Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Kaget! 4 Cara Atur Uang THR Anak Makin Berkembang

Momen hangatnya kebersamaan di Hari Raya Idul Fitri, menjadi kesempatan bagi orangtua di rumah untuk memberikan rezeki kepada keluarga ataupun sanak saudara yang hadir. Namun, mendapatkan THR dalam jumlah banyak membuat anak merasa mampu membeli apa saja. Nah, buka rekening online menjadi solusi untuk mengajarkan anak menabung.

Well, bagi-bagi rezeki atau biasa disebut Tunjangan Hari Raya (THR) memang menjadi hal yang tak boleh ketinggalan untuk dilakukan. Ada cara mudah untuk menyimpan uang THR agar tidak cepat habis, yaitu dengan cara buka rekening online.

Setiap orangtua pasti ingin menanamkan kebiasaan berhemat pada anaknya, agar anak tidak menghamburkan uang untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Tidak hanya mengajarkan anak untuk berhemat, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk mengelola keuangan dengan cara buka rekening online.

Cara Atur Uang THR Anak Makin Berkembang
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-uang-memegang-dompet-8719571/


Tips Mengatur Uang THR Anak dengan Buka Rekening Online


Tidak sulit mengajarkan pada anak untuk mengelola uang THR-nya. Namun, pada tahap awal Anda perlu memberikan pengertian tentang pentingnya belajar mengelola keuangan demi memiliki masa depan yang cerah. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur uang THR anak agar semakin berkembang, antara lain :

1. Membiasakan Anak untuk Menabung

Kebiasaan pertama yang perlu ditanamkan pada anak adalah menabung. Sekarang ini ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak menabung. Anda bisa buka rekening online atas nama anak untuk membuka rekening tabungan.

Sehingga Anda tidak perlu antri ke bank, dan semua bisa dilakukan dari rumah. Kebiasaan menabung tersebut akan membuat anak terbiasa untuk berhemat dan tidak boros dengan uang yang dimilikinya.

2. Membeli Barang yang Dibutuhkan Saja

Belajar mengelola keuangan pada anak bisa Anda lakukan dengan membeli barang-barang yang dibutuhkan saja. Contohnya, untuk membeli perlengkapan sekolah, pakaian atau makanan dan minuman favorit anak.

Kebiasaan membeli barang dengan menggunakan uang sendiri mengajarkan pada anak untuk menghargai dan menjaga barang miliknya. Pasalnya, anak merasa barang tersebut didapatkannya dari uang sendiri.

3. Menanamkan Kebiasaan Bersedekah

Kebiasaan bersedekah tidak hanya ditanamkan pada bulan Ramadhan saja. Anda bisa mengajarkan pada anak untuk bersedekah kapan saja. Ajarkan pada anak untuk berbagi pada orang yang kurang mampu.

Dengan membagi sebagian rezekinya pada orang yang kurang mampu akan mengajarkan pada anak untuk menunjukkan kepedulian pada sesama. Apalagi sekarang ini kebiasaan bersedekah bisa dilakukan secara online.

Anda hanya perlu mendaftarkan akun pada badan atau lembaga pengelola sedekah, lalu mengirimkan uang sedekah melalui transfer. Untuk mengirim uang sedekah tersebut juga tidak perlu datang ke bank, Anda hanya perlu buka rekening online dan semua bisa dilakukan melalui ponsel.

4. Dampingi Anak Dalam Mengelola Keuangan

Penting sekali untuk mendampingi anak dalam mengelola keuangan. Berikan saran serta arahan untuk mengetahui apa saja barang-barang yang mereka butuhkan. Tujuannya agar anak bisa belajar membuat rencana keuangan yang baik. Sehingga anak menjadi semakin terarah serta bisa terhindar dari kebiasaan konsumtif.

4 Cara Atur Uang THR Anak Makin Berkembang
sumber: https://www.freepik.com/free-photo/cute-asian-little-girl-playing-with-coins-making-stacks-money-kid-saving-money-into-piggy-bank-into-glass-jar-child-counting-his-saved-coins-children-learning-about-future-concept_14779206.htm#query=Keuangananak&position=0&from_view=search&track=ais?log-in=google

Kelola Keuangan Anak dengan Menggunakan Digital Banking by DBS


Saat ini, Anda bisa mengelola keuangan anak dengan menggunakan digital baking by DBS. Cara buka rekening online sangat mudah, Anda hanya perlu membuat akun pada aplikasi yang bisa diunduh melalui playstore.

Era digital memang memberikan banyak kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk untuk buka rekening.

Kemudahan ini semakin bisa dirasakan manfaatnya, karena tidak hanya bisa dilakukan untuk orang dewasa saja. Sekarang Anda juga bisa membantu anak-anak dengan buka rekening online melalui Aplikasi digibank by DBS yang bisa dilakukan hanya menggunakan ponsel saja.

Jika Anda bingung menemukan cara untuk melakukannya, Anda bisa mengunjungi website resmi untuk menemukan panduannya. Dengan melakukan cara ini, uang anak Anda akan menjadi aman dan tidak habis dibelanjakan barang-barang yang tidak perlu.

Bukankah masa depan yang baik berasal dari pengelolaan keuangan yang baik pula? Maka Aplikasi digibank by DBS memberikan kemudahan layanan untuk penggunanya.

Uang hasil THR yang telah dikumpulkan anak Anda bisa simpan sebagai tabungan pendidikan untuk masa depan. Jika hal ini dilakukan, tentu akan lebih bermanfaat jika dibandingkan membiarkan anak membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang yang tidak perlu secara berlebihan.

Jika usia anak sudah cukup besar, Anda mulai bisa mengajarkan pada anak untuk mulai berinvestasi. Contohnya seperti Reksadana. Fasilitas yang disediakan oleh Aplikasi digibank by DBS tersebut juga bisa dicadangkan penggunaannya untuk biaya pendidikan di masa yang akan datang.

Uang yang putar kembali dengan memanfaatkan berbagai ragam jenis investasi dengan peluang cuan tinggi serta fitur pengelolaan keuangan yang membuat anak Anda belajar untuk merencanakan masa depannya.

Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, antara lain:

  • Transaksi lengkap mudah dan aman
  • Tersedia kemudahan dalam investasi dan asuransi
  • Tersedia kartu kredit dan pinjaman

Menarik sekali bukan, keunggulan yang dimiliki Aplikasi digibank by DBS tersebut? Tunggu apa lagi? Segera percayakan pengelolaan uang yang dikumpulkan dari hasil THR anak Anda pada Aplikasi digibank by DBS. Selain untuk tujuan penghematan, anak juga belajar untuk mengelola keuangannya dengan cara berinvestasi.

Sehingga uang THR anak tidak akan berkurang tapi akan semakin berkembang. Cukup dengan buka rekening online, maka anak Anda juga akan mendapatkan kemudahan untuk mengontrol keuangan. Sedangkan untuk detail penjelasan produk bisa anda dapatkan melalui link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page.💗


Salam Semangat

Dian Restu Agustina







Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

10 komentar untuk "Jangan Kaget! 4 Cara Atur Uang THR Anak Makin Berkembang"

  1. Sampe ada jokes ya kak Dian, habis hari raya anaknya lebih kaya ketimbang anaknya. 😁
    Bahkan anak-anak kadang udah pake list belanja apa aja yang mau dibeli. Mhhh jadi konsumtif sekali karena kaya mendadak.
    Pilihan terbaik memang langsung diajak menabung. Salah satunya digibank by DBS

    BalasHapus
  2. Aku juga udah punya niatan kalau nanti anak sudah agak besar bakal tak ajarin nabung dan tak buatkan rekening. Biar dia semangat plus nggak boros, apalagi bentar lagi lebaran, bakal panen angpau. hihih

    BalasHapus
  3. Sebentar lagi udah mau lebaran ya Mba Dian, sudah mulai itung-itung niy uang THR buat para keponakan dan bisa juga dengan membuka tabungan seperti ini ya untuk mengajarkan tentang finansial ke mereka

    BalasHapus
  4. Baca ini langsung auto ingat bentar lagi Ramadhan dan Lebaran. Hahaha. Gak terasa aja ya Mba Dian. Putri saya masih 6 tahun, tapi dia alhamdulillah sudah saya buatkan rekening sendiri. Tiap bulan nabung. Tiap ada uang dikasih om tante atau nenek kakeknya, sebagian dimasukin tabungan, sebagian dibeliin mainan. Hahaha. Dia udah mulai diajarkan manajemen finansial sesuai tingkatan usia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah idem...
      Anak sulung saya juga udah saya buka kan rekening sendiri. Isinya yang kebanyakan bersumber dari uang thr dan uang hasil salam tempel pas dia khitan kemaren. Panen besar dia.
      Malah katanya pengen sunat lagi biar dapat duit banyak lagi kwkwkwkwkwkwkkw
      Gak ingat dia gimana jeritannya kemaren tu

      Hapus
  5. Betul sekali apalagi sebulan lagi lebaran ya mbaaa....siap2 mengatur tabungan dan angpau anak2 untuk dimasukkan tabungan

    BalasHapus
  6. Aah iya, sekarang anak sudah bisa diajak menabung dan mengelola keuangannnya melalui digital bank ya. Ortu harus update nih.

    BalasHapus
  7. Pas banget ini Mbak, pas menjelang anak-anak dapat THR. Kalau aku dulu THR-ku itu tak investasikan pada ibuku. Buat tambahan modal jualan baju. Tapi nantinya kalau ibuku habis belanja baju, aku milih-milih kalau ada yang suka diambil. Haha


    Pernah juga dibelikan cincin tapi habis itu kukasih ke Ibu lagi, dah jual aja cincinnya buat tambah modal.

    BalasHapus
  8. Asik nih, DBS bikin tabungan untuk anak anak.. jadi nggak bingung kalau dapat uang THR simpan ke mana.. salah salah malah dipakai utnuk keperluan lain

    BalasHapus
  9. Bener banget ini, THR anak juga bisa diarahkan ke investasi yang bermanfaat untuk kebutuhan yang lebih besarnya nanti di kemudian hari ya Mbak, misalnya untuk pendidikan, membeli PC baru, dan pastinya masih banyak lagi.

    BalasHapus