Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah Mulai Hidup Sehat dari Rumah

Lima langkah mudah mulai hidup sehat dari rumah yang akan saya bagikan di artikel ini, jujurly awalnya susah untuk dimulai. Tahu kan, memulai kebiasaan baru tidaklah semudah yang dibayangkan? 

Mungkin saat awal akan terasa ringan, namun untuk konsisten melakukannya perlu usaha ekstra. Pasalnya, seringkali kebiasaan baru ini terputus di tengah jalan dan akhirnya gagal maning dilakukan.

Demikian juga dengan memulai hidup sehat dari rumah yang baru serius saya awali ketika datang pandemi.  

Saya yang kadang abai pada kebersihan diri, saat ini jadi lebih peduli. Saya yang dulunya makan asal-asalan, kini lebih pilih makanan yang menyehatkan. Saya yang sebelumnya enggak teratur makan, minum, tidur, ... sekarang semua lebih teratur. Juga, saya yang dahulu olahraga seingatnya, kini rutin membiasakannya. 

Well, banyak yang masih malas menjalankan hidup sehat dengan alasan merepotkan. Padahal pola hidup sehat adalah koentji hidup berkualitas. Namun, terkadang rasa malas menyebabkan kita enggan menjalankan pola hidup sehat. Sehingga gaya hidup sehat ini hanya sebatas angan-angan dan jadi resolusi tapi selalu gagal terealisasi. 

Maka, mengapa enggak kita mulai saja langkah mudah mulai hidup sehat dari rumah sekarang juga?

tips hidup sehat dari rumah

Yuk, Mulai Hidup Sehat dari Rumah!


1. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Pertama, yuk kita mulai dengan berperilaku hidup bersih dan sehat di rumah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, karena tangan yang kotor dapat menjadi sarang tumbuhnya kuman dan penyakit. Biasakan untuk mencuci tangan setelah buang air besar/kecil, sebelum dan sesudah makan, dan juga setelah beraktivitas.

Jaga selalu kebersihan kamar dan ruang-ruang yang ada di rumah, agar penghuni dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan. Mulailah membersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya secara rutin. Juga tempatkan sistem ventilasi di setiap ruangan untuk memungkinkan adanya sirkulasi udara, sehingga rumah tidak menjadi lembap, dan kuman, bakteri, maupun jamur tidak mudah tumbuh.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang Secara Teratur

Makan sedikit atau banyak tentu bisa memengaruhi kondisi tubuh. Jadi, pastikan kamu makan seimbang dan tepat waktu serta variasikan jenis makanan bergizi tiap harinya agar tubuh mendapat asupan penuh dan beragam.  

Pastikan juga asupan cairan cukup untuk membantu tubuh tetap kuat dan memiliki kemampuan untuk melawan virus dan infeksi. Karena air memiliki peran penting untuk mengatur suhu tubuh, mengalirkan nutrisi ke seluruh bagian tubuh, mampu mengeluarkan racun berbahaya yang ada di dalam tubuh, meningkatkan produktivitas tubuh dan mengaktifkan kinerja otak.

3. Istirahat yang Cukup

Jaga pola hidup sehat dengan beristirahat yang cukup, di antaranya dengan tidur 6-8 jam tanpa gangguan. Istirahat yang cukup namun berkualitas jauh lebih baik dibanding waktu istirahat yang lama namun tidak berkualitas. Tubuh dan otak memiliki kapasitasnya masing-masing. Jika dipaksa terus-menerus digunakan, akan lebih cepat “rusak”. 

Oia, dirimu wajib juga mengistirahatkan mata yang lelah karena terlalu lama menatap layar dengan cara pejamkan mata atau jauhkan pandangan tiap 20 menit selama 20 detik yaaa...

4. Jaga Kesehatan Mental

Terlalu lama di rumah rentan meningkatkan stres dan kecemasan. Karenanya jaga kesehatan mental dengan tetap bersyukur karena kita masih diberikan kesempatan untuk menjalani kehidupan. Bijak menggunakan media sosial untuk kewarasan, sibukkan diri dengan berbagai aktivitas,  juga jaga interaksi sosial.

Oia, coba juga berusaha untuk self talk, berbicara kepada diri sendiri mengenai apapun yang kamu rasakan. Afirmasi positif yang disampaikan saat self-talk ini mampu menurunkan beberapa risiko gangguan kesehatan mental lho... Juga, bisa kurangi kecemasan, menghilangkan persepsi negatif, dan memberi kesempatan untuk mengontrol diri. 

5. Rutin Beraktivitas Fisik

Mungkin sebelum pandemi dirimu terbiasa berolahraga berat seperti futsal, berenang atau fitness di gym. Nah, bukan berarti ketika di rumah, kamu sama sekali enggak bisa berolahraga. Coba ikuti kelas online yoga, misalnya, atau sekadar peregangan otot tiap pagi diiringi musik dari Youtube. Olahraga ringan namun rutin selain akan menyegarkan pikiran, juga dapat meningkatkan kekebalan.

Tak hanya itu, banyak aktivitas fisik lain yang mudah dan seru bisa dilakukan, seperti jogging, berlari, bersepeda, workout di sekitar lingkungan rumah kita. Meskipun awalnya sulit, ketika sudah dibiasakan pasti kamu akan terbiasa dengan sendirinya. Seperti jogging setiap Sabtu dan Minggu, menjadi satu minggu tiga kali, lalu rutin setiap pagi. 

Apalagi kalau ada jalur lari (jogging track) di lingkungan kita...Enggak ada alasan lagi untuk menunda kan ya?

Hawila Residence 2

Pilih Hunian yang Menunjang Gaya Hidup Sehat


Nah, itulah 5 langkah mudah mulai hidup sehat dari rumah yang bisa kamu dan seluruh anggota keluarga terapkan. Selalu disiplin menerapkan kelima langkah hidup sehat tersebut demi hidup lebih berkualitas!

Karenanya, memilih hunian yang pas pun bisa jadi solusi. Hunian yang tak hanya menyediakan fasilitas bagi penghuni tapi juga mendukung gaya hidup sehat ini.

Seperti Hawila Residence 2, perumahan subsidi di Medan yang memiliki harga jual mulai Rp150 juta-an.

Lokasinya berada di Patumbak Deli Serdang, sehingga mudah mengakses Gerbang Tol Bandar Selamat 2 dan Tol Belmera. Dan tak hanya dekat dengan akses tol saja, tapi juga fasilitas umum seperti Pasar Pancur Batu (5 menit), Poltekkes Medan (8 menit) dan RSU Adam Malik (12 menit).

Enggak hanya itu, tak jauh dari Hawila Residence 2, terdapat wahana rekreasi Hairos Water Park yang bisa ditempuh dalam 5 menit berkendara.

Oia, fasilitas di dalam hunian juga cukup lengkap, terdapat mushola, ruang terbuka hijau, hingga taman bermain anak. Infrastruktur jalan kompleks pun berukuran lebar dan sudah menggunakan aspal.

Hawila Residence 2 Tahap 2 memiliki desain minimalis dan cantik, dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi untuk tipe unit 36/72. Dikembangkan PT Batam Cahaya Sukses, perumahan ini menggunakan rangka baja dan kusen alumunium yang dirancang modern demi kepuasan penghuni, sehingga tidak memerlukan tambahan renovasi.

Kabar terbaiknya lagi, ada fasilitas menarik yang bisa dijumpai di Hawila Residence 2 ini, yakni adanya Jalur Lari! Wow, bikin makin semangat untuk memulai hidup sehat pasti!💗 


Stay Safe & Healthy

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

31 komentar untuk "Langkah Mudah Mulai Hidup Sehat dari Rumah"

  1. Segalanya berawal dari hidup bersih kak,, asalkn bisa menjaga kebersihan insya allah penyakit pun bakalan enggan buat mampir, heheh

    BalasHapus
  2. Ah iya, memulai hidup sehat itu bisa dari rumah ya mbak
    Apalagi KLO rumahnya di Hawila Residence 2 ini
    Ada sarana jalur lari
    Mendukung banget buat yg suka olahraga lari

    BalasHapus
  3. Wah ada jalur larinya juga, bikin seneng pastinya punya hunian kece dengan fasilitas olahraga yang ramah.
    Ya secara kan, olahraga lari banyak yang suka, sehingga sangat mendukung buat membiasakan diri gemar berolahraga

    BalasHapus
  4. Diantara yang disebutkan diatas aku termasuk sudah mulai memasuki gaya hidup sehat, ceile...kecuali istirahat yang kurang cukup.Nah ini dia yang terkadang kok sulit ya, tidur jam 12 malam, bangun jam 5 pagi. Kurang banget kan ya...semoga ke depannya bisa disiplin istirahat dengan jam tidur yang teratur

    BalasHapus
  5. Eh beneran ada jalur larinya ya? Wah bisa happy setiap hari ya kalau gitu punya hunian di Hawila Residence ini
    Apalagi lokasinya juga strategis. Hunian impian banget deh

    BalasHapus
  6. Keren ada jalur larinya. Meskipun saya pasti gak bakal ikutan. Paling olahraga jalan kaki hehehe. Tapi, kalau tempatnya disediakan, berolahraga juga jadi berasa lebih aman.

    BalasHapus
  7. waduh mulai Rp 150 juta udah dapat rumah

    investasi rumah yang menguntungkan ya Hawila Residence 2,

    karena 10 tahun kemudian, harganya bakal boom tinggi banget

    BalasHapus
  8. Yang tinggal di Medan nggak boleh ketinggalan nih, dengan 150 juta udah bisa dapat rumah di Hawila residence 2.

    Memulai hidup sehat tuh yang susah emang konsistennya ya mbak. Niat udah ada, udah jadi resolusi tahunan, tapi kalau nggak konsisten, maka realisasinya bisa nol besar

    BalasHapus
  9. Setuju mbak, klo hidup sehat berawal dari rumah kita sendiri nah klo bukan kita sekeluarga yang menerapkan dan menjaga kesehatan di rumah ya siapa lagi iya kaan mbak,

    BalasHapus
  10. 'aku banget' itu mba...
    memulai pola hidup sehat sering terputus di tengah jalan.
    Adaaa aja yang bikin gagal... hiks...

    Punya rumah yang punya jogging track pasti mengasyikkan...
    Di rumahku yang sekarang sebenarnya enak de buat arena rutin jalan santai, kapanpun, baik pagi atau sore.
    Tapi ya itu, banyak anjing hiks...
    Aku takut...
    Nanti jalan santai berubah jadi lari marathon

    BalasHapus
  11. Harga rumah di Hawilla Residence 2 ini murah banget ya, mulai dari seratus lima puluh juta. investasi banget nih karena jika lingkungannya sebagus ini harga bisa terus naik dengan cepat.

    BalasHapus
  12. rumah yang nyaman dan bersih menjadi salah satu pendukung kita untuk hidup sehat yaa

    BalasHapus
  13. Keren! Jarang ngelihat perumahan yang ada track untuk lari.
    Hunian impian banget nih Hawila Residence 2, lokasi strategis, fasilitas lengkap. Tinggal di sini bakal sehat jiwa raga nih.

    BalasHapus
  14. Wah kena nih aku. Bener lho beberapa bulan ini aku jarang olah raga. Badanku rentek rasanya. Sekarang aku mulai gowes lagi.

    BalasHapus
  15. Bener kak, menjaga kesehatan termasuk mental sehingga mewujudkan kondisi sehat perlu dipraktikkan sehingga dampak akan kembali ke internal dan eksternal seperti keluarga

    BalasHapus
  16. Jaman now ini memang harus dipikirkan banget ya Mbak untuk hidup lebih sehat. Karena kadang sudah berusaha hidup lebih sehat saja masih bisa sakit, apalagi jika tidak menjalankan hidup sehat. Terima kasih tipsnya Mbak.

    BalasHapus
  17. Lingkungan yang bersih dan asri serta banyak penghijauan, pastinya akan sangat menunjang kegiatan olah raga ya Mbak. Udaranya pasti lebih segar dan menyenangkan. Untuk sekedar jalan sehat aja rasanya pas untuk mendukung kebiasaan baik bagi kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  18. bergerak, olahraga itu penting bgt. apalagi pas covid skrg, kita diminta utk hidup sehat, mental sehat, makan dan minum sehat. semuanya harus lebih sehat. meski di rumah saja

    BalasHapus
  19. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mulai hidup sehat sekarang ya, Mba. Sejak pandemi datang ini memang lebih peduli dengan kesehatan dan kebersihan sih. Jaga mental merupakan salah satu yang penting pastinya ya dilakukan agar hidup sehat dari rumah.

    BalasHapus
  20. Milih rumah jaman now memang harus yang menyesuaikan sama gaya hidup jaman now ya, salah satunya fasilitas umum untuk olahraga yang penting banget nih, jadi ga perlu jauh2 cukup di kawasan perumahan aja olahraganya

    BalasHapus
  21. bener banget lho ini... hidup sehat itu sangat berpengaruh untuk diri sendiri dan juga lingkungan. saya sudah mulai menerapkan pola makan sehat dan teratur jadinya berat badan ideal mudah didapatkan. kalo soal rumah dan hunian yang bersih juga sangat berpengaruh bikin mood jadi happy gak sih dan secara gak langsung juga jadi semangat untuk menjaga pola hidup sehat

    BalasHapus
  22. Hidup sehat berawal dari kebiasaan baik dan lingkungan yang mendukung. Rumah nyaman dan menyenangkan pastinya bikin kita enjoy dan fokus pada tujuan pola hidup sehat ya

    BalasHapus
  23. Lumayan mudah juga yahh, yuk ayo memulai hidip sehat hihi

    BalasHapus
  24. Dari 5 poin di atas, poin nomer epat menurutku yang paling krusial. Karena kebanyakan orang mengalami kesulitan dalam mnejaga kesehatan mental. Padahal loveself kan jauh lebih penting dari apapun

    BalasHapus
  25. Jadi teringat nih kak Dian, kalo lingkungan berpengaruh sama mental health kita. Nah memilih hunian memang gak boleh asal. Hawila Residence bisa jadi rekomendasi salah satu hunian yang mendukung hidup sehat.

    BalasHapus
  26. gaya hidup sehat itu sederhana tapi istikomahnya itu masyaallah, apalagi kalau mager malesnya olahraga maunya rebahan mulu...gimana nggak makin ngembang nih pipi

    BalasHapus
  27. Akupuuun mbaaaa . Baru mulai rutin dan konsisten olahraga, juga lebih peduli Ama kebersihan diri, sampe masuk ke level hampir freak 🤣, sejak pandemi ini.

    Dulu abis megang duit , bodo amat. Kalo skr, megang duit itu kayak megang penyakit 😄. Abis megang buru2 cari air dan sabun hahahaha. Dikit2 cuci tangan, dikit2 semprot disinfektan . Belum lagi mandi. Cuma kluar rumah mau bentar atau lama, LGS mandi lagi full pake keramas. Saking parnonya.

    Tapii aku JD sadar juga efeknya, selama pandemi Alhamdulillah ga pernah skit. Palingan sakit abis vaksin. Pas positif dulu itu juga OTG.

    Sekarang Krn udah terbiasa hidup yg lebih sehat gini, jadi ga mau balik ke masa dulu sih. Udah terbiasa banget, sampe jadi risih sendiri kalo ga ngelakuin

    BalasHapus
  28. Yang nomor 4 penting ya Mbak Dian,, jangan sampai stres gegara kena mental terus hihi. Saya sebulanan ini udah rutin jalan kaki tiap hari libur. Rasanya badan jadi fit. Btw, Hawila Residence ini di Kab. Deli Serdang ya,, tetangganya Medan, dekat berarti. Hmm, makasih jg info ttg situs web Rumah123 nya Mbak,, emang lg butuh info ini buat ponakan. Tks

    BalasHapus
  29. Wah baru tau saya ada perumahan Hawila Residence ini di Deli serdang , salah satu fitur yang disukai di perumahannya ada track untuk lari, rumah impianku banget ini mba :)

    BalasHapus
  30. Duh, keingat baru sembuh kami sekeluarga. Mau setelaten apapun kita menjaga kebersihan diri, ada lalai dikit aja kuman dan virus "assalamualaikum" langsung masuk. Poin ketiga istirahat cukup ini benar banget. Sejatinya orang yang cukup istirahat antibodi tubuhnya jauh lebih bagus ketimbang orang yang suka begadang dan jarang istirahat.

    Tinggal di kompleks perumahan dan hunian sehat tentu impian semua orang. Saya pun menjadikannya salah satu faktor dalam membeli rumah.

    BalasHapus
  31. Iya bener banget, jaga kesehatan mental juga penting banget supaya hidupnya sehat. Ah ya, suka lupa, lokasi hunian juga memang enggak dimungkiri ngaruh banget ke gaya hidup sehat. Impian banget punya hunian yang deket sama track lari

    BalasHapus