Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nia Ramadhani Bangkit dari Jeratan Narkoba dan Berprestasi Setelahnya

Nia Ramadhani adalah salah satu artis Tanah Air yang akun Instagramnya saya ikuti. Meskipun saya bukan fans beratnya tapi menyimak cerita keseharian istri dari Ardi Bakrie ini menarik sekali. Ada banyak hal positif yang dibagikan Nia Ramadhani apalagi sesudah ia tersandung masalah yang sempat bikin terhenyak banyak pihak.

Ya, pasca ditangkap karena kasus penyalahgunaan narkoba pada 7 Juli 2021 dan selesai menjalankan rehabilitasi tanggal 29 Maret 2022, Nia Ramadhani gemar berolahraga. Kegiatan ini rutin dilakukan Nia setiap pekan bersama sang suami kerabat dan teman-teman dekatnya. 

Nia bermain golf dan tennis juga berlatih lari hampir setiap hari di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Bahkan beberapa kali ibu tiga anak ini, Mikhayla, Mainaka, dan Magika sukses beberapa kali menjadi finisher lomba lari yang diikutinya!

Wahhh! 

Pantesan ya Nia dari hari ke hari makin segar bersinar, terlihat sehat dengan aura positif yang selalu terpancar! Bikin saya terinpirasi dengan pilihan gaya hidup sehatnya, yang tak hanya berdampak baik pada diri Nia tapi juga memotivasi orang lain untuk berbuat yang sama!


Nia Ramadhani Bangkit dari Jeratan Narkoba dan Berprestasi Setelahnya

Sosok Artis yang Pernah Terjerat Narkoba


Well, beberapa tokoh publik termasuk artis di Tanah Air pernah tersandung masalah narkoba. Selama ini, pengguna narkoba seringkali dicap sebagai perilaku kriminal. Padahal, sejatinya, mereka adalah korban. Selain harus melewati serangkaian program rehabilitasi untuk terbebas dari jerat narkoba, mereka seringkali berhadapan dengan stigmatisasi dan diskriminasi.

Sehingga tak heran untuk kembali ke kehidupannya yang dulu lagi beneran sulit padahal mereka sudah berusaha bangkit. 

Namun demikian, beberapa di antara mereka, termasuk para tokoh publik itu, berhasil bangkit dari keterpurukan. Bahkan, tidak sedikit pula yang sukses membangun dan menata ulang kariernya. Salah satunya, Nia Ramadhani yang kini lebih sehat dengan mengikuti beragam aktivitas olahraga serta lebih produktif dengan menciptakan karya-karya kreatifnya.

Nah, di antara sosok artis yang pernah terjerat narkoba dan bangkit setelahnya adalah: 

1. Raffi Ahmad

Pada tahun 2013 ditangkap di kediamannya karena positif memakai narkoba jenis metylon sehingga harus rehab di Lido, Sukabumi. Selesai rehabilitasi, Raffi bangkit dan mendapat banyak job sebagi presentar, bintang iklan dan membangun berbagai lini usaha bahkan mengakuisisi sebuah klub bola!

2. Roger Danuarta

Ditangkap dengan jarum suntik menempel di tangannya pada 2014 hingga dijatuhi hukuman penjara satu tahun dan rehabilitasi. Setelah bebas, Roger membangun ulang karirnya dengan bermain sinetron termasuk sinetron religi.

3. Ari Lasso

Ari Lasso pernah mengalami ketergantungan narkoba dan dikeluarkan dari Dewa 19. Pria berkelahiran tahun 1973 ini pun menjalani masa rehabilitasinya di Surabaya. Setelah keluar dari masa rehabilitasinya, Ari kembali muncul di dunia hiburan tanah air dengan berduet bersama Melly Goeslaw dalam lagu “Jika”. Setelah itu, single dan albumnya seperti “Rahasia Perempuan”, “Perbedaan”, “Hampa”, “Mengejar Matahari”, “Karena Aku Tlah Denganmu”, dan masih banyak lagi pun melejit.

Kemudian yang lainnya, ada deretan artis: Anjie Drive, Catherine Wilson, Nunung, Roro Fitria, Jennifer Dunn, dan Dwi Sasono yang sempat melewati masa ketergantungan dan rehabilitasi untuk lepas dari narkoba, tapi karier mereka kini semakin sukses dan melejit.

Yes, dari pengalaman masa lalu yang kelam ternyata menunjukkan bahwa seseorang bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik di masa kini dan masa depan asalkan sungguh-sungguh berusaha yaaa..

Artis yang Bangkit dari Jeratan Narkoba dan Berprestasi Setelahnya

Ketika Nia Ramadhani Tersandung Masalah Narkoba


Nah, kini baik Nia Ramadhani maupun suaminya sudah menjalani aktivitasnya seperti sediakala. Meski awalnya terpuruk karena masalah tersebut, perempuan kelahiran 16 April 1990 itu mengatakan, ia tidak mau terus terpuruk dengan kejadian yang sudah dilaluinya bersama sang suami.

Terpuruk tak akan membuat semuanya berubah, karenanya Nia memilih untuk menjadi orang yang lebih baik lagi dan bisa membanggakan keluarga di tengah keterbatasannya.

Nia mengingatkan pada semua jangan sampai setelah kita kena masalah tuh kita terpuruk dan merasa malu. Karena justru kita bisa memetik banyak hikmah dari hal itu dan memilih bangkit untuk terus maju. Kejadian yang dialaminya, bagi Nia adalah suatu tangga pembelajaran dan Nia enggak mau kejadian itu membuatnya malah jadi hancur berantakan.

Maka, Nia Ramadhani dan sang suami yang sempat menjalani rehabilitasi di FAN Campus, Bogor, Jawa Barat, kini menekuni berbagai kegiatan baru yang dibagikan pada khalayak di sosial media, yang banyak menginspirasi sesama. 

Termasuk yang terkini, Nia Ramadhani berhasil jadi finisher di Jakarta Marathon 22, Half Marathon (HM) 21K, 16 Oktober 2022 lalu di Jakarta. 

Wow, keren banget ya....saya saja 1 km lari sudah perjuangan sekali, lha ini si Nia 21 km dijabani!

Nia Ramadhani Bangkit dari Jeratan Narkoba

Nia Ramadhani dan Kegiatan Positifnya


Yes, kalau baca pencapaian Nia Ramadhani berhasil finish lomba lari, jujur saya tercengang...enggak nyangka semangatnya  begitu luar biasa. Mana enggak cuma satu lho itu, berikut di antaranya lomba lari yang pernah diikuti Nia Ramadhani:

  • 16 Juli 2022 - Onepride Fun Run 5K
  • 18 September 2022 - Jelajah Timur Run For Equality
  • 16 Oktober 2022 - Jakarta Marathon 22, Half Marathon (HM) 21K


Kan jadi baper saya, secara Nia saja bisa menjajal sesuatu yang baru dan berusaha mengalahkan diri sendiri untuk meraih prestasi. Aseliii, menginspirasi sekali artis  berkebangsaan Indonesia yang keturunan Sunda, Norwegia, dan Belanda ini.

Memang sih, Nia pernah sharing tuh di caption IG-nya, kalau tipsnya tuh kita mesti jangan pernah bosan untuk mencoba hal baru yang positif!! 

"Unlock your limitation!" Gitu sih pesan Nia.....

Bahkan yagesya, Nia Ramadhani sendiri tidak menyangka bahwa bisa berhasil menyesaikan race lari ini. Dia tuh malah enggak pernah kepikiran akan bisa rajin olahraga seperti sekarang. Apalagi ikutan lomba lari seperti ini. Intinya, enggak pernah nyangka juga dia bisa begini.

Maka tak heran setiap mantan pemeran tokoh antagonis Siska dalam sinetron Bawang Merah Bawang Putih yang ternama ini mengunggah momen seru ketika dirinya tengah berolahraga, banyak yang kagum dan keheranan dengan pencapaiannya, termasuk saya! Di antaranya:

"Keren Nia, Proud of You," tulis Andien Aisyah
"Kok bisaaa gimana caranyaaaaaaaa," tulis Gisella Anastasia.

"Kereeeen," tulis Ayu Shita.

Oia, selain lari ada berbagai jenis olahraga yang dilakoni juga oleh Nia Ramadhani seperti golf, dan juga tenis. Bahkan Nia Ramadhani membuat desain baju olahraganya sendiri yang tentu saja yang sesuai dengan kepribadiannya. Dan, merilis desain baju golf miliknya

Nia ingin mengemas olahraga golf yang bisa juga dilakukan oleh anak muda dengan konsep yang santai. Golf yang identik dengan bapack-bapack yang terlalu serius, ingin diubah Nia dengan mengajak anak muda berolahraga golf yang fun

Semua ide ini muncul ketika Nia lagi direhab, karena dirinya ingin mengajak orang-orang hidup lebih sehat dengan cara yang lebih menyenangkan.

Nia Ramadhani Bangkit dari Jeratan Narkoba dan Berprestasi Setelahnya


Inspirasi dari Nia Ramadhani 

Well, saat harus menjalani rehabilitasi, Nia Ramadhani justru mendapatkan ide-ide menarik saat berada di dalam tempat rehabilitasi tersebut. Bahkan, Nia menuliskan perjalanan hidupnya, terutama alasan mengapa dirinya bisa sampai jatuh saat itu. Kabar terbaiknya, hasil tulisan dari Nia Ramadhani akan dijadikan buku lho...

Jadi kepo....Enggak sabar saya nunggu bukunya rilis dalam waktu dekat ini!

Serius artis yang satu ini tak hanya cantik tapi juga inspiratif. Saya jadi ingat unggahan yang dibagikan Nia saat menyikapi kejadian buruk yang dialaminya: 

"Sebaik atau buruk apapun yang terjadi, maka jalanilah apa adanya. Everything happens when it should..."

Juga, kata bijak dari Nia Ramadhani ini bisa menjadi pelecut semangat kita untuk senantiasa menjadi yang lebih baik lagi.

"Allow yourself to be a beginner. No one starts off being excellent! #learnnewthings"

Wahh....Keren euy Nia Ramadhani, jadi tambah semangat nih sayaaa. Gimana, apa kamu juga?💗 


Stay Happy & Healthy 

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

26 komentar untuk "Nia Ramadhani Bangkit dari Jeratan Narkoba dan Berprestasi Setelahnya"

  1. Beughh mantab jiwa ini ibu muda satu iniiii
    Sempat kena kasus narkoboy, lalu bisa bangkiiitt dan melesaattt
    Inspiration bgt utk semuaaa yah

    BalasHapus
  2. Sangat menginspirasi cerita Nia Ramadhani ini saat bangkit dari masalah dengan berolahraga lari. Suatu pencapaian yang patut ditiru oleh kita semua.. 👍👍👍

    BalasHapus
  3. Dari dulu suka sih Ama Nia. Sedih juga dia sempet terjerumus, tapi setidaknya mau bangkit. Saluuut. Semoga aja jadi inspirasi banyak orang utk rutin olahraga. Awalnya pasti berat, apalagi terbiasa mager. Tapi kalo dipaksa, motivasi kuat, ga ada yg ga mungkin. Yg bikin aku semangat tiap hari workout, karena ngebayangin kalo udh tua badan jadi ga bugar, ga fit, itu bakal nyusahin keluarga. Jadi mending mulai skr memang harus dirutinin. Ini investasi jk panjang kok.

    BalasHapus
  4. Wah..keknya bentar lagi bakalan diundang daniel mananta buat vlog larinya nih. Btw salfok sama poster ardhi bakrie : my hot wife is running and all I do is watching her :D. Semoga semakin sehat dan tidak terjebak narkoba lagi Mamania..

    BalasHapus
  5. Kegiatan teteh Nia Ramadhani ini positif sekali yaa...
    Memang benar kalau yang kudu diperhatikan adalah fisik yang sehat sehingga tertanam raga yang kuat. Semoga aktivitas positifnya semakin banyak menginspirasi dan membuat banyak orang yang mau bangkit dari jerat nark*ba bisa lebih percaya diri dan semangat hidup kembali.

    BalasHapus
  6. Eh aku galfok sama sepatu lari yang dipakai Nia, terus kepikiran berapa harganya hehehe....

    Keren ya Nia Ramadhani, bisa bangkit dari keterpurukan, rajin olahraga lari, golf dan juga tennis. Bahkan merancang baju olahraga juga. Ini tentunya juga berkat dukungan suami, anak-anak dan keluarga besarnya ya

    BalasHapus
  7. Walau sempat jatuh ke jurang narkoba, bisa bangkit lagi ya qadr Allah. Kasih sayang Allah pada Nia. Moga selalu sehat,sukses untuk bukunya. .

    BalasHapus
  8. Wow keren Nia Ramadhani Bakrie....preestasimu itu loh sayang. Aku ngefans banget sama Nia loh mom Dian. Wanita cantik,smart, berprestasi & humble. Semua orang punya masa lalu,tetapi Nia sekarang sudah bangkit. 2 jempol untuk Nia

    BalasHapus
  9. Wah keren banget ya. Aku lari segitu gitu aja bisanya, wkwkwk.

    Alhamdulillah ya, setelah terpuruk bisa berprestasi kayak gini, keren banget ❤️👍🏻

    BalasHapus
  10. Masya Allah, benar-benar menginspirasi kisah hidup Nia bangkit dari narkoba. Tapi sebenarnya Nia udah lama ya olahraga golf. Sejak abis rehabilitasi baru bertambah olahraga lari. Keren loh bisa menyelesaikan run bareng sahabatnya pula. Dukungan teman, keluarga, dan orang terdekat mampu mengubah gaya hidupnya. Semoga sukses dengan usaha baju olahraga golf jugaa

    BalasHapus
  11. Wah, hebat ya Nia. Pernah terpuruk karena narkoba tapi bisa bangkit lagi dan menjalani pola hidup sehat dengan rajin berolahraga. Semangatnya bisa menginspirasi banyak orang..

    BalasHapus
  12. Menurutku bagus ketika seseorang berusaha bangkit dan ke arah positif ya mba untuk tetap berusaha berkarya. Salut dan semoga memtovasi yang lain

    BalasHapus
  13. Bukan penggemar Nia Ramadhani, tapi tahu dia waktu dulu main sinetron. Setelah kasus narkobanya, sekarang memang lebih kelihatan kegiatan positifnya. Dulu kaya lihatin kekayaannya aja kan

    BalasHapus
  14. Salut sama kegigihan dan keuletan - sekaligus strengthness Nia Ramadhani

    sejak awal sepak terjangnya saja, di usia muda dia sudah berani menerima challenge terbesar di hidupnya : nikah sama seorang Ardi Bakrie dan membuktikan sudah bertahun tahun mereka awet awet aja hubungan pernikahannya

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah ikut seneng, setiap.manusia punya masa lalu ya mak. Dan menjadi manusia yang lebih baik dari hari ke hari adalah tujuan kita.

    So jangan mudah memberi label negatif seseorang selamanya ,bisa jadi skrg sdh mjd manusia yg baik

    BalasHapus
  16. senang dengan kisah2 mereka yang pernah survive dari jeratan narkoba. apalagi kemudian memotivasi orang lain untuk menjadi lebih baik

    BalasHapus
  17. Wah keren banget ya Nia Ramadhani ini
    Dia akhirnya bisa bangkit dari kecanduan ini
    Hidup sehat dan bisa jadi inspirasi yang lainnya

    BalasHapus
  18. Cara bangkit kembali yang sangat menyehatkan ya. Keren menurut saya.
    Dulu pernah nonton film tentang pelari seperti Nia ini, dan mereka punya target2 sendiri, yang jika diikuti bukan hanya bikin tambah sehat tapi juga ga sempat kepikiran balik ke narkoba lagi. Bravo Nia!

    BalasHapus
  19. Owalah Roger Danuarta pernah kena kasus narkoba juga ya, baru ngeh.
    Yg ramai sih emang Nia ini pada masa itu.
    Untungnya bisa mengajukan rehabilitasi dan sembuh ya.
    Sekarang gaya hidupnya juga mulai lebih sehat dan sepertinya makin dekat dengan keluarga juga. Semoga konsisten terus dengan lifestyle yang sekarang dan banyak menghasilkan karya lagi.

    BalasHapus
  20. Wah, salut ya Nia bisa bangkit kembali setelah masalahnya dulu. Jadi Atlet lari pula. Setiap orang punya masa lalu dan masa kini dia udah berubah harus kita dukung biar jadi lebih baik

    BalasHapus
  21. Pas masih sekolah dulu, aku suka banget sama beberapa sinetron yang dia bintangi. Agak kecewa kemarin dia sempet kena kasus narkoba. Tapi aku yakin sih Mak kalau memang ada kemauan untuk berubah jadi lebih baik, InsyaAllah bakal selalu ada jalan.

    BalasHapus
  22. Yes, semangat untuk bangkit Nia. Jangan sampai tergoda lagi ya pada narkoba. Tetap rajin olahraga, berkarya dan bahagia bersama keluarga.

    BalasHapus
  23. Cara setiap orang untuk bangkit memang berbeda-beda ya dan ternyata bisa dengan mencoba hal baru seperti Nia Ramadhani ini. Terlepas baik buruknya jalan yang harus dilaluinya. Saya jadi makin semangat, untuk lebih lebih baik lagi!

    BalasHapus
  24. Rugi pakai narkoba lebih baik mengukir prestasi. bangkit dari keterpurukan seperti Nia Ramadhani

    BalasHapus
  25. waduuh keren banget ni bebas dari narkoba musuh nomor 1 ., ;p

    BalasHapus
  26. Dari mereka semua itu, Nia bisa bangkit dengan prestasi marathon-nya ya. Moga Allah mudahkan selalu bagi mereka yg ingin pulih dari narkoba.

    BalasHapus