Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Platform untuk Belajar Online

Keberadaan berbagai platform belajar online Indonesia tentu menjadi hal yang patut disyukuri. Apalagi melihat kondisi tahun lalu dimana pandemi masih di puncak-puncaknya, kegiatan belajar murni dilakukan di rumah saja.

Meskipun saat ini sekolah dan kampus sudah dibuka. Menggunakan beberapa platform pembelajaran daring ternyata memiliki banyak manfaat, khususnya untuk mengetahui bidang yang sulit untuk ditemui di darat.

Platform untuk Belajar Online

Pilihan Platform Belajar Online


Nah, jika ingin memaksimalkan proses belajar selama di rumah atau dimana saja, maka kamu bisa mempertimbangkan penggunaan sejumlah platform belajar online berikut ini:

1. Olle

Platform pertama yang bisa digunakan untuk belajar online di rumah atau dimana saja adalah Olle. Olle memiliki kepanjangan Online Learning yang merupakan aplikasi atau platform belajar daring dari mana saja yang fokus utamanya adalah latihan soal.

Jadi, untuk siapa saja yang ingin belajar dengan metode mengerjakan soal sehingga punya gambaran bagaimana menghadapi tipe-tipe soal saat ujian. Menggunakan layanan belajar online dari aplikasi ini adalah pilihan tepat.

Sebab disini tersedia banyak soal-soal try out baik untuk ujian semester, ujian nasional, maupun ujian masuk ke perguruan tinggi.

Nilai tambah dari platform belajar online Indonesia satu ini adalah video yang membahas hasil try out. Jadi, di platform ini tidak hanya bisa latihan soal saja melainkan bisa sekalian belajar. Sebab setiap soal akan dibahas cara mendapatkan jawabannya.


2. Ruangguru

Siapa yang tidak tahu Ruangguru? Ini memang adalah platform pupuler di Indonesia. Selain jago dalam branding, pengelola aplikasi juga bisa dikatakan sukses menyediakan media belajar online yang mumpuni.

Ini adalah aplikasi karya anak bangsa yang kemudian menjadi aplikasi pertama yang mendukung kegiatan belajar online. Bahkan, saat pandemi tahun lalu, aplikasi satu ini bahkan masuk aplikasi yang bisa diakses gratis menggunakan paket kuota subsidi dari Kemendikbud.

Ada banyak video yang membahas materi-materi pelajaran disini dan berasal dari para guru di seluruh tanah air. Sehingga mencari materi apapun dijamin bisa ditemukan disini dan bisa diputar berulang-ulang sampai paham.


3. Zenius

Rekomendasi platform belajar online Indonesia yang ketiga adalah Zenius. Aplikasi atau platform ini awalnya dibangun untuk menyediakan media belajar dari rumah bagi para siswa sekolah dalam rangka mempersiapkan ujian nasional. Seiring berjalannya waktu jumlah materi yang dibahas semakin komplit dan mendalam.

Sekarang Zenius digunakan oleh jutaan siswa dari berbagai wilayah di Indonesia untuk mendukung kegiatan belajar mereka dari rumah. Video-video edukasi yang disediakan sifatnya gratis, sehingga para siswa cukup menyediakan modal kuota internet saja.


4. Kipin School

Bagi siswa SD, SMP, maupun SMK yang membutuhkan video pembelajaran maupun ebook materi tertentu bisa juga mampir ke website Kipin School atau memilih menginstal aplikasinya di smartphone.

Kipin School menjadi salah satu platform belajar online Indonesia yang banyak digunakan. Sebab materinya lengkap, bisa diunduh gratis, dan tampilannya juga menarik.


5. First Klaz

Bagi pendidik, baik guru maupun dosen jika membutuhkan platform belajar online Indonesia untuk mendukung kegiatan mengajar, tenyata ada juga platform yang bisa membantu kita lho.

Salah satu platform yang bisa dicoba adalah First Klazz. Platform besutan Link Net ini menjadi salah satu platform belajar online yang memungkinkan ada keterlibatan pendidik, peserta didik, dan orangtua.

Berbagai fitur di dalamnya mendukung tenaga pendidik untuk membuka kelas online. Selain itu, banyak materi bisa dipelajari para siswa dan mahasiswa disini dan mayoritas dalam bentuk video.

Platform Belajar Online


Nah, dari rekomendasi platform belajar online Indonesia yang disebutkan di atas, mana saja yang pernah teman-teman gunakan? 

Setiap platform tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga perlu memilih yang fitur maupun tampilannya paling sesuai dengan kebutuhan. Tentu platform belajar online ini akan membantu orangtua dalam membimbing belajar putra-putrinya. Berbekal gawai dan koneksi internet, ilmu akan didapat dengan biaya yang relatif hemat.

Dan pastinya bisa mengurangi beban pikiran terutama para wanita yang sudahlah bertanggung jawab akan pekerjaan rumah tangga, ngasuh, ngurusin, ngajarin anak-anaknya, kadang jadi tulang punggung juga eh masih kena kekerasan verbal pula! Hiks!

Yuk ah, enggak cuma anak-anak, para wanita di rumah bisa belajar juga! Belajar bahasa, kepoin dan coba resep camilan yang bisa jadi bahan jualan, belajar ketrampilan, ngeblog, jualan online dan masih banyak kegiatan positif lainnya agar wanita berdaya.

Jika ternyata masih tetap mendapatkan kekerasan dari pasangan, segera cari perlindungan. Ingat KDRT Pada Wanita, diatur hukum lho! So, KDRT? Say NO!💗



Salam Semangat

Dian Restu Agustina












Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

2 komentar untuk "5 Platform untuk Belajar Online"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Semakin banyak pilihan ya. Tadinya cmn tau 1 yang paling populer karna penetrasi iklannya di mana2.

    BalasHapus