Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibu Rumah Tangga Bisa Jadi Juara Lomba Berkat IndiHome Internetnya Indonesia

"Saya hanya ibu rumah tangga!"

Gaesss, sering dengar enggak sih, ibuk-ibuk yang menjawab begitu saat ditanya apa profesinya?
Padahal ya profesi ibu rumah tangga mestinya diucapkan juga dengan nada bangga dan enggak perlu pakai kata 'hanya'. Karena, apapun pilihan seorang perempuan, apakah memilih menjadi ibu bekerja atau penuh waktu sebagai ibu rumah tangga, itu sama mulianya! 
IndiHome Internetnya Indonesia


Meski memang masih banyak yang underestimate terhadap profesi ini. Menganggap pekerjaan ibu rumah tangga lebih rendah, disangka tak bekerja, dan sederet stigma yang kurang mendukung perannya.

Nah, jika dirimu termasuk para ibu yang mendapatkan perlakuan ngeselin itu, abaikan saja! Daripada buang waktu buat dengerin bahkan sampai mikirin, lebih baik jadikan ini sebagai penyemangat diri untuk memaksimalkan potensi.
Be proud of who you are! Ibu rumah tangga bisa juga berkarya, bahkan jadi juara!
Saya ibu rumah tangga! 

Sejak November 2016, saya aktif menulis di blog pribadi dan telah mengikuti sekitar 60 lebih lomba dan memenangi 26 di antaranya. Baik sebagai pemenang utama, favorit, juga hiburan dengan hadiah uang tunai, voucer belanja dan barang (Ipad, HP, Logam Mulia, aneka produk dan merchandise)! 

Alhamdulillah!

Bukan sombong atau riya, di sini saya ingin berbagi inspirasi. Kamu mau tahu tips juara lomba ala ibu rumah tangga seperti saya? 

Lomba Blog dan Serba-serbinya

Well, sejatinya menjadi juara bukanlah satu-satunya tujuan saya ikutan lomba. Karena saya mengikuti lomba menulis seperti ini dilatarbelakangi beberapa motivasi, yakni:
  • Update blog: dengan mengikuti lomba, jadi ada artikel baru di blog saya. Karena tema sudah ditentukan, jadi enggak bakal kebingungan. Blog ter-update, laba-laba pun batal bersarang!
  • Meningkatkan kualitas tulisan: biasanya menyiapkan tulisan untuk lomba lebih banyak perjuangannya. Pakai riset, wawancara, survei... yang kesemuanya bikin tulisan makin berkualitas.
  • Mendapatkan traffic dan backlink: dengan ikut lomba membuat artikel lebih banyak dibaca, dan jika menang bisa dapat backlink dari penyelenggara. Meningkat deh performa blognya!
  • Menambah portofolio: makin panjang list juara, bisa nambah portofolio prestasi yang bikin makin tinggi nilai jual diri.
  • Mendapatkan hadiah lomba: siapa juga yang enggak mau uang, voucer, Laptop/HP/LM, dan beragam produk gratisan lainnya?

Tapiiiii, sebelum ikut lomba mesti punya amunisi! Apa saja?

Pahami Syarat dan Ketentuan Lomba

Nah, hal penting yang harus kamu perhatikan duluan adalah memahami 'Syarat dan Ketentuan'

Yes, Syarat dan Ketentuan (S&K) ini ibarat password yang jika salah, bakal mental, bikin kamu enggak bisa buka pintu. Maka perlu ketelitian untuk membaca S&K yang ada.
Sebagai screening pertama, S&K akan jadi persyaratan utama sebelum karya diikutkan lomba. Kalau administrasi ini semua terpenuhi, artikelmu bakal lolos dan maju ke tahap berikutnya. Jika tidak, ya wasalam, tulisan enggak akan ikut ke tahap penilaian.
Sayang banget kan, sudah capek-capek nulis terhempaskan begitu saja, seperti kalah sebelum bertanding jadinya.

Nah, FYI, S&K ini macam-macam, misalnya di event IndiHome Blog Competition yang diselenggarakan IndiHome dari Telkom Indonesia, berikut ini:


Jadi, dari S&K IndiHome Blog Competition itu pastikan jika dirimu: menulis karya sendiri dan bukan plagiasi minimal 500 kata sesuai tema, sudah follow akun media sosial Twitter dan IG @IndiHome, menulis brand IndiHome dengan benar, menyertakan kata kunci wajib “IndiHome”, “Telkom Indonesia”, “Manfaat Internet”, dan “Internetnya Indonesia” dalam artikel, membagikan tulisan di akun Twitter pribadi dengan mention dan hashtag yang telah ditentukan....dan seterusnya.
Intinya, S&K ini mesti kamu baca hati-hati, lalu taati dan dobel cek saat selesai menulis nanti, agar tak ada yang terlewati!

Menentukan Judul Tulisan

Nah, sesudah menyimak S&K, baru lanjut deh ke tahap pre-writing untuk mencari bahan tulisannya. Bisa dengan melakukan riset digital, browsing data dan fakta di internet, riset dengan melihat langsung kondisi di lapangan, melakukan wawancara ke narasumber yang terkait dengan tema.., atau hal lain yang akan melengkapi artikel nantinya.

Kemudian, kalau bahan telah terkumpul kamu bisa mulai deh nulisnya! 

Pertama, tentukan judulnya. Oia, biar menarik hati pembaca terutama juri, gimana caranya? 

Berikut ini tips memilih judul yang memikat dan mengikat!

1. Buat judul yang berbeda dengan artikel lain dalam tema yang sama

Contoh
"Aktivitas Tanpa Batas Bakti Mengajar Daerah 3T Bersama IndiHome"  
Juara 1 Indihome Blogger Days 2021 dengan tema 'Peran IndiHome Membangun Kedaulatan Digital Indonesia' - Deddy Wijaya (www.deddyhuang.com).


2. Pikat dengan manfaat yang didapat setelah membaca

Contoh
"Menebar Kebaikan Tanpa Sekat Berkat Jaringan IndiHome yang Kian dekat" 
Juara 3 IndiHome Blogger Days 2021 - Nabilla Desyalika Putri (www.bundatraveller.com).


3. Pakai kalimat yang membuat penasaran

Contoh
"Dosen Digital Indonesia: Tinggal di Jogja, Mengajar di Amerika" -
Juara 1 Writing Competition Digitalbisa.id by Telkom Indonesia dengan tema 'Digital Akselerasikan Indonesia' - I Made Andi Arsana.


4. Judul spesifik untuk target pembaca tertentu

Contoh
"Bersama IndiHome Membangun Sekolah Literasi" 
Juara 2  IndiHome Blogger Days 2021 - Supadilah (www.aromabuku.com).


5. Memberi solusi, janji, keamanan atau kenyamanan

Contoh
"Bebas dalam Batas Bersama IndiHome" 
Juara Kategori Favorit 2 IndiHome Blogger Days 2021 - Novarty Eka Putriana (www.novarty.com).


Manfaat Internet

Buat Paragraf Pembuka yang Menggoda!


Gimana, makin menantang ya? 

Nah, setelah paham S&K, bahan juga punya, judul siap sedia, bisa lanjut deh kamu ke intinya: bikin tulisan!

Well, ada beberapa hal terkaitnya yang mesti kamu perhatikan. Pertama: buat paragraf pembuka yang menggoda.
FYI Gaess, mengawali artikel itu susah-susah gampang. Dirimu mesti mampu membuka tulisanmu dengan mengesankan sehingga membuat juri penasaran. Nah, mengikuti jargon iklan parfum tahun 90-an, buat 'kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda' pada karyamu!

1. Mulai dengan percakapan

Contoh:
Suatu siang saat pulang sekolah,

"Buk, nanti bikinin ayam goreng ya?"
"Waduh, di kulkas Ibuk punyanya ikan, Dik."
"Tapi, aku mau fried chicken, Buk!"
"Ya udah nanti kita singgah beli ayam mentah"

Beberapa detik berpikir, walah, si Adik ini minta ayam lagi. Padahal dompet lagi enggak ada uang cash ini. Mau mampir ke ATM, beda arahnya. Mana minimarket yang jual ayam di dekat gerbang komplek hanya melayani pembayaran pakai kartu terbitan bank tertentu pula. Duh! Etapiii kan saya punya dompet digital ya. Lupaaa, ngapain bingung-bingung ya! Jadilah kami mampir ke fresh mart, beli ayam, telur dan beberapa kebutuhan dapur. Bayarnya? Tinggal scan QR di hape saja! Praktis dan ekonomis! Ekonomis? Iyaa, karena dapat cashback juga kan saya. Yeayyy, mayan bangets ya!!

Sumber
"QR Standar Pembayaran Digital Ala Milenial" - Juara 3 Blog Competition BI Netifest 2019 - Dian Restu Agustina.


2. Sertakan kutipan berita

Contoh:
"Tanggal cantik 212, Presiden Jokowi berada di Bantarjati, untuk meresmikan program bantuan sambung listrik gratis bagi 200.000 rumah warga prasejahtera. Sebelumnya, mereka hidup tanpa aliran listrik atau sudah ada tapi menumpang pada tetangga. Sehingga listrik yang mereka dapatkan hanya kuat untuk bola lampu dengan biaya per bulan 50-60 ribu. Kini, setelah memiliki sambungan listrik mandiri, warga bisa menikmati listrik dengan biaya hanya 30 ribu per bulannya. Dan segera, 1 juta warga lainnya di Indonesia akan menikmati bantuan yang sama."

Sumber: 
"Energi Terbarukan dan Aksi Energi Muda Kini dan Nanti" - Juara Kategori Tulisan dengan Pembaca Terbanyak - Kompetisi Menulis Coaction Indonesia 2018 - Dian Restu Agustina.


3. Ceritakan pengalaman yang memicu rasa penasaran

Contoh:
"Matahari terbenam begitu indah seolah sedang melihat gerbang surga. Dari tempat saya menginap, sinyal internet masih sulit. Ya, saya sedang berada salah satu pulau di Raja Ampat. Saya diajak oleh Bang Richard, orang lokal setempat untuk bergeser ke atas bukit persis di belakang penginapan karena sinyal internet di sana lebih kencang. Ajaib sinyal pun ada."

Sumber: 
"Aktivitas Tanpa Batas Bakti Mengajar Daerah 3T Bersama IndiHome" - Juara 1 IndiHome Blogger Days 2021 - Deddy Wijaya (www.deddyhuang.com).


4. Awali dengan konflik sehingga orang tertarik

Contoh:
"Budaya literasi punya banyak manfaat bagi siswa. Mereka semakin paham dengan yang dipelajari di sekolah dan memiliki keterampilan berpikir kritis (critical thinking) yang bermanfaat untuk masa depan mereka. Budaya literasi sangat penting. Namun, tidak mudah membangunnya. Bagaimana strategi membangun budaya literasi di era digital?"

Sumber: 
"Bersama IndiHome Membangun Sekolah Literasi" - Juara 2 IndiHome Blogger Days 2021 - Supadilah (www.aromabuku.com).


5. Buka dengan data 

Contoh:
"Grafik kasus positif Covid-19 yang melandai drastis belakangan ini seperti datangnya matahari setelah hujan badai. Seolah ada cahaya hangat dan terang memberikan signal untuk kembali melangkahkan kaki ke luar rumah dengan bebas. Semoga ini benar-benar menandakan bahwa penyebaran virus Corona segera berakhir."

Sumber
"Cerita 6 Tahun Bersama IndiHome, Aktivitas Tanpa Batas di Rumah" - Juara Kategori Favorit 1 IndiHome Blogger Days 2021 - Iim Rohimah (www.iimrohimah.com).

Ibu Rumah Tangga Bisa Jadi Juara Lomba Berkat IndiHome Internetnya Indonesia

Perhatikan Ejaan dan Teknik Penulisan

Next, saat menulis, perhatikan juga printilan terkait ejaan dan teknik penulisan. Biar karyamu enak dibaca, bikin juri betah berlama-lama hingga akhir cerita, syukur-syukur nanti rezeki jadi juara! 

Nah, apa saja yang kudu jadi concern-mu?

Ejaan pada Artikel Lomba

Karena ini lomba usahakan ejaan sesuai dengan PUEBI dan kaidah bahasa yaaa. Tanpa ada salah ketik/typo, dengan tidak menghilangkan ciri dan gaya kepenulisan kamu. Jadi, meskipun ada bahasa informal di sana, usahakan tetap dalam penulisan yang sesuai aturan. 

Beberapa tips untuk ejaan pada artikel lomba, di antaranya:
  • Lakukan editing setelah selesai menulis. Kasih jeda waktu sehingga bisa diteliti satu persatu
  • Jika kurang yakin akan penulisan sebuah kata, periksa di KBBI (online) untuk tepatnya
  • Betulkan jika ada kesalahan pengetikan
  • Pastikan penulisan nama produk/brand sudah benar
  • Jika memakai istilah bahasa asing/di luar PUEBI bisa ditulis dengan huruf miring/Italic
  • Lakukan juga editing pada kalimat yang kurang pas dan kata sambung antar paragraf sehingga artikel enak dibaca.

Teknik Penulisan

Setelahnya, dirimu sebaiknya juga menyimak beberapa hal berikut ini, yakni:

1. Kesesuaian tema, judul dan isi

Tema, judul dan isi bersesuaian seperti tersebut di Syarat & Ketentuan. Jangan sampai karena keasyikan menulis, lama-lama menyimpang dari tema utama dan melebar kemana-mana.

2. Soft selling dan story telling itu penting

Lomba blog diadakan untuk membagikan informasi terkait produk, jasa, perusahaan, lembaga atau sebuah kegiatan dari pihak penyelenggara. Nah, jika kita nulisnya plek ketiplek sama dengan informasi dan spesifikasi produk/jasa di official website milik mereka, apa bedanya? Maka, menulis dengan soft selling jadi pilihannya.

Kemudian, tulis dengan gaya story telling meski sumber info tetap dari website penyelenggara juga referensi hasil riset kita. Menulis bisa dengan gaya bercerita (narasi), berdasarkan pengalaman pribadi, hasil wawancara dari narasumber atau pengalaman orang lain.

3. Hindari hal negatif

Gunakan kalimat positif dan sopan dan jangan menjelek-jelekkan orang/brand kompetitor. Hindari pula menyinggung yang terkait SARA, tuliskan hal-hal yang bermakna dan bermanfaat bagi pembaca.

4. Berpikir kreatif

Menulis sesuatu yang out of the box, sehingga menyedot perhatian juri. Seperti sebuah artikel yang sangat menarik yang pernah saya baca, karya Syaifullah (www.daenggasing.com), juara 3 Pesona Indonesia "Wonderful Eclipse  2016 Blogging Competition'. Yang alih-alih menceritakan tentang keindahan gerhana di berbagai belahan Nusantara, ia malah kreatif menulis surat lewat artikel:"Wonderful Eclipse Surat kepada Batara Kala" 

5. Rumuskan sudut pandang 

Kamu bisa menggunakan kalimat tanya sebagai alat bantu merumuskan kalimat pertanyaan terkait sudut pandang. Ada enam pertanyaan yang bisa kamu gunakan untuk merumuskan yakni: 5W+1H (what, who, when, why, where, how).

Kamu bisa membuat matriks 5W+1H dan membuat pertanyaan dengan membuat kombinasi setiap unsur pertanyaan, misalnya siapa dikombinasikan dengan kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana. 

Nah, jika kita eksplor lagi kemungkinan kombinasi pertanyaan yang bisa dirumuskan dari enam unsur dalam 5W+1H ada 120 pertanyaan. Tuh, banyak kan?

Manfaat Internet IndiHome

Mengakhiri Tulisan dan Sempurnakan!

Well, kalau sudah kelar nulisnya kini tiba saat kamu mengakhirinya. Penutup artikel ini berperan sebagai kunci yang membuat tulisan akan berkesan atau tidak bagi juri. 

Sebuah Perfect Ending Bisa Kamu Dapatkan dengan Menuliskan Ini!

1. Kesimpulan dan opini terkait misi yang ingin disampaikan pihak penyelenggara lomba

Contoh:
"Sebagai Internetnya Indonesia, improvisasi layanan dan inovasi Lead by IndiHome Telkom sangat dibutuhkan. Saya pun optimis dengan pemerataan akses internet dari Sabang sampai Merauke yang telah Telkom hadirkan. Ditambah pembangunan High Throughput Satellite (HTS) agar jangkauan yang lebih luas dan kualitas andal. Akselerasi ini tentunya dapat menambah pengalaman terbaik bagi pelanggan."

Sumber:
 "Aktivitas Tanpa Batas Bakti Mengajar Daerah 3T Bersama IndiHome" - Juara 1 IndiHome Blogger Days 2021 - Deddy Wijaya (www.deddyhuang.com).

2. Call to Action: persuasi pembaca untuk mencoba produk/jasa atau melakukan suatu tindakan yang diminta pihak penyelenggara 

Contoh
"See, dengan edukasi yang tepat untuk para Bunda di masa pandemi ini serta terpenuhinya kebutuhan gizi seimbang, Si Kecil yang alergi susu sapi bisa tetap sehat, tumbuh kembangnya tetap optimal dan menjadi Anak Generasi Maju. Jadi tunggu apalagi, yuk dukung Bunda Tanggap Alergi dengan Gerakan 3K ini!"

Sumber
"Yuk Tanggap Alergi dengan 3K: Kenali, Konsultasikan, Kendalikan!" - Juara 1 Writing Competition 'Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju' 2020 - Dian Restu Agustina.

3. Pengalaman pribadi yang diakhiri dengan opini

Contoh
"IndiHome sebagai sebagai perusahaan layanan fixed broadband terbesar dengan cakupan jaringan terluas siap hadir dari rumah ke rumah. IndiHome konsisten melayani kebutuhan aktivitas tanpa batas setiap masyarakat Indonesia tanpa melupakan perihal keamanan dan kenyamanan pengguna. Selain itu, dukungan yang sangat luas untuk aktivitas digital seperti eSport dan program lainnya juga bisa bermanfaat untuk masyarakat umum. Pada akhirnya, yang saya tulis ini hanya sejumput bukti nyata bahwa IndiHome sangat berperan dalam mewujudkan kedaulatan digital dan membantu kelancaran kegiatan kita sehari-hari."

Sumber
"Menebar Kebaikan Tanpa Sekat Berkat Jaringan IndiHome yang Kian Dekat" - Juara 3 IndiHome Blogger Days 2021 - Nabilla Desyalika Putri (www. bundatraveller.com).

4. Berupa opini ditutup dengan pesan

Contoh
"See, begitu banyak keuntungan QR Standar sebagai pembayaran digital ya. Beneran pas jika dikatakan QR Standar adalah pembayaran digital ala milenial. Tapiiiii, yang perlu disikapi adalah bahwa kemudahan yang kini banyak ditawarkan teknologi terkadang bisa membuat kita terlena dan berfoya-foya. Maka, manfaatkan kebaikan teknologi seperti dompet digital dan Pembayaran QR Standar ini untuk membuat transaksi menjadi lebih cepat dan keuangan menjadi lebih mudah dikelola dan diawasi. Jadi, yuks kita tetap bijak dalam menjalani cashless society ini...!!"

Sumber
"QR Standar Pembayaran Digital Ala Milenial" - Juara 3 Blog Competition BI Netifest 2019 - Dian Restu Agustina.

5. Tutup dengan pertanyaan dan ajakan

Contoh:
"Pengambil kebijakan mesti terus mengedukasi dan mensosialisasikan apapun kebijakan yang digulirkan lewat berbagai akses yang bisa menyentuh masyarakat luas. Sementara pelaku UMKM juga tidak boleh hanya diam berpangku tangan, terus upgrade diri agar lebih maju lagi. Pun selalu mencari tahu apa yang bisa dilakukan agar usaha terus berkembang, misalnya dengan bergabung ke komunitas wirausaha, menjadi anggota di organisasi UMKM binaan instansi dan membuka seluas-luasnya akses informasi. Percaya, kebijakan makroprudensial Bank Indonesia untuk mendorong pembiayaan inklusif ini akan membawa dampak positif. Karena enggak hanya kalangan tertentu saja yang bisa terbantu, tapi semua akan mendapatkan kesempatan yang sama, termasuk teman saya. Bagaimana denganmu? Setujukah dengan pendapat itu?"

Sumber
"Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia untuk Mendorong Pembiayaan Inklusif" - Juara 2 Lomba Penulisan 'Bicara Makroprudensial' 2022 - Dian Restu Agustina. 

Manfaat Tak Terbatas Internetnya Indonesia

Tahap Post Writing yang Tak Kalah Penting!

Nah, setelah selesai menulis sampailah kamu di tahap post writing yang tak kalah penting. 

Di tahap ini yang perlu kamu lakukan adalah:
  • Perhatikan poin-poin Syarat dan Ketentuan dan pastikan tidak ada yang belum dilakukan
  • Last editing: baca lagi artikel. Apakah ada kesalahan pengetikan, tanda baca yang kurang, lalu revisi mana yang mesti dibenahi. Tapi sebelumnya beri jeda waktu dengan mengendapkan artikel dulu agar kamu bisa lebih fokus nanti
  • Periksa juga penempatan elemen pendukung, apakah sudah berkesesuaian dengan tulisan
  • Jangan mepet banget submit, siapa tahu di hari terakhir ada hambatan. Sebaiknya sebelum detik-detik Cinderella di hari H. Apalagi jika di S&K ada syarat engagement di blog dan sosial media, atau jumlah pageview artikelnya. Maka kamu perlu cari dukungan lewat blog walking atau promosi artikel di akun sosial mediamu. Sehingga makin cepat di-submit semakin baik.
  • Jika ada persyaratan engagement blog/sosial media, pantau komentarnya. Jika ada komen yang menjelek-jelekkan produk/penyelenggara jangan diloloskan. 

Tips Juara Lomba Blog

Mau Jadi Juara Lomba, Ingat Tipsnya!

Tulisan sudah berhasil dikirimkan. Artinya kamu sudah jadi pemenang. Ya, menang dari egomu yang di awal baca pengumuman lomba sempat ragu akan kemampuanmu. Masih pula pakai acara hitung kancing baju: ikut..enggak..ikut..enggak..., melulu! Huhuhu
See, kamu sudah bisa mengalahkan diri sendiri. Itu juga sebuah prestasi! 
Kemudian, sebagai pembelajaran untuk mengikuti lomba-lomba yang lainnya, ingat untuk:
  1. Jadi diri sendiri: meski kamu membaca artikel pemenang lombanya nanti, tak perlu meniru. 'Amati, Tiru dan Modifikasi' dengan keunikanmu sendiri. Jadikan modal untuk peningkatan kualitas tulisanmu, agar tahu dimana letak kekuranganmu untuk diperbaiki lain kali.
  2. Sesuaikan dengan kemampuan: buat list lomba, catat temanya apa dan kapan deadline-nya. Lalu tentukan mau ikut yang mana yang sekiranya kamu kuasai temanya. Saat sudah menentukan lombanya bersiaplah untuk yang terbaik saat itu juga
  3. Totalitas: berikan yang terbaik versi kamu dan beri lebih untuk penyelenggara. Misalnya jika Indihome Blog Competition mensyaratkan panjang artikel minimal 500 kata, tulis karyamu sepanjang 1000 kata, tapi yang fokus ya, bukan yang dipanjang-panjangin. 
  4. Legowo: sabar, ikhlas dan pasrah pada-Nya. Setelah submit, berdoa, lupakan dulu sementara. Apapun hasilnya, terima dengan lapang dada! Jangan saat menang senang tapi ketika kalah sedihnya enggak kepalang. Pantang menyerah, kalah saat ini, coba lagi, Insya Allah menang lain kali!
  5. Bekali diri dengan amunisi koneksi terbaik Internetnya Indonesia: IndiHome dari Telkom Indonesia, untuk kemudahan mendapatkan informasi terkini terkait lomba, memperoleh bahan tulisan dengan tanpa kendala, menulis dengan lancar jaya, dan submit sebelum hari H dengan sempurna. 

IndiHome Internetnya Indonesia
beberapa prestasi saya

Penutup


Well, gimana, sudah panjang lebar saya tuliskan tips juara lomba ala saya, si ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat yaaa... 
Memang bersyukur sekali kini, dari rumah saja ibu rumah tangga pun bisa berkarya dan berprestasi. Sudah pasti koneksi internet IndiHome dari Telkom Indonesia telah menunjang prestasi saya. IndiHome merupakan wujud Manfaat Tak Terbatas Internetnya Indonesia. Manfaat Internet yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk bisa menjadi yang terbaik versi dirinya.
Gimana enggak coba, saya sambil nunggu cucian kelar dari mesin cuci bisa nyambi browsing ada lomba apa yang sekiranya bisa saya ikuti. Saat sudah kelar masak, saya bisa lakukan riset digital mencari bahan tulisan ke berbagai laman. 

Kemudian, sebelum jemput sekolah anak, saya sempat chat teman sambil nanya itu ini buat survei atau sembari wawancara narasumber terkait tema. Belum lagi bebikinan desain grafis pendukungnya, edit foto/video, proses submit, lalu promosi artikel sana-sini agar lebih banyak yang baca sehingga tersampaikan pesan lombanya, yang butuh banget internet cepat yang bikin semua berjalan sesuai rencana.
Pokoknya, segala printilan yang berhubungan dengan lomba bisa saya lakukan berkat Manfaat Internet dari IndiHome persembahan Telkom Indonesia. Apalagi enggak perlu juga ngomelin anak atau protes ke suami kalau lagi online semua. Karena meski sekian perangkat lagi connect, IndiHome teteup oke dan enggak lelet!
FYI, IndiHome sebagai layanan digital enggak cuma menyediakan internet ya Gaess, tapi juga telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Membuatmu bisa mendapatkan bebas akses internet stabil, telepon rumah jernih dan tayangan TV interaktif terpopuler dengan IndiHome. Yeayy!

Oia, saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi semua dengan menggunakan jaringan fiber optik yang tersebar di penjuru Nusantara. 

Hadir dengan menawarkan pilihan kecepatan internet unlimited hingga 300 Mbps, selain cepat, akses internet IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca. Bikin segala aktivitasmu di rumah, mau WFH, belajar, belanja, nge-game, ngeblog,..... apa saja, jadi lebih praktis, nyaman dan lancar jaya.

Tips Juara Lomba Blog ala Ibu Rumah Tangga

Ya, IndiHome merupakan solusi internet cepat, berkelas, dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas. IndiHome adalah perwujudan Manfaat Tak Terbatas Internetnya Indonesia yang membuat siapa saja termasuk ibu rumah tangga bisa berkarya sesuai potensinya dan bahkan jadi juara lomba! 
Gimana, kamu juga mau dapat manfaatnya? 

Yuk, miliki layanan internet terbaik di rumah: IndiHome dari Telkom Indonesia, sekarang juga!💖



Salam Semangat

Dian Restu Agustina


Referensi: 
www.indihome.co.id | Twitter & IG @IndiHome






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

25 komentar untuk "Ibu Rumah Tangga Bisa Jadi Juara Lomba Berkat IndiHome Internetnya Indonesia"

  1. wuaaa baca dari atas sampe bawah ... ck ck ck
    terus nyanyi "sampe bawah.. sampe bawah.."

    bener nih mbak Dian, ikutan lomba itu = menang dari ego yang di awal semangat baca pengumuman lomba - terus hitung kancing baju: ikut..enggak..ikut..enggak...

    terus... saya memutuskan ga ikutan :(

    BalasHapus
  2. di rumah pakai indihome juga nih mba, ngebantu banget buat dapat referensi tentang apapun yang dibutuhkan terutama untuk ngeblog hehehe

    BalasHapus
  3. Halo mbak, tipsnya oke punya. Saran dan langkah kaya gini bermanfaat banget buat newbie kaya aku:). Thank ya mb

    BalasHapus
  4. Mbaak Dian bener ga sih Mba dian ini yg menang di tulisan Molto kemarin?

    Kalau bener selamat ya mbaa...

    Ulasan mb dian komplit bermanfaat sekali makasih mbaak atas ilmunya.. Dunia sakarang tak luput dr kecepatan internet yaa...

    Semoga Indihome terus bergerak menjangkau daerah pelosok.negeri

    BalasHapus
  5. Emang ikutan kontes blog tuh seru yah, sekalian mengasah kemampuan menulis juga menang mah bonus aja yaaah hehehe

    Catetan semua tips2 nya buat diterapkan kalo ikutan kontes blog nanti nanti hehe

    BalasHapus
  6. Mbak Dian masya Allah dirimu sungguh hebat. Keren banget udah pernah ikut 60 lebih lomba dan memenangi 26 di antaranya. Memang selalu keren sih tulisannya mbak Dian. Detail, lengkap, dan dalam. Ga heran sering menang. Dan di balik itu semua ada peran internet kencang yaaaa.

    BalasHapus
  7. Saingan berat nih. Mbak lebih hebat dan jago nulisnya. Molly jadi insecure. Semangat terus mbak dian. Makasih ya tipsnya

    BalasHapus
  8. Mba Diaannn keren banget. Bener lho kalau jadi ibu rumah tangga bukan cuma "hanya" atau "sekadar". Apalagi kalau dari rumah bisa berprestasi dan bisa mendulang cuan. Berkat IndiHome aku juga bisa merasakan menang lomba. Ibu rumah tangga juga bisa berkarya!

    BalasHapus
  9. Ga akan ada abisnya kalo berbicara profesi IRT vs Ibu Bekerja. Mendingan fokus sama skill diri dan bagaimana kalo menjalani dua profesi itu bikin kita happy? Asik kan...
    Yg penting berkarya terus, kek ngeblog, ikutan lomba dll. Makasih loh tipsnya.

    BalasHapus
  10. Kalau yang nulis adalah langganan juara, saya percayaaaa... Makasih tips-tipsnya, Mak.. Walau di rumah aja, kita bisa jadi juara ya, Mak.. Alhamdulillah ada IndiHome yang menyediakan jaringan internet lancar jaya hingga ke pelosok desa. Kalau sudah ada internet, ruang kreativitas kita tidak ada batasnya. :)

    BalasHapus
  11. Bolak balik daku bacaaaa artikel ini.

    Gurih, renyah, maknyuuss bgt

    Makasiii mba, udah berbagi tips yg super mantulitaaa

    BalasHapus
  12. Selama ini selalu ngikuti aktivitas Mba Dian kalo ikut lomba, banyak menangnya. Rajin ngelomba, rajin pula menang, masya Allah udah 26 kali menjadi juara. Terima kasih udah menuliskannya di blog ini. Semoga makin banyak ibu rumah tangga yang terinspirasi, dan enggak lagi meremehkan status dirinya sendiri sebagai seorang IRT

    BalasHapus
  13. Tipsnya lengkap banget Mbak. Self reminder banget nih buat aku yang selalu mepet deadline kalau ikut lomba. Pemilihan judul dan paragraf terakhir penting banget ya. Noted banget ini buat aku. Terima kasih banyak Mbak. Semoga menang di lomba indihome

    BalasHapus
  14. Apalah blogger tanpa adanya koneksi internet yang lancar dan cepat ya mak. Duh aku nih termasuk yang masih suka minder kalau mau ikutan lomba blog, asik banget nih dapat tipsnya dari mak Dian jadi nanti mau coba ah peruntungan lomba blog juga.

    BalasHapus
  15. Wah, baca dari atas asik banget, nggak terasa sudah sampak bawah. Padahal artikelnya panjang banget, pantas Mbak Dian sering menang lomba. Terima kasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  16. Wah lama tak ngelomba, banyak ilmu ngelomba di tulisan mbak Dian yang ini.
    Kehadiran internet tu memang bikin gampang segalanya ya.
    Setuju banget kalau lomba dah disubmit ya kudu legowo,tak hanya siap menang, tapi juga siap kalah ya.
    Di rumah pun kami pakai IndiHome krn sejauh ini jaringannya paling stabil, apalagi utk di daerah pinggiran Jakarta :D

    BalasHapus
  17. Ah mbak Dian emang inspiring
    Makasih ya mbak sudah berbagi tips untuk menang lomba
    IndiHome memberikan kita banyak peluang dan kesempatan ya mbak, termasuk menang lomba blog

    BalasHapus
  18. Mb Dian nih salah satu blogger produktif yang sering menang lomba. Tulisannya juga inspiratif dan banyak membantu para pembacanya

    BalasHapus
  19. Aku suka banget sih.. sama yang namanya lomba blog. Apalagi kalau menang kan yaa.. Hehehe, namanya bisa dipajang di sosmed penyelenggara. Tapi gak kebayang kalau blognya juga dipajang dan dapat backlink dari website penyelenggara sih.. Kok happynya jadi berlipat-lipat yaah...

    Ya, dapat backlink, ya..menang lomba.
    Dan rata-rata tema tulisan lomba tuh evergreen. Jadi bisa mendatangkan traffic sepanjang masa.

    BalasHapus
  20. Lengkaaapp bgt tips triknya ni. Btw aku jg bbrp kali ikut lomba blog dan pernah menang yg mini2 blog contest gt dan happy bgt. Hahaha..

    BalasHapus
  21. Wow..ilmu mahal ini gaes.. langsung disampaikan sama yang sering menang lomba blog. Makasih banyak lho mbak, udah dibuatkan postingan gini. Komplit! Bisa jadi pelajaran buat siapa saja yang mau terjun ke dunia lomba blog dan segala serba serbinya, dan jangan lupa diterapkan. Aih..macam saya nih, sering wacana muluk mau ikutan lomba..padahal sering kelupaan deadlinenya. Hahahha

    BalasHapus
  22. Lomba blog emang warbiasa ya.. banyak hal yang harus disiapkan. Jadi gak bisa deh kalau cuma asal nulis sesuka hati..Tipsnya oke banget nih

    BalasHapus
  23. aku sendiri juga banyak belajar dari mba Dian, kadang untuk lomba blog tertentu yang temanya ga aku kuasai, aku milih nggak ikut dulu. Karena bingung juga mulainya dari mana. Memang harus riset dulu harusnya ya

    BalasHapus
  24. Keren, terimakasih nih ilmunya. Beneran ya memang harus riset dulu supaya maksimal.

    BalasHapus
  25. Keren banget Mbak sering menang lomba, memang butuh kerja keras ya untuk bisa menang, berkat internet para ibu rumah tangga pun bisa produktif dan berprestasi makanya kita harus bangga, jangan bilang cuma ibu RT yaa...

    BalasHapus