Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALBAFEST 2022 “Achievements Towards Wonderful Things”

SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama di Jakarta Barat yang konsisten mengembangkan potensi murid-muridnya baik di bidang intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. 
Di antaranya, SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan secara berkesinambungan mengadakan agenda tahunan, yaitu ALBAFEST (Al Azhar 10 Kembangan Festival) yang diselenggarakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan.
Melalui ALBAFEST, SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan memberi kesempatan bagi murid untuk mengadakan kegiatan yang bersifat positif sebagai ajang membekali pengalaman untuk masa depan. 

Mereka bisa menuangkan ide-ide acara lewat pameran seni, pertunjukan musik dan drama, menampilkan kebolehan bermain alat musik, menari, menyanyi, unjuk prestasi di bidang olahraga dan lainnya. 
Tentu mewadahi potensi siswa-siswi melalui kegiatan seperti ini perlu karena merekalah nanti calon penerus bangsa yang akan menjadi atlit basket, musisi, koreografer, dokter, guru, blogger/penulis buku/editor freelance (seperti teman saya Mba Triani Retno), gamer, youtuber, programmer, tentara, polisi, politisi dan lainnya.
Tak heran, gelaran ini selalu ditunggu-tunggu oleh siswa, apalagi selama pandemi 2 tahun berturut-turut ALBAFEST ditiadakan sementara. Sehingga penyelenggaraan ALBAFEST 2022 kali ini pun petjaaah dan sukses luar biasa!




Tujuan Penyelenggaraan ALBAFEST 2022

Nah, ALBAFEST diselenggarakan dalam rangka mengembangkan kreativitas dan kemampuan para murid di antaranya bidang seni, bahasa dan olahraga. 

Dengan demikian, mereka dapat berpartisipasi, menjalin persahabatan, dan meningkatkan kreativitas, serta mengeksplorasi bakat dan kemampuannya. Serta sekaligus menjadi ajang persahabatan antar Sekolah Menengah Pertama di Jakarta pada umumnya dan Jakarta Barat pada khususnya. 

Sedangkan terkait tujuan, penyelenggaraan kegiatan ALBAFEST 2022 ini dimaksudkan sebagai: 
  1. Wadah untuk menggali bakat dan potensi yang dimiliki para pelajar SD dan SMP dalam bidang bahasa dan seni
  2. Mempererat tali silaturahmi 
  3. Memperkenalkan SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan
  4. Mengembangkan minat dan bakat para peserta dalam bidang olahraga
  5. Mengembangkan minat dan bakat para peserta dalam bidang kesenian
  6. Meningkatkan semangat berkompetisi dan berprestasi

Sementara untuk sasaran kegiatan dari penyelenggaraan ALBAFEST 2022 adalah: Murid-Murid SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan, Murid-Murid Sekolah Dasar se-Jakarta, dan Murid-Murid Sekolah Menengah Pertama se-Jakarta.
Oia, sebagian besar panitia adalah siswa kelas 9 karena helatan ALBAFEST ini memang ditandai sebagai kegiatan angkatan. Nah, lulusan tahun 2022 ini angkatannya bernama GAVENIXXA yang merancang acara dengan bimbingan Bapak Ibu Guru pastinya.






Pembukaan dan Perlombaan ALBAFEST 2022

Nah, rangkaian helatan ALBAFEST dimulai dari acara Pembukaaan pada hari Jumat, 18 November 2022 bertempat di SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan, yang dimeriahkan dengan penampilan peserta ekstrakurikuler Panahan, Al Azhar Seni Bela Diri (ASBD) dan Seni Tari.
Ekskul Panahan adalah ekskul mandiri yang bisa diikuti oleh semua siswa yang berminat dan diadakan setiap hari Rabu sepulang sekolah. Sedangkan ekskul ASBD adalah ekskul wajib yang diikuti oleh semua murid dengan jadwal setiap hari Rabu pagi bergantian dengan ekskul wajib lainnya, yakni Pramuka. Sementara Seni Tari bisa diikuti oleh siswi yang berminat dalam bidang ini. 

Oia untuk penampilan ekskul lainnya ada di acara penutupan yang juga tak kalah meriahnya.

Nah, keseruan acara pembukaan ALBAFEST ini disaksikan oleh semua murid kelas 7, 8 dan 9, Guru,  Pengurus Jam'iyyah Al Azhar 10 Kembangan dan undangan. 

Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan pembuka yang mengawali serangkaian perlombaan yang dilaksanakan dari hari Jumat sampai Sabtu, 18-26 November 2022 untuk tingkat SD dan SMP dengan lomba sebagai berikut ini:
  • Lomba Murotal SD, SMP 
  • Lomba Story Telling SD 
  • Lomba Baca Puisi SD, SMP 
  • Lomba Futsal SD, SMP 
  • Lomba Basket SMP 
  • Lomba E-Sport SMP 
  • Try Out SD
Di antara lomba tadi yang paling heboh tentu Futsal dan Basket. Masing-masing tim peserta membawa supporter sehingga pertandingan berjalan meriah tapi tetap amaaaan karena semua menjunjung sportivitas. Sampai ada yang bawa peralatan marching band dengan yel-yel untuk menyemangati timnya yang sedang bertanding. 

Rameee pokoknya!





Penutupan ALBAFEST 2022

Enggak terasa keseluruhan perlombaan berakhir dengan lancar jaya. Kegiatan pun diakhiri dengan acara Penutupan ALBAFEST yang berlangsung pada hari Sabtu, 26 November 2022 di tempat yang sama, yang dimeriahkan dengan penampilan Pentas Seni dan Selebrasi P5 (Projek Penguat Profil Pelajar Pancasila) murid-murid SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan.
Tak heran gelaran penutupan yang dihadiri oleh murid, guru, orang tua murid, alumni beserta undangan ini berlangsung meriah sekali.

Hadirin bisa menyaksikan Selebrasi P5 yang ditampilkan oleh murid-murid kelas 7 pada anjungan bertema budaya Betawi, Aceh, Jawa Barat dan Jawa Tengah yang bertempat di aula. Di sini tak hanya setting tempat saja yang dihias sesuai daerah yang diwakili tapi juga dilengkapi pakaian adat dikenakan siswa-siswi. 

Tak hanya itu ada sajian makanan/minuman khas yang bisa dicicipi pengunjung for free. Juga yang paling unik ada penampilan budaya berupa adat lokal daerah seperti Upacara Palang Pintu dari Betawi. Senangnya melihat penampilan anak-anak kelas 7 yang mengingatkan semua akan keanekaragaman budaya Indonesia.

Kemudian setelah dari aula, pengunjung bisa menikmati pameran seni karya murid-murid kelas 9 di ruangan kelas mereka. Ada kelas 9A, 9B, 9C dan 9D yang masing-masing unjuk kebolehan dengan tema out of the box nya. 

Ada yang mengambil setting Harry Potter, Crime Investigation, dan lainnya. Unik dan menarik!

Nah, capek berkeliling, pengunjung ALBAFEST yang kali ini bertema 'Achievements Towards Wonderful Things' ini, bisa mencoba aneka produk yang ditawarkan di bazaar yang diadakan di lapangan sekolah. Ada makanan/minuman yang dijual dengan harga terjangkau dan mantap rasanya. 

Kelar jajan bisa menyaksikan penampilan kesenian daerah, serta pertunjukan seni dan drama persembahan dari murid-murid kelas 7, 8, 9, alumni, dan undangan di panggung pagelaran yang disediakan. 

Aseliiii, ada yang akting dramanya bikin ngakak habis, tariannya kompak bikin terkagum-kagum, juga ada penampilan band yang sudah terlihat seperti musisi profesional...Keren-keren pokoknya! 
Oh ya, di acara yang sama diumumkan juga para pemenang perlombaan sekaligus penyerahan hadiah berupa piala dan uang pembinaan bernilaian jutaan rupiah. Seluruh peserta ALBAFEST memang diundang pada acara Penutupan ini yang juga dihadiri orang tua murid kelas 7, 8 dan 9.




Penampilan Guest Star Band 'Reality Club'

Kemudian keseruan ALBAFEST 2022 dipuncaki oleh penampilan istimewa dari Guest Star band 'Reality Club' yang membawakan lagu-lagu hits mereka seperti: Never Get Better, Tell Me I'm Wrong, Anything You Want, dan lainnya. 

Senangnyaaa melihat kekompakan siswa-siswi bernyanyi bersama idola mereka. Barisan emak-emak di kursi penonton pun ikut bergoyang terbawa suasana, kalau enggak ingat umur dah maju aja mendekati penggung tuh saya hahaha
Akhirnya seluruh rangkaian kegiatan ALBAFEST 2022 SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan sukses dilaksanakan. Semoga kegiatan ini membawa manfaat khususnya bagi murid-murid SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan dan bagi pihak yang terlibat pada acara serta masyarakat pada umumnya. 
Sampai jumpa pada ALBAFEST berikutnya!💕

Reality Club



Salam

Dian Restu Agustina





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

15 komentar untuk "ALBAFEST 2022 “Achievements Towards Wonderful Things”"

  1. Sekolah al-Azhar nih topp markotoopp ya mbaaa
    Selalu punya terobosan utk bikin muridnya berani tampil dan berkarya.
    Superrr love 😆👍

    BalasHapus
  2. keren nih, al azhar. mungkin nanti putriku akan aku masukkan ke sekolah ini saat SMP nanti. semoga yang di semarang punya kualitas enggak kalah bagusnya.

    BalasHapus
  3. Wuihhh sekolah idaman nih Al Azhar. Keren ya kegiatannya, dan meriah banget. Anak-anak juga happy banget tuh bisa ikutan kegiatan ALBAFEST setelah 2 tahun nggak ada karena pandemi pula.
    Suka banget deh sama sekolah yang selalu mengfasilitasi muridnya untuk berkarya lebih dari sekadar belajar pengetahuan umum saja

    BalasHapus
  4. Anak saling berkompetisi sambil unjuk gigi. Emak-emak gak kalah ngasih dukungan agar anak berani tampil percaya diri di depan umum . Albafest Al Azhar dinantikan tahun depan

    BalasHapus
  5. Al Azhar emang visioner ya?
    Anak sulung saya pernah sekolah di Al Azhar Cirebon
    Sayang gak ada cabang Al Azhar Bandung
    Padahal gelaran seperti Albafest sangat bermanfaat untuk mempersiapkan anak di masa depan

    BalasHapus
  6. Takjub saya sekolah dasar swasta di kota keren banget semua kegiatan dan fasilitasnya ya. Tak heran bayarannya mendekati bayaran anak kuliah di kampung saya. Kalau saya, pasti tak sanggup. Membayangkan sekolah SD anak saya, jauh diujung langit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini SMP Mbak, bukan Sekolah Dasar (SD), saya berkali-kali menyebutkan di artikel.

      Hapus
  7. Event yang punya visi dan misi yang luar biasa. Jenis kegiatannya pun sangat beragam. Seneng deh lihat ALBAFEST ini. Anak-anak diajak menyentuh kegiatan non-akademis diluar tugas dan tanggung jawab sehari-hari mereka sebagai pelajar. Mereka juga diajak menggali bakat dan kemampuan yang mungkin saja masih tersembunyi dan belum terangkat ke permukaan. Seneng ya Mbak, melihat anak-anak hidupnya seimbang.

    BalasHapus
  8. Banyak banget manfaatnya ya, mbak.
    Salah satunya mempererat silaturahmi. Supaya ngga ada geng-gengan di sekolah.
    Saya termasuk kurang suka kalo ada satu geng yang mendominasi apalagi untuk ajang unjuk kekuasaan

    BalasHapus
  9. Lewat kegiatan Alfabest ini bisa melahirkan kreativitas para siswa. Mereka bisa main musik, akting dan sebagainya. Jadinya tuh sekalian tahu juga nantinya, bakar mereka ke arah mana yang saat dewasa nanti bisa disalurkan ketika bekerja

    BalasHapus
  10. Wah, keren banget sekolahnya. Ada ekskul panahan ama basket juga. Pasti bakalan seru nih pas pertandingan. Jadi makin banyak anak2 yang terasah bakatnya ya

    BalasHapus
  11. Kalau ada makanan free aku kyknya ya bakal semangat wkwk. Seru banget acara sekolahannya jadi anak2 gak bosan cuma belajar yaa.Lomba2nya juga banyak ya mbak jadi bisa menggali bakat terpendam murid nih :D

    BalasHapus
  12. acaranya keren banget, gak heran karena sekolahnya juga keren, al azhar gitu loh, semua orang sudah tahu kualitasnya seperti apa

    BalasHapus
  13. Keseruan gelaran acara ALBAFEST 2022 membuat semua orangtua dan murid turut berpartisipasi sehingga bisa mendekatkan hubungan sekolah kepada orangtua dan sesama orangtua juga saling mengenal. Suka banget dengan panggung yang disajikan di sepanjang ALBAFEST 2022 dan kulinernya, heheh..

    BalasHapus
  14. Saya suka dan apresiasi untuk bapak/ibu guru dan siswa yang mengadakan helatan ALBAFEST di SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan, Jakbar.

    Dalam acara itu, banyak sekali kesenian daerah, musik, dan beberapa kearifan lokal dan budaya Indonesia yang ditampilkan.

    Dengan acara ini juga pastinya akan membangun karakter pelajar yang cinta terhadap Tuhan-Nya, tanah air, pancasila, dan juga budaya bangsa...

    Makasih kak artikelnya yang keren dan sangat bermanfaat ini.

    BalasHapus