Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Buka Bisnis Showroom Motor dari Pinjaman Modal Usaha

Temaaan, saat ini bisnis jual beli motor bekas adalah salah satu usaha yang menarik untuk dijalankan. Apalagi jika melihat kebutuhan kendaraan roda dua yang makin tinggi. Meski sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan harga baru kendaraan yang malah semakin mahal.

Tentu saja ini membuat banyak orang lebih memilih membeli kendaraan bekas dibandingkan dengan motor baru, yang membuat bisnis showroom motor bekas semakin menjanjikan. Tetapi, biasanya ada kendala yang membuat bisnis ini urung dijalankan, salah satunya adalah masalah modal.

Ya, modal yang dibutuhkan untuk membuka showroom motor memang tidak sedikit. Tapi hendaknya enggak perlu berkecil hati, untuk mengatasinya Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha!

Tips Buka Bisnis Showroom Motor dari Pinjaman Modal Usaha
Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto/jabat-tangan-di-showroom-dengan-sepeda-motor-gm1186907774-335055950
 

Cara Memulai Bisnis Showroom Motor


Nah, meskipun mendapatkan pinjaman modal usaha, Anda tidak bisa begitu saja langsung memulai usahanya. Karena ada berbagai hal yang harus diperhatikan dengan baik ketika merintis bisnis showroom motor, di antaranya:

1. Cermat memilih motor yang dijual

Pertama, karena nantinya Anda akan menjual kendaraan bekas, maka penting untuk memilih motor yang masih layak. Memang, motor yang Anda jual merupakan kendaraan bekas yang sudah digunakan oleh orang lain, tetapi tidak ada salahnya mencari kendaraan dengan kondisi bagus, kan?

Oia, hindari memilih barang dagangan dengan hanya melihat kondisi fisik motor saja yaa... Anda juga harus memeriksa kondisi mesinnya. Langkah ini harus dilakukan agar biaya service tidak membengkak. Sehingga dana dari pinjaman modal usaha dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.


2. Lakukan perbaikan dengan maksimal

Kemudian, perlu dicermati bahwa kondisi motor bekas yang maksimal baik dari dalam maupun dari luar memiliki nilai tersendiri. Bahkan, kondisi yang maksimal bisa membuat Anda mematok harga yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, sebelum motor dijual kembali, pastikan sudah melakukan perbaikan dengan maksimal. Contohnya saja ketika suara motor kurang mulus, Anda bisa men-service sebelumnya.


3. Cek pajak kendaraan

Lalu, cek pajak, sebab saat ini semakin banyak pajak kendaraan yang tertunggak. Bila semakin panjang tunggakan kendaraan, biasanya akan semakin murah harga motor. Jangan sampai Anda sudah menghabiskan banyak dana dari pinjaman modal usaha, namun motor tidak bisa dijual dengan maksimal karena masalah pajak.

Maka, ketika membeli barang dagangan nanti, Anda bisa mengecek masalah pajak dengan jeli. Hindari membeli barang dagangan dengan pajak kurang dari 1 bulan, karena risikonya bila dalam jangka waktu tersebut motor belum terjual, Anda harus membayar sejumlah pajak.
 

4. Ketahui harga di pasaran

Jangan lupa, cek harga di pasaran sebagai salah satu cara untuk menentukan harga jual dengan tepat. Anda dapat melihat harga-harga di situs jual beli motor bekas. Sehingga, rata-rata harga yang Anda tawarkan sudah cocok di pasaran.

Oia, meskipun menggunakan pinjaman modal usaha, bukan berarti Anda harus mematok harga dengan tinggi agar nantinya pinjaman lekas lunas. Mematok harga tinggi sebenarnya tidak menjadi masalah, namun pastikan jika memang motor tersebut merupakan edisi terbatas atau memiliki kualitas yang baik.
 

5. Tentukan proses penjualan

Dan terakhir, lakukan penjualan kendaraan baik secara online ataupun offline. Anda bisa membuka bisnis secara offline dengan membuka showroom, dan sekaligus memasarkan motor di berbagai platform penjualan.

Dari pinjaman modal usaha, sediakan dana untuk kebutuhan branding, contohnya untuk membuat konten promosi di media sosial, atau untuk beriklan di e-commerce.

Tips Buka Bisnis Showroom Motor dari Pinjaman Modal Usaha DBS KTA
Sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto/stok-sepeda-motor-india-di-halaman-gm1280839582-379039941
 

Modal untuk Membuka Bisnis Showroom Motor


Well, sebelum mengajukan pinjaman modal usaha, tentu saja Anda harus mengetahui modal yang diperlukan untuk membuka bisnis ini. Maka, pertama, Anda bisa menentukan jumlah motor yang akan dijual di awal membuka bisnis terlebih dahulu.

Contohnya, jika ingin menjual 20 motor di awal bisnis, dengan harga motor bekas mulai dari Rp 9 juta, untuk membeli motor bekas, Anda membutuhkan anggaran Rp 180 jutaan. Kemudian, Anda juga harus menggaji pegawai yang akan men-service motor dagangan, staf admin, bagian keuangan, hingga marketing. 

Anda juga harus menyewa tempat usaha, untuk tempat di pinggir jalan dengan lokasi strategis, dimana biaya sewa bisa mencapai Rp 60 juta per tahunnya. Ditambah dengan biaya untuk kebutuhan promosi, juga alat-alat bengkel untuk service standar. 

Sehingga total modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini bisa mencapai Rp 300 jutaan!

Namun, untuk masalah omzet, Anda tidak perlu ragu, jika 20 motor tersebut langsung laku dalam waktu 1 minggu, dengan perhitungan 1 motor menghasilkan laba bersih Rp500 ribu, artinya Anda sudah mengantongi Rp10 juta laba!!

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Awal


Lalu, bagaimana dengan pinjaman modal usahanya?

Nah, mendapatkan pinjaman modal usaha awal tentu tidak mudah, karena kebanyakan perbankan hanya memberikan fasilitas suntikan usaha, sehingga Anda harus memiliki usaha terlebih dahulu, kemudian bank baru memberikan suntikan modal.

Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena DBS KTA dari Bank DBS Indonesia bisa menjadi jawabannya. DBS KTA dengan segala keunggulannya dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha awal ketika membuka bisnis showroom motor ini.

Berikut berbagai keunggulan yang dimiliki DBS KTA, antara lain:

1. Memberikan pinjaman hingga Rp 300 juta

DBS KTA memiliki pinjaman yang dapat cair hingga Rp 300 juta, jumlah yang cukup fantastis yang membuat Anda bisa membangun bisnis sesuai dengan impian.

2. Bunga flat mulai 0,88% per bulannya

Bukan hanya memberikan kredit untuk pinjaman modal usaha hingga Rp 300 juta, DBS KTA juga menawarkan bunga flat mulai 0,88% per bulan. Sebagai pebisnis, tentu saja hal ini sangat membantu untuk anggaran bulanan operasional usaha.

3. Cicilan mencapai 36 bulan

DBS KTA memberikan cicilan hingga 36 bulan, sehingga Anda bisa memilih besarnya cicilan sesuai dengan kemampuan perkiraan pendapatan bisnis.


See, dengan berbagai keunggulan tersebut, sayang rasanya jika melewatkan pinjaman modal usaha ini. Yuk, ajukan DBS KTA untuk modal bisnis yang Anda impikan sekarang juga, tentu saja setelah menimbang segala sesuatunya yaaa!💗

Salam Semangat

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

11 komentar untuk "5 Tips Buka Bisnis Showroom Motor dari Pinjaman Modal Usaha"

  1. Pastinya sekarang mau cari pinjaman untuk modal usaha semakin terbuka lebar ya, Mba. Mau buka bisnis apapun pasti tetep harus research agar mengenal dan paham usaha yang akan dijalankan nantinya termasuk mau buka usaha bisnis showroom ini.

    BalasHapus
  2. Wahhh mau pinjam meminjam uang untuk kebutuhan modal usaha jadi makin mudah banget yaa, tidak perlu susah-susah apalagi ketipu karena semuanya udah digital dan mudah digunakan.. Keren nih

    BalasHapus
  3. Bisnis yang menjanjikan apalagi kendaraan merupakan kebutuhan sekarang jadi perputarannya bakalan cepat. Ini boleh mulai dipikirkan dan diusahakan dong

    BalasHapus
  4. Makasih mbak informatif sekali, info ini akan membantu teman teman pengusaha yang niat banget buka usaha Shop room. Apalagi dengan kemudahan dalam mendapatkan pinjaman modal bikin semangat.

    BalasHapus
  5. Nah biasanya klo terkait pajak, orang juga nyari yang pajaknya masih lama, biar g repot keluarin uang lagi dalam waktu dekat

    BalasHapus
  6. Nah, mumpung mau jual kendaraan, berguna bgt nih artikelnya, jd bs ada acuan dulu biar ga kecewa. Yekan?

    BalasHapus
  7. Wah bisa banget jadi acuan untuk yang mau jual/beli motor bekas nih, saya juga kadang mikir2 memang ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan nih biar gak salah-salah dalam prosesnya.

    BalasHapus
  8. Ini keren bisnis Showroom Motor bekas, tapi agar lebih bagus lagi dibangun juga usaha bengkel motor sehingga ketika ada orang yang mau jual motornya bisa langsung di cek di bengkel dan juga bisa diperbaiki dulu sebelum dijual kembali.

    BalasHapus
  9. Di saat pandemi ini diperlukan sekali pemasukan yang bisa bertahan untuk kehidupan keluarga kita salah satunya dengan berbisnis, namun diperlukan modal untuk berdagang tapi kalau ada pinjaman yang bikin nyaman dan tenang Kenapa tidak dicoba?

    BalasHapus
  10. Sebenarnya cari modal sekarang mudah yang, yang susah adalah mental bisnisnya informasi ini menjadi alternatif buat yang pengin memulai bisnis..

    BalasHapus
  11. thanks infonya kak, saya baru tahu ada DBS KTA. jadi bisa dipake nih nanti kalau kepikiran buat modal usaha

    BalasHapus