Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Uang dari Website

Gaess, saat ini ada beberapa cara mendapatkan uang dari website yang bisa kita lakukan. Ya, setelah membuat website dan memasarkannya di internet tentu memanfaatkannya untuk menghasilkan uang adalah sebuah kesempatan. Enggak cuma akan mendapat penghasilan tambahan, monetisasi web ini akan membuat branding makin kuat dan target pasar pun semakin akurat!

Lalu apa saja cara mendapatkan uang dari website yang bisa kamu coba?

Dewaweb

Tentang Website dan Jenis-jenisnya

Well, sebagai tempat sentral dimana web pages (halaman) yang mengandung konten atau isi disimpan, website biasa disebut juga dengan: web, web page, site, atau situs. Nah, website ini beralamat pada URL (Uniform Resource Locator, www), contohnya seperti www.dewaweb.com 


Di mana untuk mengakses alamat web ini, kamu perlu web browser seperti Firefox, Chrome, Opera dll untuk menuliskan alamat domain website.

Lalu, jenis-jenis website apa saja? Berdasarkan kontennya, di antaranya ada:


  • Website Pribadi: dikenal sebagai blog, semacam jurnal pribadi yang berisi satu topik tertentu atau campuran yang selain bermuatan curhatan juga bisa jadi sumber penghasilan atau pekerjaan.
  • Website Perusahaan: berisi profil perusahaan dan informasi mengenai semua hal yang ingin dipresentasikan perusahaan ke publik, yang berfungsi sebagai media perkenalan produk/jasa sekaligus media pencitraan brand.
  • Website E-Commerce: dimiliki perorangan maupun perusahaan dan berisi tampilan produk atau jasa yang dijual oleh pemilik website dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. 
  • Website Media: berisi berita dan informasi terkini yang dirilis secara cepat, sehingga paling sering mengalami penambahan konten secara berkala, bisa setiap hari bahkan setiap jam.
  • Website Organisasi: dimiliki instansi atau organisasi yang ditujukan sebagai sosialisasi program kerja, laporan kegiatan, dan lainnya
  • Website Pendidikan: berisi informasi dari lembaga pendidikan, bisa pendidikan dasar maupun pendidikan tinggi
  • Website Komunitas: berisi konten yang dipublikasikan oleh anggota atau kontributor baik secara sukarela atau diberi imbalan, biasanya memiliki satu topik tertentu sesuai nama komunitasnya. 
  • Website Hiburan: berisi informasi yang menghibur, serta hal unik dan menarik terkait film, video game, musik, komik, gosip, dan lainnya yang mengedepankan aspek kesenangan.
  • Website Mesin Pencari: menampilkan rekomendasi website lain yang berisi informasi dari hasil pencarian pengguna internet terhadap suatu topik. 
  • Website Sosial Media: menjadi media bagi pengguna dapat bertukar informasi dengan mudah, saling berteman atau mengikuti berita terkini dari seseorang secara pribadi

Cara Mendapatkan Uang dari Website


Gimana, kini sudah paham ya jenis-jenis website itu apa saja....

Btw, dirimu punya website yang mana nih? Apapun itu jika memang ingin mendapatkan uang dari website mesti sabaaarr. 

Tahu kan, enggak ada sesuatu yang instan. Demikian juga memperoleh pundi-pundi dari website ini, kamu perlu waktu dan ketekunan tinggi. Realita bisa saja enggak seindah ekspektasi, tapi jangan sampai semangatmu patah dan berhenti melangkah.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan dari website yang kamu kelola, di antaranya:


1. Afiliasi Marketing

Bergabunglah dengan program afiliasi yang sesuai dengan konten/niche website kamu. Lalu ulas produk/jasa dari program afiliasi itu. Cantumkan link afiliasi pada konten, dan pastikan tautan afiliasi terlihat natural dan tidak berlebihan bagi pembaca. Kemudian, tempatkan tautan ini di halaman yang sering dikunjungi agar menghasilkan traffic tinggi. Nah, kamu akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan melalui tautan afiliasi ini.

2. Google AdSense

Pertama daftar Google AdSense, lalu tunggu persetujuannya. Jika sudah disetujui, kamu bakal dapat kode iklan yang akan ditempatkan di website. Dari setiap klik iklan yang terjadi pada website-mu maka kamu akan memperoleh komisi tertentu.

3. Menjual Ad Space 

Kamu bisa menjual ruang iklan langsung pada pengiklan, kemudian mengelolanya untuk memaksimalkan pendapatan. Di sini dirimu bisa menentukan dan mengatur sendiri jenis iklan yang akan dipasang di website, juga menentukan harga jualnya.

4. Jual Produk/Jasa Sendiri

Dapatkan uang dengan menjual produk atau jasa dari keahlian yang kamu miliki melalui toko online atau website milikmu sendiri. Misalnya jualan produk camilan sehat, aneka handmade produk rajut, konten digital seperti ebook tutorial menanam sistem hidroponik, buku masak digital...dan lainnya

5. Mengelola Kursus Online 

Membagikan kemampuan yang kamu miliki sekaligus menghasilkan uang di waktu yang bersamaan tentu menyenangkan sekali. Mengelola kursus online bisa menjadi pilihan menjanjikan karena tidak ada batasan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Formatnya bisa berupa unduhan file PDF, rekaman audio, atau berupa video. 

6. Sponsored Post

Berkolaborasi dengan brand dimana kamu membuat konten informasi terkait penjualan produk, penawaran, ataupun ulasan. Oia, konten ini bisa kamu tulis sendiri atau brand/sponsor itu yang menyediakan. Lalu kamu publikasikan pada website-mu dengan imbalan tertentu.

7. Donasi

Donasi berbasis monetisasi dengan meminta sejumlah dana kepada pembaca. Berdasarkan alasan perlu bantuan dana untuk mengembangkan website, kamu dapat memasang tombol donasi yang memungkinkan pembaca berkontribusi memberikan donasi secara langsung di sana.

8. Membership Website

Kenakan biaya dengan sistem keanggotaan untuk bisa mengakses konten premium di website-mu. Apakah itu konten tentang tutorial tertentu, resep masakan, serial perjalanan, dan lainnya. Tentu, yakini jika konten kamu bernilai dan layak jual dulu. Cara ini bisa dilakukan terutama jika target pasar atau pengikut kamu bersedia membayar untuk melihat kontenmu.

9. Bergabung dalam platform jaringan iklan

Daftarkan diri sebagai penerbit dan sediakan ruang iklan di website. Sejumlah komisi akan kamu terima yang ditentukan oleh total penjualan yang dihasilkan traffic iklan yang dipasang di sana. Oia, setiap jaringan iklan ini memiliki ketentuan sendiri dalam melakukan perhitungan komisi yaaa.

10. Website Flipping

Caranya dengan membeli website, lalu kamu desain ulang tampilannya, kemudian mengalihkan dengan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Dewaweb

Penutup

See, dengan modal kecil bahkan tanpa modal kamu bisa mendapatkan uang dari website tanpa melakukan banyak hal setelah berhasil mengembangkannya. Yang utama adalah ketekunan dan kesabaran sehingga ketika traffic melambung tinggi, cara-cara ini bisa diaplikasikan dan website pun cuan!

Meski teteup, pertimbangkan niche website, ketertarikan pribadi, dan sumber daya yang tersedia. Juga pilih penyedia web hosting terbaik untuk mendukungnya. 

Di antaranya Dewaweb. layanan cloud web hosting pertama di Indonesia yang bersertifikat ISO 27001, menggunakan proteksi Anti DDoS terbaik dari Cloudflare Magic Transit & Firewall dengan kapasitas 120+ Tbps, teknologi cloud terbaru dengan software defined storage, self-healing, automatic backup, 100% Uptime SLA dan 90 Hari Garansi Uang Kembali.

Oia, tak lupa, pertimbangkan juga, meski tujuannya website yang menghasilkan jangan sampai mengurangi pengalaman pengguna saat mengakses website kita. Pasalnya website yang dipenuhi iklan bisa mengganggu aktivitas pengunjung, kan?

Well, semoga kesepuluh cara mendapatkan uang dari website tadi tidak hanya membantumu menghasilkan pundi-pundi, tapi juga dapat meningkatkan branding kamu di kemudian hari.💙



Salam Semangat

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

19 komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang dari Website"

  1. adsense yang belum aku coba lagi, karena dulu pernah ditolak :D
    heran aja, padahal waktu ngajuin adsense umur blog udah bertahun-tahun

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah website pribadi atau blog saya sudah ada penghasilan meskipun gak banyak amat kak dian. Kalo blogspot bikin tombol donasi gimana caranya ya kak..

    BalasHapus
  3. Waaah ulasannya menarik kak dian, selama ini aku paling ikut riview2 aja, belum coba yang lain.

    Sementara karena aku pribadi membaca tulisan kalau banyak iklanrasanya gemes jadi rasanya blm mau ada iklan juga di blog aku.

    BalasHapus
  4. Selama ini cuma sponsored post aja nih yang sudah benar benar aku rasain ada manfaatnya, Mba. Soalnya yang lainnya belum benar benar aku cobain sih. Pengen sih nyobain pasang ads tapi kadang aku maju mundur kalo mampir ke web yang pakai ads.

    BalasHapus
  5. Banyak juga ternyata ya. Selama ini yg saya rasakan blog pribadi melalui sponsor post, content placement, dan lomba blog kalau memang hehehe....
    Semangat nih secara meski tidak bekerja lagi tapi tetap bisa menghasilkan.

    BalasHapus
  6. Wow jadinya banyak banget ya cara buat dapat uang dari blog, pelan-pelan coba cara-cara di atas deh

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak pilihan ya untuk menghasilkan cuan dari blog. Aku tahunya cuma review aja

    BalasHapus
  8. Sekarang enak ya, bisa menghasilkan cuan secara remote hehe. Aku baru tahu ternyata banyak banget ya celahnya. Terima kasih infonya mba!

    BalasHapus
  9. Seperti biasa, ulasan mbak Dian selalu lengkap
    Yup, kalau jeli dan mau berusaha, banyak ya mbak peluang mendapatkan uang dari sebuah website

    BalasHapus
  10. Di era serba digital kyk sekarang, banyaaakkkk bgt peluang yg bisa kita manfaatkan ya mba.

    Salah satunya ya iniiii,berburu cuan dari website

    BalasHapus
  11. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari Website, termasuk profesi blogger yang kadang menerima sponsor post. Bisa juga dari AdSense ya Mba, cuman buat saya agak lama kalau pengen cairnya. Dewaweb cukup rekomended ya, Mba, sebagai salah satu penyedia hosting

    BalasHapus
  12. Website flipping, menarik perhatian ku nih mba. Baru pertama dengar dan baru tahu kalau ternyata website bisa juga diperjual belikan dengan menaikkan nilai jualnya

    BalasHapus
  13. Wah banyak banget sekarang ya, mbak peluang mendapatkan uang dari website. Jadi kita tidak terpaku pada satu hal saja

    BalasHapus
  14. Memang zaman sekarang bikin website juga udah bisa dapet uang ya. Aku baru merasakan dikit benefitnya nihhhh. Apalagi dr adsense masih jauh juga huhu

    BalasHapus
  15. Juara banget sih.. kalau merintis apa yang buat kita berbinar yakni mengasilkan uang dari optimasi website. Kini dengan internet, semua wawasan dan literasi yang baik bisa diakses dengan cepat dan ini membuka lebar untuk bisa menulis dalam kebaikan.

    BalasHapus
  16. Ternyata banyak cara menghasilkan uang dari website ya Mbak. Aku baru tahu.

    BalasHapus
  17. Sip, saya juga pakai Dewaweb ini Mbak Dian... barusan perpanjang domain untuk blog saya yang satu lagi. Hmm, baca artikel Mbak Dian yg ini saya jadi nambah informasi nih, bahwa jenis2 website itu macem2 ya,, ada website flipping juga, noted. Makasih sharingnya Mbak Dian,, artikel2 Mbak Dian selalu OK punya deh ^^

    BalasHapus
  18. Masya Allah. Senang ngadem di blog mbak Dian. Btw, untuk adsance gimana ya mbak supaya bisa gajian tiap bulan. 🙏

    BalasHapus
  19. Dewaweb emang paling oke sih mbaa, aku jg belakangan ini bacain surveynya mereka dan itu menggodaku untuk pindah haluan hahaha

    BalasHapus