sengeri delta ya mbak, tapi entah kenapa yg positif malah banyak banget di era omicron ini, emang bener2 ga boleh lengah sedikitpun, vitamin harus rutin dikonsumsi, aku biasanya Natur E yg ijo ituuu

    BalasHapus
  7. Walaupun katanya Omicron ini tidaklah sebahaya Delta tetapi kita memang harus tetap waspada dan tetap ProKes ya. Nyaman beraktivitas memang itu yang diinginkan. Berasa sekali ke tubuh ya jadi lebih fit ya setelah aku mengkomsumsi Natur-E Advanced, badan tidak mudah sakit.

    BalasHapus
  8. Salah satu penyebab banyaknya yang terpapar omicron kemungkinan karena merasa sudah divaksin sehingga prokes jadi longgar. Apalagi omicron ini lebih cepat menular dibandingkan varian lainnya ya mbak. Btw alhamdulillah di rumah saya juga sedia vitamin yang salah satu kandungannya vitamin E, ternyata penting ya mbak untuk tubuh kita di masa pandemi.

    BalasHapus
  9. Huhuu di cicle aku sekarang lagi banyak penyintas yang kena lagi Omicron, penularannya emang cepat sekali tapi penyembuhannya pun cepat. Kebanyakan sih karena penuh dengan kekhawatiran dan ketakutan jadi bikin parno, stress dan imun pun turun.
    Ahh, semoga kita sehat2 semuanya yaa dan pndai2 menjaga kekebalan tubuh.

    BalasHapus
  10. varian omicron ini memang cepat banget ya, mbak penularannya jadinya sulit untuk mentracking dari mana sumbernya. makanya kita tetap harus selalu menjaga daya tahan tubuh dan menjalankan prokes agar tak mudah tertular virus ini

    BalasHapus
  11. Kalau minum Natur E kita bisa dapat manfaat ganda ya. Selain bagus buat kulit juga bagus untuk imunitas. Si Omicron ini emang penularannya cepet banget. Circleku udah beberapa mulai tumbang kena covid nih...

    BalasHapus
  12. Setuju, Mbak. Walau sudah terkena dan sudah divaksin, tetap harus berhati-hati dan tetap disiplin menjalankan prokes. Btw, artikelnya menarik sekali, jadi tau banyak seputar kesehatan terutama fungsi vitamin E bagi tubuh. Jadi pingin nyobain Natur E, belum pernah coba konsumsi.

    BalasHapus
  13. Wah, pas banget.
    Aku kemarin abis beli Natur-E Soft Capsule. Tapi aku sebenarnya waktu beli karena sedang ada promo. Aku perhatikan lagi manfaat utamanya untuk kesehatan kulit.
    Semoga rajin minum vitamin bisa menjaga daya tahan tubuh di kala pandemi.

    BalasHapus
  14. Beberapa teman kantor saya juga ada yang kena varian omicron ini mbak, rata-rata isoman di rumah.

    Ternyata ada beberapa varian Natur-e ini ya. Saya tahunya yang warna hijau itu aja

    BalasHapus
  15. Aku yang sempat parno dengan omicron ini mbak apalagi grup wag RW rutin kasih info warga yang positif. Trus sempat aku kurang istirahat sampai tepar. Jadilah mulai lagi hidup Sehat, minum vitamin, berjemur, dst. Kudu semangat, jangan mau kalah sama virus

    BalasHapus
  16. yang pasti kita harus selalu menjaga kesehatan kita masing - masing ya mba sambil terus vigilant atau disiplin dengan protokol kesehatan

    BalasHapus
  17. Wah Natur E udah 45 tahun yaa, aku inget zaman kecil kyknya ada iklannya hehe
    Iya nih sekarang kyknya banyak anak2 kena ya, kemungkinan krn interaksi sama teman baik di sekolah maupun di rumah dan ortu suka lupa kasi masker :(
    Cuma belum ada Natur E utk anak ya hehe, adanya buat anak remaja 17 tahun ke atas
    Aku baru tahu juga kalau produk Natur E ada beberapa varian dan menyesuaikan usia
    Makasih info dan tipsnya

    BalasHapus
  18. Suplemen (vitamin) memang penting banget ya di masa pandemi ini. Harus dijaga banget soalnya stamina tubuh kita.
    Btw Natur E memang sudah terpercaya ya, kayaknya gak ragu lagi deh kalau konsumsi produk Natur E :)

    BalasHapus
  19. Adanya varian Omicron kayanya tetap santai, tapi bukan yang los gitu. Vaksin minimal 2 dosis, lalu booster. Prokes, makan makanan sehat dan olahraga. Vitamin gak kalah penting

    Ternyata Natur E bisa buat cowo. Kirain buat perempuan saja

    BalasHapus
  20. Aku komen ini dalam kondisi isoman karena PCR suami positif. Meski gejalanya ringan, tapi memang tetap harus waspada karena apapun bisa terjadi gara-gara si covid ini ya Mbak. Di pengalaman pertama dulu (akhir 2020), malah sama sekai ga ada gejala/OTG.Kalau sekarang, aku sama suami ada pening2nya, anak-anak malah sehat jaya sentosa (puji Tuhan).

    Btw, aku baru tahu lho Mbak kalau Nature E bisa dikonsumsi laki-laki juga. Memang selama ini aku juga belum pernah lihat iklan Nature E dengan model laki-laki (atau ada tapi aku belum pernah lihat?).

    BalasHapus
  21. Terima kasih atas ulasannya mak, baru sore ini keluar SE walikota, kalo kota Bengkulu PPKM level 3, so kami sudah mulai akan WFH lagi, bosan juga yah kayak gini

    BalasHapus
  22. Bener banget, kita harus selalu fit ya biar bisa terhindar dari virus penyebab pandemi. Xaranya ya dengan selalu menjaga kesehatan, plus makan vitamin tambahan. Kayak Natur-E ini. Aku dulu rajin minum. Sekarang malah jarang. Kudu mulai dirajinkan lagi nih minum Natur-E

    BalasHapus
  23. Fatal juga ya ternyata kalau kekurangan vitamin E ya jadi memang kebutuhan vitamin E kita harus dipenuhi baik dengan makanan maupun vitamin Natur E ini

    BalasHapus
  24. Kupikir Natur E ini tuh multivitamin untuk kulit aja atau merawat kecantikan, eh ngaruh juga ya ke kekebalan tubuh.

    BalasHapus
  25. Aku udah lama rutin minum kapsul Natur E yang hijau itu. Dulu awalnya untuk menghilangkan pecah2 tumit eh malah hasilnya bagus banget

    BalasHapus