Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mengikuti Zumba Class Untuk Kesehatan Tubuh

Bestiiee...., gimana puasanya? Semoga lancar jaya ya! Oia, olahraganya gimana, masih lanjut kan? Yes, jangan kasih kendor, Guys!

Olahraga saat puasa adalah aktivitas menyehatkan tubuh yang tidak boleh terlupakan. Meskipun tubuh lemas karena tidak makan seharian, nyatanya olahraga saat puasa berdampak baik pada kesehatan. Tapi, teteup dirimu harus tahu waktu terbaik berolahraga saat puasa, juga lakukan sedikit penyesuaian agar tubuh tidak kelelahan dan dehidrasi nantinya.

Tetap semangat yaa, ingat resolusi awal tahun yang pengen lebih sehat yang di antaranya bisa terwujud dengan rutin melakukan gerak tubuh atau berolahraga. Nah, jika ternyata dirimu didera mager parah, karena hanya sendirian berolahraga di rumah, yuk coba keluar dan olahraga barengan teman!

Kamu bisa ikutan komunitas bersepeda, turut grup pecinta olahraga lari, ikut kelas yoga, gabung ke kelas zumba atau join member fitness center.

Seperti saya yang belakangan mencoba konsisten berolahraga zumba di rumah, karena kondisi pandemi kini makin membaik, ingin mengikuti Zumba Class langsung di studionya.

Feel-nya bakalan beda bisa langsung mengikuti koreografi yang dicontohkan oleh instruktur sesuai dengan irama musik yang berdendang. Juga di kiri kanan ada teman yang melakukan gerakan yang sama yang bikin semangat sehat makin membara!

Oia, dirimu sudah tahu kan apa zumba itu?

Manfaat Zumba Class

Tentang Olahraga Zumba


Zumba adalah olahraga yang biasa disebut sebagai dance cardio dan memiliki durasi kurang lebih selama 60 menit. Zumba dipimpin oleh Zumba International Network (ZIN) yang bertugas sebagai instruktur, di mana ZIN merupakan lisensi yang memperbolehkan instruktur memimpin sesi olahraga ini.

Program latihan atau jenis olahraga ini menggabungkan gerakan aerobik berbasis tarian dengan iringan panduan musik latin dan internasional yang memiliki interval lagu cepat dan pelan.

Zumba cukup populer dikarenakan ritme gerakan yang cepat yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat menurunkan berat badan secara signifikan dan tentunya baik untuk kesehatan.

Olahraga ini juga melatih organ dalam kamu, yaitu jantung, dalam distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Sementara bagian tubuh yang banyak digunakan pada saat zumba antara lain core muscle atau otot penyangga tubuh, lengan, dan otot-otot besar pada bagian kaki.

Koreografi yang dilakukan berulang kali menyasar pada otot-otot besar pada tubuh sehingga mampu memperlancar peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, serta meningkatkan detak jantung.

Sementara untuk gerakannya, senam zumba memadukan kombinasi tari salsa dan gerakan aerobik. Tidak ada gerakan khusus, sebab fokus senam ini adalah menggerakkan seluruh anggota badan dengan mengikuti irama musik.

Pokoknya, asyiik!

Dan....lebih asyik lagi jika bisa seseruan di Zumba Class bareng instrukturnya juga teman lainnya!

Aplikasi Strongbee

Manfaat Mengikuti Zumba Class


Melakukan zumba secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus membuat kita bisa have fun dengan berbagai musik pilihan. Apalagi kalau zumba-nya barengan di Zumba Class, kamu bakal bisa memetik banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk dilewatkan, di antaranya:

1. Sosialisasi

Melakukan olahraga secara berkelompok layaknya senam zumba dapat membantu kita bersosialisasi dengan orang banyak. Zumba Class, akan menjadikan kita dapat berkumpul bersama orang-orang yang memiliki minat serupa.

Olahraga yang dilakukan dengan panduan instruktur dan dilakukan pada kelas grup secara berkelompok ini juga akan memberi kesempatan untuk bertemu dengan teman baru dalam satu waktu. Meski demikian, pastikan dulu semua menerapkan protokol kesehatan!


2. Bikin Happy

Aktivitas yang padat dan pekerjaan yang tiada habisnya seringkali membuat kita penat. Berolahraga salah satunya dengan seseruan zumba di Zumba Class akan memicu tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, memberikan energi positif, serta memicu perasaan bahagia. 

Selain itu, senam zumba juga diiringi musik yang membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan. Sehingga sepulang zumba, pasti kamu akan merasa lebih bahagia.


3. Body Goals Bukan Hanya Mimpi

Selama kurang lebih 60 menit di Zumba Class, akan terbakar sekitar 300-900 kalori. Tak heran zumba dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh melalui perpaduan berbagai gerak, karena kalori dan lemak yang dibakar cukup banyak.

Zumba juga melibatkan otot besar tubuh bagian bawah, seperti bokong, paha, dan kaki, di mana lemak dalam tubuh paling banyak menetap. Tak hanya itu, bila kamu rutin melakukan zumba, progress mengecilkan perut terlihat cukup signifikan, berkat core muscle yang selalu dilatih lewat gerakan.


4. Koordinasi

Latihan berulang pada zumba akan meningkatkan koordinasi dan membantu kita merasa lebih nyaman menggerakkan tubuh. Koordinasi tubuh yang baik akan membuat otak menjadi lebih fokus ketika bekerja.

Juga, detak jantung akan meningkat dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen pun akan naik. Hal ini membuat senam zumba dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Sirkulasi darah yang baik serta jantung yang sehat, membuat darah dapat terpompa dengan baik pula, sehingga tekanan darah dapat lebih stabil dan terkontrol.

Selain itu, karena zumba membutuhkan koordinasi tubuh dengan ritme yang cukup tinggi, maka ini akan baik untuk pernapasan. Jika pernapasan dilatih dengan baik, maka kita tak akan mudah ngos-ngosan.


5. Percaya Diri

Berolahraga di Zumba Class menggunakan musik dan gerakan tarian yang ceria. Ini membantu meningkatkan energi kita dan membuat kita lebih bersemangat jadinya. Zumba juga bisa menjadi media yang asyik untuk lebih mengenali diri sendiri. 

Terutama ketika kamu dihadapi dengan rasa lelah dan gundah. Antusias dan penuh energi akan kamu dapati selepas berolahraga zumba yang membuatmu lebih percaya diri.

Manfaat Mengikuti Zumba Class Untuk Kesehatan Tubuh

Senam Zumba di aplikasi Strongbee

Tips Mengikuti Zumba Class


Let's do Zumba!

Biarkan irama menguasai tubuh kita dalam latihan kardio yang sangat menarik ini! Menari dengan musik ceria bersama-sama, yang bahkan tanpa kita sadari terbakarlah banyak kalori. Zumba menggabungkan unsur kebugaran kardio, pengkondisian otot, keseimbangan, dan fleksibilitas. Sungguh, Zumba Class akan membuat kamu merasa lebih bersemangat, bahagia dan sehat!

Jangan lupa mempersiapkan beberapa hal sebelum mengikuti Zumba Class seperti membawa air minum (atau buat bekal jika tiba saat berbuka puasa), handuk, pakaian tambahan, dan sepatu untuk membuat latihan lebih nyaman.

Oia, jikapun itu Zumba Class pertamamu, enggak perlu khawatir karena instruktur akan memandu kamu agar dapat mengikuti kelas zumba dengan baik.

Langsung saja untuk mudahnya, pesan Zumba Class dengan STRONGBEE! Unduh saja aplikasi STRONGBEE di App Store dan Google Play Store!

Yups, STRONGBEE adalah aplikasi pencarian yang bergerak di bidang olahraga & kesehatan serta menyediakan service online booking untuk berbagai fasilitas olahraga juga kesehatan dan on-demand booking untuk sesi bersama pelatih profesional.

Berbagai fasilitas dan kelas olahraga mulai dari gyms/studio, lapangan basket, kolam renang, lapangan tenis, zumba class hingga boxing class bisa kamu temukan melalui aplikasi STRONGBEE. 

Temukan juga pelatih profesional yang dapat kamu pesan secara on-demand untuk sesi olahraga, yoga privat juga sesi psikolog dan fisioterapi.

Kamu juga bisa merasakan keseruan berolahraga bersama di event olahraga dan workshop kesehatan dalam aplikasi STRONGBEE. Cukup buka aplikasi STRONGBEE, pilih kategori yang kamu minati, klik “Events”, dan kamu akan menemukan berbagai event dalam waktu dekat ini.

Juga, aneka fitur menarik lainnya!

Yuk, segera wujudkan resolusi hidup sehat dengan join Zumba Class lewat STRONGBEE mulai dari sekarang! Jadikan STRONGBEE aplikasi penunjang hidup sehat kamu di tahun ini.

Seperti saya yang berencana booking Zumba Class di salah satu studio via STRONGBEE.

Biayanya mulai dari Rp 25.000 saja, setara dengan semangkuk bakso kesayangan saya, sungguh sangat sepadan mengingat manfaat mengikuti Zumba Class yang sayang untuk dilewatkan!

Yuk, bareng STRONGBEE sehat bersama-sama kita!💗



Stay Happy & Healthy

Dian Restu Agustina









Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

27 komentar untuk "Manfaat Mengikuti Zumba Class Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. Wahhh aku pernah ikut sekali tuh, tapi sayangnya zumba yang biasa aku ikutin karena pandemi gini jadi tidak beroperasi dan tidak aktif lagi. Wah keren banget nih kalau ada aplikasinya seperti ini, kadang masih bingung-bingung cara geraknya seperti apa, tapi karena ada aplikasinya seperti jadi membantu banget. Download dlu deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasinya untuk booking kelas zumba ini, Kak. Sudah beroperasi lagi kok saat ini. Mohon dibaca baik-baik ya. Terima kasih

      Hapus
  2. Aku juga kadang-kadang suka ikut zumba. Semangat banget pesertanya sampai teriak-teriak, seru gitu. Tapi kadang aku nggak kuat ikutin ritmenya :")

    BalasHapus
  3. Mau ikut zumba dengan waktu yang serba mepet dan harus gabung waktu dengan peserta lain itu beneran kurang nyaman, terima kasih mbak jadi bisa pake aplikasi saja bebas pake bajunya juga seadanya ga perlu baju senam mewah, suka minder soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mis, info di artikel ini tentang Zumba Class, jadi kita ke studio dan ikut kelas zumba bersama peserta yang lainnya. Mohon dibaca baik-baik ya. Terima kasih

      Hapus
  4. Baru tahu saya ada aplikasi ini. Kalau diitung-itung biayanya ya nggak mahal juga ya. Eh tapi kalau pas puasa gini, ngos-ngosan nggak ya ikutan zumba?

    BalasHapus
  5. Aku pernah nyobain tapi yg gratisan, hihihihi.. event komunitas kalau nggak salah. Zumba bikin keringat ngucur karena body gerak semua

    BalasHapus
  6. Banyak sekali manfaat yang didapetin kalau rutin ikutan zumba class. yang jelas dapet sehatnya karena tubuh selalu bergerak dan berkeringat. jadi pengen nyobain dong

    BalasHapus
  7. ibu ku suka banget semam, setiap jumat rutin ada kegiatan senam di halaman rumah, kalo tau ini mungkin beliau bakal mau join juga zomba class, tapi sudah ada di jambi belom yaa kelasnya?

    BalasHapus
  8. Pas di Semarang, aku sempat ikut kelas zumba sih. Nah pas udah balik ke Madura kok ya sulit banget cari kelas Zumba. Kalau dibantu aplikasi Strongbee lebih mudah kali ya. Thank you, Kak Dian.

    BalasHapus
  9. Ternyata aplikasi Strongbee itu untuk mendaftar Zumba Class ya. Di Bandung setahuku ada beberapa studio zumba. Tapi belum tahu sih apakah ada di aplikasi atau enggak.
    Mayan juga ya, bisa membakar 300-an kalori...Semangaat...

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah nih ikut kelas zumba. Baru nonton aja dan denger cerita temen-temen. Asyik banget ya kayaknya kalau ikut zumba class. Eh tapi aku kok lebih nyaman kalo kelasnya online yaa.. huhu.. gak pedean aku orangnya :(
    Btw makasih info tentang Strongbee-nya, Mbak :)

    BalasHapus
  11. Zumba salah satu olahraga favorit aku, mbak. Karena dengan zumba aku bisa olahraga tanpa bosen karena ada Musik yang beat nya cepat, jadi tambah semangat 😍.

    Mau cobain zumba class di Strongbee, ahhh 😊

    BalasHapus
  12. Sejak pandemj ini, aku jadi rutin olahraga juga mba. Yg tadinya boro2 mau gerak badan, kecuali shopping di mall sampe berjam-jam bisa dianggab gerak tubuh 🤣🤣.

    Tapi pas pandemi mau ga mau, demi imun tubuh lebih kuat. Tapi kalo zumba aku kurang suka. Sebenernya selera sih yaaa. Mungkin Krn aku ga luwes 🤣🤣. Aku lebih suka aerobic , dan yoga. Atau yang sejenis Tabata workout. Lebih cocok buatku.

    Tapi kalo sedang bosan, olahraga apapun yg ada di YouTube, aku coba juga. Selingan lah 😁

    BalasHapus
  13. Wah, aku suka kesulitan mencari kelas zumba di daerahku nih.. Bisa coba aplikasi STRONGBEE juga ini. Kebanyakan kelas yang aku temui BL sama aerobic saja ini.. Makasih infonya mbak..

    BalasHapus
  14. Duh lama gak ikut zumba, terakhir dua tahun lalu sama teman-teman kantor. Hemmm itulah kalau niat olahraga kalau ada temannya, padahal bisa dilakukan di rumah masing-masing yaa

    BalasHapus
  15. murah banget ini, cukup 25k bisa ikutan kelas zumba dirumah dan gak perlu ribet pergi ke pusat kebugaran.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan di rumah, mas Indra..ini zumba class di studio, booking via STRONGBEE. Mohon dibaca hati-hati:)

      Hapus
  16. Duuh, selama puasa ini saya malah mager untuk olahraga, Mbak. Padahal penting banget olahraga supaya badan tetap bugar ya...
    Kayaknya seru juga bisa ikutan zumba class ya, Mbaak

    BalasHapus
  17. Wah iniiii. Temenku semasa kuliah ada yang rwajiiin banget zumba. Aku sering lihat di story FB-nya. Usia udah jelita, anak udah kuliah, tapi bodi tetep seperti gadis 18 tahun.

    BalasHapus
  18. Saya mau coba install, ah. Udah lama juga gak berilahraga. Badan rasanya semakin melar

    BalasHapus
  19. Wah biaya ya terjangkau banget ya mba. Jadi pengen ikutan juga deh.... Soalnya kalo datang ke studio gitu kan kayaknya belum bisa

    BalasHapus
  20. Pernah diajak ikut kelas zumba online gratis, tapi waktu itu jamnya belum pas. Baca tulisan Mbak Dian kok jadi tertarik coba.
    Tapi kalo buat yang pertama kali apalagi jarang olahraga gitu, badannya adaptasi agak kemeng ndak ya, Mbak?

    BalasHapus
  21. Aku dulu jg rutin ikit zumba class, tp gegara rumahku pindah agak jaih dari tempat kursusnya, jd hempas dehh..hiks

    BalasHapus
  22. Sebelum pandemi itu saya lagi rajin-rajinnya ikut zumba sama yoga. Begitu pandemi, bubar jalan dah. Beberapa studio senam juga masih tutup bahkan gulung tikar. Sekarang belum nemu lagi yang cocok buat saya. Next, kayaknya saya perlu mencoba Strongbee buat dapetin studio zumba yang recommended. Syukur-syukur dapat yg deket rumah.

    BalasHapus
  23. Kalau bayar les zumba bisa semurah semangkuk bakso mungkin bisa nambah lagi dan lagi ya? Eh btw 25 ribu tu kalau di Jakarta ya mbak? Saya biasa beli bakso 15 ribu. Bisa buat ikut 2 kelas Zumba nih, hehe.

    BalasHapus
  24. Yuhuu,Zumba pun sekarang ada apilkasinya, ya mbak?
    Wahh mimpi punya body goals kek Mbak Dian nggak cuman dalam mimpi nih.
    Cuss cek-cek aplikasi STRONGBEE dulu, nih mbak.

    BalasHapus