Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Passive Income 2023

Sumber passive income 2023 mengemuka dalam obrolan santai saya dengan suami sejak akhir tahun 2022. Perbincangan bertema agak berat yang muncul pasca adanya isu di tahun lalu akan prediksi terjadinya resesi ekonomi pada 2023 ini. 

Meski awal Januari, Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali memastikan Indonesia tidak akan terkena resesi pada tahun ini - seperti prediksi Dana Moneter Internasional atau IMF yang memprediksi sepertiga dari ekonomi dunia akan kemungkinan terkena resesi, bukan berarti kita bisa langsung happy

Pasalnya perekonomian Indonesia tak lepas dari perekonomian global. Meski tentu butuh waktu dampak resesi itu menjalar ke Tanah Air, siap siaga juga perlu. Apalagi tahun ini kita bersiap pada agenda politik, yaitu menuju Pemilu 2024, jadi pasti suhu akan sedikit meningkat.

Well, biarkan masalah dipecahkan oleh para pemangku kebijakan. Kita rakyat tidak ada salahnya berjaga-jaga dan mempersiapkan mitigasi untuk mencegah atau menekan risiko buruk yang berpotensi memicu resesi, sekaligus mencari sumber passive income di tahun 2023 ini.

Gimana caranya?

Sumber Passive Income 2023

Hadapi Isu Resesi 2023, Ini Hal yang Perlu Dilakukan!


Nah, sebagai masyarakat yang cerdas dan siap siaga, kita bisa melakukan beberapa hal ini untuk mengatasi ancaman resesi nanti plus dapat bonus sumber passive income 2023:

1. Siapkan dana darurat

Dana darurat memiliki peranan penting untuk memenuhi biaya hidup ketika pemasukan terhenti atau terjadi kondisi krisis finansial secara tidak terduga. Idealnya, dana ini sebanyak 6-12 kali pengeluaran per bulan. Solusinya, bikin rekening khusus yang mudah diakses dan cepat proses pencairannya. Seperti tabungan, segera sisihkan dana darurat ini, setelah gajian. Misalnya, sisihkan sebesar 10 persen dari penghasilan, lalu konsisten dan fokus, agar bisa mencapai target dana darurat yang sudah ditetapkan.

2. Evaluasi Pengeluaran

Coba periksa apa saja pengeluaran yang bisa dikurangi di tahun ini. Alokasikan dana pada hal-hal yang urgent sifatnya. Bukan berarti benar-benar dihilangkan budget seperti untuk self reward, tapi batasi intensitasnya atau pilih opsi yang lebih terjangkau. Seperti kurangi dana ngopi-ngopi. Pilih destinasi wisata yang dekat dan bebas biaya. Pilih naik bis/kereta, atau patungan bareng teman daripada bawa kendaraan. Juga periksa lemari dulu sebelum klik check out di akun e-commerce-mu.

3. Manfaatkan Peluang untuk Cuan

Jika punya keterampilan yang selama ini kamu abaikan padahal bisa cuan, coba deh tahun ini manfaatkan peluang. Buat camilan andalan, kasih icip tetangga atau rekan kerja, terus buka PO untuk ordernya. Tawarkan tas rajut buatanmu ke teman atau pajang di sosial media dan buka pemesanan. Juga keterampilan lain, seperti menulis, fotografi, desain, dan lainnya. Asal tidak mengganggu pekerjaan utama, pendapatan tambahan ini bisa dialokasikan untuk tabungan, dana darurat, dan investasi.

4. Investasi

Mengapa tidak cukup dengan menabung? Well, walaupun uang kita bertambah banyak karena rajin menabung, tetapi apa yang bisa kita beli dengan uang itu makin lama makin berkurang. Karenanya, kita harus menaikkan nilai uang kita lebih besar dari tingkat inflasi dengan melakukan investasi. Investasi terbukti jadi cara yang efektif melawan dampak negatif inflasi. Pilihan bisa ke aset investasi yang tergolong aman, misalnya deposito, emas, dan surat berharga yang diterbitkan oleh negara, atau investasi yang memberi untung berlipat meski risiko tinggi mungkin akan didapat.

Aplikasi Pintu

Sumber Passive Income 2023: Investasi Crypto


Perkembangan dan kemajuan teknologi melahirkan berbagai inovasi, termasuk di sektor keuangan. Salah satu bentuk inovasi keuangan yang muncul adalah kehadiran mata uang crypto alias cryptocurrency yang salah satu kelebihannya adalah transfer yang cepat dengan profit investasi yang sangat besar. Kecepatan dan harga cryptocurrency juga sangat menjanjikan sehingga keuntungan yang berlipat ganda bisa diraih investor.

Namun, cryptocurrency juga tidak lepas dari kekurangan karena fluktuasi harga yang sangat tinggi dan kadang digunakan sebagai media kejahatan seperti pencucian uang. Selain itu, cryptocurrency secara umum juga tidak dijamin dengan aset berwujud tertentu.

Apapun itu, sama dengan investasi lainnya, investasi cryptocurrency membutuhkan kehati-hatian, mental yang kuat, memahami jenis investasi dan risikonya. Maka, jika memang memutuskan investasi di aset crypto, lakukan transaksi pada aplikasi penyedia layanan investasi cryptocurrency yang terdaftar di badan resmi! 

Seperti di Pintu, perusahaan teknologi blockchain terkemuka di Indonesia yang terdiri dari para profesional berpengalaman yang memiliki misi mendorong perubahan positif di Indonesia melalui teknologi blockchain.

Ya, Pintu adalah sarana untuk membeli, menjual, menyimpan, dan mengirim mata uang crypto. Semuanya bisa kamu lakukan lewat satu aplikasi smartphone saja, demi kenyamananmu semata! Karena Pintu:
  • Terdaftar dan Diawasi: Pintu terdaftar resmi di BAPPEBTI dan diawasi oleh Kominfo, serta tersertifikasi ISO 27001
  • Autentikasi 2 faktor: autentikasi 2 faktor Google Authenticator memastikan keamanan aktivitas transaksi kamu di Pintu
  • Keamanan biometrik: identifikasi sidik jari dan Face ID memastikan hanya kamu yang memiliki akses ke akun Pintu milikmu
  • Kustodian bergaransi: aset tersimpan di Fireblocks, kustodian kelas dunia yang memastikan aset pengguna selalu aman
So, daftar sekarang prosesnya gampang! Daftar dan verifikasi dalam 10 menit: daftarkan email kamu, verifikasi cukup dengan foto KTP atau paspor. Ragam metode deposit: isi saldo di Pintu dari bank atau e-wallet favoritmu. Mulai jual beli: nikmati proses termudah jual beli aset crypto. Bebas biaya tambahan

 

Staking Crypto = Sumber Passive Income 2023


Nah, staking crypto adalah salah satu cara yang paling populer untuk mendapatkan sumber passive income 2023 pada pasar perdagangan aset crypto. Metode ini dilakukan dengan menyimpan aset kamu pada wallet yang memiliki layanan staking

Staking dilakukan dengan mengunci aset. Nantinya kamu akan mendapat bunga atas aset yang dikunci. Meski, terlihat mudah dan menguntungkan, staking juga tidak terhindar dari kekurangan atau resiko.

Risiko pertama, kemungkinan adanya insiden pada keamanan siber yang dapat mengakibatkan hilangnya token yang kamu staking. Untuk mengantisipasi, beberapa investor crypto telah beralih ke cold staking, aktivitas yang melibatkan penyimpanan token kamu di perangkat keras seperti hard drive.

Risiko lain dari staking crypto adalah potensi adanya penurunan harga pada aset crypto selama periode staking. Karena staking bekerja dengan mengunci aset crypto, maka kamu tidak akan dapat melikuidasi kepemilikan atas aset crypto jika terjadi penurunan di pasar. 

Karenanya, jika dirimu memilih staking sebagai strategi sumber passive income 2023, pastikan kamu melakukannya di platform exchange aset crypto yang tepercaya, yagesya 

Salah satu platform penyedia layanan staking crypto Indonesia adalah Pintu dengan PTU yaitu token ERC-20 yang didesain untuk mendukung ekosistem dan komunitas Pintu. Tingkatkan pengalaman menggunakan Pintu dan nikmati ragam benefit dengan PTU, seperti benefit staking crypto dan loyalty program untukmu.

Caranya, pertama, pastikan kamu memiliki saldo PTU. Untuk melakukan staking PTU, kamu dapat masuk ke halaman PTU dari halaman Beranda aplikasi Pintu. Di halaman PTU, ketuk tombol “Stake/Unstake” yang terletak di bagian bawah layar. Ikuti langkah-langkah berikutnya untuk menyelesaikan staking! Selamat mencoba dan dapatkan sumber passive income 2023!💙


Salam Semangat

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

1 komentar untuk "Sumber Passive Income 2023"

  1. aku sendiri masih belajar memahami mekanisme Crypto. Penasaran sama investasi yang lagi viral ini. Sekarang makin banyak pilihan intrumen untuk berinvestasi dan kudu dipilih yang bener bener resmi dan kita juga enjoy buat ngelakuinnya

    BalasHapus