Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Bahasa Mandarin Secara Mandiri

Temaaan, bahasa Mandarin kini makin diminati untuk dipelajari. Masyarakat menyadari pentingnya belajar bahasa Mandarin, sehingga beraneka kursus pun bermunculan di sana-sini. Tapi sayangnya, karena belajarnya butuh biaya, sementara tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama, maka cara belajar bahasa Mandarin secara autodidak menjadi pilihan yang dilakukan banyak orang.

Siapa sangka belajar sendiri bahasa Mandarin, dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Meski, ketekunan belajar tetap menjadi tolak ukurnya. Well, meskipun autodidak kamu juga perlu semangat lebih dan konsistensi tinggi dalam mempelajari bahasa Mandarin ini, agar cepat bisa dan lancar bicaranya.

Nah, kapan hari, seorang keponakan saya bercerita, ia memutuskan belajar bahasa Mandarin secara mandiri. Awalnya saya kaget, kok Mandarin, bukannya anak generasinya lebih familiar dengan Bahasa Korea efek Drakor dan KPop yang mendunia? 

Ternyata, dia teteup sih ngefans sama oppa dan eonni, cuma dia nekad belajar bahasa Mandarin sendiri karena saat praktek kerja ia menemui jika di bidang pekerjaannya nanti ia bakal bersentuhan dengan pengguna bahasa ini. 

Yup, dia memang kuliah di jurusan Pariwisata di sebuah kampus negeri di Malang, dengan jadwal kuliah dan kegiatan kemahasiswaan yang padat, sehingga tak banyak waktunya jika harus mengambil kursus lagi. Yang penting baginya bisa paham percakapan sehari-harinya dulu, sambil terus belajar mempraktikkan syukur-syukur bisa lebih menguasai nanti.

Belajar Bahasa Mandarin Secara Mandiri

Tips Belajar Bahasa Mandarin Secara Mandiri 


Well, belajar bahasa asing memang penting. Termasuk bahasa Mandarin yang merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia, setelah bahasa Inggris. Karenanya, kamu juga bisa mencoba cara belajar bahasa Mandarin secara mandiri seperti yang dilakukan keponakan saya ini, yakni:


1.Temukan Materi Pembelajaran Bahasa Mandarin

Kamu membutuhkan beberapa buku atau aplikasi untuk memahami bahasa ini. Maka temukan media pembelajaran baik dari buku, website, channel YouTube, IG, TikTok dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mencari aplikasi pendukung belajar bahasa ini yang dapat ditemukan dengan mudah di Google Play Store atau Apps Store.

2. Pelajari Pinyin

Setelah mengumpulkan pendukung pembelajaran, cara belajar bahasa Mandarin berikutnya, yaitu berlatih mengucapkan kata-katanya dengan benar. Pastinya kamu pernah menemukan kata-kata dalam bahasa Mandarin, entah di jalanan atau media sosial, tapi merasa diri belum tahu bagaimana pelafalannya.

Solusinya adalah dengan mempelajari Pinyin, sistem yang paling umum dipakai untuk menulis bahasa tersebut menggunakan huruf Romawi dimana setiap karakter dalam bahasa Mandarin mewakili satu kata dan dapat dieja secara fonetis. Oia, kamu bisa mencari referensi di YouTube atau dengan aplikasi terbaik untuk mempelajari Pinyin ini.

3. Pelajari Nada Bahasa Mandarin

Kamu pernah tidak mendengar kalau bahasa Mandarin juga disebut sebagai bahasa nada? Well, dibandingkan dengan bahasa Inggris, bahasa populer ini memiliki kosakata yang lebih sedikit, tapi disebut-sebut lebih sulit. Nah, untuk pembelajaran bahasa Mandarin, nada suku kata sangat penting karena penutur asli tidak akan dapat mengerti apa yang kamu katakan jika salah nada. Oleh karena itu, belajar nada menjadi salah satu fokus dalam cara belajar bahasa Mandarin autodidak.

4. Mulailah Berbicara dalam Bahasa Mandarin

Mengingat tujuan belajar bahasa Mandarin adalah untuk membiasakan diri berbaur dengan masyarakat global mayoritas baik itu dalam karir atau maksud lain. Maka kamu harus mulai melatih berbicara dalam bahasa ini dengan baik dan benar.

Tentu saja, dalam pembelajaran mandiri kamu harus betul-betul memahami Pinyin dan pengucapan yang tepat. Caranya bisa melalui berbicara langsung dengan penutur asli, upaya ini agar kamu dapat melafalkan kata dan frasa sederhana ke percakapan dasar. 

Tipsnya dari keponakan saya, mencari teman yang bisa berbahasa Mandarin dan meminta ia jadi partner belajar percakapannya. Atau bisa juga mencari teman dari dunia maya untuk tujuan yang sama.


5. Mendengarkan Bahasa Mandarin Lewat Berbagai Media

Belajar bahasa Mandarin secara mandiri menuntut kita untuk terus mendengarkan banyak kosakata atau percakapan sebanyak mungkin. Layaknya saat kita belajar bahasa ibu, strategi ini juga cukup efektif untuk membuat kamu fasih berbahasa Mandarin.

Jadi, cara belajar bahasa Mandarin autodidak juga mengharuskan kita memiliki kemampuan keterampilan mendengarkan yang baik. Pastinya menjalani proses yang tidak instan, kamu perlu bersabar dalam mempelajarinya.


6. Belajar Karakter Bahasa Mandarin

Tidak hanya belajar Pinyin dalam memahami bahasa Mandarin. Tetapi kamu juga harus menguasai karakter bahasa tersebut. Pilih metode yang sekiranya nyaman dan memudahkan kamu belajar karakter bahasa Mandarin setiap hari. Kamu harus konsisten, sebab kalau tidak membuat kamu jadi melupakan karakter yang sudah dipelajari.


7. Meniru Penutur Aslinya

Cara belajar bahasa Mandarin autodidak, kamu juga harus meniru penutur asli bahasa tersebut. Gunakan teknik mendengarkan rekaman kalimat dari penutur aslinya kemudian tinggal kamu ulangi apa yang kamu dengar tadi.

Dalam proses peniruan coba rekam suara kamu lalu bandingkan dengan milik penutur asli. Hindari mengatakan suatu kalimat dengan cepat, cukup mengulanginya secara perlahan. Teknik ini merupakan latihan yang paling efektif untuk membuat kamu lancar berbahasa Mandarin.


8. Menonton Film Berbahasa Mandarin

Gunakan hobi menonton kamu dengan memilih tontonan yang bermanfaat untuk belajar bahasa Mandarin secara mandiri di rumah. Nonton film dari Netflix, iQIYI, WeTV, dan lain sebagainya.

Cara belajar Bahasa Mandarin mandiri ini merupakan metode mudah dan menyenangkan. Bahkan kamu lebih mengenal lagi struktur dan suara dari bahasa Mandarin yang lebih praktis lagi.

Coba juga set subtitle-nya dalam bahasa Mandarin. Jadi selain mendengarkan kamu bisa sekalian belajar cara pengucapannya. Tak lupa, coba jeda filmnya kemudian tiru kata-katanya. Percaya deh, setelah mempraktikkan cara ini aksen kamu jadi semakin keren.


Pentingnya Belajar Bahasa Mandarin 


Nah gimana? Tertarik untuk mencoba? 

Oia, kalau kamu bertanyea-tanyea apa sebenarnya pentingnya belajar bahasa Mandarin....
Karena bahasa Mandarin sangat menjanjikan, lantaran:


1. Cina Berperan Besar dalam Perekonomian

Cina mengalami kemajuan yang sangat pesat. Pemerintah Indonesia sendiri banyak bekerjasama dalam berbagai bidang dengan pemerintah Cina. Sehingga dibutuhkan sumber daya yang bisa berbahasa Mandarin untuk mendukung kelancaran berkomunikasi dan membangun bisnis bersama . 

2. Berperan dalam Dunia Pariwisata

Wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia terus meningkat jumlah kunjungannya. Nah, bagi kamu yang ingin memulai karir di bidang Hospitality kemampuan berbahasa Mandarin tentu saja harus dikuasai. Itulah mengapa, cara belajar bahasa Mandarin autodidak wajib kamu pertimbangkan di sela kesibukanmu saat ini.

3. Tujuan Lain

Dalam era global ini kamu akan banyak menjumpai penutur bahasa Mandarin. Mengingat bahasa Mandarin kini sudah dipakai lebih dari seperempat penduduk dunia. Maka, menguasai bahasa ini bagi banyak profesi penting adanya. Misalnya, jika dirimu momblogger seperti saya, saat menulis sebuah tema, seperti mengulas drama Cina dengan diselipi pengetahuan bahasa Mandarin di sana akan lebih menarik pastinya! Atau, ketika dengerin lagi atau nonton drama berbahasa Mandarin dan mengerti bahasanya pasti akan lebih memaknai ceritanya, yang bikin diri jadi bahagia.

Penutup

Sekarang, tentunya kamu jadi lebih bersemangat kan, untuk belajar bahasa Mandarin? Memang lebih sulit sih, tapi bakal keren kalau kamu menguasainya. Siapa tahu kamu bertamu atau ketemu orang Singapura juga Malaysia enggak cuma bisa ngobrol pakai Bahasa Melayu saja tapi juga bahasa Mandarin, mengingat di kedua negara itu bahasa ini banyak penggunanya. Atau saat menyanyikan lagu dan menonton Drama Cina jadi paham bahasanya...Seru ituuu! 

Baiklah, selamat belajar ya!💙



Salam Semangat

Dian Restu Agustina



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

21 komentar untuk "Belajar Bahasa Mandarin Secara Mandiri"

  1. Dulu waktu masih kecil saya pernah Mba kursus bahasa Mandarin, tapi krn gak diseriusin jadinya lupa lagi deh.........sekarang baru sadar, padahal enak juga ya kalo fasih bahasa Mandarin, nonton film Mandarin gak perlu baca text, apalagi dalam dunia kerja, penting banget itu Mba

    BalasHapus
  2. Bahasa Mandarin nih termasuk yang kepake banget ya di dunia kerja. Bisa jadi nilai plus-plus selain jago bahasa Inggris.

    Resolusi taun depan saya salah satunya belajar bahasa nih. Kira-kira bakal melirik bahasa Mandari nggak ya saya? Haha.. Masih bingung mau belajar bahasa apa..

    BalasHapus
  3. Keren jg sih kalau belajar bahasa mandarin secara otodidak, apalagi mandarin ini banyak banget penuturnya, kalau gitu ka bisa ikutan join percakapan orng chinese jg ehhehe.

    BalasHapus
  4. Aku duluuu jaman muda pernah ikut les Mandarin, mba
    Ampuun ternyata begitu syuliidd

    Mungkin karena aku kurang fight jg sih mba

    BalasHapus
  5. Tren bahasa terus berubah-ubah. Dulu sempat ramai bahasa Jepang, kemudian Mandarin, sekarang Korea. Mau dipelajari yang mana, tergantung kebutuhan pribadi yang bersangkutan..Kalau untuk bisnis, ya bagusnya bahasa Mandarin.

    BalasHapus
  6. Rasanya belajar bahasa Mandarin ini kudu kuat banget strong why-nya. Soalnya laotze nya teges-teges. Aku pernah ikut hanya sampai level 1 dan sekarang suka merhatiin konten NCT yang sub-unit Chinese aja, WayV dan ada 2 member NCT Dream yang juga orang Tiongkok. Seteges itu juga kalo ngajarin di koten NCT. Huwaaa...

    Emang gak pernah merugi sih orang yang selalu mau belajar.
    MashaAllah~

    BalasHapus
  7. Iya bahasa Mandarin sekarang sudah banyak diminta sebagai salah satu syarat kualifikasi pencari kerja.

    Terima kasih trik dan tipsnya mbak, jadi tertarik juga buat belajar bahasa Mandarin secara mandiri.

    BalasHapus
  8. dulu sempet mau belajar bahasa Mandarin tapi saya agak bingung penulisannya hehehe, jadi double belajarnya belajar huruf dan bahasanya, pas lihatin temen pada bisa jadi pengen belajar lagi

    BalasHapus
  9. Meski tertari belajar mandarin, jujur aja mba, rasanya ga kuat kalau harus belajar lagi. Tapi, kalau generasi anak kita kemungkinan bisa lah ya, apalagi ini bisa jadi skill tambahan dia untuk bersaing di masa depan.

    BalasHapus
  10. Saya pernah belajar bahasa Mandarin secara mandiri waktu kuliah. Tapi jadinya lemah di pronounciation alias cengkoknya. Satu huruf mandarin punya empat nada. Salah nada beda arti. Alamaaaakk. Tapi zaman sekarang lebih enak karena ada banyak teknologi jadi bisa cek cengkok nada udah benar apa belum.

    BalasHapus
  11. Ya benar banget mb..banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan kalau kita bisa banyak bahasa. Masya Allah hebat yang bisa banyak bahasa

    BalasHapus
  12. Aku termasuk yang paling sulit belajar bahasa. Entahlah salahnya dimana. Pada poin di atas, yang aku mau dan suka adalah nonton film mandarin 😅. Tapi patut dicoba nih buat yang bisa belajat otodidak.

    BalasHapus
  13. Yang susah itu mempelajari nada bahasa. Pengalaman saya belajar bahasa Mandarin yang sudah ya membedakannya nafa. Mau bilang apa ternyata artinya apa. Jadi banyak salah paham
    Salut kalau bisa belajar sendiri.

    BalasHapus
  14. Bahkan sebagian perusahaan ada yang menyarankan mampu berbahasa mandarin ya, Mba. Khususnya bagian exim biasanya.
    Eh tapi bisa dicoba nih cara belajar bahasa Mandarin secara mandiri. Kan keren kalau sampai bener-bener fasih bahasa Mandarin, hhe. Makasi tips-nya, Mba.

    BalasHapus
  15. Asli seru lo belajar bahasa Mandarin. Cuma yang agak susah belajar di nadanya aja, kepala bisa ikut naik turun goyang-goyang wkwk

    BalasHapus
  16. Jujur, waktu baca judulnya sempet kepikiran, "emang ada ya yang suka belajar bahasa Mandarin?"

    Ternyata masih ada. Padahal kan sekarang yang hits Bahasa Korea.

    BalasHapus
  17. semua pasti ada jalannya asal mau berusaha ya mba..
    selama kita serius belajar mandiri pun bisa.
    kalau kita kurang fight, udah bayar les-lesan yang mahal pulak, hasilnya juga kurang menggembirakan.. saya pernah ngalami soalnya, hehe.. balik lagi ke kitanya..

    BalasHapus
  18. Bahasa Mandarin memang salah satu bahasa dunia yang penting untuk dikuasai ya mbak
    Apalagi buat yg belajar pariwisata, penting nih
    Dan kalau ada kemauan, belajar bahasa Mandarin secara mandiri pun bisa ya mbak

    BalasHapus
  19. Iya juga ya. Belajar bahasa mandarin ini udah kaya belajar bahasa inggris ya mesti kepake bangettt.

    BalasHapus
  20. Wah belajar otodidak aja hebat, apalagi bahasa Mandarin. Bismillah, aku mau ngejar belajar otodidak bahasa Perancis 6 bulan ini soalnya mau ikut suami kesana

    BalasHapus
  21. Ada perasaan nyesel kenapa ibu saya ga fasih bahasa Mandarin. Meski asli Tionghoa Opa dan Oma begitu cinta Indonesia sampai selalu berbahasa Indonesia dengan anak-anaknya. Padahal sekarang jadi bahasa global juga nih

    BalasHapus