Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikan Dana Pensiun untuk Orang Tua Lewat Investasi Obligasi Pemerintah

Bagi seorang anak, memberikan dana pensiun kepada orang tua merupakan hal yang sah saja karena ini termasuk salah satu cara membahagiakan mereka. Sumber dana pensiun yang akan diberikan tersebut bisa Anda dapatkan dari profit investasi obligasi pemerintah. Tambah lagi profitnya juga stabil dan tetap karena ada kupon obligasi.

Obligasi sendiri adalah surat utang atau surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi. Surat utang ini biasanya berisi nilai pokok, tingkat bunga, dan jangka waktu obligasi.

Bagi Anda yang ingin memberikan dana pensiun kepada orang tua, obligasi ini merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak kelebihan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih berinvestasi pada instrumen ini. Apa saja kelebihan obligasi dan bagaimana cara beli obligasi pemerintah ini? Ikuti ulasan ini hingga selesai.

sumber: https://www.pexels.com/photo/confident-senior-businessman-holding-money-in-hands-while-sitting-at-table-near-laptop-3823493/

Kelebihan Obligasi Pemerintah untuk Dijadikan Sebagai Dana Pensiun

Menyiapkan dana pensiun bisa Anda lakukan dari sekarang. Salah satu cara menyiapkan dana pensiun tersebut adalah dengan investasi obligasi pemerintah karena surat utang ini memiliki beberapa kelebihan yakni:
  • Obligasi merupakan instrumen investasi yang paling aman
Surat utang pemerintah merupakan obligasi yang paling aman. Pasalnya pemerintah telah memberikan jaminan keamanan terhadap jenis investasi ini. Dengan demikian bisa dipastikan uang yang Anda investasikan pada obligasi akan dibayarkan kembali sesuai dengan kesepakatan awal. Anda juga akan menerima imbal hasil dari investasi ini.
  • Memberikan pendapatan tetap
Obligasi merupakan produk investasi yang bisa memberikan keuntungan imbal hasil yang bisa Anda perkirakan. Pasalnya pada saat awal pembelian, Anda dapat melihat jumlah kupon yang akan diberikan.

Kupon ini adalah suku bunga yang pembayarannya bisa Anda terima dalam jangka waktu tertentu. Misalnya setiap tiga bulan atau enam bulan. Dengan jangka waktu tersebut, tak salah jika obligasi ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu sumber penghasilan tetap.
  • Memberikan capital gain
Tertarik beli obligasi pemerintah lalu ingin menjualnya? Bisa saja karena obligasi bersifat likuid atau dapat Anda perjual belikan. Dengan menjual obligasi ini artinya Anda berpotensi untuk menerima capital gain atau selisih antara harga beli dan jual.

Namun perlu Anda ketahui, tak semua obligasi bisa Anda jual dengan mudah. Beberapa obligasi sangat sulit untuk Anda jual sebab minat di pasar sekunder begitu rendah terhadap obligasi tersebut.
  • Bunga obligasi lebih tinggi daripada bunga tabungan di bank
Menabung di bank memang baik dan menguntungkan. Namun menabung di bank tak memberikan imbal hasil seperti halnya investasi obligasi juga bunga tabungan pun cenderung rendah. Begitu juga dengan deposito. Simpanan ini memang memiliki bunga akan tetapi nilainya tetap lebih kecil dari obligasi.

Oleh karena itu, solusi terbaik jika ingin berinvestasi dengan minim risiko tapi menguntungkan, pilihlah obligasi pemerintah.
  • Bunga Lebih Besar
Memberikan dana pensiun pada orang tua dengan cara memilih beli obligasi pemerintah adalah cara yang tepat. Sebab investasi jenis ini mampu memberikan jaminan bunga lebih besar dibandingkan dengan ketika Anda memilih deposito untuk dana pensiun orang tua.
  • Bisa dijadikan diversifikasi portofolio
Melakukan diversifikasi akan membantu mengurangi risiko kerugian investasi yang bisa saja Anda alami. Nah, obligasi merupakan pilihan terbaik untuk Anda jadikan diversifikasi. Ini karena obligasi menawarkan imbal hasil yang tetap, stabil dan bisa Anda perkirakan.

Beberapa kelebihan di atas bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan membeli obligasi. Sebaiknya pertimbangkan juga bagaimana cara beli obligasi pemerintah yang Anda butuhkan. Apakah menggunakan aplikasi atau lainnya. Jika ingin membeli dengan mudah, sebaiknya Anda memanfaatkan aplikasi investasi yang sudah terjamin dan terpercaya.

sumber: https://www.istockphoto.com/id/foto/pria-asia-dewasa-mengepalkan-tangan-sambil-mencari-uang-yang-dipegangnya-gm1410292247-460545896


digibank by DBS, Aplikasi Terbaik yang Menyediakan Investasi Obligasi Pemerintah


Sebagai investor, Anda tentunya sangat memerlukan kemudahan dalam setiap melakukan transaksi investasi. Termasuk jika Anda ingin berinvestasi obligasi untuk menyiapkan dana pensiun yang akan Anda berikan pada orang tua. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS.

Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan investasi termasuk obligasi pemerintah. Selain beragam pilihan produk investasi, aplikasi ini juga memiliki beberapa keunggulan menarik, yakni:
  • Pembelian produk bisa dimulai dari Rp1 juta dan USD minimal $1000
  • Instrumen obligasi tersedia lengkap di pasar perdana dan sekunder
  • Semua proses transaksi menggunakan satu aplikasi

Sebelum terlambat atau menyesal di kemudian hari, yuk bersama-sama mempersiapkan dana pensiun. Dana pensiun tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan di hari tua. Lebih dari itu, manfaat dari dana pensiun adalah sebagai modal usaha ataupun mencegah orang tua terlantar. Maka, sebagai anak juga penting memberikan dana pensiun ini demi kesejahteraan orang tua di masa depan. 

Investasi obligasi pemerintah dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS adalah solusi terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun untuk orang tua. Selain memang beberapa fiturnya user friendly dan mudah dalam pengaplikasian. Investasi di sini juga terjamin keamanannya dan sangat bisa diandalkan dalam hal memperoleh keuntungan. 

Jadi, tunggu apalagi? Beli Obligasi pemerintah segera dan lihat kebahagiaan orang tua karena kebutuhan hidup tercukupi dengan berinvestasi. Informasi lebih lengkap tentang keunggulan investasi obligasi pemerintah bisa Anda cek di sini💙


Salam

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

1 komentar untuk "Berikan Dana Pensiun untuk Orang Tua Lewat Investasi Obligasi Pemerintah"