Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berburu Berkah Ramadan dengan Berbagi

Temaaaan, berkah ~ barakah, dalam bahasa Arab, berarti 'kebaikan' atau 'kebajikan.' Pakar tafsir menyebutkan, sesuatu dapat disebut sebagai berkah/mubarak bila di dalamnya terkandung kebaikan yang banyak.

Itulah mengapa, dipertemukan dengan bulan Ramadan merupakan sesuatu yang patut disyukuri. Sebab, keberkahan bulan Ramadan hanya akan dijumpai setahun sekali!

Berburu Berkah Ramadan dengan Berbagi

Kiat Memperoleh Berkah Ramadan


Nah, untuk menggapai berkah dan pahala Allah SWT yang sangat berlimpah selama bulan Ramadan, setidaknya kita perlu melaksanakan empat hal, yakni:

1. Ibadah

Umat Islam mesti bersungguh-sungguh untuk menyiapkan diri memperoleh limpahan berkah selama bulan Ramadan dengan memperbanyak amal ibadah. Menggapai berkah Ramadan yang oleh Allah dibuka dari seluruh pintu langit, yang diberikan kepada ummat-Nya bak “mega sale” dari mall kesayangan kita. Intinya umat Islam harus berlomba-lomba dan bersungguh-sungguh untuk menyiapkan diri memperoleh curahan berkah-Nya.

2. Muhasabah/Instropeksi

Kita seharusnya instrospeksi dan merenungi perbuatan di masa lalu, sebagai cerminan untuk menatap kehidupan di masa depan. Sehingga hidup kita selalu dinamis menuju kehidupan yang lebih baik lagi.

3. Mujahadah/Bersungguh-sungguh

Menjalankan ibadah harus bersungguh-sungguh diniatkan semata-mata karena Allah, bukan hanya sekadar “penggugur kewajiban” apalagi pencitraan. Kesungguhan dalam beribadah akan melahirkan sikap istiqomah (konsisten) baik keimanan, sikap dan perbuatan.

4. Ijtimaiyah/Kemasyarakatan

Kehidupan manusia itu berdimensi dua, tidak saja Habluminallah tetapi juga Hablumminannas. Sebagaimana Rasullullah menasihati kita: “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi sesama.“ Maka, ingatlah untuk membantu kesulitan orang lain, berbagi pada kaum miskin, menyantuni anak yatim, menjaga silaturahmi, dan sebagainya, yang merupakan tindakan nyata kebaikan pada sesama.

Ramadan Berkah Bersama JNE

Ramadan Berkah Bersama JNE

Well, berbagi itu bikin happy dan mendatangkan berkah. Semakin sering berbagi, semakin banyak mengalir rezeki!

Nah, sebagai bulan penuh berkah, Ramadan menjadi waktu yang paling tepat untuk berbagi dengan sesama, karena kita akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda.

Tak heran, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga, sanak saudara dan kerabat. Semangat berbagi yang turut memberi kontribusi pada meningkatnya kebutuhan pengiriman masyarakat dibanding hari-hari atau momen-momen biasanya, terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi.

Ya, pandemi COVID-19 yang telah dua tahun lebih terjadi, berdampak berat kepada ekonomi. Membuat banyak dari kita harus memutar otak agar hidup terus berjalan di tengah berbagai keterbatasan karena adanya pembatasan sesuai arahan protokol kesehatan.

Berbagai program bantuan yang dikucurkan pemerintah belum sepenuhnya mampu menutupi kekurangan bagi yang mengalami kesulitan dalam hal kesejahteraan. Menjadikan pandemi sebuah ujian bagi kita semua, untuk mengukur sejauh mana kepedulian sosial mampu berkontribusi mengatasinya.

Syukurnya berbagai pihak mewujudkannya, dengan terus berbagi keberkahan demi kebermanfaatan kepada masyarakat luas. Seperti halnya JNE yang pada Ramadan 2022 kali ini turut berbagi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.

Di mana terkait hal ini, Eri Palgunadi, VP of Marketing JNE menyampaikan, “Di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022, semangat berbagi diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan pengiriman paket. Oleh karena itu, dengan tagline Connecting Happiness, JNE pun ingin berbagi melalui berbagai program menarik."

Dijelaskan lebih lanjut, jika kali ini pelanggan setia dapat semakin mudah dan nyaman dalam mengirimkan paket ke seluruh Indonesia

Ya, JNE, peraih penghargaan "Brand Pemberdaya UMKM" (Kategori Ekspedisi Logistik) ini pun memberikan dukungan nyata kepada para online seller atau UKM di momen spesial ini dengan beragam program yang tersedia.

Di antaranya melalui:

1. Berbagai Program Promo
  • Promo gratis ongkir dengan berbagai brand yang berpartisipasi
  • Promo diskon ongkir Reguler
  • Promo diskon ongkir 40% dari dan tujuan seluruh Pulau Jawa 
  • Promo diskon ongkir 25% dari JNE Mataram 
  • Promo diskon ongkir 35% dari seluruh JNE Regional Kalimantan pada 21-30 April 2022 ke seluruh kota tujuan di Indonesia.

2. Berkah Ramadan Bersama Ivan Gunawan 

Sebuah program kolaborasi JNE dengan Ivan Gunawan dalam rangka memperingati Hari Kartini pada 21 April 2022. Di mana program ini mengundang peserta perempuan yang menang dan terpilih di sosial media JNE untuk mengikuti acara spesial makan malam dan mendapatkan beragam produk gratis dari desainer kenamaan Indonesia tersebut.

3. Berkah Ramadan di Mesjid Istiqlal

Untuk mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) naik kelas, JNE berkolaborasi bersama Yayasan Bina Insani Gemilang dan PT. Halal Export Indonesia (HEI) menggelar booth di Masjid Istiqlal Jakarta dalam acara Istiqlal Halal Expo pada tanggal 15 – 24 April 2022. 

Program Berkah Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta ini untuk memudahkan pengiriman paket ke seluruh Indonesia sekaligus memperkenalkan beragam produk unggulan UKM kepada masyarakat.

4. Berkah Ramadan Besama Cosmo JNE Futsal Club

Program lainnya adalah program Berkah Ramadan Bersama Cosmo JNE Futsal Club. Yaitu menggelar pertandingan Main Bareng (Mabar) fun futsal bersama pemain Cosmo JNE FC melawan netizen yang terpilih melalui penyaringan di social media @jne_id dan @cosmojne pada 20 April 2022. 

Juga silaturahmi dan buka puasa bersama seluruh pemain, manajemen dan official tim atas prestasi yang yang berhasil menduduki papan atas Liga Futsal Professional Indonesia di putaran pertama.

5. Berkah Ramadan Kejutan Bagi Member JLC

Bagi para member JNE Loyalty Card (JLC), yang ingin berbagi rezeki kepada sesama, poin JLC dapat ditukarkan untuk berdonasi melalui Rumah Zakat. 

Selain itu juga terdapat aktivitas di social media JNE untuk #MemberJLC baru untuk mendapatkan merchandise menarik dan e-voucher JNE sebesar Rp. 200.000. Serta diskon sampai 13% kiriman JNE Trucking (JTR) dalam Program Ramadan Hemat dari Jakarta ke Jabodetabek dengan syarat maksimal berat paket 10 kg dan kiriman 10 Resi/hari.

6. Program Giveaway di Sosial Media JNE 

Ikut menyemarakkan dalam menyambut Ramadan kali ini: Kuis JNE Ramadan Games Si JONI yang berhadiah peralatan rumah tangga, fashion dan lainnya. Selain kolaborasi giveaway dengan brand @mandjha.ivangunawan, @khalif_menswear dan @zoyafashiohijab. 

Kolaborasi lainnya adalah JNE X Bening’s Klinik yaitu membagikan hadiah layanan treatment skincare dan konsultasi gratis bagi 10 pemenang terpilih yang dilaksanakan dari 18 - 22 April 2022. 

Selain itu agar pelanggan dapat mengelola keuangan dalam belanja selama bulan Ramadan dan mengatur THR dengan baik, ada program bincang santai melalui instagram live JNE pun dilakukan dengan menampilkan perencana keuangan Lolita Setyawati,CFP.

Yuk, Berbagi Keberkahan Ramadan Bersama JNE!


Seperti halnya yang terjadi di tahun sebelumnya, jumlah pengiriman JNE, yang berdiri sejak tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian ini, pada peak season seperti Ramadan dan Idul Fitri, akan mengalami peningkatan di atas 30-50%. 

Karenanya, menghadapi kondisi ini, JNE telah melakukan berbagai antisipasi dan persiapan seperti, penambahan di sektor SDM dan armada, dari jumlah karyawan yang saat ini berjumlah lebih dari 50 ribu orang. Juga telah didukung perluasan jaringan hingga lebih dari 8000 titik layanan di seluruh Indonesia untuk mendorong kemajuan UKM dan meningkatkan perekonomian nasional

"JNE memastikan titik-titik layanan, khususnya Kantor Pusat dan Kantor Cabang di kota-kota besar setiap provinsi dapat melayani kebutuhan pengiriman pelanggan selama 24 jam!" pungkas Eri. 

Tuh, mumpung Ramadan masih beberapa hari lagi gaskeun berbaginya dan percayakan pengirimannya via JNE saja!

Well, bulan Ramadan merupakan momen yang tepat untuk berbagi kebahagiaan. Selain menambah kebahagiaan serta mempererat tali silaturahmi dengan sesama, berbagi juga dapat meningkatkan iman dan takwa. 

Sungguh menakjubkan betapa Allah ingin mencelupkan kita ke dalam berkah dan rahmat-Nya di bulan Ramadan. Selamat dan semangat berbagi, teman-teman!💖



Salam

Dian Restu Agustina


referensi: https://balitkabi.litbang.pertanian.go.id/berita/empat-kiat-memperoleh-berkah-ramadhan/



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

21 komentar untuk "Berburu Berkah Ramadan dengan Berbagi "

  1. setujuu, berbagi itu indah
    dan JNE ini tetep jadi andalan kalau untuk pengiriman paket.

    BalasHapus
  2. Setuju berbagi tidak akan merugi tidak juga membuat harta berkurang justru akan bertambah dan makin berkah.
    Sukses selalu JNE ekspedisi langgananku

    BalasHapus
  3. Semakin banyak kita berbagi, semakin banyak berkah dari Allah SWT yang akan kita terima aamiin. Memberikan sesuatu kepada orang lain bisa kita kirim paket melalui JNE aja yang sudah lama terpercaya. Apalagi kini program promo. Gede juga persentase diskonnya yeay! Eh, ada Mabar futsal juga, seru banget sih :)

    BalasHapus
  4. Ramadhan nih memang momen yang pas banget untuk kita berbagi ya mak, bukan berarti diluar itu kita gak berbagi. Apalagi kalau sekarang berbagi itu juga bisa sama sanak saudara yang jauh, karena ada JNE yang bisa kirim-kirim. Selain itu sedang ada diskon pulak ya, lumayan banget loh ini.

    BalasHapus
  5. Memasuki 10 hari terakhir Ramadan, rasanya sediiihhh banget mbaaa
    karena kudu nunggu 11 bulan lagi utk bersua dgn bulan yg indah ini :(
    Semoga ALLAH terima semua amal baik kita ya, dan memberikan keberkahan dalam hidup.
    Ofkorss, JNE nih sangat inspiring! Banyak hal2 baik yg bisa kita contoh dari spirit JNE.

    BalasHapus
  6. Banyak banget program berbagi berkahnya JNE di bulan ramadhan ini, masih beberapa hari nih buat memanfaatkan diskon ongkir 40% untuk area pulau Jawa

    BalasHapus
  7. Dennise Sihombing27 April 2022 07.11

    Berbagi itu memang Indah ya mom. Dengan berbagi ada kepuasan batin ya. Banyak juga ya "Berbagi" yang diberikan JNE.

    BalasHapus
  8. Program JNE selalu keren. Selalu ada berbagi ke sesama, jadi masyarakat luas juga merasakan imbas baik dari JNE, serta ikut mendoakan biar makin sukses.

    BalasHapus
  9. Senang sekali jika bisa semakin maksimal berbagi kebahagiaan bersama JNE. Semoga berkah untuk semuanya mba :)

    BalasHapus
  10. Wajib ya berburu berkah saat Ramadan karena pahalanya berkali lipat, aku salut nih sama JNE karena selalu berbagi dan berinovasi

    BalasHapus
  11. Manusia hidup harus seimbang ya hubungan dengan Yang Maha Kuasa dan sesama umat manusia, salah satu cara menjaga hubungan dengan manusia ada dengan berbagi & silarahmi. Berbagi hampers contohnya ya mbak, bisa dikirim pakai kurir apalagi kalau ada diskon menguntungkan sekali jadinya.

    Alhamdulillah ada promo diskon ongkir di Ramadan ini ya.

    BalasHapus
  12. aku punya jlc jadi bisa buat donasi ya jadi pengen pake lumayan bisa donasi juga. jne ramadan initetep mengajarkan untuk banyakin pahala dengan berbagi dengan banyak orang ya

    BalasHapus
  13. Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah karena kita diberi banyak kesempatan untuk memperbaiki diri dan berbagi kepada orang lain, ya mbak.

    BalasHapus
  14. JNE selalu menginspirasi.
    Semoga senantiasa menyebarkan kebaikan dan gak lelah dalam "Connecting Happiness" untuk semua penggunanya.

    BalasHapus
  15. Ada banyak promo dari JNE selama bulan Ramadan yang berkah ini ya. Terutama bagi pemilik usaha kecil yang berurusan dengan jasa pengiriman, bisa menggunakannya. Adik iparku juga pakai JNE untuk mendukung usahanya, apalagi selama Ramadan ini omzetnya naik banyak. alhamdulillah semoga pandemi lekas berakhir, ekonomi bisa bangkit lebih cepat lagi

    BalasHapus
  16. Selalu salut sama JNE apalagi di bulan Ramadhan ini, program berbagi promonya luar biasa, penuh berkah buat semuanya. Ngirim2 paket buat lebaran jadi dipermudah banget nih

    BalasHapus
  17. Ya ampun JNE yaa.. kalau promo tuh gak tanggung-tanggung. Dan kalau dipikir-pikir, kayak gak ada habisnya gitu memanjakan pelanggannya. Asek~ Gak salah pilih deh dari dulu zaman masih jualan online udah setia sama JNE, terus berlanjut sekarang gak jualan-tapi lebih sering belanjanya, tetap pakai JNE.

    BalasHapus
  18. MasyaAllah makasih banget mba Dian udah nyentilin ini sih hehehe biar makin merunduk. JNE emang keren si kalau menurutku sebagai pelaku UMKM sangat membantu sekali mba

    BalasHapus
  19. JNE lagiii.... baru ini denger ekspedisi yang suka bikin acara amal. emang keren ekspedisi yang ini, terdepan dalam kebaikan. Semoga dengan banyaknya doa dan dukungan JNE tetap eksis.

    BalasHapus
  20. Ga salah selama ini setia dengan JNE buat pengiriman barang2 😄👍. Selalu puas, barang aman diantar, apalagi kalo kangen masakan mama di Medan, itu LGS pilih yg ONS supaya makanan sehari sampai dengan selamat ke Jakarta.

    Kemarin pun bbrp hampers yg aku kirim buat temen2, kebanyakan pakai JNE juga mba, apalagi ada cab nya yg Deket Ama rumah 😄

    BalasHapus
  21. Ramadan ini memang waktu terbaik untuk berbagi yah, masya Allah keren sekali memang JNE

    BalasHapus