Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan, Berikut Deretan Warna yang Bisa Jadi Pilihan!

Gaess, akhirnya, rencana ngecat rumah saya kesampaian juga. Warna cat rumah bagian luar yang elegan , sukses saya dan suami wujudkan akhir tahun silam. Sejatinya sih sejak lama kami pengin ganti warna cat rumah bagian luar ini. 

Pasalnya, saat pindah ke rumah yang saat ini saya huni, tamu yang datang dan bahkan kami sering bingung sendiri. Gimana enggak coba, rumah di cluster saya - seperti layaknya komplek perumahan lainnya - seragam warna catnya. Belum lagi bentuk rumahnya pun sama. Di awal, patokannya cuma nomor rumah saja jadinya. Hahaha!

Belum lagi, karena enggak mau pusing pilih warna cat lainnya, setiap kali ngecat kami lanjut aja si warna asli. Jadi, itu lagi itu lagi warnanya. FYI, warna cat rumah bagian luar saya ini sebelumnya adalah merah bata. Memang kelihatan elegan, tapi lama-lama ya bosan. Kemudian, setelah pilah-pilih warna, jadilah kini kami ganti ke hijau army! Adem dan elegan juga sih ini...


Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan


Inspirasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan

Well, ketika membangun rumah impian, bagian luar alias eksterior tentu saja tidak boleh luput dari perhatian. Ibaratnya cinta pada pandangan pertama, bagian luar rumah akan jadi hal pertama yang dilihat orang ketika datang berkunjung ke rumah kita. 

Karenanya, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa warna cat rumah bagian luar ini penting untuk diperhatikan. Enggak hanya untuk tamu, warna cat bagian luar rumah yang baik akan memberi kesan homey setiap kali kita pulang. 

Nah, belakangan ini, warna cat rumah bagian luar yang elegan sedang banyak diminati. Sebab, rumah dijamin akan terlihat berkelas ketika dipandang dari semua sisi.

Yes, selain memilih desain, kamu pun juga perlu menentukan warna cat bagian luar rumah. Biasanya, pemilihan warna ini disesuaikan dengan selera masing-masing orang. 

Beberapa orang menyukai warna minimalis, sebagian lainnya menyukai warna yang bernuansa sejuk, dan ada juga mereka yang menyukai warna yang elegan.

Apapun pilihannya, cat tidak hanya akan membuat rumah semakin berwarna, cantik dan estetik, namun juga menciptakan suasana istimewa di dalamnya. Setiap warna akan memberikan kesan dan rasa yang berbeda sehingga pemilihan warna cat ini tentu tidak dapat dipandang sebelah mata.

Nah, jika kamu punya kegalauan yang sama, pengin ganti warna cat rumah tapi bingung pilih yang mana, berikut inspirasi warna cat rumah bagian luar yang elegan yang bisa kamu jadikan referensi!


1. Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan: Abu-abu

Abu-abu masuk ke dalam kategori warna netral yang menjadikannya mudah dipadukan dengan warna-warna lain. Untuk tampilan yang lebih elegan, padukan warna abu-abu pada eksterior rumah ini dengan warna biru keabuan dan warna netral seperti putih. 

Kamu juga bisa memadukan dengan tekstur alami seperti bebatuan, yang bikin rumah akan terlihat modern sekaligus elegan. Tidak hanya itu, warna abu juga bisa memberikan kesan sejuk. Oia, apabila ada lahan tersisa, kamu bisa buat taman mungil di depan rumah untuk menambah kesejukannya.


https://www.pexels.com/photo/blue-and-gray-concrete-house-with-attic-during-twilight-186077/


2. Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan: Putih 

Next, kesan elegan dan bersih bisa langsung kamu dapatkan ketika memilih warna putih pada bagian eksterior rumah, lantaran memiliki kesan bersih dan cerah, yang cocok dengan material hunian apapun. 

Tak hanya itu, putih juga merupakan warna cat rumah minimalis yang netral, jadi kamu tidak perlu takut untuk mengombinasikannya dengan warna lainnya. Warna putih di bagian dinding, pintu, hingga pagar memberi kesan modern dan bersih di rumah. 

Padukan dengan warna netral seperti abu dan hitam untuk memberi kesan dewasa di dalamnya. Kalau kamu bosan, tinggal tambahkan aksen warna lain ke bagian luar rumahnya saja.

Tapi perlu diingat, warna putih merupakan rona yang cerah dan terang. Maka dari itu, butuh perawatan yang ekstra karena putih punya karakter yang mudah kotor, seperti bisa terkena lumpur, tanah, dan tertimpa kotoran yang lainnya.

https://www.pexels.com/photo/white-and-brown-house-1974596/


3. Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan: Hijau

Lalu, warna hijau bisa kamu gunakan untuk menciptakan tampilan bagian luar rumah yang segar, nyaman, dan earthy. Penggunaan warna hijau muda pada bagian luar rumah membuat dinding rumah bersatu padu dengan tanaman di sekitarnya. Rumah dijamin terlihat elegan dan adem, menambah kesan alami. 

Gunakan warna hijau yang kalem, misalnya sage green atau mint green dan padukan dengan warna pastel lainnya, seperti biru pastel maupun warna netral seperti putih pada bagian teras atau pada bingkai jendela bagian luar.

Oia, warna hijau gelap yang tidak terlalu mencolok juga bisa menjadi pilihan yang baik. Hijau army masuk ke dalam kategori warna hijau gelap tapi tidak memberikan kesan suram dan bisa membawa kesan yang cantik. 


https://id.pinterest.com/pin/784048616368498822/


4. Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan: Biru

Penggunaan warna biru pada bagian luar rumah dapat memunculkan kesan yang segar dan cozy. Pilihlah warna biru muda yang lembut, untuk penampilan rumah yang terlihat airy. Jika ingin rumah yang terlihat lebih kalem, gunakan warna navy blue atau biru keabu-abuan yang memberi kesan sejuk.

Sementara jika kamu ingin rumahmu terlihat unik, kamu bisa gunakan warna-warna cerah pada bagian pintu untuk lebih menonjolkannya. Dengan demikian, rumah akan terlihat funky, tapi elegan dan berkelas di saat yang sama. 

Warna biru kegelapan adalah salah satu opsi warna yang mampu membuat rumah terlihat semakin elegan. Atau perpaduan biru tua yang dominan dan putih juga memberikan nuansa yang terkesan bersih kepada rumah.


https://www.pexels.com/photo/blue-house-on-green-lawn-5008399/


5. Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan: Cokelat

Sebagai warna earth tone, cokelat memang bisa memberikan kesan natural sekaligus elegan. Biasanya, warna cat rumah bagian luar yang elegan dan mewah ini banyak dipilih pada hunian tipe minimalis. Gunakan warna cokelat muda yang cerah, atau gunakan warna coklat gelap yang simpel.

Jangan takut rumah akan terlihat norak dengan warna cokelat di dinding luar rumah. Sebab, warna cokelat memiliki tone yang pas untuk membuat rumah terlihat alami dan natural. Warna cokelat sesuai digunakan di berbagai jenis rumah, baik itu rumah modern atau pun tradisional.

Pilih warna cokelat yang netral sehingga tidak terlalu mencolok dan tidak membosankan. Warna coklat yang netral dan earthy bisa menjadi pilihan aman untuk memberi tampilan bagian luar rumah yang cantik dan elegan. 

 
https://www.pexels.com/photo/low-angle-shot-of-brown-and-white-concrete-house-6626021/

Tips Memilih Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan


Memang, memilih cat rumah bagian luar ini tidak bisa sembarangan. Sebelum memilih cat yang tepat, kamu harus menentukan terlebih dahulu warna cat yang kamu inginkan. Beberapa rekomendasi warna di atas dapat kamu jadikan referensi. 

Setelahnya, pastikan cat yang kamu pilih itu tahan terhadap cuaca ekstrim, seperti hujan, matahari terik, dan lain-lain. Misalnya, kamu bisa mmembeli cat yang weatherproof yang dapat melindungi dinding bagian luar rumah dari jamur dan cuaca-cuaca ekstrim seperti hujan dan panas. 

Kemudian, jangan ragu untuk meminta saran atau bantuan dari ahli, seperti arsitek, konsultan warna, dan lain-lain. Mengecat dinding rumah adalah bagian dari seni, banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari sisi estetika seperti perpaduan warna hingga sisi teknis seperti jenis cat yang digunakan. Lebih baik bertanya dibanding hasil warna cat rumah bagian luar nanti malah mengecewakan.

Oia, jangan lupa, pilih coating yang tepat yang akan membantu melapisi cat agar warna lebih tahan lama dan tidak cepat luntur. Untuk itu, kamu harus memilih jenis coating yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah, itulah 5 inspirasi warna cat rumah bagian luar yang elegan beserta tips memilih catnya. 
Jadi, warna cat rumah bagian luar yang elegan yang mana yang jadi favoritmu?💞


Salam

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

22 komentar untuk "Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan, Berikut Deretan Warna yang Bisa Jadi Pilihan!"

  1. Aku suka melihat rumah-rumah bercat putih atau krem, biru mudah dan hijau super soft. Tampak lebih cantik dan membuat ingin selalu lekas pulang ya, apalagi kalau isi rumahnya juga istimewa. Memilih cat rumah tak boleh asal-asalan ya mbak. Yang waterproof pasti tuh, anti bakteri dll dan pastinya berkualitas nomor satu. Oooh iya pakai coating juga perlu ya. TFS mbak Dian.

    BalasHapus
  2. Aku tertarik sama yang warna coklat nih, soalnya tone warna coklat itu bikin suasana jadi natural, bikin kesan estetik juga. Apalagi kalau rumahnya yang tradisional. Terus jadi kebayang deh foto2 dpn rumah sendiri, karena estetik :)

    BalasHapus
  3. warna tembok luarku kuning, enggak elegan berarti yak. aku naksir warna biru, deh. terima kasih buat tipsnya.

    BalasHapus
  4. kayaknya perlu diganti nih warna cat rumah bagian luar, abu-abu atau cream ya?

    BalasHapus
  5. Kalau saya selalu jatuh hati cat tembok bagian luar warna biru dan abu-abu. Enggak tahu kenapa, auranya beda, kelihatan nyaman, bukan hanya elegan saja.

    BalasHapus
  6. Kebetulan sebelum puasaan kemarin aku juga ngecat bagian luar rumah dannn pilihan jatuh sama: abu-abu! Emang bener deh warna abu-abu yang dipadu ama putih salju jatohnya cakep banget. Huhuu sesuka ituuu. Perlu diperhatikan ya weatherproof soalnya di luar ruangan kan kena hujan badai angin ribut, panas terik hehe.

    BalasHapus
  7. Aku tu kalau rumah sebenarnya lebih suka warna putih ya buat catnya karena bikin kesan lebih luas dan konon katanya bonus gak disukai nyamuk, apalagi buat rumah mungil kek rumahku hehe. Tapi kalau bagian luarnya kyknya mau deh mempertimbangkan warna lain tapi yang gak terlalu rame.Abu2 muda atau coklat muda kyknya oke juga.

    BalasHapus
  8. Kalau aku sukanya yang terang warnanya mbak berarti piihan di abu atau putih ya untuk pilihan wanra cat bagian luar yang elegan. Bener banget mbak Dian kalau pilih car luar itu yang tahan cuaca ekstrim supaya tahan lama & awet ya

    BalasHapus
  9. Kalau aku bagian luar rumah warnanya putih dan abu. Warna abu-abu untuk bangunan segitiganya, tapi dinding rumah pilih putih. Tapi pengin sebenarnya sesekali coba dengan warna lain, biar kalau dilihat sederetan paling beda. hahahahaa

    BalasHapus
  10. Warna hijau nih warna rumah mama aku dan mama mertua nih, haha. Ternyata bisa jadi pilihan warna yang elegan ya. Aku sendiri senengnya warna biru, apalagi yang terang. Jadinya lumayan bisa bikin ruangan terasa lebih lega gitu kalau terang :D

    BalasHapus
  11. Aku sukanya warna abu dan biru mbak.
    Iya ya kalau di perumahan tuh model rumah sama, warna cat pun sama. Jadi agak susah kan kalau mau kasih tahu ciri-ciri rumah yang dihuni. Tapi kalau dicat berbeda, bisa gampang dicari

    BalasHapus
  12. Aku suka warna putih
    Kelihatan simple tapi elegan
    Sebentar lagi lebaran, biasanya banyak yang ganti warna cat rumah
    Artikel ini bisa jadi rekomendasi saat pilih cat

    BalasHapus
  13. noted nih warna-warnanya. aku naksir yang warna biru. jujur ya, ;pengen ngecat ulan nih, tapi sempat bingung dalam memilih warna. pengennya warna putih, tapi kok kayaknya mudah kotor.
    btw, kalau warna hijau terlihat lebih segar dan sejuk, ya :)

    BalasHapus
  14. Sebenarnya aku pengen juga punya rumah berwarna hijau, tapi katanya orang nanti malah jadi greenscreen, ckckck. Mungkin lebih aman, pilih yang kalem aja ya kaya abu-abu atau putih

    BalasHapus
  15. Jadi ingat zaman bikin ruamh dan memilih cat yang cocok buat rumahku, senang sekali akhirnya diacc suami warna biru dan pastinya bikin adem pemandangan deh

    BalasHapus
  16. Suka yang paling terakhir
    Hanya saja belum bisa aplikasikan karena ibu kontrakan masih menimbang
    Semoga saja deal karena cocok banget dengan nuansa tenang

    BalasHapus
  17. Warna cat yang elegan biru bagus juga. Apa rumahku di cat biru aja kali, ya untuk bagian luarnya.

    BalasHapus
  18. warnanya benar-benar elegan ya mbak, kayak gak biasa gitu lebih kalem. Saya suka warna cat pastel kayak gini lebih adem di mata (menurut saya loh ^_^)

    BalasHapus
  19. Rumahku malah warna cat luar pink. Di dalam rumah malah lebih warna warni, tapi setuju kalau putih keliatan elegan sih. Disamping abu dan hijau.

    BalasHapus
  20. Warna elegan dan bikin betah penghuninya akan berdampak dalam kebahagian keluarga

    BalasHapus
  21. Kalau aku suka warna warna yang soft, warna yang adem, terimakasih tipsnya ya mb.

    BalasHapus
  22. noted pilihan warnanya, saya lebih suka yang abu nih biar soft dan tenang gitu.

    BalasHapus