Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vaksin Tipes Bikin Traveling Nyaman dan Kulineran Aman

Gaiss, vaksin Tipes yang saya lakukan di akhir bulan Ramadan silam bikin saya makin percaya diri saat mudik ke Madiun dan Kediri. Alhamdulillah saya jadi tambah yakin melakukan traveling nyaman dan kulineran aman setelah melakukan vaksin Tipes alias vaksinThypoid ini pada 13 April 2023. 

Meski awalnya saya maju mundur juga sih, enggak percaya akan manfaat dari vaksin Tipesnya. Mengingat Tipes kan identik dengan kecapekan tapi kini dikaitkan erat dengan kulineran. Hm!

Lalu, terbukalah mata dan hati saya setelah mendapatkan penjelasan panjang kali lebar kali tinggi dari dr. Vina Patricia di acara 'Sharing Sehat Bersama Kenapa Harus Vaksin' yang saya hadiri bersama teman-teman foodblogger/travelblogger lainnya dalam rangka World Immunization Week 2023!


@kenapaharusvaksin

Sharing Sehat Bersama Kenapa Harus Vaksin (KHV)

Yes, ternyata Tipes itu bukan hanya disebabkan oleh kecapekan saja. Tapi juga karena imun yang drop terus jajan sembarangan. Sebagai tim doyan jajan galau bener saya. Gimana coba kalau Tipes datang tiba-tiba, bisa-bisa ambyar semua rencana! Duh...

Karenanya, happy banget saya saat diundang buka puasa bersama yang kasih materi soal si Tipes ini sekalian vaksin Tipes di sini. Sharing session dari dr. Vina Patricia bikin saya tenang kalau mau kulineran. Karenanya, setelah buka puasa bersama saya pun cus langsung ikutan vaksin saja. 

Jadii, Dokter Vina menjelaskan jika padatnya aktivitas bisa bikin kita kelelahan sehingga imun tubuh ngedrop/menurun. Eh, pas banget kita mengonsumsi makanan/minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi. Lalu terjadilah infeksi, sehingga Tipes bisa datang tanpa diundang!

Nah, sayangnya meski kini sudah banyak jenis pengobatan, tapi beberapa penyakit masih menyumbang angka kematian yang tinggi!

Misalnya saja, Tipes yang menyerang 11-20 juta orang dan mengakibatkan 161.000 kematian secara global setiap tahunnya. Di mana di Indonesia ada 500 dari 100.000 penduduk menderita Tipes setiap tahun dengan angka kematian 0,6-5% yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Oia, sebelumnya, Dokter Vina mengingatkan bahwa yang akan dibahas ini penyakit Tipes dan bukan Tifus. Biar enggak bingung, bedanya Tpes dan Tifus itu:
  • Tipes: penyebabnya bakteri Salmonella typhi, dengan gejala demam tinggi sampai 40,5°C dan ruam kemerahan di bagian seputar dada, dan ditularkan lewat makanan/minuman yang terkontaminasi bakteri.
  • Tifus: disebabkan oleh bakteri Rickettsia, dengan gejala muntah dan ruam kemerahan sekujur tubuh dan ditularkan lewat gigitan tungau/kutu yang membawa bakteri
Nah, dirimu yang pernah kena Tipes bisa jadi merasa jika waktu pemulihan dari penyakit ini cukup lama. Tipesnya dinyatakan sudah sembuh tapi lemesnya itu kok masih betah gitu. 

Hal ini sih wajar, sebab energi yang kita pakai untuk melawan si bakteri Salmonella thypi ini begitu besar. Gejala yang ditimbulkan pun bikin tenaga terkuras hingga badan lemas.

Karenanya, biar cepat cembuh, penderita Tipes sebaiknya konsumsi air dalam jumlah banyak yakni air mineral yang bersih dan matang agar terhindar dari kontaminasi bakteri yang bisa memperburuk kondisi. 

Juga makan makanan hambar dan lembut yang kaya akan nutrisi, seperti bubur dan kentang tumbuk agar mempermudah fungsi kerja dari sistem pencernaan. Dan bernutrisi tinggi  untuk memenuhi kebutuhan energi dan mencegah penurunan berat badan akibat hilangnya nafsu makan

Enggak itu saja, sebaiknya juga melakukan langkah-langkah berikut buat cegah Tipes, di antaranya:
  1. Menerapkan pola hidup sehat
  2. Konsumsi makanan/minuman yang terjamin kebersihannya 
  3. Memakai masker dan mencuci tangan ketika kontak dengan orang yang sedang sakit
  4. Tidak menyiapkan/menyajikan makanan saat masih sakit
  5. Melakukan vaksinasi Tipes

Vaxine Care

Cegah Tipes dengan Vaksinasi Tipes


Well, World Immunization Week adalah kampanye yang diinisiasi oleh World Health Organization (WHO) setiap tanggal 24-30 April dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya vaksin dan imunisasi di seluruh dunia.

Ini mengingat ada banyak penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin, seperti: Flu, Pneumonia, Meningitis, Tetanus, Hepatitis, Covid-19, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk vaksin Tipes sendiri merupakan vaksin dengan manfaat mencegah Tipes yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi dan termasuk jenis imunisasi yang dianjurkan oleh pemerintah sebab kasus Tipes masih banyak terjadi di Indonesia.

Vaksin ini sendiri menggunakan bakteri Salmonella typhi yang sudah dimatikan dan bisa diberikan pada anak-anak mulai usia 2 tahun ke atas serta orang dewasa, di mana agar perlindungannya berjalan optimal vaksin inactive diberikan setiap 3 tahun (diulang per 3 tahun).

Lalu, kalau sudah pernah kena Tipes gimana dong?
  • Habiskan antibiotik sesuai anjuran dokter untuk mencegah bakteri menjadi resisten dan Tipes kambuh kembali
  • Biasakan cuci tangan dengan sabun terutama setelah dari toilet
  • Konsumsi makanan dan minuman sehat serta higienis
  • Dapatkan vaksin Tipes untuk perlindungan yang lebih efektif




Nyamannya Vaksin Tipes dan Vaksinasi #dimanasaja Bersama Vaxine Care

Vaksin Tipes mampu mengurangi tingkat infeksi yang dialami ketika terinfeksi bakteri Salmonella typhi yang mudah menular melalui makanan dan minuman, sehingga daripada mengobati ada baiknya jika kita antisipasi Tipes sejak dini dengan vaksinasi.

Apalagi menurut National Health Service UK, penyakit Tipes adalah penyakit kambuhan yang bisa muncul dengan gejala yang sama, meski gejala Tipes kambuh biasanya lebih ringan daripada Tipes pertama. 

Itulah sebabnya, saya semangat ikutan vaksin Tipes seselesainya acara yang dipandu oleh MC Lisa Anggrainy ini. Sebelumnya dilakukan pemeriksaan tensi dan mengisi data diri, baru deh vaksinasi yang dilakukan Dokter Alvin dan disediakan oleh Vaxine Care di sini. 

Oia, layanan vaksin Tipes dari Vaxine Care - juga beraneka pilihan vaksin lainnya, bisa jadi pilihan buat teman-teman yang ingin vaksin #dirumahaja atau #darimanasaja, karena:
  • Lebih Nyaman: vaksinasi dapat dilakukan di rumah (homeservice/onsite), dapat menentukan waktu sesuai jadwal kamu, tidak perlu antri atau macet-macetan dan mengurangi trauma anak dengan vaksinasi di rumah
  • Lebih Aman: tidak perlu ke luar rumah, mengurangi risiko terpapar penyakit lain saat keluar rumah, vaksinasi diberikan oleh dokter yang berpengalaman prosedur vaksinasi sesuai protokol kesehatan ketat, vaksin asli dan terjamin mutu dari distributor resmi
  • Lebih Mudah: pendaftaran cepat dan mudah melalui Whatsapp, harga yang tercantum di daftar sudah all in tidak aka tambahan biaya lainnya, proses klaim asuransi lebih mudah dengan kwitansi disertai tanda tangan dan stempel resmi

Nah, buat kamu-kamu yang pengin tahu seputar Tipes yang bisa dicegah dengan vaksin ini yuk cek aja IG @kenapaharusvaksin, dan dapatkan layanan vaksin di rumah dari @vaxinecare, yes!

Yuk, kita vaksin untuk cegah Tipes datang, dan traveling nyaman serta kulineran aman!😍


Salam Sehat

Dian Restu Agustina

 

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

17 komentar untuk "Vaksin Tipes Bikin Traveling Nyaman dan Kulineran Aman"

  1. Sakit tipes memang nggak bisa dianggap sepele. Tidak salah jika ada vaksinnya. Saya beberapa kali gejala tipes dan sering juga yang cukup parah waktu kecil hingga remaja. Memang sangat menyiksa. Kalau vaksin, kan bisa lebih terjaga.

    BalasHapus
  2. Wah keren ya ada layanan Vaxine Care, kita jadi nggak perlu repot keluar rumah buat vaksin tipes sekeluarga.

    BalasHapus
  3. Suka banyak yang salah paham mengenai tipes dan tifus ya..
    Jadi kalau ada edukasi yang benar mengenai vaksin tiper begini beserta solusi layanan vaksin Tipes dari Vaxine Care, akan lebih membantu.

    BalasHapus
  4. Wah baru tahu ada vaksin jenis ini... Benar sih mudik identik dengan Kulineran dan kecapekan.. tapi kadang masih ragu aja mau di vaksin.. Inspiratif sekali tulisannya

    BalasHapus
  5. eh baru tahu aku mba ada vaksin utk tipes. btw, stlh vaksin ada efek samping yg dirasakan ga mba?

    BalasHapus
  6. Mba, jujur aja saya baru tau loh kalau tipes dan tipus itu beda, selama ini ya taunya sama gitu. Ternyata penyebabnya pun berbeda yaa... Coba ah cari2 info tentang vaksin tipes ini.

    BalasHapus
  7. orang dewasa seperti kita bisa juga ya vaksin tipes, saya pikir untuk anak-anak aja, kalau anak-anak sudah vaksin tipes sih

    BalasHapus
  8. Kalau udah pernah kena tipes bisa vaksin juga kah mba?

    BalasHapus
  9. Is bener banget kak dian..
    Zaman dulu tu orangtua suka bilang tipes karena kecapekan. Tapi ternyata, karena kuman menyerang pencernaan.
    Anakku tahun lalu udah pernah inap karena demam Thypoid ini..
    Rasanya pengen semua anak divaksin biar aman..

    BalasHapus
  10. Dulu, waktu bekerja sebagai budak korporat, entah sudah berapa kali badan saya diganggu sama si bakteri Salmonella tiphy yang hobi banget bersemayam di usus dan bikin badan serasa lemas berkepanjangan padahal sudah sembuh ini. Awalnya kemunculannya pun sebab saya sadari, kurangnya perhatian pada kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi, di tengah tugas lembur nggak berkesudahan yang bikin badan lelah luar biasa bahkan sampai nggak sanggup memikirkan segala rupa untuk mengolah makanan sendiri. Padahal kalau parah kan bisa membahayakan jiwa ya. Perlu memang melakukan vaksinasi a.k.a imunisasi penyakit endemi begini.

    BalasHapus
  11. Jangan malas untuk kebaikan 🤲. Aku harus menaklukan jiwa dan raga teman tadi deh. Secara di kampung kalau ada waktu imunisasi susah banget
    Tak lama terdengar suara tangisannya anak...

    BalasHapus
  12. Saya termasuk care lah sama vaksin-vaksin ini. Terutama yang buat anak-anak.
    Walopun banyak yang bilang, untuk apa vaksin-vaksin.
    Saya sendiri gak tau de, saya ini udah divaksin ini apa belum...
    Tapi anak-anak udah lengkap rasanya...

    BalasHapus
  13. Mbakee aku baru tau kalau ada vaksin tipes, boleh nii ikut vaksin ya kan mencegah lebih baik ya drpd mengobati

    BalasHapus
  14. wah bener nih, bisa jadi pencegahan pertama ya, jadi lebih nyaman dan aman aja mau coba-coba makanan pinggir jalan hehe

    BalasHapus
  15. Syukurlah kalau sekarang sudah ada vaksin tipes. Alhamdulillaah. Saya trauma banget kalau denger penyakit tipes, karena alm ibu saya meninggal setelah lama mengalami tipes. Dulu belum ada jenis vaksin ini. Semoga angka kematian karena penyakit tipes ini semakin menurun. aamiin

    BalasHapus
  16. Saya suka travelling tapi dananya teriak gak boleh travelling. Tiap haru rutinitas jadi anak jalanan, bikin diri aku was was sama kesehatan. Kayaknya harus dalami dulu vaksin satu ini. Karena jujur aku takut jarum kalo di vaksin

    BalasHapus
  17. Selama ini aku pikir tifus dan tipes itu sama aja, ternyata beda ya. Aku pernah gejala tipes, ya Allah lemes banget. Makan aja muntah mulu. Alhamdulillah sekarang dianjurkan untuk vaksin yaa

    BalasHapus