Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursi Kantor Terbaik untuk Cegah Risiko Kesehatan Akibat Posisi Duduk yang Buruk

Kursi kantor terbaik, adalah barang yang sedang saya cari beberapa hari ini di marketplace kesayangan. Saya cek satu persatu produknya, lalu mendiskusikan spesifikasinya dengan suami saya. Yup, kursi kantor terbaik ini rencananya memang untuk dipakai suami di kantornya. Saya hanya membantu memilih kursi kerja terbaik yang sesuai untuknya.

Well, mungkin dirimu heran, yagesya, ngapain juga saya repot-repot ngurusin kursi di ruang kerja suami saya? Apakah suami saya ini tipe ISTI alias ikatan suami takut istri? Hihi, tentu tydaaac!

Ceritanya, bermula saat minggu lalu, saya dan anak-anak singgah ke kantor baru Paksu. Sekitar 4 bulan ini, memang suami dimutasi dan pindah ke ruangan itu. Nah, saya melihat kursi kerjanya nampak tua dan enggak nyaman lagi saat saya coba mendudukinya. 

Lalu, saya teringat beberapa waktu belakangan ia sering mengeluh lebih lelah, kadang merasa sakit di leher dan kepala, sesekali nyeri punggungnya, ada masalah dengan pencernaan juga, dan merasa lebih stres dari sebelumnya.

Awalnya saya menganggap ini semua bagian dari kenaikan posisi yang tentunya diiringi beban dan tanggung jawab yang lebih tinggi. Tapi, setelah saya mengunjungi ruang kerja barunya, kok saya jadi kepikiran sama ruangan terutama kursi kerjanya yaaa. Hm....! 


kursi kerja VINOTI Office

Kursi kerja terbaik

Kursi Kerja Terbaik Cegah Risiko Kesehatan Akibat Kesalahan Posisi Duduk 


Akhirnya, saya pun mengusulkan untuk mengubah lay out, mengganti letak perabot, menambahkan printilan yang bikin ruangan makin nyaman dan yang terpenting membeli kursi kerja terbaik untuk mengganti kursi lamanya. 
Pasalnya, salah satu penyebab risiko kesehatan yang acapkali mengintai pekerja kantoran seperti suami saya adalah posisi duduk yang buruk yang disebabkan kursinya tak mendukung posisi duduk terbaiknya.

Padahal tuh, pekerja menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk sambil kelarin pekerjaannya sehingga penting bagi mereka untuk menjaga postur duduk yang benar. Apalagi orang kantoran seperti suami saya yang bekerja di divisi Finance yang lebih banyak duduk daripada berdiri atau jalan ke sana-sini.

Etapiii, sejatinya seberapa buruk sih risiko karena kesalahan posisi duduk dalam jangka panjang nanti?

Nah, dilansir dari penelitian dan beberapa studi, kesalahan posisi duduk dalam jangka panjang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, di antaranya:

  1. Nyeri Punggung: posisi duduk yang salah menyebabkan nyeri punggung kronis dan risiko tulang belakang yang degeneratif yang menekan urat dan saraf sehingga timbul beragam keluhan
  2. Kelelahan: posisi duduk yang salah bikin tubuh butuh energi lebih sehingga mengurangi kapasitas pernapasan hingga 30%
  3. Sistem Pencernaan Terganggu: kesalahan posisi duduk memengaruhi metabolisme, sehingga tidak ideal dan akan memunculkan gangguan sistem pencernaan seperti konstipasi
  4. Sakit Kepala dan Leher: posisi membungkuk dan melihat ke bawah (tak sejajar) ke komputer mengakibatkan ketegangan otot leher sehingga terasa kaku dan sakit kepala
  5. Stres Meningkat: sistem saraf yang terganggu karena salahnya posisi duduk akan memperburuk pernapasan sehingga stres pun menghampiri
  6. Risiko Gangguan Kardivaskuler Meningkat: posisi duduk yang buruk akan menekan bagian jantung sehingga pasokan oksigen terhambat, yang meningkatkan risiko gangguan kardiovaskuler di antaranya serangan jantung
Oia, enggak itu saja, selain enam hal di atas, posisi duduk yang buruk juga memicu penumpukan lemak, risiko diabetes, berubahnya bentuk tulang belakang, dan lainnya. Yang mana jika dibiarkan terus menerus terjadi, bukan tidak mungkin timbul komplikasi. Hi, ngerii!!

kursi kerja VINOTI Office

Tips Memilih Kursi Kantor Terbaik


Nah, mengingat risiko kesehatan yang ditimbulkan akibat posisi duduk yang buruk, maka saya mengingatkan suami untuk lebih peduli akan hal ini. Dan enggak hanya ngomelin ngingetin saja, mengajukan saran untuk membeli kursi kantor terbaik pun mengiringinya. Kalau untuk tujuan kesehatan apa yang enggak, kan?

Akhirnya mulai deh saya mengulik kriteria kursi kerja terbaik yakni yang ergonomis, untuk meminimalkan munculnya segala risiko tadi. Mengingat perangkat kerja yang menerapkan konsep ini, dapat menopang bagain punggung bawah dan meningkatkan postur tubuh jadi lebih baik, dan akan mendukung terciptanya kondisi kerja yang nyaman, sehat yang aman serta baik bagi kesehatan fisik dan mental.

 

Lalu, ciri-ciri kursi kerja terbaik ini seperti apa? Di antaranya:

  • Ketinggian kursi kerja terbaik mudah disesuaikan: posisi paha dan lengan bisa sejajar dengan ketinggian meja,  jarak antara tempat duduk dan lantai 41-54 cm, bisa meletakkan kaki di lantai. 
  • Kursi mempunyai penopang untuk tulang belakang, di mana setelan sandaran kursi bisa disesuaikan dengan bentuk tubuh sehingga kita bisa lebih rileks dan fokus saat bekerja.
  • Lebar dan kedalaman kursi dapat menopang tubuh dari depan hingga belakang, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan mudah dan lebih nyaman saat bersandar. 
  • Bahan pada dudukan dan sandaran kursi punya bantalan yang empuk, agar nyaman saat duduk dan bekerja dalam waktu lama. Idealnya, terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan lembut.
  • Sandaran tangan kursi kantor terbaik harus bisa disesuaikan agar lengan bisa beristirahat sehingga bahu jadi lebih rileks
  • Kursi bisa diputar dengan mudah untuk membantu gerak di sekitar meja kerja menjadi lebih praktis dan hemat waktu ketika harus melakukan aktivitas lainnya
Kursi Kerja VINOTI Office
kursi kerja terbaik


Kursi Kantor VINOTI Office

Well, menemukan kursi kantor terbaik bisa dilakukan dengan memperhatikan kualitas material dan keseluruhan produk. Perabot kerja terbaik yang menawarkan fungsionalitas, estetika dan kenyamanan pun bisa jadi pilihan. Dan, itu saya temukan pada produk-produk VINOTI Office yang mampu hadirkan ruang kerja nyaman dan penuh inspirasi.
Yes, VINOTI Office, salah satu perusahaan nasional yang menyediakan layanan untuk kebutuhan interior office furniture selama 33 tahun, yang kini hadir sebagai “One Stop Solution for Business Space Needs” yang tak hanya menyediakan meja dan kursi kerja terbaik, namun kebutuhan interior bisnis lainnya. 
Apalagi waktu saya cek di marketplace kursi kantor VINOTI Office ini beragam pilihannya. 

Nah, saya sudah punya satu pilihan kursi kerja VINOTI Office nih, tinggal tunjukin ke suami nanti. Udah spek produknya juara, bahan berkualitas, harga pas, warnanya juga saya suka...

Etapii yang pakai kan Pak Suami ya, kok saya yang jadi girang sendiri hihihi. Habisnya, kursi kerja VINOTI Office ini cakep syekaliii!!

Pokoknya, nanti saya bakalan kasih pandangan panjang kali lebar kali tinggi alasan memilih kursi kantor VINOTI Office ini. Sekalian ngingetin agar suami ingat pada posisi duduk yang benar saat di kantor nanti, yakni:

  • Duduk dengan posisi tubuh tegak
  • Ada ruang untuk meletakkan kaki di bawah meja
  • Atur tinggi kursi, bagian lengan saat ditekuk pada posisi 90°, tinggi meja disetel setinggi lengan bawah
  • Lakukan peregangan setelah duduk di depan layar selama 20 menit, misalnya: jalan ke dispenser ambil air minum, ke jendela lihat gedung sebelah, atau lihat hijaunya taman ke arah bawah
  • Miringkan layar ke atas sekitar 10-20° untuk mengurangi kelelahan pada leher
  • Duduk dengan jarak 50-100 cm dari pandangan mata ke permukaan depan layar komputer, makin lebar layar, maka posisi harus semakin jauh agar tidak merusak kesehatan mata

Biarin dibilang istri yang cerewet, kan di balik kesuksesan suami ada kecerewetan istri yang mendampingi!😄

Salam Semangat

Dian Restu Agustina










 










Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

30 komentar untuk "Kursi Kantor Terbaik untuk Cegah Risiko Kesehatan Akibat Posisi Duduk yang Buruk"

  1. pas pisan, auto ke toped deh
    Beberapa minggu ini badan saya sakit dan ngilu
    sesudah dicari penyebabnya, fixed kursi yang salah
    Padahal kalo udah di depan laptop kan berjam-jam laman ya
    Jadi penting banget pakai kursi yang tepat

    BalasHapus
  2. Naksir banget ih kursi kerjanya, sejak serius ngeblog, saya udah merusakan 3 kursi biasa dong, saking saya terus-terusan duduk menulis, kadang sampai lupa berdiri sejenak hehehe.

    Emang kursi kerja yang sesuai itu penting banget, bisa mencegah berbagai penyakit juga

    BalasHapus
  3. Seringkali ya Mbak. Tubuh kita tuh gampang lelah bekerja karena kualitas dan posisi tempat duduknya. Terutama jika dihubungkan dengan posisi tangan saat bekerja di laptop atau menulis di meja. Saya rasakan banget itu. Apalagi saat sedang membuat perhiasan. Tingginya kursi harus menyesuaikan letak tangan di meja. Harus lurus sehingga kedua tangan berada dalam kondisi yang tidak cepat capek.

    Saya juga pakai Vinoti. Gak papa deh. Yang penting jenama Vinoti tuh jaminan mutu. Reclyningnya pas, kelenturannya juga suitable dan yang pasti awet banget. Beneran gak gampang rusak. Saya baru ganti setiap 4-5tahun. Itu pun karena alasan bosan dan ada model baru hahahaha.

    BalasHapus
  4. Untuk para pekerja kantor atau yang biasa duduk lama dalam bekerja pastinya kebutuhan kursi kerja sangat ideal.

    Akupun pengen punya sih vinoti karena banyak review baik stentang produknya

    BalasHapus
  5. Kursi kantor yang ada bagian lehernya asik ya
    Karena bikin nyaman bagian kepala khususnya leher, sehingga pas duduk kerja juga bisa rileks. Walau sih tetep harus ada stretching nya biar badan gak pegel duduk melulu hehe

    BalasHapus
  6. Baru aja beli kursi kursi kantor VINOTI buat di kantor showroom aku di pekayon mbak. Ahaha. Gak salah pilih kursi kantor berarti pas baca ulasannya di sini 😁

    BalasHapus
  7. Aku dah lama pakai kursi kantoran buat ngetik di rumah mbak soalnya dulu bagiku nih kylk investasi kesehatan khususnya tulang. Tapi kursiku dah makin menua nih, salah beli motif krn dudukannya akhirnya jd kyk item2 susah dibersihkan pdhl area punggung msh ok.hehe. Kyknya nanti kalau dah pindah rumah baru dan punya ruang kerja lebih proper mau deh ganti kursi pakai Vinoti, Terima kasih infonya :D

    BalasHapus
  8. waktu masih kerja di swasta dulu, pemilihan kursi kantor ini sangat diperhatikan karena sangat berpengaruh dengan kenyamanan karyawan dalam bekerja. alhamdulillah selama bekerja saya sangat enjoy, walau kerjanya banyakan duduk karena kursinya memang bikin nyaman

    BalasHapus
  9. Wkwkwkw... Bener mbak. Di balik kesuksesan suami ada kecerewetan istri yang selalu mendampingi. Asal cerewetnya positif dan membangun ya. Bersyukurlah karena suami gak mudah tersinggung. Jadi bisa sukses bersama istri. Btw tempat duduknya bagus. Pengeeeeeennnn...

    BalasHapus
  10. Anakku yg bolak balik request kursi nan ergonomic utk dia pakai.
    Baiklaa, kapan2.aku perlu nih berburu info ttg kursi yg OK

    BalasHapus
  11. kursi kantor terbaik tentu saja sangat penting ya kak, karena setiap hari terkadang kita lebih banyak duduk disana untuk bekerja, kalau kursinya salah sudah pasti tidak sehat ya kan

    BalasHapus
  12. Ini mah keren banget, aku mau juga nih kursi yang begini. Empuk, kalau mau nyandar juga bisa sampai kepala. Benar-benar support sistem buat ngantor dengan lebih semangat dan produktif ya Mbak.

    BalasHapus
  13. Sebagian waktu dihabiskan di kantor, kursi duduk tepat sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa ditawar lagi. Ngomong-ngomong, selamat ya Mbak, atas jabatan baru Paksu.

    BalasHapus
  14. Selain bisa dipake di kantor, kayaknya oke juga nih dipake untuk di rumah ya mbaa aapalagi buat blogger2 kek kita yang sering duduk di depan komputer gini.

    BalasHapus
  15. Nah, aku tuh jg pengen punya kursi kek gini, biar nyaman gitu nulisnya, apalagi dalam jangka waktu yg panjang, setiap hari lagi

    BalasHapus
  16. Ini judulnya bukan istri yang cerewet, tapi perhatian banget, Kak. Hehe. Betul sih, penting banget pilih kursi yang ergonomis, terutama buat yang kerjaannya mengharuskan banyak duduk.

    BalasHapus
  17. Bener banget, hihihi.. Kalau istri gak cerewet kan..suami gak paham maksud dan kebaikan istri.
    Karena kita ingin yang terbaik untuk keluarga. Apalagi investasi kesehatan untuk masa depan keluarga, kudu banget mempertimbangkan bukan hanya dari segi kenyamanan, tapi juga bentuk kursi yang ergonomis seperti Kursi Kantor VINOTI Office, bisa menjadi pilihan sebagai kursi kantor atau kursi untuk kerja di depan laptop dalam waktu panjang.

    BalasHapus
  18. Kalau aku kebalikan, suami suka ribut kalau liat aku ngetik sembarangan, kadang di kasur di lantai sambil ngegoleran, sampe di suruh pesan meja ama kursi buat tempat kerja biar lebih sehat katanya sekalian bisa dipake anak-anak juga buat belajar. Langsung aku kepoin produk Vinoti dong, penasaran dengan produknya.

    BalasHapus
  19. Wkwkwk iya ya mba dibalik kesuksesan suami ada kecerewetan istri ya mba.

    BalasHapus
  20. Sebagai blogger yang lebih banyak bekerja sambil duduk, kursi kerja yang nyaman adalah kebutuhan yang penting ya mbak

    BalasHapus
  21. Setuju mba kalau posisi duduk bisa memengaruhi kesehatan. Aku merasakan soalnya kalau kursi duduknya ngga pas atau ngga nyaman, punggung langsung terasa cepat pegal

    BalasHapus
  22. Ternyata seperti itu ya.. hebat ya yang desain sampai sejauh itu

    BalasHapus
  23. Dulu jaman masih ngantor, tempat dudukku enggak kayak gitu. Model sederhana yang sesuai budget kantor. Alhasil memang punggung sering berasa sakit gitu, mana kerjaannya kan emang duduk di depan komputer melulu. Coba kalau disediakan yang model Vinoti gini, pasti nyaman banget kaaann..

    BalasHapus
  24. Aku ada cita-cita punya ruang kerja sendiri biar nggak rebutan kursi sama suami. Oke juga nih kursinya. Ini kaya kursiku di kantor dulu, emang nyaman sih kalau pakai kursi kantor yang betul-betul memperhatikan ergonomisnya.

    BalasHapus
  25. Suamiku dua kali ganti kursi buat perlengkapan wfh. Dan dr gambar kursi ke 4 hitam adalah kursi pertama kami. Bener mbak ini supportig system buat pekerjaan kita dan investasi kesehatan

    BalasHapus
  26. referensi kurisnya buat di kantor bisa dipakai di rumah juga niy kayaknya mba, soalnya bagus dan kebetulan saya kerja full dari rumah jaid butuh kursi yang aman dan nyaman

    BalasHapus
  27. Posisi duduk di kantor seharian pastinya pengaruh ke kesehatan tulang punggung dan leher ya Mbak. Alhamdulillah ada kursi kerja vinoti.

    BalasHapus
  28. Vinoti memang udah terkenal dari dl, wktu msh kerja produk ini slalu jd usulan buat klien

    BalasHapus
  29. blogger yang sehari-harinya duduk di depan laptop juga perlu mempertimbangkan kursi vinoce ini ya mba kayaknya 😍 kebayang nulis jadi nyaman

    BalasHapus
  30. Jadi kepengen punya juga buat di rumah. Duduk ngetik lama kan perlu kursi kerja seperti ini buat mendukung produktivitas. Rekomendasi yang bagus mbak.

    BalasHapus