Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

100 Tahun Eka Tjipta Inspirasi Pantang Menyerah Bagi UMKM dan Semua

Hari Jumat (7/10/2022) yang lalu, di lobi Sinar Mas Land Plaza, dihelat acara Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja. Kegiatan ini untuk memperingati perjalanan Eka Tjipta Widjaja, sosok pebisnis yang membangun Sinar Mas dari nol, hingga saat ini menjadi sebuah konglomerasi.

Ya, sayap bisnis Sinar Mas itu tidak hanya berkibar di ranah nasional tetapi juga global. Karenanya, dalam momentum peringatan 100 tahun kelahiran Eka Tjipta Widjaja, kisah-kisah inspiratif ini coba ditularkan ke khalayak sehingga diharapkan bisa menginspirasi banyak pihak.
100 Tahun Eka Tjipta Inspirasi Pantang Menyerah Bagi UMKM dan Semua


Perjalanan Hidup Inspiratif Eka Tjipta Widjaya


Terlahir dari keluarga miskin, menyadarkan Eka Tjipta Widjaya bahwa dirinya harus bekerja keras untuk membantu perekonomian keluarga. Berteman sepeda onthelnya, Pak Eka pun memulai usaha dengan berdagang kecil-kecilan di antaranya menjual permen dan biskuit. Siapa sangka dari kayuhan sepedanya di kemudian hari membuat Sinar Mas jadi membesar dan semakin berkibar. 

Berawal dari Makassar, lalu hijrah ke Surabaya, akhirnya Pak Eka membuka ruko kecil di Jalan Pasar Pagi, Jakarta Barat. Dari sebuah ruko kecil berlantai dua inilah seorang Eka Tjipta Widjaya sukses membangun kerajaan bisnis Sinar Mas yang mendunia. 

Itulah sebabnya, Sinar Mas yang berawal dari sebuah usaha kecil dan menengah tak melupakan upaya membantu UMKM untuk berkembang. Sehingga kini di saat tongkat estafet diemban oleh generasi kedua, Sinar Mas tetap berfokus pada pemberdayaan UMKM di Indonesia. Di mana lewat pendampingan bagi UMKM, Sinar Mas berharap bisa menciptakan pebisnis yang pantang menyerah seperti layaknya Eka Tjipta Widjaja.

Ya, Pak Eka telah menciptakan nilai dan fondasi yang sangat baik, sehingga membawa Sinar Mas berjaya. Hal ini bisa ditularkan kepada pelaku UMKM untuk tumbuh dan berkembang maju, tentunya dengan semangat, kerja keras dan pantang menyerah sehingga kesuksesan dapat diraih mereka. 

“Indonesia memiliki nilai luhur yang sangat bagus, gotong royong dan kekompakan. Nilai yang sama digunakan sebagai dasar membangun dan membawa Sinar Mas hingga sampai ke titik ini, berpadu dengan filosofi integritas, sikap positif, berkomitmen, perbaikan berkelanjutan, inovatif dan loyalitas, yang Pak Eka tanamkan,” jelas Sinar Mas Board Member, Pak Franky Oesman Widjaja pada acara.
100 Tahun Eka Tjipta Widjaya Sinar Mas

Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaya


Nah, berbagai kegiatan termasuk bakti sosial mengiringi 100 tahun Eka Tjipta Widjaja seiring semangat gotong royong dan berbagi yang memang melekat pada sosok Pak Eka. Mulai dari menanam 100 pohon lebih, operasi 280 pasien katarak - hernia - bibir sumbing dan juga donor darah di hampir 100 titik.

Sementara, puncak peringatan 100 Tahun Pak Eka jadi acara yang ditunggu-tunggu semuanya, karena dihadiri oleh Sinar Mas Board Member, Pak Franky Oesman Widjaja dan jajarannya. Enggak itu saja, ada yang mencuri perhatian di booth pameran karena menampilkan diorama perjalanan Pak Eka mengembangkan Sinar Mas dari awal hingga kini. 

FYI, booth itu terbuat dari kardus buatan PT. Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk. dari APP Sinar Mas loh! Inspiratifnya lagi diorama booth merupakan kolaborasi Sinar Mas bersama @dusdukduk. 

Enggak itu saja, pada acara juga ada yang spesial, yaitu dinyanyikannya Mars Pantang Menyerah ciptaan Jaya Suprana yang khusus dibuat untuk mengingat semangat pantang menyerah Pak Eka Tjipta.

Hadir juga pada kesempatan ini Pak Suherman, pengrajin limbah kayu CHIP yang merupakan UMKM binaan IKPP Serang, APP Sinar Mas yang menyerahkan souvenir sepeda kayu Pak Eka kepada Sinar
Mas Board Member.

Peringatan puncak 100 Tahun Pak Eka ditandai pula dengan pemutaran 'wheel of quotes Eka Tjipta' yang dilakukan oleh Sinar Mas Board Member. Di sini pengunjung booth, bisa mengikuti permainan wheel of quotes untuk memenangkan souvenir menarik. 

Selain itu, ada pameran produk UMKM binaan Sinar Mas di Tjipta UMKM Fair 3.0 di smoking area Sinar Mas Land Plaza yang produknya lengkap. Tjipta UMKM Fair ini menghadirkan puluhan pengusaha binaan pilar bisnis Sinar Mas beserta karya mereka.  

Sinar Mas Board Member di kesempatan ini juga berkunjung ke Tjipta UMKM Fair 3.0 dan mendatangi booth mitra UMKM yang sukses setelah didampingi Sinar Mas ini. 

Sinar Mas Eka Tjipta Widjaya

Sinar Mas Dukung UMKM Naik Kelas


Well, berputarnya roda bisnis secara berkelanjutan, hanya tercapai bila masyarakat sekitar terangkat pula kesejahteraannya, begitulah Sinar Mas menerjemahkan filosofi pendirinya. 

Maka, ketika pemerintah meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas pada Senin 3 Oktober 2022 lalu, Sinar Mas pun mendukung sepenuhnya langkah itu. 

Lewat gerakan ini, Sinar Mas melakukan pendampingan melekat terhadap bisnis UMKM dan menjadi offtaker sekaligus membuka akses pasar baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Apalagi Presiden Jokowi sendiri telah mendorong perusahaan-perusahaan besar untuk berpartisipasi dalam gerakan nasional ini dengan menyediakan insentif super deduction melalui Kementerian Keuangan. Di mana diharapkan kegiatan ini akan diaplikasikan dengan tulus dan baik sehingga akan membantu menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia.

Nah, perusahaan akan memanfaatkan dana tersebut guna membangun sentra pelatihan berbasis modul yang sesuai dengan kearifan lokal setiap daerah di mana tenaga penyuluh yang belajar di sana, nantinya dapat merancang metode pelatihan yang sesuai dengan daerah asalnya, menerapkan dan menggandeng perusahaan di wilayah kerja mereka.

Sehingga diharapkan dalam tiga tahun ke depan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang pesat, gerakan kemitraan ini akan mampu membangun pondasi yang kuat dalam menaikkelaskan UMKM guna mengentaskan kemiskinan.

100 Tahun Eka Tjipta Inspirasi Pantang Menyerah Bagi UMKM dan Semua


Sinar Mas Bantu Mengentaskan Kemiskinan


Kemudian, sebagai penutup rangkaian webinar dalam memperingati 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja, Sinar Mas juga menyelenggarakan Forum Dialog yang diselenggarakan secara daring dengan tema: Economic Outlook 2023 - Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Inflasi Global

Tema yang relate dengan situasi saat ini yang mana pakar ekonomi memprediksi kondisi keuangan dunia akan mengalami masa sulit di tahun 2023. 

Meski, menurut Presiden Jokowi, walaupun banyak negara mengalami kesulitan menghadapi inflasi, harga pangan dan jasa yang melambung tinggi, Indonesia masih lebih baik, dengan angka inflasi yang cukup terkendali di angka 4.6%. Lebih baik dibandingkan negara lain.

Nah, Forum Dialog yang diadakan pada Senin, 17 Oktober 2022 / 10.00 WIB - 12.00 WIB, Via Zoom Webinar & Live Streaming Youtube (pada link: https://www.youtube.com/watch?v=rTBmTybK94U ) ini menampilkan pembicara:

  1. Opening Statement: Sinar Mas Board Member, Franky O. Widjaja
  2. Keynote Speech: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto
  3. Diskusi interaktif, dengan narasumber: 
  • Menteri Investasi Indonesia, Bahlil Lahadalia
  • Wakil Menteri Keuangan Indonesia, Suahasil Nazara 
  • Ketua Umum KADIN, Arsjad Rasjid
  • Wakil Ketua Otoritas Jasa Keuangan, Mirza Adityaswara
  • Moderator: Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia, Maria Yuliana Benyamin
  • MC: Stephanie Susanto

Well, rangkaian acara Peringatan 100 Tahun Eka Tipta Widjaya telah menginspirasi tak hanya UMKM tapi juga saya dan semua. Semoga semangat pantang menyerah, nilai integritas dan kerja keras Pak Eka dalam membangun Sinar Mas dari nol hingga jadi mahakarya akan menginspirasi kita.💖


Salam Semangat

Dian Restu Agustina


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

22 komentar untuk "100 Tahun Eka Tjipta Inspirasi Pantang Menyerah Bagi UMKM dan Semua"

  1. Salut banget sama Pak Eka Tjipta yang berjuang dari bawah mencapai kesuksesan Sinar Mas. Ternyata beliau sangat concern terhadap UMKM dan selalu membantu mereka. Pelatihan berbasis modeul terutama teknologi digital memang harus diberikan kepada UMKM supaya pertumbuhannya lekas naik dan mampu bersaing di pasar Indonesia hingga mancanegara.

    BalasHapus
  2. Kagum dengan kepedulian Sinar Mas kepada para UMKM dengan mendukung program pemerintah yang meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif. Semoga makin banyak perusahaan besar seperti Sinar Mas yang peduli dengan para UMKM yang merupakan ujung tombak perekonomian Indonesia yaah

    BalasHapus
  3. keren banget yaa beliau buat membangun Sinar Mas dari bawah dan salut bisa mendukung gerakan dari UMKM. Berharapnya pangsa pasar UMKM semakin berkembang dan enggak jalan di tempat saja.

    BalasHapus
  4. Sinar Mas ini memang keren sih, perusahaan asli Indonesia yang banyak membuka lapangan pekerjaan untuk rakyat Indonesia

    BalasHapus
  5. Kisah hidup Pak Eka Tjipta Widjaya yang tetap ingat dulu pernah juga di bawah, kecil, dan penuh perjuangan sehingga membuatnya sangat peduli pada UMKM, menjadi inspirasi besar bagi kita semua agar tak putus asa apalagi menyerah mencapai cita hingga ke puncak tertinggi. Selamat 100 tahun Pak Eka Tjipta. Turut bangga pada karyamu, sehingga bisa mencicipi manisnya tinggal di BSD yang kini dikelola oleh Sinar Mas.

    BalasHapus
  6. Aku pengagum beliau juga nih mbak Dian,
    aku kagum dengan pak Eka yang sederhana, apik dan resik. Dan untuk sepak terjangnya, aku kagum dengan kepedulian Sinar Mas kepada para UMKM dengan mendukung program pemerintah yang meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif.

    BalasHapus
  7. Wah, yang begini yang disukai ya. Setelah dia sukses, dia bisa "menularkan" suksesnya ke banyak orang. Inspiratif dan keren!

    Semoga makin banyak UMKM yang terbantu dengan kegiatan kemitraan ini yaa

    BalasHapus
  8. Semakin besar semakin bermanfaat ya mba, beliau sosok yg inspiratif.. moga UMKM Indonesia semakin maju, perekonomian sehat. Siap menghadapi next year yg katanya sulit. Moga nggak ada krisis amiin

    BalasHapus
  9. Opa eka cipta emang ddaebak. Tidak kenal lelah dan pantang menyerah membangun bisnis kunci utama keberlangsungan usaha. Semoga bisa mencontoh kesuksesan oppa

    BalasHapus
  10. umkm siap naik kelaaaaasss 👌👍
    Bayangkan kalo banyak perusahaan d Indonesia yg mengusung value dan peduli seperti ini. Makin mantaabbb ya mba.😍

    BalasHapus
  11. Pak Eka Tjipta, aku mengagumi beliau.Seorang pengusaha yang low profile, menjadi sukses karena kegigihan dalam perjuangannya. Keren...

    BalasHapus
  12. Mungkin krn beliau pernah merasakan hidup yg serba susab ya jadi tergerak hatinya umtuk membantu UMKm dan menyejahterakan keluaega lainnya. Keren banget

    BalasHapus
  13. Masya Allah Pak Eka Tjipta Widjaya memulai Sinar Mas dengan sepeda onthel-nya, ya. Dan nggak bisa melupakan orang lain yang juga sedang merintis usaha seperti para UMKM yang dibantu untuk berkembang dan sekaligus membantu mengentaskan kemiskinan.

    BalasHapus
  14. Salut dengan perjuangan bapak Eka Tjipta ini ya mbak
    Bagaimana upayanya membesarkan Sinar Mas
    Sangat inspiratif
    Karena peduli dengan perkembangan UMKM

    BalasHapus
  15. Ada banyak hal yang sudah dilakukan dan akan terus dilakukan dalam rangka 100 Tahun Eka Tjipta Widjaya. Semoga semakin menebarkan kebaikan dan manfaat untuk sekitarnya.

    BalasHapus
  16. Keren banget nih salah satu program Sinar Mas ternyata juga mendukung kemajuan UMKM lokal ya mbak?

    Meskipun Pak Eka sendiri udah tiada tapi karya dan ajaran2nya tetap abadi dan relevan utk diterapkan hingga saat ini, khususnya bagi penerus2nya ya.

    BalasHapus
  17. Sinar Mas kereeen smg makin jaya di berbagai bisnis apalagi peduli dengan masyarakat smg menjadi berkah. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  18. Saya ikut webinarnya. Tapi yg dibahas masalah perekonomian banyak yg gak mudeng. Cuma bisa nyimak apa yg disampaikan para narasumber dan moderator aja. Eh baca disini serasa ada catatan tambahan, hehehe ...

    BalasHapus
  19. Saya sangat terinspirasi ketika melihat perjalanan hidup menuju sukses Eka Tjipta ini. Luar biasa dan memang membuat orang-orang yang patah semangat menjadi lebih positif memandang usaha dan hal yang telah mereka lakukan.

    BalasHapus
  20. Kalau denger APP Sinar Mas ini berbinar-binar banget, secara mantan klien yang project-nya selalu fantastis. Hahaha. Ternyata semua ini nggak lepas dari kerja kerasnya Pak Eka Tjipta Widjaja yaa, nggak heran bisa se-sukses ini. Semoga bisa bantu sesama terus dan makin berkah semua bisnisnya.

    BalasHapus
  21. ku suka membaca perjalanan bisnis Pak Eka Tjipta ini. Kaya dan sukses bukan hadir dalam sekejap mata. Bisnisnya hingga mendunia sekarang ya dimulai dari usaha kecil, jualan naik sepeda keliling, namun terus berkembang.

    BalasHapus
  22. Salah satu tokoh yang sangat inspiratif.. Bukan cuma sukses di bisnis aja.. Tapi hal yang bersifat sosial sangat menginspirasi..

    BalasHapus