Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yoga Anak Berkebutuhan Khusus di Kalyani House of Wellness

Yoga adalah pilihan olahraga yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Sebagai gerak badan yang menggabungkan latihan fisik dan meditasi, pada umumnya tujuan latihan yoga adalah untuk berolahraga tanpa membuat badan merasa kewalahan. 

Latihan yoga yang mencakup olah pernapasan, meditasi, dan menjangkau sejumlah pose ini dirancang untuk menunjang relaksasi. Pikiran dibuat fokus pada latihan napas, dan diajak belajar sepenuhnya menerima diri. Sejumlah studi membuktikan, kombinasi antara latihan pernapasan, olah fisik, dan mental dalam yoga, akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Termasuk untuk Special Needs Kids atau Anak Berkebutuhan Khusus

Ya, yoga disarankan dilakukan Anak Berkebutuhan Khusus agar mereka bisa lebih fokus. Enggak itu saja, melakukan yoga secara rutin dan teratur bisa membantu mengendalikan gejala yang dialami para pengidap ASD, ADHD, Speech Delay dan lainnya.

Lalu, susah enggak ya bagi anak-anak ini melakukan yoga? Apakah tak sulit mengajarkannya? Melatih yoga anak-anak non-ABK saja enggak gampang apalagi pada anak-anak yang istimewa, ngajarinnya apa enggak susah tuh ya?

Pasti enggak mudah baik bagi trainer - anak maupun orangtuanya. Tapi mengingat manfaat yang bagus untuk mereka, maka treatment ini layak untuk dicoba.

Adalah Kalyani House of Wellness yang mengajarkan yoga untuk anak ABK dan Laksmi Krishnawaty yang menjadi trainer atau guru yoganya. Sebuah yoga edukasi untuk Special Needs Kids yang tak hanya mengajarkan gerakan yoga saja tapi juga muatan edukasi yang bermanfaat bagi anak-anak ini.

Lalu, apa saja manfaatnya dan bagaimana treatment-nya?

Yoga untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Kalyani House of Wellness

Manfaat Yoga untuk ABK

Mempunyai Anak Berkebutuhan Khusus tentu menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang tua. Tentunya butuh banyak hal tambahan yang mesti diperhatikan bagi mereka, termasuk dengan tumbuh kembangnya. 

Nah, beberapa tahun belakangan, para ahli menyarankan terapi yoga sebagai salah satu metode perawatan ABK. Mengingat banyaknya manfaat yoga untuk ABK, di antaranya:

1. Mengurangi Kecemasan

ABK dengan spektrum autis (ASD) seringkali berada pada ‘tegangan tinggi’ akibat respon tubuh terhadap stres yang  mengakibatkan kecemasan diri. Latihan yoga akan membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, sehingga mereka merasa rileks.

2. Meningkatkan Kesadaran Diri dan Keterampilan Gerak

Berbagai gerakan dalam yoga membantu anak mengenali bagian-bagian tubuh mereka sehingga bisa mengembangkan kesadaran diri dan kesadaran akan tubuhnya juga mengembangkan berbagai keterampilan motorik kasar.

3. Memberikan Konsistensi

Sesi mingguan ditunjang latihan harian di rumah bisa membantu membangun konsistensi di mana siswa mempelajari urutan yoga yang dilakukan dalam urutan yang sama juga urutan yang dimodifikasi untuk memberikan tantangan pada mereka.

4. Membantu Mengatur Emosi

Kesulitan mengekspresikan emosi dan berkomunikasi pada anak terdiagnosa ASD dapat muncul berupa cara berkomunikasi yang tidak tepat. Melalui kombinasi gerakan, musik dan latihan pada yoga wilayah otak yang mengelola emosi diaktifkan. Sehingga mengembangkan kesadaran emosional, juga mengajarkan mereka mengekspresikan emosi dengan cara yang sehat.

5. Membantu Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Perasaan rendah diri pada ABK bisa diatasi dengan mempelajari teknik menenangkan diri melalui pernapasan, gerakan dan meditasi agar anak dapat mengatur emosinya dan lebih percaya diri dalam lingkungan sosial. Gerakan dan pengembangan keterampilan motorik ini juga membuat anak tumbuh lebih percaya diri untuk dapat bergerak dengan nyaman dengan tubuhnya.
Yoga Anak Berkebutuhan Khusus

Yoga for Special Needs at Kalyani House of Wellness


Well, Laksmi Krishnawaty yang akrab dipanggil Ibu Lala ini, awalnya mengajar yoga untuk anak setelah mengikuti Yoga Teacher Training di mana anak-anak tak hanya diajarkan pose-pose yoga saja tapi juga apa intisarinya. Seperti, yoga itu respect each other juga respect teacher

Ibu Lala kemudian memutuskan fokus pada yoga untuk ABK karena belum banyak trainer yang mengambil spesialisasi ini mengingat mengajar Special Needs Kids itu butuh kesabaran ekstra dan kesungguhan luar biasa.

Menerima siswa pada range usia 4-15 tahun, Anak Berkebutuhan Khusus akan diajar secara one on one, bertempat di studio Kalyani House of Wellness. Mereka terdiagnosa, di antaranya Autis (ASD) dan ADHD yang sulit fokus dan maunya gerak terus. Sehingga perlu teknik tertentu pada saat kelas dengan menyalurkan energi berlebih mereka dengan gerakan-gerakan pemanasan. Dan jika sudah siap baru diajak yoga yang bermanfaat menstimulus sensorik dan motoriknya.

Karenanya jenis kelas adalah private class dan bukan grup mengingat per kasus harus ditangani secara individu. Oia, treatment baru akan dilakukan jika sudah ada diagnosa dari dokter anak terkait apa yang diderita si ABK, yaaa. Yang kemudian akan dilakukan konsultasi dan observasi untuk menentukan treatment-nya pada Yoga for Special Needs Kids dengan durasi @45 menit seminggu sekali.

Laksmi Krishnawaty

Yoga untuk ABK di Kalyani House of Wellness

Nah, karena Anak Berkebutuhan Khusus ini mengalami kesulitan dalam berkomunikasi maka pada saat mengajar trainer memakai media gambar, lagu, benda,...dan bukan suara. Di mana meski di awal akan ada kesulitan karena ABK biasanya tidak mudah didekati, tapi ketika sudah kenal dekat mereka bisa mudah curhat.

Dari sini akan nampak progress,  meski teteup sabar adalah koentji, karena ada saatnya anaknya memang enggak mau ngapa-ngapain saat kelas yoga, karena cuma ingin bercerita.

Well, sejatinya ada kisah di balik keputusan Ibu Lala mengambil pengajaran khusus untuk ABK. Bermula dari sekolah anaknya yang mengadakan kunjungan dan kegiatan relawan ke sebuah Sekolah Luar Biasa. Di sana ia mengusulkan mengadakan kegiatan yoga anak yang akhirnya hingga kini rutin dilakukan. Tentunya, didukung adanya guru pendamping di SLB yang bikin mudah trainer mengajar di sana. 

Dari situ Ibu Lala banyak belajar movement yang menstimulasi motorik tapi ringan dilakukan yang membuat Special Needs Kid merasa happy, mengingat otot mereka memang lebih lemah dari seharusnya.

Ibu Lala yang belajar dan merujuk pada kurikulum yoga edukasi di yogaed.com ini meyakini bahwa seperti anak lainnya, ABK juga bisa berolahraga yoga meski sebagai guru sabar dan pengertianlah yang jadi landasan. Juga, kerjasama orangtua untuk mendampingi dan membersamai anak-anak mereka dibutuhkan demi tercapainya progress yang diharapkan.

Memang yaa, enggak semua yoga trainer bisa mengajar yoga anak karena badan anak yang lebih rentan juga kemampuan anak yang mesti jadi pertimbangan. Maka guru dengan sertifikasi khusus yoga anak seperti yang dimiliki Ibu Lala ini mesti yang dipercayai.

Yoga untuk ABK di Kalyani House of Wellness
lantai(ruang) untuk Play Therapy

Kalyani House of Wellness Pilihan Tempat Yoga untuk ABK


Well, yoga bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat Special Needs Kids tetap aktif bergerak. Karena aktivitas fisik dapat melatih dan mengurangi hambatan-hambatan yang dimiliki para ABK ini. 

Karenanya Kalyani House of Wellness dengan trainer Ibu Laksmi Krishnawaty yang bersertifikasi yoga anak menawarkan Yoga private class for Special Needs Kids (ASD, ADHD, Speech Delay, Asperger -ringan) di studionya ysng berlokasi di Ruko Kebayoran Bisnis Square Blok kQ/D17, Bintaro, Tangerang Selatan.

Oia, Kalyani Houese of Wellness tak hanya menangani treatment yoga anak saja, yagesya, tapi juga ada Yin Yoga, Natural Body Movement, Konseling dan Divine Healing (meditasi, soundbathing, dan Art Therapi), Filial Play Coach Mentor, dan Play Therapy

Cuss, ke IG @kalyani_house_of_wellness untuk info lengkapnya...! Sehat dan selalu semangat!💗




Salam,

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

13 komentar untuk "Yoga Anak Berkebutuhan Khusus di Kalyani House of Wellness "

  1. Yepp setuju bgt, yoga baguuss utk anak2 ABK karena ada tetangga yg udah buktikan.
    Abis ngeyoga, bs cuss ngebakmi nih mbaaa 😁 lokasinya sebelahan

    BalasHapus
  2. Masyaa Allah. Yoga untuk ABK ini bisa banget ya untuk ABK. Jadi lebih fokus dan tenang.

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu ada yoga buat ABK. Yoga biasa aja udah banyak manfaatnya ya, apalagi memang dibikin khusus seperti ini. Biar terapinya semakin maksimal.

    BalasHapus
  4. Masya Allah bisa banget ya Kalyani ini bikin konsep untuk yang berkebutuhan khusus. Jadi ikhtiar orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk terus memberikan pengalaman baru bagi anak mereka.

    BalasHapus
  5. Di sana segala fasilitasnya mantab ya mba, semua ada, Kalau pengen jadi instruktur yoga anak belajarnya di mana ya?

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau ini bisa untuk ABK dan malah bagus buat treatment. Baru di Bintaro aja ya tempatnya. Berarti gerakan-gerakannya lebih simpel ya karena buat ABK. Instrukturnya mesti orang yang telaten ini. Bagusnya dia ngasih private jadi bener-bener diperhatikan tentu ini jadi nilai tambah.

    BalasHapus
  7. Sepertinya yoga sebagai terapi untuk anak ini masih sangat jarang ya Mbak. Saya pun baru tahu. Bagus sekali info ini untuk diinformasikan ke masyarakat luas. Memang gerakan-gerakan yoga menurut saya efektif untuk melatih menguasai emosi, ketenangan diri, dan masih banyak lagi. Keren Ibu Lala yang telah berinisiatif mendirikan tempat ini.

    BalasHapus
  8. Yoga memang punya banyak manfaat
    Nggak hanya bikin badan sehat tapi juga bisa menenangkan pikiran ya mbak
    Makanya pas juga untuk anak berkebutuhan khusus

    BalasHapus
  9. MasyaAllah tabarakAllah keren sekali misinya untuk membantu ABK dengan Yoga. Semoga segera buka cabang di seluruh kota-kota besar Indonesia ya

    BalasHapus
  10. Aku termasuk yang suka ngelakuin yoga tp baru tau kalau ini bisa buat ABK. Emang sih yoga tuh ngelatih pikiran dan tubuh biar lebih rilekss

    BalasHapus
  11. Yoga buat orang dewasa bikin nyaman baget di badan.. terasa gak pegel-pegel.
    Apalagi untuk anak special needs yaa...
    Aku pingin banget merutinkan yoga nih.. Agar badan bugar selalu, jadi gak gampang capek dan ngantuk.

    BalasHapus
  12. Luar biasa sabar nih Bu Lala mengajar yoga anak2 istimewa. Bagus ya untuk mengarahkan konsentrasi si anak, terutama bagi ADHD yang biasanya konsentrasinya mudah terpecah.

    BalasHapus
  13. Bisa jadi salah satu metode terapi juga yoga ini ya Mbak. Semoga banyak memberi manfaat ke depannya.

    BalasHapus