Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Me Time Artinya Apa? Ini Manfaat dan Kegiatannya

"Duh pengin me time!" 
"Kerja mulu, kapan ya bisa me time aku?" 
"Pusiiing deadline berjejer, pengin cepet kelarin, terus me time!"

Me time, me time, bolak-balik nyebut kalimat itu, sebenarnya me time artinya apa sih?

Well, me time adalah salah satu istilah yang banyak dipakai saat ini di era gegap gempitanya sosial media. Pada dasarnya, me time terdiri dari dua kosa kata bahasa Inggris, yakni kata ‘me’ dan kata ‘time’. Kata ‘me’ sendiri memiliki arti ‘saya’, dan kata ‘time’ berarti ‘waktu’. Singkatnya, me time artinya adalah waktu untuk saya atau untuk diri sendiri.

Me Time

Me Time Artinya Apa dan Manfaatnya Apa Saja?

Nah, me time artinya adalah kegiatan yang dilakukan secara singkat untuk menghibur diri sendiri, dalam rangka melepas penat dan mengembalikan mood menjadi positif lagi. 

Aktivitas ini dapat dilakukan dalam berbagai cara sesuai dengan kebutuhan dan hobi masing-masing pribadi. Simpel aja kok contohnya seperti: drakoran, netflixan, ngopi, nyalon, CFD-an, spotify-an, baca novel, nge-game, baking, gardening, atau... main sama kucing!

Apapun itu, me time menjadi salah satu kegiatan penting yang sesekali sebaiknya dilakukan oleh siapa saja, karena meluangkan waktu untuk diri sendiri bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental kita.

Yes, dengan me time, seseorang bisa terhindar dari depresi sebab aktivitas ini dapat berujung pada meningkatnya kesejahteraan diri. Pokoknya banyak deh manfaat me time, termasuk untuk ibu rumah tangga seperti saya. Di antaranya:

1. Mengelola Emosi

Tumpukan setrikaan yang terus beranak, mainan yang diberantakin anak, jemuran belum kering sudah nambah jemuran baru karena hujan melulu, harga telur yang meroket, suami yang enggak mau bantu-bantu kerjaan istri, anak main HP melulu - disuruh belajar bilang ntar dulu ntar dulu....Duh, pusing jadi ibu!! Semua situasi ini bisa bikin darah tinggi dan menyulut emosi.

Karenanya, me time perlu agar ibu rumah tangga lebih rileks. Dengan begitu, emosi negatif yang muncul menjadi lebih terkontrol. Ketika menghadapi masalah, pikiran menjadi lebih jernih dan lebih gampang memikirkan jalan keluarnya. Agar terhindar dari tindakan impulsif tanpa pikir panjang, seperti mengeluarkan kata-kata kasar pada anak saat kesal atau memukul mereka.

2. Menurunkan Kadar Stres

Bangun pagi, masak, nyiapin sarapan (dan bekal) buat suami dan anak, nganter sekolah, balik ke rumah nyuci, beberes rumah, setrika, jemput anak, masak, nganter jemput les, ngajarin belajar, ...repeat every day!

Menjalani rutinitas dan aktivitas yang sama di setiap harinya bisa membuat ibu rumah tangga rentan terkena stres. Ini ditandai dengan susah konsentrasi, lelah berlebihan, merasa tidak berdaya dan bukan siapa-siapa, juga mudah marah sama orang rumah.

Nah, me time ibarat mengisi ulang baterai dalam tubuh guna mengembalikan suasana hati dan menurunkan kadar stres ini. Dengan diselingi me time, ibu rumah tangga tetap bisa menjalankan aktivitas dengan baik.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Me time bukan berarti egois dan mementingkan diri sendiri. Kesibukan mengurus rumah tangga juga anak dan suami, kerap membuat ibu rumah tangga lupa akan diri sendiri. Sehingga perlu memanfaatkan waktu sejenak untuk rehat dari kesibukan agar ibu bisa lebih mengenal diri. Dengan begitu, akan muncul perasaan lebih tenang dan nyaman.

Dengan melakukan me time, ibu rumah tangga dapat bertenang diri dan berdamai dengan situasi yang ada di sekitarnya. Selain itu, ibu juga bisa punya pandangan atau perspektif pribadi tentang banyak hal dengan cara berkomunikasi dengan diri sendiri dan mendengar suara hati. 

Kalau sudah begini, ibu akan mampu lebih berkonsentrasi dengan mengesampingkan atau menghilangkan sejenak gangguan yang membebani pikiran. Dengan kembalinya konsentrasi dan produktivitas, diharapkan dapat membantu para ibu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih bahagia ke depannya.

Me Time Artinya

Me time-nya Ibu Rumah Tangga Apa saja?

Tuh, banyak manfaatnya me time, kan? 

Nah, buat kamu yang masih bingung me time artinya apa dan mau ngapain aja, berikut beberapa ide me time yang sering saya lakoni!

Well, saya ibu dari dua anak remaja, sehingga bisa dibilang enggak terlalu repot lagi ngurus printilan anak di keseharian karena mereka sudah lebih mandiri. Tapiii, you know yang namanya pekerjaan rumah tangga itu kan terus ada, sambung menyambung dan tak ada habisnya. Itu lagi, itu lagi, yang jika terus-terusan dikerjakan, jadi bosaaan! 

Karenanya, menghabiskan waktu sejenak untuk diri sendiri perlu dilakukan seorang ibu rumah tangga sebagai bentuk menghargai dan menyayangi diri karena selama ini telah banyak menguras tenaga secara fisik dan juga mental dengan beragam aktivitas yang ada. 

Aktivitas selama me time setiap orang tentu berbeda-beda caranya. Pada umumnya, cara terbaik untuk menghabiskan waktu khusus untuk sendiri tersebut adalah dengan melakukan hobi atau sekadar melepaskan diri dari hiruk pikuk sosial media.

Nah, biasanya saya sejenak me time berdasarkan waktunya:

  • 15 Menit: duduk di taman mungil di halaman rumah sembari ngopiii, telepon Ibu saya di Kediri, jalan kaki ke sekitar untuk cari udara segar, nyiram dan nyiangi tanaman, scrolling sosmed, (online) window shopping
  • 30 Menit: jogging, luluran/maskeran/creambath plus mandi air hangat, bikin konten/edit video/update sosmed
  • 60 menit: netflixan, ngeblog, bikin camilan, baca novel
  • Lebih dari 60 menit: ngemol, arisan, jalan-jalan bareng kesayangan

Nah, Kini sudah Tahu ya, Me Time Artinya Apa....

Yup, di tengah dunia yang super sibuk ini, manusia sejatinya membutuhkan sedikit waktu untuk sendiri dan mengambil jeda. Itulah mengapa saat ini me time menjadi bagian dari gaya hidup yang sebaiknya dilakukan oleh semua.

Menghabiskan waktu untuk diri sendiri penting untuk dilakukan agar fokus pada diri yang memberikan sejumlah manfaat termasuk bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Apalagi buat ibu rumah tangga yang mengalami stres atau rasa lelah berkepanjangan akibat pekerjaan rumah tangga, rehat sejenak bisa jadi solusi untuk mengisi energi. Setelah itu, ibu bisa melanjutkan kembali aktivitas yang sedang dilakukan.

Dengan mengambil waktu sejenak seorang diri tanpa gangguan tanggung jawab pekerjaan, memberikan kesempatan lebih untuk ibu menjernihkan pikiran. Me time merupakan cara yang tepat untuk ibu merevitalisasi pikiran dan tubuh secara bersamaan.

Well, memang me time sebaiknya dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, agar tubuh dan mental kita dapat beristirahat sebentar dari padatnya rutinitas dan besarnya tekanan yang diberikan oleh lingkungan. Enggak itu saja, kegiatan ini juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas seseorang dalam jangka panjang, sebab hal-hal negatif yang mungkin akan terjadi dapat diantisipasi.

Sementara, jenis kegiatan yang dapat dilakukan selama me time juga banyak jenisnya, tergantung pada kegemaran dan minat seseorang. Mungkin ada yang melakukan me time dengan menjalankan hobi, ada juga yang mencoba hal baru yang bikin happy. Sebenarnya, kegiatan apa saja dapat dilakukan untuk me time selama kamu memang suka dan ingin mencobanya.

So, apa me time kamu? Apapun itu, happy me time!!💖


love 

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

28 komentar untuk "Me Time Artinya Apa? Ini Manfaat dan Kegiatannya"

  1. Saya nyesel baru tau manfaatnya me time sesudah anak2 besar
    Karena dulu sering merasa bahwa me time adalah kemewahan bagi ibu rumah tangga
    Akhirnya anak-anak dimarahin, duh kasihan banget ya?

    BalasHapus
  2. Bener dan setuju dengan ulasan artikel kakak, sudah kubaca lengkap, bagus tulisannya dan edukatif banget....mengola emosi, stress, dll ternyata penting ya untuk meningkatkan kualitas diri. Me time cara paling tepat memang, terkadang hal demikian dibutuhkan supaya bisa terus survive.

    BalasHapus
  3. Me time harus disempatkan untuk kesehatan jiwa sendiri ya. Jika kita bahagia maka keluarga akan bahagia. Kalau saya me time paling seringnya nonton.

    BalasHapus
  4. Me timeku yang utama tidur. Kalau enggak ya nulis. Kalau enggak ya sekadar berpindah dari kesibukan satu ke kesibukan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide2 me time di atas bisa dicoba nih sebagai variasi keseharian, ya

      Hapus
  5. Kalau saya, me time, artinya tutup laptop dan tidak menulis dulu, Mbak Dian. Tapi sebentar saja, jangan kelamaan hehehe.
    Nah, saatnya saya melakukan hal-hal yang menyenangkan. Dulu pas masih di Kebumen, saya selalu ngebolang naik motor. Ke pantai bukit, dan wisata Kebumen lainnya atau daerah sekitar. Kayak Purwokerto, Purworejo, Cilacap atau Banjarnegara. kalau ada waktu, sampai Yogyakarta, Semarang atau Pemalang hehehe. Kalau sekarang, paling naik sepeda, baca buku atau nonton film di rumah hehehe

    BalasHapus
  6. Me time aku menggambar kak, bikin konten, edit video, dapet cuan dan pahala yihaa heheheh bener banget nih udah jadi emak2 nyetrika juga bisa sambil drakoran jdi ngga kerasa dan tetap happy deh

    BalasHapus
  7. Ada suatu ketika, ceritanya mau me time nih mbak daku, di kamar dengan cara scroll tiktok. Soalnya Alhamdulillah sering yang muncul di fyp itu bagus². Mood booster dah.
    Eh, entah gimana malah yang me time jadinya hp daku...main sendiri dimana dakunya malah pulas terlelap 😴😴🤣🤣.

    BalasHapus
  8. Rasanya paling seneng kalau sudah gak ada tanggungjawab yang harus diselesaikan, lalu bisa mengerjakan hal-hal santai yang kita senangi. Aku paling seneng rebahan di bawah selimut sambil scroll scroll OTT. Wkkwk.. cari tontonan yang paling sesuai sama mood. Gak kudu selalu drama, film pun aku OK.

    BalasHapus
  9. akutu sempat hobi olahraga zumba atau pilates depan laptop. itu me time akuuuu
    tapi belakangan kok ngga ada mood sama sekali.

    me time ku jdnya makannnn mulu

    BalasHapus
  10. Me time memang dibutuhkan untuk kembali menyemangati diri di waktu yang dibutuhkan. Pastinya aktivitas me time setiap orang bisa berbeda antara yang satu dengan yang lain.

    BalasHapus
  11. Bener banget ya, me time penting banget sih soalnya biar nggak terlalu stress menjalani rutinitas yang ada. Me time sederhana juga udah bikin IRT happy kok

    BalasHapus
  12. Me time-ku ... duduk santai sendirian di kedai kopi. Minum kopi, dengerin musik, sambil nulis. Kalau bosan itu, aku suka jalan kaki sekitar 2-4 km. Capek ya mlipir ke warung. Gerah ya numpang ngadem di minimarket :))

    BalasHapus
  13. Me time saya yg bisa dikerjakan di rumah aja ya cuma denger radio, main game di ponsel, atau bermain dengan hewan hewan peliharaan dan ngurus tanaman
    Sebagai manusia yg punya kadar jenuh, saya menyadari waktu bahagia untuk diri sendiri itu memang perlu

    BalasHapus
  14. Kalau saya paling sering me time nya nonton film atau series sambil nyemil dan minum kopi atau matcha drink... Itu udah paling nyaman banget, cuma sayangnya keterusan dan kelamaan me time nya jadi mager mau ngerjain yang lain hehehe

    BalasHapus
  15. "Apapun bentuk me timenya, yang jelas poin me time itu adalah kita harus kembali ke diri kita yang 'seutuhnya'. Kalau udah me time tapi kita masih 'nggak kembali ke diri kita', itu artinya bukan me time, tapi buang2 uang," ujar seorang akademisi Psikologi yang aku tahu :-D

    Yess, me time memang sepenting itu apalagi buat para Emak2 ya Mba. Beri waktu untuk diri sendiri. Kalau diri sendiri bahagia, tentu energi positifnya akan menular ke orang lain.

    BalasHapus
  16. Me Time kalau aku bisa kapan saja, kadang setelah suami kerja dan anak-anak sekolah, aku hanya duduk bengong sambil liat aquarium sebentar udah seneng baru lanjut beres-beres atau nulis, kadang nonton drakor atau istirahat baca buku lanjut ketiduran...udah itu cukup buat aku. Aku termasuk jarang jalan-jalan keluar rumah, jadi kalau ada event itu kesempatan me time juga.

    BalasHapus
  17. Me time saya: tidur 😅😅😅 Abisnya Senin-Jumat jadi fulltime working mom. Jadi kalo wiken saya sempatkan buat tidur siang sepuasnya. Abis itu, kembali fresh, anak ngajak jalan-jalan ya ayo aja :)

    BalasHapus
  18. Bener banget, kegiatan domestik IRT kaya nyambung menyambung banget kaga ada habisnya. Tapi alhamdulillah anak-anak uda pada gede, jadi bisa banget ngebantu beberes. Aku sendiri me timenya ya ngedrakor, ngupi ama temen-temen, atau sekadar scriling medsos hehehe.

    BalasHapus
  19. Me time memang perlu sekali untuk.kesehatan jiwa kita.Jangan sampai kita lupa menyediakan waktu ini..

    BalasHapus
  20. Kalau saya me timenya baca buku mba sama bertanam anggrek. Seru aja....energi bahagia kembali terisi full kalau sudah melakukan dua kegiatan ini.

    BalasHapus
  21. Sangat bersyukur sekali ketika anak-anak sudah beranjak dewasa, waktu me time bisa lebih ter-manage dengan baik dan maksimal. Waktu-waktu yang optimal untuk melakukan hal yang disenangi dan membuat hati bahagia.

    BalasHapus
  22. Buat saya me time itu penting
    Seperti mengisi ulang daya
    Kalau sy me time nya ngopi sambil nonton drakor
    Hehe

    BalasHapus
  23. Saya butuh me time mbak, setiap hari ambil jeda, entah hanya sekedar duduk sejenak atur napas, atau menikmati guyuran air saat wudhu, nyess rasanya, setelah itu sudah seger lagi
    banyak sih pilihan me time bagi saya, yang penting saya benar-benar menikmati waktu itu sendiri sejenak

    BalasHapus
  24. Me time bagiku udah bisa nonton film tanpa direcokin anak sih wkwkwk, itu udah bersyukur banget

    BalasHapus
  25. Kadang pengen jalan sendiri ke mall nyari makanan kesukaan trus duduk nongkrong sampai capek lalu pulang

    BalasHapus
  26. Bener mbak salah satu manfaat me time bisa menurunkan kadar emosi jiwa, tapi kalau Saya me timenya bobok manis hehehe

    BalasHapus
  27. me time itu memang penting banget ya, mbak terutama buat ibu yang memutuskan untuk di rumah. bahkan kadang ibu bekerja yang me time-nya adalah di kantor juga perlu me time terutama jika pekerjaan kantornya cukup sibuk

    BalasHapus