Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Gaesss, pencarian kata kunci seputar kesehatan mental di mesin pencari ternyata cukup tinggi, mencapai puluhan ribu dan terus bertambah setiap waktu. Salah satu pertanyaan paling banyak adalah cara menjaga kesehatan mental itu sendiri.

Hm, ini hal yang cukup memprihatinkan. Terlebih dengan berkembang pesatnya teknologi informasi ditambah situasi pasca badai pandemi, yang membuat permasalahan kesehatan mental kasusnya semakin tinggi. 

Sehingga perlu dukungan dan kerja sama semua untuk mendapatkan solusi terbaiknya. Meski, semua memang berpulang pada diri, karena ada cara-cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental kita ini.

7 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Cara Menjaga Kesehatan Mental


Well, hidup nyaman dengan gangguan mental yang minimal tentu menjadi hal yang setiap orang inginkan. Tapi, tidak dapat dimungkiri sulitnya mencegah gangguan mental membuat kasus masalah kesehatan satu ini pun meningkat.

Nah, agar tidak lebih parah terganggu mentalmu, sebaiknya dirimu menerapkan cara menjaga kesehatan mental berikut ini untuk mencegah dan mengatasinya sedini mungkin.

Di antaranya:


1. Berpikir dan Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri

Berbagai penelitian menunjukkan, cara berpikir seseorang pada dirinya berpengaruh pada kejiwaannya. Ketika memandang diri secara negatif, maka efeknya juga negatif, demikian juga sebaliknya. Maka agar lebih rileks dan jauh dari gangguan mental, kamu perlu berpikir dan mengatakan hal positif pada dirimu sendiri. 

Nah, berpikir positif merupakan proses melihat sesuatu sebagaimana apa adanya. Seseorang yang memiliki pola pikir bahwa perubahan adalah proses yang wajar dan alami dari segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, maka tidak akan timbul kekecewaan dalam dirinya terhadap kondisi apapun yang dia hadapi.


2. Belajar Lebih Fokus dalam Satu Waktu

Cara menjaga kesehatan mental berikutnya ialah melatih diri fokus pada satu hal dalam satu waktu. Artinya, hempaskan terlalu banyak pikiran dan hindari memiliki banyak target dalam waktu berdekatan.

Selain itu, saat beraktifitas usahakan fokus pada hal yang sedang kamu lakukan. Fokus merupakan hal yang penting buat kamu miliki dalam mengerjakan sesuatu. Karena itu merupakan gerbang bagi dirimu dalam proses berpikir, mulai dari menilai sudut pandang, merekam ingatan, memecahkan masalah, serta mengambil keputusan.


3. Olahraga Rutin

Berolahraga juga menjadi solusi bagi kamu yang sering mengalami gejala gangguan mental. Sebab, dengan berolahraga tubuh akan melepaskan endorfin yang fungsinya membantu mengatasi stres dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Rutin berolahraga terbukti menangkal stres, kecemasan hingga depresi. Jadi, tak heran kalau olahraga selalu disarankan sebagai cara menjaga kesehatan mental.

Oia, bagi kamu yang tidak terlalu suka olahraga berat alternatifnya bisa dengan melakukan olahraga ringan misalnya naik turun tangga, yoga atau jalan kaki. Lakukan ini sekitar 30 menit untuk hasil lebih maksimal. Seperti saya yang saat ini membiasakan diri jalan pagi sekitar 30 menit keliling komplek perumahan. Badan jadi terasa lebih segar, pikiran pun bugar.


4. Terbukalah pada Orang yang Bisa Kamu Percaya

Terkait pencegahan akan gangguan mental, ada baiknya kamu terbuka pada seseorang tentang apa yang sedang kamu rasakan.  Jika kamu ada masalah, cobalah untuk tjurhat pada orang yang bisa kamu percaya dibandingkan dengan memendamnya seorang diri yang membuatmu tertekan menahan semuanya. Bestie ini mungkin tidak bisa membantu, tapi setidaknya kamu ada tempat untuk meluapkan emosimu. Sadar atau tidak, akan ada sedikit kelegaan di dalam diri jika kamu melakukan hal ini.


5. Lakukan Kebaikan untuk Orang Lain

Percaya deh, membantu orang lain sebenarnya menguntungkan. Bagaimana tidak? Penelitian menunjukkan aktivitas tersebut menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mental.

Hasil studi dari Departemen Ekonomi di Universitas Zurich menemukan hubungan yang kuat antara bersikap murah hati dan merasa bahagia. Para peneliti menggunakan pencitraan resonansi magnetik fungsional untuk memeriksa mekanisme otak yang menghubungkan perilaku ini dengan kebahagiaan.

Jadi, lakukanlah kebaikan dengan membantu orang lain, memberi donasi atau menyumbang untuk amal. Kamu akan menemukan makna dalam melakukan kebaikan pada orang lain sehingga dapat memperluas hidupmu, yang tentu efeknya akan membuat kondisi mental jadi lebih baik.


6. Istirahat Cukup

Padatnya pekerjaan dan tugas yang menumpuk bisa bikin stres, kan Gaess? Tapi, cara mencegah gangguan mental di sini bukan berarti mengabaikan pekerjaan, melainkan lebih kepada mengistirahatkan pikiran. 

Tak lupa, perhatikan juga kualitas tidur. Banyak penelitian menyoroti hubungan yang kuat antara masalah tidur, kecemasan dan depresi.

Nah, untuk membantumu mendapatkan tidur malam yang nyenyak, cobalah mematikan gawai di malam hari, mengurangi kafein, membangun rutinitas rutin, dan latihan pernapasan. Satu contoh, kamu bisa mengolah napas dengan teknik 478, tarik napas dengan hitungan 4, tahan dengan hitungan 7 dan buang dengan hitungan 8, agar kamu bisa berpikir jernih kembali.


7. Nonton Sesuatu yang Menyenangkan

Menurut penelitian, nonton film atau acara yang membuat gembira dapat membantu mengurangi kecemasan. 

Ketika kita melakukan kegiatan yang memberi kita kesenangan dan meningkatkan kenikmatan, ada banyak manfaat psikologis dan fisiologis termasuk pengurangan stres. Menonton program yang menyenangkan seperti komedi adalah contoh yang bagus untuk hal ini.

Well, secara teoretis, pikiran dan tubuh adalah satu kesatuan. Oleh karena itu, manusia dapat menggunakan pikirannya untuk melakukan proses penyembuhan secara mandiri (self healing) dalam melawan stres.

Nah, salah satu aksi dalam memanifestasikan langkah ini adalah dengan menonton serial favoritmu, misalnya Drama Korea yang dapat digunakan sebagai salah satu metode healing. Metode penyembuhan ini disebut dengan istilah cinematherapy yang dapat memicu pertumbuhan pribadi seseorang secara mental dan spiritual. 


Selain itu, cinematherapy juga berperan untuk membantu seseorang dalam mempelajari dirinya sendiri secara mendalam berdasarkan bagaimana ia merespons karakter atau adegan dalam film yang ditonton.

Jadi, biar kesehatan mental tetap terjaga, lanjuuuut aja nonton Drama Korea-nya, yagesya..


Tapiii, sebaiknya jangan lupa juga untuk tetap istirahat, makan, dan tidur yang cukup. Jangan sampai hal yang membuat kamu senang ini justru memicu masalah kesehatan dan berdampak buruk pada kehidupanmu sehari-hari.


Oia, jika dirimu butuh referensi Drama Korea langsung ke blog teman blogger saya: Mba Maria G Soemitro aja ya. Beneran lengkaaap dan sangat menarik ulasannya!💖


Cara Menjaga Kesehatan Mental


Penutup


Nah Gaes, sekarang jika cemas atau stres, coba deh praktekkan rekomendasi cara menjaga kesehatan mental di artikel ini.

Oia, jika perlu, jangan ragu untuk konsultasi dengan yang ahli yaaa. 

Karena dengan penanganan yang tepat, gangguan kesehatan mental kamu akan bisa dikendalikan bahkan disembuhkan, sehingga dirimu bisa menjalani hidup yang lebih berkualitas. 

Seperti saya yang pernah stres parah saat anak pertama meninggal dunia, sehingga saat itu untuk beberapa waktu menjadi pasien seorang psikolog.

Yess, selalu sehat dan tetap semangat, ya Gaes!💗



Salam Bahagia

Dian Restu Agustina




















Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

19 komentar untuk " 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental"

  1. hidup nyaman dengan gangguan mental yang minimal , suka banget dengan kalimat ini. Pada kenyataannya beberapa orang berada di kondisi atau lingkungan yang ga nyaman. tips olahraga dan tidur cukup jadi PR buat saya khususnya, klo malam kadang malah overthinking hiks

    BalasHapus
  2. positif thinking ini perlu banget ya, supaya tetep terjaga mental kita. Kalau pikiran selalu dipenuhi negatif mulu, juga ngaruh ke kesehatan
    dan yang paling tau cara yang bikin kita hepi harusnya memang diri sendiri

    BalasHapus
  3. Ah iya
    Kesehatan mental itu juga perlu dijaga ya mbak
    Banyak cara menjaga kesehatan mental ini
    Kalau aku biasanya dengan rutin berolah raga, makan makanan favorit, sama nonton drama Korea

    BalasHapus
  4. Rutin berolahraga, aktivitas sederhana tetapi saya percaya it works, dan sangat penting untuk menjaga kesehatan mental kita. Self note juga buat saya nih untuk meluangkan waktu buat olahraga rutin, minimal jalan kaki di pagi hari.

    BalasHapus
  5. Karena saya bukan yang tipenya suka berolahraga, saya akan melakukan hobby yang menyenangkan, mengobrol dengan orangtua tentang apa yang terjadi seharian ini, setiap bangun tidur dan sebelum tidur selalu memberi semangat dan pujian pada diri sendiri adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan mental saya

    BalasHapus
  6. Sekarang banyak yg konsern soal kesehatan mental, bagus sih tapi jadi sedih juga kalo ada kabar kurang enak soal kesehatan mental. Mau bantu bingung, khawatir salah ngomong krn kita ga ada di posisi dia. Emang bener 7 tips di atas bantu banget, semua mulai dr diri sendiri

    BalasHapus
  7. Wah terima kasih untuk tipsnya Mbak. Iya rutin olahraga dan berbagi kebaikan kepada orang lain membuat hidup kita lebih bahagia dan berarti.

    Saya setuju juga dengan poin berbagi cerita dengan orang lain yang tepat dan bisa dipercaya. Terkadang setelah bercerita hati jadi plong. Sudut pandang melihat permasalahan juga suka berubah.

    BalasHapus
  8. Ngeras banhet kalau down itu cerita sama teman trus me time dengan ngelakuin hal2 yg kusuka bahkan tidur seharian sekalipun

    BalasHapus
  9. Pekerjaan besar saya sama diri sendiri nih mba. Masya Allah sekali betapa kita harus menjaga kesehatan ini. Jika mental sehat maka semua lini juga akan sehat secara tidak langsung

    BalasHapus
  10. Menjaga kesehatan mental ini bener-bener pesan yang dalam yaa..
    Karena pada kenyataannya, gak semua aware ketika mentalnya sedang tidak baik-baik saja. Yang paling bener adalah melakukan hal yang menggembirakan diri sendiri sehingga gak toxic di lingkungannya.

    BalasHapus
  11. Jadi ingat dulu aku pernah tes kesehatan fisik dan mental. Harga untuk tes kesehatan ment jauh lebih mahal daripada yang fisik. Pengingat sih kalau kesehatan mental itu juga jauh lebih mahal dan harus dijaga

    BalasHapus
  12. Salam sehat jg ya mba. Iya akhir-akhit ini semua org may terbuka mau speak up terkait kesehata mentalnya makanya banyak keluar di mesin pencarian

    BalasHapus
  13. Saya termasuk orang yang ingin bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu alias multitasking. Tapi ternyata hal ini justru membuat diri ini stress sendiri ya Mbak hehehe. Terutama ketika hasilnya tak sesuai yang diharapkan atau berjalan mulus. Sekarang saya pun masih belajar untuk membuat prioritas dengan baik. Bersabar agar melakukan satu hal dalam satu waktu saja.

    BalasHapus
  14. Positive thinking memang penting banget ya agar kita selalu menjaga mindset yang optimis. Insya Allah segala masalah kita yang hadapi ada solusinya.

    BalasHapus
  15. kalau saya biar mental tetap waras biasanya berusaha untuk nggak iri dan kepo sama kehidupan orang. yah walau kadang dunia instagram ini selalu bikin kita merasa kurang tapi tetap berusaha untuk bersyukur dengan keadaan yang sekarang. selain itu nulis juga bisa jadi pilihan kalau hati sedang gundah tentunya dengan tetap memfilter tulisan itu. hehe

    BalasHapus
  16. Setiap hari anakku yang ABG kadang tanya ini itu terkait kesehatan mental. Dia melihat sekelilingnya dan psikologi dirinya juga. Terimakasih sharingnya ya Mbak.

    BalasHapus
  17. istirahat yang cukup dan punya circle pertemanan positif memang jadi salah satu altyernatif di isue mental healt ini ya mbak.. kurang tidur bisa kayak singa lalu sedih berlama-lama

    BalasHapus
  18. peluuuk mbak Dian!
    Kehilangan anak pertama, rasanya hidup ngambaaang gitu di air entah berapa lama. bajuku semuaaa hitam, padahal tak harus begitu, kata orang, but what the hell, aku yang jalanin hidupku, bukan kamu!

    Jaga kesehatan mental - jauuuh di atas segalanya, karena men sana in corpore sano

    BalasHapus
  19. Jaman sekarang orang berkomentar sesuka hati mereka. Penting banget me time, beri wakru untuk diri sendiri, lepas dari gadget, biar nggak baca komentar negatif

    BalasHapus