Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Masakan Aceh Berempah, Wajib Coba!

Gaess, pernahkah kamu mendengar Aceh dan sejarah perdagangan rempahnya di masa prakolonial? Ternyata, Aceh merupakan pusat perdagangan rempah dan menguasai pasar rempah di dunia! Bahkan di masa lalu, Aceh pernah memimpin jalur perdagangan rempah di Indonesia dengan rempah yang banyak dihasilkan yaitu lada dan kayu manis.

Tak heran jika kini Aceh menyajikan berbagai kuliner khas daerah yang kaya akan rempah. Cita rasanya yang khas dan berbagai rempah yang digunakan membuat hidangan juga terasa lezat dan kaya akan rasa. Rasa rempah yang kuat pada kuliner khas dari Aceh membuat kuliner terlihat menggugah selera yang pasti bikin kamu tidak sabar untuk mencicipinya. 

Aselii, beragam kuliner khas Aceh wajib untuk kamu coba ketika sedang berkunjung ke sana. Rasanya tidak lengkap jika jauh-jauh berkunjung ke provinsi yang terletak paling barat di Indonesia ini, namun kamu tidak mencicipi kuliner khasnya. 

Penasaran dengan cita rasa kuliner khas Aceh yang kaya akan rempah? 

Segera rencanakan perjalanan kamu ke Aceh menggunakan aplikasi Traveloka. Karena, Traveloka menyediakan pemesanan tiket pesawat ke aneka destinasi, yang akan memudahkanmu nanti. Kamu juga bisa reservasi hotel, memesan tiket kereta bandara, rental mobil dan lain-lain melalui aplikasi Traveloka ini.

Rekomendasi Masakan Aceh Berempah, Wajib Coba!

Rekomendasi Kuliner Khas Aceh


Berikut ini adalah rekomendasi kuliner khas Aceh yang kaya akan rempah dan wajib untuk kamu coba ketika sedang berkunjung ke Aceh. Simak ulasan lengkapnya, yagesya!

1. Mie Aceh

Rekomendasi kuliner khas Aceh yang pertama dan paling populer adalah Mie Aceh. Mie Aceh merupakan kuliner yang mengolah mie kuning berukuran besar berbahan dasar rempah-rempahan. Mie kuning ini dilengkapi dengan sayur-sayuran dan daging, bisa menggunakan daging sapi, ayam atau kambing. Tak lupa juga dilengkapi dengan seafood seperti cumi, kepiting atau udang. Mie Aceh ini bisa disajikan dengan berbagai jenis, mulai dari berkuah, goreng atau di tumis. Rasanya tentu sangat nikmat dan lezat.

Keberagaman rasa rempah pada Mie Aceh membuat cita rasa kuliner khas Aceh semakin kuat. Tak heran jika kuliner yang satu ini jadi paling populer di Aceh. Karenanya, kamu wajib untuk mencobanya ketika sedang berkunjung ke Aceh.

2. Engkot Keumamah

Engkot Keumamah merupakan kuliner khas Aceh yang mengolah bahan dasar ikan tongkol, cakalang atau tuna. Sebelum dimasak, ikan ini melewati beberapa proses terlebih dahulu yaitu proses pembersihan, perebusan, pengeringan dan penyimpanan agar nantinya ikan tersebut bisa lebih awet ketika disimpan. Ikan ini nantinya akan mengeras.

Untuk diolah menjadi Engkot Keumamah, caranya adalah dengan merebus ikan tersebut dengan berbagai bumbu dan rempah, lalu dicampurkan dengan santan kelapa, kentang dan cabe. Cara masaknya adalah dibalurkan dengan bara api lalu diangin-anginkan.

Oia, Engkot Keumamah ini dulunya sangat populer dikalangan para pejuang kemerdekaan, lho. Engkot Keumamah selalu menjadi bekal untuk makan para pejuang ketika bergerilya di dalam hutan dalam waktu yang cukup lama. Engkot Keumamah membantu para pejuang kemerdekaan agar tetap bisa menyantap makanan yang layak.

3. Ayam Tangkap

Untuk mencoba kuliner khas Aceh yang kaya akan rempah, coba juga kuliner yang satu ini. Ayam Tangkap merupakan kuliner yang memasak ayam yang sudah dilumuri berbagai rempah-rempahan seperti bawang putih, kemiri, lada, jahe dan garam.

Setelah itu, ayam dibiarkan terlebih dahulu untuk beberapa saat agar rempah-rempah menyerap. Lalu ayam yang sudah dilumuri rempah lanjut digoreng hingga matang dan siap untuk disajikan. Apabila kamu mau mencoba membuat ayam tangkap sendiri di rumah juga sangat mudah untuk diterapkan.

Kamu hanya perlu mempersiapkan bahan-bahannya saja, lalu kamu bisa masak sendiri ayam tangkap di rumah jika kamu belum sempat berkunjung langsung ke Aceh. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan rasa dari ayam tangkap?

4. Kopi Aceh

Selain dikenal dengan perdagangan rempahnya, Aceh juga dikenal sebagai daerah yang memproduksi hasil kopi arabika yang melimpah. Produksi kopi arabika dari Aceh bahkan sudah mendunia. Kopi Aceh seringkali dikenal sebagai Kopi Gayo.

Kopi Gayo dari Aceh ini memiliki aroma dan rasa yang khas. Untuk kamu pecinta kopi, kamu wajib untuk mencoba kopi khas Aceh ini. Salah satu yang bisa kamu coba yaitu kopi tarik. Selain memiliki citarasa kopi yang khas, kopi tarik ini sangatlah unik.

Seperti pembuatan teh tarik yang sudah banyak dikenal masyarakat, kopi tarik ini juga dibuat dengan cara “ditarik” dan menghasilkan buih pada atas gelasnya. Sungguh penyajian yang unik!

5. Kue Timphan

Di Aceh, ada satu kue tradisional yang khas, yang biasanya disajikan ketika hari raya dan hari-hari penting tertentu. Namanya Kue Timphan. Kue Timphan terbuat dari tepung ketan, santan, air kapur sirih serta pisang raja yang dihaluskan.

Semua bahan dimasak hingga teksturnya berubah menjadi kental. Setelah itu, menggunakan buah nangka yang sudah dimasak menjadi custard sebagai isiannya. Lalu, semua bahan tersebut dibungkus oleh daun pisang.

6. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong sekilas seperti gulai, namun gulai yang satu ini merupakan gulai khas Aceh yang sudah menjadi favorit masyarakat Aceh dari zaman kesultanan. Kuah Beulangong biasanya disajikan di hari-hari penting di Aceh. Kuliner khas yang satu ini sangat lezat dan nikmat disajikan dengan nasi hangat.

Yuk, Coba Masakan Aceh Berempah!


Nah, itu dia beberapa rekomendasi kuliner khas Aceh yang kaya akan rempah dan tentunya lezat untuk dinikmati. Tak sabar untuk mencicipi kuliner khas Aceh? Samaaaa! 

Saya sendiri pernah ke Aceh pada tahun 2006 via jalur darat ketika masih tinggal di Langkat, Sumatera Utara. Alamnya cantik, budayanya unik, penduduknya ramah dan kulinernya lezat berempah! Pengin ke sana lagi karena pasti Aceh makin menarik saat ini!

Kalau kamu, apa sudah pernah ke Aceh juga? Yuk, segera pesan tiket pesawat dengan tujuan ke Aceh dengan cara yang praktis dan mudah hanya melalui aplikasi Traveloka!💙


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

1 komentar untuk "Rekomendasi Masakan Aceh Berempah, Wajib Coba! "


  1. Krn aku tinggal 18 THN di Arun, Aceh Utara,dan 1.5 tahun di Banda Aceh, jadi bisa dibilang lidahku ini sangat terbiasa dengan masakan Aceh mba.

    Makanan Aceh itu ga ada duanya, dan sbnernya susaaah untuk dicari yg sama enak seperti yg dijual di kota asal. Soalnya makanan mereka itu kdg menggunakan bumbu yg hanya ada di Aceh . Dan ga dijual di tempat lain. Cth nya kayak sayur Pli'u, memakai kelapa fermentasi yg hanya ada di Aceh. Tanpa kelapa ini, sayur Pli'u ga akan bisa seenak aslinya.

    Tapi rekomendasi di atas udh cocoklah utk semua yg ingin mencoba makanan Aceh pertamakali. Krn rasanya cendrung aman dan bisa cocok buat semua orang. Kuah Beulangong itu ENAAAK bangettt. Rempahnya banyaaak, dan pedas . Mamaku dulu sering bikin biasanya pakai lauk bebek atau kambing.

    BalasHapus