Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Produk Secara Online

Gaesss, berbelanja melalui internet alias belanja online memang memberi kepraktisan, selain itu harganya juga bersaing. Tapiiii, karena dirimu sebagai pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung maka risiko tertipu cukup tinggi. Mulai dari kualitas tidak sesuai ekspektasi sampai produk tidak dikirimkan oleh penjual. Duh!

Lalu harus bagaimana, ya?

JNE Bandung Raih 3 Penghargaan Sekaligus dari Markplus

Ini Dia Tips Membeli Produk Secara Online!


Nah Gaess, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam membeli online, kamu bisa menerapkan beberapa tips membeli produk online berikut ini!

1. Utamakan Beli di Toko Online Resmi

Melakukan riset pada produk yang akan dibeli, misalnya terkait mereknya, apakah yang dijual toko online memang ori, itu penting sekali. Jika memang ada toko online resmi atau official sebaiknya dijadikan pilihan utama. Apalagi untuk pembelian produk branded, atau yang sudah memiliki merek tersendiri, ada baiknya memilih belanja di toko resmi. 

Selain karena sudah terjamin mendapat produk original, produk yang dibeli dijamin akan dikirim karena official store biasanya memiliki SOP khusus dan profesional dalam melayani order yang masuk. Juga, harga yang didapatkan akan wajar, sebab penentu harga suatu produk memang pemilik merek itu sendiri. 

2. Memperhatikan Gambar Produk

Saat berbelanja secara online maka hal yang paling rasional untuk diperhatikan pertama kali adalah gambar produk. Cari toko online yang menggunakan gambar orisinil, bisa dilihat dari kualitasnya yang baik dan bukan hasil editan. Selain itu, foto produk idealnya menampilkan detail produk dilihat dari jauh dan dari dekat.

3. Membaca Deskripsi dengan Cermat

Tips berikutnya adalah meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk membaca deskripsi produk. Sebab di sinilah kita selaku pembeli bisa mengecek kredibilitas toko online sekaligus memastikan karakter produk sesuai kriteria yang diinginkan atau dibutuhkan. Jadi, jangan pernah melewatkan deskripsi produk jika tidak ingin salah beli ya Gaes yaaa.

4. Mengecek Ulasan Pembeli Sebelumnya

Dewasa ini semakin banyak toko online bermunculan di berbagai platform transaksi online. Kondisi ini membuat pilihan produk lebih beragam dan terjadi persaingan harga yang kompetitif yang tentu menguntungkan pembeli. Namun, dengan banyaknya toko online pembeli rawan terkena tindakan penipuan.

Mengantisipasi hal tersebut, maka tips membeli produk online selanjutnya adalah wajib mengecek ulasan pembeli sebelumnya. Pembelian di marketplace misalnya sudah disediakan fitur kumpulan ulasan para pembeli. Silahkan di cek dan dibaca baik-baik, jika testimoninya positif maka order bisa dilakukan. Begitu juga sebaliknya. Sebab jika pembeli sebelumnya banyak yang kecewa maka diri sendiri juga rentan dikecewakan.

5. Cek Rekening Penjual

Tips membeli produk online selanjutnya adalah mencoba mengecek rekening penjual. Kominfo sudah merilis website khusus untuk membantu masyarakat mengecek tindak penipuan bermodus jual beli online. Lewat website ini, para konsumen tinggal memasukan nomor rekening pada kolom yang tersedia. Jika data yang ditunjukan memang pelaku penipuan, maka batalkan saja transaksi yang dilakukan.

6. Utamakan Transaksi di Marketplace

Tips selanjutnya, sebaiknya memilih belanja di marketplace, karena di sini sistem keamanan lebih baik. Sistem didesain melindungi penjual maupun pembeli sehingga risiko terkena penipuan sangat kecil. Apalagi ada fitur cek testimoni, deskripsi produk, chat ke penjual, pembayaran ke satu rekening, dan layanan garansi pengiriman. Jadi, lebih aman!

7. Pilih Jasa Pengiriman Tepercaya

Memilih jasa ekspedisi yang aman dan tepercaya penting sekali, baik bagi pemilik bisnis online maupun pembeli agar barang yang diterima pelanggan aman saat dilakukan pengiriman. Tidak sedikit kasus yang terjadi dimana barang yang dikirim oleh penjual dalam keadaan baik namun ketika sampai di tangan konsumen barang menjadi rusak atau yang terburuk tidak pernah sampai sehingga merugikan kedua belah pihak. 


Tips Membeli Produk Secara Online

JNE Bandung Raih 3 Penghargaan Sekaligus dari Markplus


Well, beberapa tips membeli produk online yang dijelaskan di atas akan membantu kamu mendapatkan produk yang bagus atau minimal kualitas tidak mengecewakan. Jadi, usahakan ya Gaes yaa, dirimu tidak asal berbelanja tanpa memperhatikan banyak hal karena bakal rentan ditipu atau kecewa.

Nah, terkait jasa pengiriman tepercaya, JNE yang berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian, layak dipercaya sebagai pilihan utama

Apalagi JNE terus memperluas bidang usahanya seiring komitmen yang dimiliki untuk berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara. Ini diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis sesuai dengan tagline “Connecting happiness”, untuk memberikan manfaat seluas-luasnya dan dapat menjadi peluang bagi masyarakat.

Well, upaya serta kerja keras seluruh lini dalam perusahaan terus dilakukan dengan selalu mengusung semangat ”Connecting Happiness” ini. 

Tak heran komitmen untuk selalu mengedepankan kualitas pelayanan kepada pelanggan tersebut pun berbuah manis, dengan dianugerahkan tiga penghargaan sekaligus kepada JNE Bandung oleh MarkPlus, dalam acara IMF22 bertema 'Human 5.0 : Creativity, Innovation, Entrepreneurship & Leadership'

Penghargaan ini diberikan kepada sales person, brand activator, dan service person yang telah berhasil memberikan strategi untuk menemukan dan mengeksekusi peluang baru agar bisnis dapat lebih maju, serta membawa dampak positif bagi perusahaan, masyarakat, dan juga menjadi teladan bagi pemasar lainnya.

Nah, Hermawan Kertajaya selaku Founder & CEO MarkPlus Inc. memberikan ketiga penghargaan tersebut pada 25 Agustus 2022 di Ballroom Aryaduta Hotel, Bandung kepada tiga karyawan JNE Bandung, yaitu:

  1. Penghargaan untuk kategori Sales Person of The Year diterima oleh Ahmad Robel Oge, selaku Head Unit Kantor Cabang Rancaekek. Di mana penilaian kategori ini dilihat dari kemampuan seorang sales person yang dapat meningkatkan revenue perusahaan, serta berhasil memperluas pemasaran dengan peningkatan lebih dari 30 persen, dan berinovasi dengan melakukan kerja sama bersama mitra strategis.
  2. Kemudian penghargaan untuk kategori Brand Activator of The Year JABAR diberikan kepada Jaka Saptawijaya, selaku Head Unit Kantor Cabang JNE Garut. Jaka dinilai berhasil meningkatkan lebih dari 30 persen digital asset Garut, dan aktif melakukan berbagai kegiatan untuk menciptakan citra baik perusahaan.
  3. Selain itu, kategori Service Person The Year Bandung pun diraih ksatria JNE Bandung yaitu Yusman Heriyana. Ia dinilai telah berhasil memberikan kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan prima bagi pelanggan.

Selamaat semua! Hebaaat!

Sementara, terkait pencapaian JNE Bandung yang meraih 3 penghargaan sekaligus dari Markplus ini, Head of Regional Jawa Barat, Murah Lestari mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan setia, yang selama ini telah memberikan kepercayaannya, sehingga JNE terus terpicu untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam memenuhi kebutuhan distribusi selama lebih dari 32 tahun.

Ia menjelaskan, untuk mempertahankan penilaian positif yang tinggi dari masyarakat, seperti yang diukur oleh MarkPlus. Inc dan kembali meraih penghargaan di tahun–tahun berikut, maka kapabilitas perusahaan harus ditingkatkan agar dapat terus menangani kapasitas pengiriman yang meningkat sekitar 30 persen setiap tahun. 

“Ini merupakan salah satu hasil dari perjuangan panjang 50 ribu lebih karyawan JNE di seluruh Indonesia, karena itu sudah sepatutnya penghargaan ini dipersembahkan untuk mereka semua,” paparnya.

Disebutkan juga, kolaborasi dan sinergi menjadi prioritas lainnya karena dapat menciptakan iklim usaha yang positif, memberikan manfaat besar, bukan hanya terhadap perusahaan tapi juga berbagai pihak yang berdampak pula terhadap perekonomian nasional.

Selanjutnya, Branch Manager JNE Bandung, Iyus Rustandi mengaku sangat bangga dengan penghargaan tersebut. Baginya ini merupakan hasil kerja keras seluruh elemen di JNE. 

“Dengan penghargaan ini kami akan terus mewujudkan semangat “Connecting Happiness”. Di mana dengan beragam program kegiatan yang kami inisiasi dapat terus mendukung berbagai kegiatan positif, dan melakukan langkah nyata untuk kemajuan perekonomian.”

Dijelaskannya, salah satu kegiatan dengan rutin menggelar seminar UKM untuk mengakselerasi potensi para pelaku industri kreatif khususnya di era dimana disrupsi digital saat ini, kita harus terus mempersiapkan diri dan memanfaatkan beragam teknologi yang menunjang kemajuan suatu perusahaan.

Penutup


Well Gaess, itulah tadi hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli produk online sehingga dirimu akan mendapatkan produk yang sesuai harapan. Jadi, tetaplah berhati-hati saat berbelanja agar terhindar dari penipuan dan rasa kecewa. Yang pasti, untuk jasa ekspedisi percayakan saja pada JNE yang sudah ternama kualitas layanannya!

Baiquelah, semoga info ini bermanfaat dan kita semua selalu sehat! 💖


Salam Semangat

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

36 komentar untuk "Tips Membeli Produk Secara Online"

  1. Online shopping memamg lebih praktis dan FUN ya mba

    Asalkan ya banyak hal² yg kita kudu jeli.

    Termasuk dalam menentukan mau dikirim pakai jasa ekspedisi apa

    BalasHapus
  2. Nah,info penting ini.Emak emak kalo liat diskon kadang gak pake mikir. Cek and ricek penting, apa lagi pada bagian cek rekening penjual.thanks infonya

    BalasHapus
  3. Iya pembelian secara online ini praktis dan simpel banget. Bisa milih berbagai macam barang dari berbagai tempat, hanya dari rumah saja! Tapi memang harus super teliti. Makasih tips nya Mba..

    BalasHapus
  4. Tips nya bermanfaat banget buat saya mb. Apalagi saat ini sebagai kaum rebahan lebih suka belanja online daripada offline. Apalagi panasnya diluar sana membuat malas keluar rumah

    BalasHapus
  5. Belanja online memang rawan penipuan. Saya sendiri pernah kena pas beli charger laptop, lain difoto lain pula yang dikirim. Makanya, tips di atas penting banget untuk kita supaya selalu berhati-hati, Mba.

    BalasHapus
  6. Thx mbak tips nya. Emang nih harus pinter jadi konsumen jaman sekarang. Harus ceklis semuanya, klo oke baru checkout.😊

    BalasHapus
  7. Selamat dan sukses untuk JNE dengan berbagai penghargaannya.
    Ikut senang kalau ekspedisi kepercayaanku bisa memenangkan banyak kategori. Ini menunjukkan bahwa JNE tidak hanya baik dari sisi human resourcesnya tapi juga pelayanannya.

    BalasHapus
  8. Nah iya...perlu bangets untuk cek rekening ini....apalagi yg pembayaranny tdk pakai jasa pihak ketiga yg terpercaya....terimakasih tipsnya mba

    BalasHapus
  9. iya nih, harus pilih jasa pengiriman yang terpercaya. bisa cek dari track record atau keluhan pelanggan.
    kan males ya kalau mereka gak amanah, padahal kita butuh barang itu

    BalasHapus
  10. Kalau lewat marketplace kadang nggal bisa pilih jasa ekspedisi tapi kalau lamgsung kita biss leluasa buat pilih

    BalasHapus
  11. Beli barang online itu memang menarik ya mbak
    Sebab lengkap dan harganya cenderung lebih murah
    Tapi ya gitu, harus banyak yg diperhatikan
    Kalau aku biasanya pilih beli di market place dan memilih jasa pengiriman yang terpercaya biar aman

    BalasHapus
  12. Saya memilih belanja di marketplace karena misal barang gak dikirim uang bisa kembali ke saldo. Ga tahu ya saya sedikit parno sekarang belanja di toko online pribadi. Kalau pun ingin beli, saya langsung cek ke marketplace, mereka ada gak buka toko di sana

    BalasHapus
  13. Yang saya pasti perhatiin itu kredibilitas toko dan review pembelinya. Ekspedisinya juga sih pasti milih yang terpercaya, saya suka pilih pake JNE juga. Haha..

    BalasHapus
  14. Jasa ekspedisi di zaman sekarag itu udah semacam sinterklas di akhir tahun. Bedanya, sekarang sinterklas bisa datang tiap hari sambil teriak, "pakeeettt" hahaha

    BalasHapus
  15. JNE ini emang udah langganan banget dan Alhamdulillah sampai sekarang ga ada paket yang nyasar.

    BalasHapus
  16. kalau menurut saya memang lebih aman belanja di marketplace dan di toko officialnya ya, mbak. soalnya lebih terjamin keaslian barangnya

    BalasHapus
  17. Setuju banget, Mbak. Belanja online paling aman memang di penjual resminya atau di marketplace karena sistem keamanannya. Mesti cari yang trusted seller ya. Rekeningnya pun terpercaya karena menggunakan rekening marketplacenya.

    BalasHapus
  18. Alhamdulilah selain jenis barang yang suka diganti pembeli, saya selalu puas jika berbelanja online,, mungkin karena menerapkan tips Mbak Dian di atas
    apalagi saya selalu memilih JNE untuk jasa pengiriman
    estimasi 3 hari bisa cuma sehari kalo JNE mah

    BalasHapus
  19. Waktu saya berjualan online daster dan batik Pekalongan saya dulu pakai jasa JNE Mba. Untunglah engga pernah ada masalah. Reseller saya di Jateng langsung bawa barangnya dari Pekalongan. Selama ini aman aka pakai JNE

    BalasHapus
  20. Hai mom Dian aku termasuk yang rajin belanja online selain hemat waktu, tenaga di online juga banyak promonya. Aku rata-rata belanja di official store, keasliannya pasti terjamin. Congratulation ya for JNE yang mendapat penghargaan 3 sekaligus dari Markplus

    BalasHapus
  21. mantap nih tipsnya mba, biar ga kena tipu2 ya dan bs dpt barang berkualitas

    BalasHapus
  22. saya kalo beli online, biasanya beli di marketplace dan cari toko resminya. Alasannya kalo beli di toko resmi, barangnya udah pasti asli no kawe-kawe, hehehe

    BalasHapus
  23. Poin: Mengecek Ulasan Pembeli Sebelumnya. Ini buat aku penting banget. Seringkali aku jadi beli atau ga jadi beli, adalah hasil dari review pembeli sebelumnya. Beberapa kali terjadi, produk yang aku liat iklannya muncul terus, bikin tertarik karena tampil bagus sekali, ternyata ada fakta banyak pembeli komplen karena cacat produk, robek, jahitannya lepas, bahannya tipis dll. Duh, penting banget emang bawa ulasan.

    Selamat buat para karyawan JNE yang mendapat penghargaan. Apresiasi yang luar biasa dari perusahaan. Semoga kinerja makin baik dan manfaatnya buat perusahaan makin maksimal.

    Markplus ini ngingetin aku pas diundang jadi narasumber talkshow bareng gubernur Lampung. Bapak yang baju coklat (berdiri di antara penerima penghargaan) dulu jadi hostnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ada typo: "Duh, penting banget emang BACA ulasan."

      Hapus
  24. Keren buat JNE.
    Buat yang belanja online memang perlu untuk selalu antisipasi. Apalagi tergiur karena barangnya murah terus gak lihat-lihat lagi atau diteliti lebih dulu ya.
    Siip mbak Dian

    BalasHapus
  25. Pembelian produk secara online membutuhkan sekian referensi agar nyaman san aman, termasuk pengiriman JNE masih pilihan

    BalasHapus
  26. Dengan cek dan ricek sebelum membeli ini bisa menghindari kemungkinan buruk yang terjadi ketika bertransaksi secara online.
    Dan JNE memang sudah menjadi salah satu ekspedisi terpercaya ketika berbelanja online. Bisa diandalkan karena selalu tepat waktu. Ini yang membuatnya konsisten menerima award dari berbagai pihak yaa..

    Selamat dan sukses untuk JNE.

    BalasHapus
  27. Wah ... JNE favorite aku nih ... jasa pengiriman paket yang tepat waktu dan tidak mahal harganya

    BalasHapus
  28. Setuju sih mom. Kalau aku selain kualitas, aku juga lihat ulasan, karna kita kan gak tau product aslinya gimana ya?
    Jadi ulasan itu membantu bangat buat ngira-ngira gimana barang aslinya

    BalasHapus
  29. Setuju sekali. Selain membeli di e-commerce yang resmi atau rekening bersama, juga lihat testimoni dari para pembeli sebelumnya. Dan itu sangat membantu sekali. Semoga kita terhindar dari penipu ya

    BalasHapus
  30. bner bgt nih mba, mengecek rekening penjual apakah masuk tipu2 atau nggak, jd bisa pengendali agar gak ketipu sama penjual bodong ya. Thanks Mba Dian tipsnya

    BalasHapus
  31. JNE emang juara. Aku dulu waktu jualan buku online juga pake ekspedisi ini mbak karena memang banyak konsumen yang sengaja minta pake JNE. Kata mereka lebih terpercaya

    BalasHapus
  32. Keren ya JNE Bandung. Selamat sudah memperoleh penghargaan. Bener banget aku kalau mau beli online cek ulasan pembeli dan gambar asli dari pembeli

    BalasHapus
  33. Poin nomor 4, cek rekening penjual. Nah, itu gimana caranya ya kak? Dimana kita bisa ngeceknya. Aku penasaran dengan yang jual motor murah kemaren. Dan pengen cek juga rekening yang dia berikan.

    BalasHapus
  34. Betul, mbak, aku kalau belanja berusaha di official dan pengiriman pakai JNE. Semoga JNE terus berkontribusi untuk bangsa.

    BalasHapus
  35. Aku kalau beli barang online malah sampe cek gambar dari pembeli lain yg lebih nyata. Dan emang sih rata2 dikirimnya pake JNE, sukses terus ya JNE

    BalasHapus