Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

"Gimana mau nulis surat lamaran kerja bahasa Inggris, nulis surat lamaran kerja dalan bahasa Indonesia saja masih bingung saya!" 

Begitu curhatan ponakan saya, fresh graduate dari salah satu kampus ternama di Pulau Jawa! Awalnya saya keheranan, dah lulus sarjana tapi masih galau waktu nulis surat lamaran kerja, gimana sih ya...

Tapi, merunut lagi ke belakang, dia termasuk mahasiswa yang karena pandemi hampir setengah masa perkuliahannya dijalani secara online. Jadinya maklum saja, kalau kurang percaya diri dianya. 

Meski, secara kecakapan sebenarnya oke banget, hanya perlu diasah saja skill lainnya di antaranya kemampuan melamar pekerjaan termasuk menulis surat lamaran, wawancara, dan seterusnya.


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Pentingnya Tahu Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Well
, untuk mendapat pekerjaan impian, kamu bisa membuat surat lamaran kerja yang mengesankan. Nah, jika kamu ingin melamar pekerjaan di perusahaan multinasional, tentu saja kamu membutuhkan curriculum vitae (CV) atau resume dengan menggunakan bahasa Inggris. Sehingga memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris adalah sebuah kewajiban bagi seorang calon karyawan. 

Memang di era globalisasi, banyak pekerjaan yang memerlukan kemampuan berbahasa Inggris. Kebutuhan perusahaan terhadap karyawan juga semakin meningkat dengan keahlian untuk bisa berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. 

Nah, kecakapan dalam bahasa Inggris tersebut dimulai saat akan melamar kerja. Pelamar kerja harus menunjukkan dirinya mampu berbahasa Inggris dengan melampirkan, sertifikat kecakapan bahasa Inggris misalnya TOEFL atau IELTS serta CV dan surat lamaran kerja berbahasa Inggris. Karenanya penting bagi kamu untuk tahu cara menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Mengapa? Dengan surat lamaran kerja bahasa Inggris kamu akan:

  • Menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu memiliki keunggulan dibandingkan pelamar lain, baik dalam aspek kreativitas, keterampilan bahasa, maupun kemampuan akademis.
  • Membedakan diri dengan calon pelamar lain mengingat perusahaan hampir setiap hari menerima banyak surat lamaran yang sebagian besar ditulis dalam bahasa Indonesia dengan kata-kata yang hampir sama.
  • Mengangkat nilai dirimu di mata perusahaan sehingga akan menempatkanmu di urutan lebih tinggi dibandingkan pelamar lainnya.
https://id.pinterest.com/pin/715439090825374347/


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik dan Benar


Well, saat menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris akan ada banyak hal yang harus disesuaikan, termasuk beberapa aspek dalam bahasa Inggris yang harus diaplikasikan dengan benar.

Nah, enggak perlu galau lagi, ikuti tips-tips cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris yang baik dan benar berikut ini:

1. Buat surat lamaran kerja bahasa Inggris dengan singkat, jelas, dan padat

Saat menentukan seberapa panjang surat lamaran kerja bahasa Inggris, kamu harus fokus pada detail yang paling penting untuk pekerjaan itu. Baca deskripsi pekerjaan dengan cermat untuk mengidentifikasi peluang terbaik untuk menggambarkan kualifikasimu.

Gunakan beberapa kalimat yang rinci namun ringkas agar pesan dapat tersampaikan dengan baik pada perekrut ataupun perusahaan yang dilamar. Pertimbangkan untuk menggunakan surat lamaran itu sendiri sebagai cara untuk menunjukkan prestasi, pengalaman, dan kualifikasimu.

2. Menggunakan Bahasa Inggris Formal

Mutlak kaidahnya dalam pembuatan surat lamaran kerja bahasa Inggris menggunakan bahasa formal agar terlihat profesional. Meski demikian, jangan juga bahasa tersebut terlalu kaku dan terkesan seperti robot sehingga memberikan kesan kurang ramah ataupun menampilkan dirimu tak mau bekerja sama dengan orang lain.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan kata-kata yang lebih ekspresif dalam bahasa Inggris yang menggambarkan atau mengekspresikan diri kamu yang sebenarnya tanpa melanggar aturan tata bahasa yang ada.

3. Memperhatikan Grammar

Seperti yang sudah kita tahu, bahasa Inggris memiliki tata bahasa yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Karenanya, untuk merangkai kalimat penuh dengan benar, tata bahasanya perlu dipelajari dari awal.

Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan beberapa situs pemeriksa grammar secara gratis. Situs-situs ini akan membantumu mengoreksi surat lamaran kerja secara otomatis dengan menggaris bawahi kesalahan pada teks.

Adapun, situs yang dimaksud adalah sebagai berikut: Grammarly, Becorrect, Grammar Check
Scribens, Reverso, Language Tool, Grammarix, ProWritingAid, White Smoke, Ginger Online
SpellCheckPlus Pro, Slick Write, Online Correction

4. Isi Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Mulai dari pembuka surat lamaran kerja, ada dua jenis pembuka surat yaitu yang langsung menuju pada tujuan mengapa surat ini dibuat, dan yang ditambahkan sedikit basa-basi.

Langsung ke tujuan :
Dear Sir/Madam,
I am writing to you to inquire about the possibility of working in your company. I have noticed that your company is looking for a accountant which you have advertised in the LinkedIn on March 10, 2023.

Pakai basa-basi :
How are you? I hope you are doing great today. Allow me to introduce myself. My name is Dian Restu Agustina

Kemudian di bagian isi, jelaskan maksud serta tujuan kamu kenapa mengirim surat lamaran. Misalnya, untuk fresh graduate dapat memasukkan pengalaman kegiatan atau prestasi. Atau, bagi kamu yang sudah pernah bekerja kamu dapat mencantumkan apa saja pencapaian di tempat kerjamu sebelumnya. Cantumkan pula beberapa kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi lamaran itu.
 
Lalu, pada bagian penutup, kamu dapat menjelaskan bahwa kamu memiliki minat, ketertarikan, dan antusias untuk bekerja di perusahaan tempat kamu melamar.

5. Koreksi Sebelum Mengirimkan

Sebelum mengirimkan, baca ulang surat lamaran kerja bahasa Inggris ini beberapa kali dan perhatikan kesalahan ejaan, tata bahasa atau tanda baca. Read aloud! Bacalah surat dengan keras untuk membantu kamu memilih mana kata yang canggung atau kalimat yang enggak nyambung.

Kita cenderung melakukan kesalahan umum, jadi pastikan untuk membaca secara perlahan dan periksa setiap kata. Ingat, untuk pekerjaan yang memerlukan pengiriman surat lamaran, kamu mendapatkan kesempatan berharga untuk menggambarkan kemampuan dan berbagi sekilas tentang kepribadian aslimu, jadi jangan sia-siakan itu!

https://id.pinterest.com/pin/17310779810801461/


Selamat Mencoba Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris!


Jadi, gimana? Semoga tercerahkan ya dengan informasi tips menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris ini. Tetap semangat menjalani hari dan terus berjuang meraih mimpi!💗



Salam 

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

19 komentar untuk "Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris "

  1. Tips yang sangat membantu, Mbak.
    Memang zaman sekarang bahasa pun juga mengikuti "tren" ya. Perusahaan startup rata-rata pakai bahasa inggris sebagai bahasa formal kedua, jadi surat lamarannya pun lebih berpeluang masuk kalau pakai bahasa inggris. Semoga keponakan Mba segera dapat pekerjaan yang sesuai ya.

    BalasHapus
  2. Dulu tiap buat draft surat lamaran berbahasa Inggris, pasti saya menyempatkan waktu ekstra untuk cek dan baca ulang bolak balik isinya hehehe. Walau bisa belajar dari banyak contoh di internet, tapi membuat isi suratnya sedikit personal (walau tetap formal) rasanya penting supaya setidaknya sedikit beda dan dilirik. Hehehe tantangan banget sih ini memang.

    BalasHapus
  3. Asyik, tipsnya membantu banget nih buat para job seeker. Emang sebaiknya to the point aja ya Mbak, nggak usah basa-basi. Hihi. Saya sendiri dari dulu lebih senang menulis lamaran kerja pakai bahasa Inggris dibandingkan bahasa Indonesia karena bisa buat ngelamar kerja ke mana aja. Hehe.

    BalasHapus
  4. mba Diaaannn makasiii
    bisa jd rujukan buat anakku juga nih
    supaya mau belajar persiapan bikin lamaran kerja dlm bhs Inggris

    BalasHapus
  5. tipsnya membantu sekali mbak Dian, apalagi untuk perusahaan besar ya yang jumlah pelamarnya banyak banget, kalau terlihat berebda kan mereka tertarik untuk membaca lebih jauh surat lamaran kita

    BalasHapus
  6. Waw bisa banget aku bookmark buat suatu saat nanti kalau butuh. Sekarang banyak perusahaan yang mengutamakan kemampuan bahasa Inggris

    BalasHapus
  7. Wah, terima kasih mba. Tulisannya informatif banget. Jadi lebih tau apa saja yang perlu diperhatikan untuk menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar. Pastinya ini berguna banget!

    BalasHapus
  8. Terima kasih, kak Dian.
    Sebagai fresh graduate, biasanya suka bingung mau menulis surat lamaran kerja, apalagi in English.
    Dari sini, semoga bisa menarik perhatian HRD saat seleksi tahap awal.

    BalasHapus
  9. Makasih tips nya punya ide juga kalau mau bikin lamaran menggunakan Bahasa Inggris

    BalasHapus
  10. Thanks Mba Dian untuk sharingnya, perlu banget niy kalau mau melamar pekerjaan dalam bahasa Inggris, wajib tahu struuktur bagusnya seperti ini. Fresh graduate wajib banget tahu ini

    BalasHapus
  11. Kak, kalau misalnya buat lamaran kerja pakai Google Translate, bakal ketahuan nggak ya? (Zen)

    BalasHapus
  12. Jangan sampai bahasa Inggris yang kita masukkan di dalam lamaran berisi bahasa nonformal ya kak.
    Jadi terasa kurang profesional lamaran kita.
    Btw zaman now dipermudah dengan banyaknya referensi ya kak.
    Kalo dulu musti beli buku dulu biar cakap menulis lamaran dalam bahasa Inggris

    BalasHapus
  13. Huwaaaa lengkap nih. Udah lama aku nggak bebikinan surat lamaran. Pas banget dikasih contoh penulisan surat lamaran dalam bahasa inggris yang mendetail di sini.

    BalasHapus
  14. Jadi ingat zaman dulu saya punya "template" surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Memang harus dikoreksi dengan sebaik-baiknya sebab kalau gak teliti bisa salah nama perusahaannya, kan kocak wkwkwk. Bisa salah karena template-nya copy saja dari surat lamaran yang sudah ada terus lupa ganti nama perusahaannya :D.

    BalasHapus
  15. Sangat bermanfaat mba dian ulasannya, pasti banyak yg mencari contoh surat lamaran dalam.bahasa english. Tidak dipungkuri era globalisasi saat ini bahasa english sudah spt bahasa yg wajib di kuasai.

    BalasHapus
  16. Makasih ya, mbak untuk tipsnya. Tulisan ini langsung aku kasih bintang loch, biar tersemat di penyimpanan, sehingga bisa aku baca lagi sewaktu-waktu. Bismillah, kali saja bisa dapat tawaran nulis bahasa Inggris, ya kan? Hehehe

    BalasHapus
  17. Zaman now buat lamaran bahasa inggris tentu punya kesempatan yang besar untuk mendapatkan pekerjaan, dan pastinya akan sangat berguna untuk kedepannya, makasih tipsnya mba :) (iidyanie.com)

    BalasHapus
  18. Dulu kalau mengirimkan lamaran kerja dalam bahasa Inggris saya suka tidak percaya diri. Nah, artikel dari mbak Dian ini bisa saya save siapa tahu saja ada keponakan yang membutuhkan

    BalasHapus
  19. Jaman sekarang memang membikin lamaran pekerjaan pakai bahasa inggris tentu punya kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan disuatu perusahaan

    BalasHapus