Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku: Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner

'Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner' demikian judul buku karya Anton Kurniawan, S.Sos., teman baik saya saat sama-sama bekerja di McDonald's Indonesia. Beliau dulu, senior dan trainer saya yang telah berpengalaman sebagai profesional pada beberapa brand nasional dan internasional yang kini membuka bisnis sendiri dan aktif di berbagai kegiatan sosial.

Buku yang mengupas tuntas bisnis kuliner yang terbukti kuat dalam menghadapi krisis-krisis yang terjadi di dunia. Ditulis berdasarkan pengalaman latar belakang pekerjaan dan pendidikan di McDonald's Indonesia dan Burger King, penulis berbagi sistem, metodologi dan penerapan dalam operasional yang dituangkan di buku ini. 

Enggak itu saja, buku 'Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner' setebal 100 halaman ini juga dilengkapi dengan file excel yang berisi langkah-langkah berdasarkan teori dan perhitungan-perhitungan manajemen bisnis.

Beneran, lengkap dan mantap!

Nah menariknya lagi, saya berkesempatan ngobrol sendiri dengan penulis buku saat Oktober lalu di Bali. Selain gosipin masa lalu, kami bertiga dengan satu bestie lagi, Sandri, ngobrolin seputar buku yang pas dibaca oleh semua terutama pemula bisnis kuliner ini. 

Karena, buku berisi langkah-langkah dasar membangun bisnis kuliner yang mudah untuk diterapkan dalam mengendalikan penjualan, membangun sistem, mengantisipasi risiko dan penciptaan kestabilan bisnis sehingga akan mudah dalam mengembangkan bisnis kuliner.

Review Buku: Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner


Tentang Cara Memulai Bisnis Kuliner dan Mengembangkannya

Well, setiap orang butuh makan, karenanya usaha di bidang makanan enggak akan mati sampai akhir zaman. Apalagi dengan berkembangnya teknologi, dan berubahnya gaya hidup, menjadikan masyarakat enggak lagi memasak sendiri masakannya, tapi membeli jadi, baik datang sendiri maupun pesan lewat delivery.

Kulineran enggak hanya jadi kebutuhan untuk memenuhi asupan makanan tapi juga jadi kegiatan wisata bersama teman, kesayangan, maupun keluarga sehingga menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Demikian Anton Kurniawan yang aktif di komunitas Tangan Di Atas (TDA) dan menjabat sebagai presiden di www.pesantrendigital.or.id ini, membuka bukunya dengan apik melalui Overview Bisnis Kuliner, yang bisa dibedakan menjadi 2 pola, yakni:

  1. Menciptakan produk sendiri
  2. Mengikuti tren kuliner
Kemudian, penulis jebolan Fakultas Ilmu Administrasi Niaga spesialisasi Manajemen Keuangan, Universitas Brawijaya ini mengupas lebih jauh tentang: Menentukan Produk, Validasi Produk, Menentukan Harga Jual, dan Menentukan Harga BEP. 
Kesemuanya ada di buku 'Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner' dan disertai penjelasan yang rinci plus contoh perhitungan sehingga bisa dijadikan acuan bagi pembaca untuk melakukan riset usahanya sendiri.

Enggak itu saja, penulis yang bergabung di McDonald's Indonesia sebagai Management Trainee pada 1999 ini hingga berhenti pada 2007 ini, juga menjelaskan cara melakukan Studi Kelayakan Lokasi yang perlu dijalani untuk meminimalisir 'risiko kerugian' yang mungkin akan terjadi.

Setelah ada Feasibility Study, penulis yang saat bekerja di McDonald's Indonesia pernah mendapat kesempatan belajar di Hamburger University di Charlie Bells School of Management, New South Wales, Sidney, Australia ini menjelaskan langkah berikutnya terkait Sales dan Marketing Bisnis Kuliner, Perhitungan Investasi, dan Membuat Laporan Rugi Laba.

Lalu, penulis yang setelah dari McDonald's Indonesia dengan posisi terakhir Call Center Manager yang menangani McDonald's Delivery seluruh Indonesia, bekerja di Burger King dengan posisi terakhir sebagai Multi Unit Manager (membawahi 3 store BK di Jakarta) ini, mengulas tentang Business Model Canvas. Sebuah alat yang digunakan untuk membantu memahami sebuah model bisnis dengan cara lebih praktis.

Buku: Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner
Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner


Branding, Operation Management, Problem Solving dan Pengembangan Bisnis 

Next, buku 'Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner' yang ditulis atas dasar tergeraknya hati penulis untuk ikut membantu mengembangkan kuliner Nusantara hingga sampai ke mancanegara mengingat banyaknya sumber daya kuliner di Indonesia ini, mengulas soal Branding. 

Di buku 'Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner' ini Branding dijelaskan plus disertakan worksheet lengkapnya.

Selanjutnya, Anton Kurniawan yang pernah juga bergabung pada PT. Ningrat Muda Mandiri yang punya beberapa unit usaha pun mendirikan Call Center yang melayani delivery service berbagai merek seperti: McDonald's, KFC, JCO, Bread Talk, Richeese Factory, Yoshinoya dan lainnya, mengulik tentang Pengelolaan Karyawan yang memang diperlukan sejak awal operasional.

Sebab, setelah bisnis berjalan, lebih lanjut diperlukan ilmu untuk pengelolaan operasional restoran dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, dan seterusnya. Plus contoh masalah beserta penyelesaiannya yang kerap muncul saat menjalankan usaha dan Pengembangan Bisnis yang bisa dilakukan nantinya.
Aseliii, penjelasan di buku ini to the point sehingga mudah dipahami pembacanya. Tak heran jika langkah-langkah yang disebutkan di buku bakal memudahkan pembaca dan calon enterpreuneur yang belum memulai bisnis kuliner ataupun yang sudah menjalankan bisnis kulinernya.

Dari buku 'Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner', pembaca juga akan tahu angka kuantitatif yang bisa jadi patokan dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang ada. Juga mengantisipasi dan menyiapkan solusi untuk menghindari kerugian tanpa rasa takut memulai dan mengembangkan bisnisnya.

Tak heran jika buku yang rencananya akan disusul oleh buku tentang membangun bisnis kuliner dan menjalankannya bersama team ini banyak diminati. 

Apalagi didukung bisnis yang saat ini dimiliki penulis, Zoom Training System Developer (www.zoomtraining.id) yang membantu dan mendampingi beberapa perusahaan dalam membangun Training System. Juga bisnis lainnya, jasa penjurnalan Akuntansi (www.akuntanprivat.com) yang membantu perusahaan dalam menata system akuntansi, di mana kedua usaha tergabung dalam PT. Angkasa Nuansa Terang.

Gimana? Penasaran baca juga? Atau ingin konsultasi bisnis dengan penulisnya?

Hubungi saja Anton Kurniawan S.Sos yang saat ini berdomisili di Bali yang bersama team pernah mendampingi bisnis UMKM: Optik Sekar, Roti Bakar Raponggi, Marzi Kreasi, Q Media, Wistara Family Cafe, DND Printing, dan lainnya. Dan kini sedang mendampingi bisnis kuliner: ACK Fried Chicken, Mie Sakera, dan Mustawa Family Cafe di Malaysia.

Buku bakal menambah wawasan kita utamanya yang ingin berbisis kuliner dan ingin membangun merek kuliner yang kuat hingga menembus pasar dunia! 

Yuk, miliki dan baca bukunya!💙


Salam Semangat

Dian Restu Agustina




 



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

19 komentar untuk "Review Buku: Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner"

  1. Menarik banget kayaknya buku ini, apalagi ditulis olah praktisi langsung di bidangnya. Pasti bisa bermanfaat untuk para pelaku kuliner pemula.

    BalasHapus
  2. Buku ini menarik
    Cocok dibaca bagi yang ingin mengembangkan bisnis kuliner
    Pasti tipsnya bisa mudah diterapkan
    Karena berasal dari yg punya pengalaman secara langsung ya mbak

    BalasHapus
  3. Kalau tips tips gini kayaknya aku bakal susaaah selesainya wkwk, karena gatel kalo ngga dipraktekkin atau dictetin gitu ga sih mba? hihi.. keren sih bukunyaa, mudah2an yg baca buku ini semakin berkembang bisnisnyaa

    BalasHapus
  4. Strategi memulai bisnis yang dikhususkan pada kuliner ini memang gak mudah dan pastinya ada tantangan tersendiri. Dari mulai membuat semuanya otentik dan gak mudah dimodifikasi brand lain sampai nilai pluas yang harus dimiliki agar menemukan customer loyal, semua di bisnis pasti dipelajari teknik-tekniknya ya.. Mantep banget buku karya Anton Kurniawan, S.Sos "Cara Mudah Memulai dan Mengembangkan Bisnis Kuliner".

    BalasHapus
  5. Prospek bisnis kuliner memang bisa dibilang nggak bakal ada habisnya ya, Kak. Buku ini pasti bermanfaat sekali untuk para entrepreneur. Sukses selalu.

    BalasHapus
  6. Wah mbak Dian pernah kerja di Mcd? Jd inget bunda corla. Wkwkwk
    Btw, aku paling demen baca buku tips atau seputar trik yg ditulis langsung oleh praktisi kaya Pak Anton ini. Pastinya ilmu yg dituangkan bener2 sesuai teori dan prakteknya

    BalasHapus
  7. Saya pernah baca artikel tentang kuliner yang mengatakan kalau bisnis kuliner bukan hanya soal rasa, tapi kejelian membidik pangsa pasar. Rasa makanan boleh standar, tapi kalau pemasarannya tepat maka hasilnya bisa maksimal. Semoga buku karya Pak Anton ini bisa menjadi acuan bisnis kuliner dengan rasa makanan maksimal dan strategi pemasaran maksimal juga ya, Mbak. Supaya hasilnya seimbang.

    BalasHapus
  8. Wow lengkap banget isi bukunya. Aq forward ke temenku yang mau buka bisnis kuliner ah

    BalasHapus
  9. Lengkap dan sangat menarik sekali bukunya. Cocok nih buat yang mau buka usaha kuliner

    BalasHapus
  10. Buku selalu jadi inspirasi terbaik untuk memulai sesuatu. Apalagi di bidang kuliner. Jadi bisninya terarah

    BalasHapus
  11. Penting ada buku semacam ini, soalnya aku juga suka nonton 'kitchen nightmare ' dimana Gordon Ramsay bantuin resto2 ga laku, dan mereka rata2 bermasalah di pengelolaan operasional.

    BalasHapus
  12. Keren nih bisa ngobrol langsung sama penulisnya. Biasanya bakal lebih meresap intisari buuu yang dibaca kalau ngobrol sama penulisnya langsung. Apalagi ini tentang membangun bisnis kuliner yang saat ini juga lagi booming

    BalasHapus
  13. Pengen punya usaha kuliner tapi ngeri-ngeri sedap haha. Mungkin cuma usaha kuliner aja ya ga sampai bisnis selama ini yang kulakukan

    BalasHapus
  14. Menarik banget ini bukunya yaaa. Bisa jadi rekomendasi buat temen-temen yang menjalani bisnis kuliner. Pada prinsipnya memang bisnis kuliner gak hanya sekadar bikin makanan dan minuman tapi juga jualan, pemasaran, branding, dan sebagainya. Perlu belajar dari yang pengalaman.

    BalasHapus
  15. Menarik dan lengkap banget isinya, rekomen banget ya mba bagi mereka yang ingin terjun ke bisnis kuliner. Penulisnya juga sangat berpengalaman dibidangnya kece nih.

    BalasHapus
  16. bisnis kuliner kalau dari luar memang terlihat menggiurkan tapi sebenarnya penuh tantangan ya, mbak . nggak sedikit yang awalnya booming tapi lama-lama sepi karena mungkin bukan jenis makanan yang selalu dicari orang dan riset produknya kurang

    BalasHapus
  17. Menarik nih buku, cocok dijadiin referensi buat mulai bisnis kuliner, semoga kedepannya bisa jg aku.y

    BalasHapus
  18. Ada triknya tersendiri ternyata kalau mau membangun bisnis kuliner. Disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami gini bakal bikin lebih mudah untuk dicoba oleh para pebisnis yang ingin mencoba usaha kuliner.

    BalasHapus
  19. Wah menarik mba review bukunya. Mau aku share ke temenku yang punya bisnis kuliner ah. Siapa tahu bakal baca dan dapat banyak insight

    BalasHapus