Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Menentukan Destinasi Wisata Liburan

Gaesss, ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu tuju untuk liburan, apakah mau bepergian sendiri, dengan kawan dekat, maupun keluarga. Baik itu perjalanan rute domestik ataupun tujuan ke negara lain di benua yang berbeda. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli tiket pesawat, tentunya dirimu perlu menentukan terlebih dahulu destinasi yang hendak kamu kunjungi.

Lalu, bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan destinasi yang pas untuk liburanmu nanti?

7 Tips Menentukan Destinasi Wisata Liburan

Tips Menentukan Destinasi Wisata 


Sebenarnya, tidak sulit, yagesya. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa menemukan tujuan yang pas untuk berlibur. 

Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Awali dengan menentukan anggaran

Poin paling pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan berapa banyak dana yang hendak kamu habiskan untuk liburan. Apabila bujetmu terbatas, sebaiknya pilih destinasi yang memang sesuai dengan kondisi finansial dan tidak memaksakan untuk liburan mewah nan elegan.

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah hindari untuk tetap melakukan liburan dengan memakai dana cadangan atau mengambil anggaran dari kebutuhan bulanan lainnya. Sebab, hal tersebut pastinya tidak pernah menjadi opsi yang bijak untuk dilakukan. Justru, dirimu harus menggunakan uang lain untuk menutup anggaran yang sudah kamu pakai untuk liburan, dan begitu seterusnya. Duh!


2. Pilih jenis liburan yang sesuai keinginan

Jenis liburan yang kamu pilih ternyata memiliki pengaruh besar terhadap besar kecilnya anggaran atau bujet yang perlu kamu siapkan selanjutnya. Misalnya, apakah dirimu berencana liburan di kota dengan keramaian, mengunjungi pantai, mendaki gunung, mendatangi tempat bersejarah di suatu destinasi. Atau, kamu berencana untuk berlibur ke negara lain. 


3. Pertimbangkan teman berlibur

Apabila kamu berencana untuk liburan sendirian, sebenarnya tips ini tidak menjadi masalah besar. Akan tetapi, jika dirimu memutuskan liburan secara kelompok, misalnya bersama keluarga, rekan kerja, atau teman dekat, jangan sampai lupa untuk mempertimbangkan pula kebutuhan dan kepentingan mereka.

Hal ini mungkin tidak mudah, terlebih apabila teman dan keluargamu memiliki keinginan yang berbeda satu dengan lainnya. Salah satu cara paling memungkinkan yang bisa kamu pilih untuk mengatasi kendala ini yaitu melakukan pengambilan suara terbanyak. 

Jadi, destinasi liburan yang dikunjungi murni adalah keputusan bersama bukan satu dua orang saja. Sebaiknya juga direncanakan dengan matang yagesya, maklum beda kepala beda maunya. Lebih baik diskusi jauh-jauh hari daripada sampai ke destinasi eyel-eyelan akhirnya diam-diaman sepanjang perjalanan...(pengalaman nih kwkw)


4. Sesuaikan dengan waktu liburan

Waktu liburan yang kamu punya bukan tidak mungkin akan berbeda. Misalnya, liburan singkat di akhir pekan, atau mengambil jatah cuti untuk liburan yang lebih panjang durasinya. Perlu kamu ketahui bawa memilih destinasi yang cukup jauh dengan durasi liburan yang singkat justru bisa membuat dirimu lelah dan liburan jadi tidak maksimal.

Mudahnya, semakin sedikit durasi atau waktu berlibur yang kamu punya, semakin dekat destinasi liburan yang sebaiknya kamu tuju. Sementara itu, ketika dirimu punya waktu lebih lama untuk liburan, tak ada salahnya memilih destinasi yang jaraknya lebih jauh. Jadi, bakalan puas liburannya nanti...


5. Sesuaikan liburan dengan kepentingan atau momen tertentu

Beberapa destinasi umumnya punya acara atau momen yang hanya dapat dilihat pada tanggal dan bulan tertentu. Sebut saja festival yang digelar di Rio de Janeiro atau berbagai karnaval jika kamu berencana berlibur ke negara lain. Atau perayaan tertentu yang berkaitan dengan budaya, tradisi, dan adat di suatu destinasi.

Jika demikian, kamu perlu mempertimbangkan bahwa semua acara tersebut umumnya akan menarik perhatian banyak wisatawan lainnya. Baik dari domestik maupun mancanegara. Secara tidak langsung, ini akan berimbas pada biaya perjalanan, terutama tiket transportasi dan akomodasi yang pastinya akan lebih tinggi harganya.


6. Perhatikan waktu paling pas untuk berlibur

Jangan sampai lupa, memperhatikan waktu berlibur, momen atau peringatan tertentu, dan cuaca di destinasi tujuan juga penting untuk dilakukan sebelum memutuskan destinasi yang hendak dituju. 

Misalnya, kamu hendak melakukan perjalanan keliling Eropa. Jika kamu hendak melihat dan menikmati salju di negara Eropa, sebaiknya dirimu tidak datang saat musim panas tiba. 

Atau, apabila kamu hendak liburan hemat bujet, sebaiknya tidak berkunjung ke suatu destinasi saat sedang tinggi musim liburan atau high season. Sebaliknya, datanglah saat low season karena tiket dan hotel cenderung lebih murah.


7. Siapkan bujet

Terakhir, pastikan kamu menyiapkan bujet. Rencana tentu tidak akan berjalan tanpa adanya dana. Lebih baik lagi jika kamu menyiapkan anggaran jauh hari sebelum tanggal berangkat, minimal 6 bulan atau 1 tahun. Apabila sebelumnya kamu sudah membuat rencana finansial untuk liburan, bujet ini bisa kamu sesuaikan dengan durasi berliburmu.

Apabila biayanya masih terbilang cukup besar atau kamu ingin secepatnya pergi berlibur, solusi terbaik yaitu mengurangi atau menghilangkan beberapa pengeluaran yang tidak penting sehingga tidak perlu menyiapkan anggaran dalam jumlah besar. 

Misalnya mengurangi bujet untuk pergi makan atau berkunjung ke destinasi tertentu, atau mengurangi anggaran untuk penginapan dengan memesan akomodasi yang lebih terjangkau.

Penutup


Demikian tadi beberapa tips untuk menentukan destinasi liburanmu berikutnya. Pastikan untuk melakukan pertimbangan terhadap semua aspek, mulai dari durasi liburan, tujuan liburan, hingga bujet yang kamu siapkan untuk liburan. 

Tidak boleh lupa, selain menyiapkan bujet jauh-jauh hari sebelum berangkat, ada hal lain lagi yang harus kamu siapkan, yaitu tiket transportasi dan akomodasi. Setelah menentukan destinasi, kamu bisa segera memesan tiket transportasi dan tempat menginap. 

Nah, pesan lebih mudah di agen penyedia perjalanan saja, seperti Traveloka. Manfaatkan semua promo dan penawaran menarik untuk pemesanan tiket pesawat, hotel dengan fasilitas lengkap, berbagai atraksi wisata yang ada di destinasi, hingga sewa kendaraan pribadi untuk memudahkan mobilitas selama berada di tujuan nanti. 💗

Selamat berlibur

Dian Restu Agustina








Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

15 komentar untuk "7 Tips Menentukan Destinasi Wisata Liburan"

  1. Aku tuh paling galau kalo liburan nunggu anak2 libur. Soalnya waktunya ga bisa pas winter. Kec tujuannya NZ atau Aussie. Juni-juli kan mereka winter, tapi ga sedingin winternya Asia timur Amerika atau Eropa 😅. Sementara aku sukanya winter Krn juga lebih murah tiket. Jadinya kalo udh gitu terpaksa berdua aja Ama pak suami mba 😁.. anak2 tunggu ntr ajalah 😅.

    Tapi traveloka pastinya selalu jadi andalanku juga. Berkali2 dpt tiket promo murah juga hotel murah, ya Krn beli dari trvlk. Belum lagi poinnya bisa dipake juga. Aku sempet ngerasain hotel gratis di Jepang Krn pakai poin dr trvlk saking udh banyak.

    Trus lengkap sih Yaa trvlk ini. Bukan cuma tiket dan hotel, tp tiket masuk wisata seluruh dunia juga ada. Aku pernah beli JRpass utk ke Jepang, tiket fuji-q, tiket nagashima spaland, tiket Lotte world dgn Hrg bersaing dan LBH murah dr OTA lain. Trus kemarin ngecek2 tiket masuk ke museum 9/11 di new York untuk Desember besok, ternyata mereka juga juaaal ❤️❤️😄. Ih seneeeng deh 😁. Ga ribet hrs beli dari website resminya, Krn di websitekan pake USD. Sementara di trvlk udh dlm Rp.

    BalasHapus
  2. Liburan bagiku inginnya ke tempat yang suepiiiiii, Mbak. Aku orangnya kalau ketemu kerumunan orang gitu endingnya sampai rumah kerokan, wuakakakak, sakit deh. Dari kecil kalau diajak ke mall eh pusing, kecuali kalau memang ke mall ada tempat yang dituju ya bukan hanya sekedar window shopping aja. Beli barangnya terus pulang, amaaaaan

    BalasHapus
  3. Covid sirna, liburan tiba. Sekarang rasanya bersyukur banget sudah bisa bebas kemanapun. Apalagi dengan Traveloka, tinggal siapkan budget dan langsung terbang.

    BalasHapus
  4. Menyiapkan liburan lebih mudah dengan Traveloka ya mbak
    Tiket pesawat dan kamar hotel bisa langsung didapat
    Duh jadi pengen liburan deh

    BalasHapus
  5. Kalo aku yang step pertama adalah melihat jadwal suami hahahaaaa. Soalnya bahkan di tahun ke-8 pernikahan, suamiku belum rezeki kayak orang-orang yang bisa ambil cuti. Insya Allah moga terealisasikan ke Lyon sebulan Juli depan sekeluarga aamin

    BalasHapus
  6. Ya setuju dengan tipsnya. Yang paling penting adalah sesuaikan dengan budget yang ada. Jangan dadakan agar liburannya menyenangkan.

    BalasHapus
  7. If you fail to plan, means you plan to fail.

    Kredo ini berlaku juga ketika kita mau memutuskan plesir ya mba.
    Walopun "cuma" ke Jatim/Jateng/Jogja, aku juga wajib bgt terapkan prinsip kyk yg mba Dian tulis

    BalasHapus
  8. Waktu liburan dan budget biasanya yang aku Highlight. Soalnya percuma liburan kalau lagi high season, malah capek sama agak riskan kalau banyak orang.

    BalasHapus
  9. Siapin budget buat liburan nih yg paling susah sampai saat ini, tp moga kedepannya bisa liburan lah ya

    BalasHapus
  10. yang paling kepikiran kalau mau liburan itu memang duitnya, mbak. apalagi harga tiket pesawat sekarang mahal banget. huhuhu. asli deh pengen liburan tapi nggak bisa jadinya karena dananya nggak ada

    BalasHapus
  11. salah satu hal yang enak pakai traveloka, selain tiket juga bisa cup hotel jauh hari juga

    BalasHapus
  12. Budget nih kudu dialokasikan dengan cermat. Misal butuh duitnya lumayan bahyak, harus rela memangkas pengeluaran di bidang lain agar makin cepat terkumpul dananya.

    BalasHapus
  13. Mempertimbangkan teman berlibur ini Penting sekali ya mbak. Kalau barengan sama teman dekat, kesukaannya sama Aman deh travelingnya

    BalasHapus
  14. Traveloka selalu juara kasih penawaran terbaik untuk usernya.
    Seneng juga kalau pas merencanakan liburan, bisa plot tanggal keberangkatan hingga akomodasi selama di tempt wisata tersebut.

    Semakin lengkap fitur di traveloka dan semakin bisa menentukan budget yang akan dikeluarkan untuk liburan.

    BalasHapus
  15. Terima kasih tipsnya mbak. Liburan sekolah sebentar lagi. Kudu rajin jualan buat nambahin budget kalau gini mah

    BalasHapus