Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Minuman Segar yang Mudah Dibuat oleh Anak Kost

Gais, beberapa waktu terakhir, minuman segar banyak dicari orang karena cuaca yang panas membara! You know, belakangan suhu di Jakarta dan banyak wilayah di Indonesia memang menggila. Bahkan ada area yang sampai tembus 37°Celcius suhunya. Gerah bangeeet! Tak heran minuman kekinian yang menyegarkan jadi pilihan untuk dinikmati saat suasana sedang terik begini.

Saya sendiri terbiasa bikin minuman segar pakai bahan yang ada di rumah. Meracik minuman kekinian yang mudah sebagai pelega tenggorokan yang kering karena cuaca gerah. 

Nah, kapan hari, anak sulung saya yang sudah sebulan ini tinggal sendiri, menanyakan resep minuman segar yang mudah dibuat di kost-nya. Selama ini, sebagai anak kost paling-paling dia buat es teh manis atau es sirup saja. Penginnya sih dia bisa sat set wat wet bikin sendiri minuman segar yang anti ribet. 

Saya akhirnya memberi dia ide, 5 resep minuman segar yang mudah dibuat oleh anak kost berikut ini!

5 Resep Minuman Segar yang Mudah Dibuat oleh Anak Kost


Minuman Segar yang Mudah Dibuat di Kost

Well, di tempat kost anak saya tersedia dispenser di tiap kamarnya. Ada juga dapur bersama yang dilengkapi kulkas di sana. Maka, kalau mau bebikinan minuman kekinian ya tinggal niatnya saja. Buatan sendiri lebih sehat dan hemat pasti, tinggal mau enggak eksekusi!

Karenanya, saya beri ide dia resep minuman segar yang mudah dibuat oleh anak kost, di antaranya:

1. Infused Water

Pada awal ngekost, saya berpesan pada anak saya untuk mencukupi kebutuhan seratnya dengan tak lupa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Syukurnya, di dekat tempat kost dia ada kios buah, juga ada warung sayur, sehingga mudah membeli sayur dan buah di sana.

Nah, buah selain dimakan begitu saja, juga bisa dibikin Infused Water, minuman sehat yang sangat mudah dibuat oleh anak kost. Manfaat dari infused water yang sangat cocok diminum sehari-hari ini, yakni bisa dipakai untuk detoksifikasi tubuh agar racun hilang sehingga badan menjadi lebih bugar. 

Tak hanya detoks tubuh dan diet, minum Infused Water juga mencegah diri dari dehidrasi, menjadi sumber vitamin, meningkatkan imunitas, dan mencegah penyakit ginjal.

Nah, mengingat manfaatnya, yuk coba resep Infused Water berikut ini!

Bahan-bahan:

Lemon secukupnya
Strawberry secukupnya
Mentimun secukupnya
Mint (optional)
Air 1 liter
Es batu (optional)

Cara Membuat:

Cuci bersih seluruh bahan di bawah air bersih yang mengalir. Potong-potong sesuai selera. Masukkan bahan ke dalam wadah botol atau gelas besar. Tuangkan air yang sudah kamu siapkan. Tutup wadah dan simpan Infused Water selama 3-4 jam. Setelahnya Infused Water bisa dinikmati. Oia, Infused water ini bisa disimpan di kulkas hingga 3 hari.

Minuman Segar Infused Water
sumber: https://www.freepik.com/free-photo/smoothie-ingredients_1104692.htm#query=infused%20water&position=2&from_view=search&track=ais

2. Lemon Mojito

Lemon Mojito ini resepnya sederhana dan murah meriah dengan bahan dasar yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Mari simak langkah-langkah pembuatannya berikut ini!

Bahan-bahan:

1 buah lemon
100 ml air soda
3 tangkai daun mint

Cara Membuat:

Ambil lemon dan daun mint, lalu iris tipis-tipis. Tumbuk sedikit hasil irisan tadi dengan menggunakan sendok dan masukkan ke dalam gelas saji. Tuangkan 100 ml air soda ke dalam gelas tersebut. Masukkan es batu sesuai selera. Supaya tampilan  makin cantik, beri irisan daun mint sebagai garnish-nya. Lemon Mojito sudah siap dihidangkan.

sumber: https://pixabay.com/photos/cocktail-mojito-summer-bar-2029572/


3. Es Timun Jeruk Nipis


Saat hari begitu sumuk, segelas minuman kekinian yang menyegarkan akan membuat kita berasa sejuk. Salah satu pilihan yang tepat adalah Es Timun Jeruk Nipis yang yang mudah dibuat untuk menemani hari yang berkeringat. 

Apalagi minuman segar ini terbuat dari bahan-bahan sederhana yang gampang didapat sehingga mudah dibikin oleh anak kost seperti anak saya. Es Timun Jeruk Nipis cocok jadi pilihan untuk memberikan kesegaran di teriknya siang, 

Tapiiii, mengapa Timun? 

Karena baiknya manfaat mentimun bagi kesehatan. Di antaranya: membantu tubuh tetap terhidrasi, mendukung kesehatan jantung, melindungi otak dari penyakit saraf, melindungi kulit dari efek penuaan, melawan peradangan pada tubuh dan mengurangi risiko kanker, menghilangkan rasa sakit, mengurangi bau mulut, melindungi tulang, mencegah sembelit, dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Dan, ini dia resep Es Timun Jeruk Nipis!

Bahan-bahan:

3 buah timun
200 gram gula pasir
200 ml air
air perasan 3 buah jeruk nipis
5 lembar daun mint (optional)
2 buah jeruk nipis
es batu secukupnya

Cara Membuat:

Larutkan gula pasir dengan air yang sudah dipanaskan. Setelah larut dan didinginkan, tambahkan air perasan jeruk nipis. Serut timun yang telah dikupas dan dibuang bijinya. Masukkan ke dalam larutan gula. Diamkan selama satu jam. Tambahkan irisan jeruk nipis, daun mint dan es batu sesuai selera.

sumber: dokumen pribadi

4. Iced Lemonade

Kendala jadi anak kost tuh enggak punya peralatan lengkap buat bebikinan minuman kekinian. Tapi tak usah khawatir, kamu bisa kok tetap membuat minuman segar di kamar atau dapur kost dengan bahan sederhana serta mudah didapat.

Seperti Iced Lemonade yang punya rasa manis dari gula dan rasa asam dari asam lemon. Sebuah kombinasi yang cocok sebagai penghilang dahaga di tengah teriknya sang surya. Dijamin Iced Lemonade akan menyegarkan badan dan pikiran!

Kuy, cek resepnya berikut ini!

Bahan-bahan:

2 liter air putih matang
400 gram gula pasir
400 ml perasan jeruk lemon
Es batu secukupnya

Cara membuat:

Campurkan gula dan segelas air ke dalam panci, masak dan didihkan gula hingga larut. Dinginkan.
Tuang perasan lemon, gula pasir, serta air putih, aduk hingga merata. Campurkan es batu sesuai selera.
Iced lemonade siap untuk dinikmati bersama teman-teman kost sambil ngobrol sana-sini.

Iced Lemonade
sumber: https://pixabay.com/photos/juice-lemon-lemonade-lemons-3946228/

5. Es Kuwut

Dulu, saat kuliah di Bali saya senang sekali minum minuman segar khas Bali yang satu ini. Nah,  dirimu yang anak kost bisa lho membuat Es Kuwut ini sendiri. Minuman ini bisa jadi alternatif yang menyegarkan di kala haus melanda. 

Resepnya lihat di bawah ini ya...

Bahan-bahan:

1 mangkuk kelapa muda serut
Air kelapa muda secukupnya
Buah melon secukupnya, potong-potong
2 sdm selasih, rendam air hangat
1 buah jeruk nipis yang sudah diperas
Larutan gula pasir secukupnya
Es batu secukupnya

Cara membuat:

Masukkan kelapa muda, melon, dan selasih ke dalam gelas. Masukkan es batu. Campurkan air kelapa dengan larutan gula pasir. Aduk hingga merata dan tuang ke gelas berisi kelapa muda, melon, dan selasih. Tambahkan perasan jeruk nipis. Es Kuwut khas Bali siap kamu nikmati!

sumber: Fimela


Yuk, Coba Resep Minuman Segar yang Mudah Dibuat Oleh Anak Kost!


Well, minuman dingin nan segar sangat cocok dinikmati saat suasana sedang panas terik. Tak hanya itu, minuman segar mampu membangkitkan mood dan semangat ketika kamu-kamu sedang merasa suntuk di kost-an mu.

Nah, buat anak kost (juga siapa saja) yang mungkin merasa bosan hanya meminum es teh manis atau es sirup melulu, cobain buat minuman segar di kost-mu! Bikinnya mudah dan pasti 5 resep minuman kekinian ini bisa kamu coba bikin sendiri. Apalagi ini enggak cuma gampang dibuatnya, juga lebih hemat biaya!

Nah, di antara 5 resep tadi, adakah yang sudah pernah kamu coba? Atau baru mulai tertarik untuk membuatnya? Well, selamat mencoba!💗


Salam Semangat

Dian Restu Agustina










Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

25 komentar untuk "5 Resep Minuman Segar yang Mudah Dibuat oleh Anak Kost"

  1. aku tertarik yang infused water, ternyata simple banget bikinnya. Selama ini aku cuma bikin lemon tea aja untuk meredakan hawa panas yang makin menyengat aja akhir2 ini. Makasih informasinya

    BalasHapus
  2. Bukan anak kos, tapi ini menarik sih dan bisa banget dibuat di rumah. Aku dulu lumayan sering bikin Infused Water. Pakai bahan yang sederhana saja udah bisa. Mana seger lagi

    BalasHapus
  3. Banget panasnya mba. Apalagi waktu idulfitri itu ya Allah. Beneran meradang panasnya. Terus tergiur persiropan. Di setiap rumah ada minuman segaar hihi. Aku suka es kuwut, pengin deh bikin iniiiih

    BalasHapus
  4. mantap idenya MBa boleh juga buat ide jualan nih. Lengkap pula dengan resepnya, bisa juga dibuat di rumah ya kan. Pasti banyak yang suka

    BalasHapus
  5. Es timun jeruk nipis paling sering saya buat di bulan Ramadan. Seger banget berbuka puasa dengan es ini.

    BalasHapus
  6. Paling2 es timun jeruk nipis yang pernah dibuat di rumah hehehe :D Minuman segar dingin pas dikonsumsi saat cuaca panas sekali seperti belakangan ini ya mbak Dian. Bisa membuat stok lebih banyak, tinggal ambil di kulkas lalu glek deh hehehe. TFS. Enak2 semua nih resep minuman segarnya.

    BalasHapus
  7. Jadi kangen bikin infuse water deh mbak, dulu rutin bikin dan badan pun terasa lebih enteng aja

    Ngumpulin niat lagi ah biar konsisten bikin infuse water

    BalasHapus
  8. Ihh beneran deh panasnya sekarang tuh ngga kira2 kalau siang masya Allah.
    Aku suka banget bikin infused water sama Mojito itu. Bahannya gampang bikinnya cepet. Kalau arisan keluarga aku biasanya bikin es kuwut. Seger banget pasti langsung ludes.

    BalasHapus
  9. Favortiku, es kuwut. Daging kelapa mudanya tuh enak banget, dan air kelapanya seger, terus ada asem dikit dari jeruk nipis, makin nyess gitu.

    BalasHapus
  10. Seger semuaa ituu enakkk. Pernah juga bikin,sprite+lemon+serai enak juga segerr. Tp karbonasi dari soda jangan konsumsi terlalu banyak. Kusave yaa,makasihh sharingnya :)

    BalasHapus
  11. paling best memang infuse water ya, etapi mojito nya juga mantap tuh, gampang lagi dibuatnya

    BalasHapus
  12. wah menyegarkan banget mbak ini minumannya. apalagi sekarang cuaca lagi panas-panasnya yaa pas banget bikin minuman segar begini

    BalasHapus
  13. Segarnya...ini minumannya. Apalagi sekarang panasnya ampn-ampun deh. Es Timun Jeruk Nipis aku paling suka deh, cuma daun mint agak sulit ya di cari di pasar. Aku mau coba nih resep-resepnya

    BalasHapus
  14. Wah aku belum pernah bikin es kuwut, Mbak. Kayaknya enak bangettt.. hehe. Pas banget ya buat cuaca yang sedang panas-panasnya gini. Dan iya, yang penting niatnya. Kalau bahan-bahannya sih relatif gampang dicari, ya :)

    BalasHapus
  15. Wah mudah cara bikinnya, kebetulan lagi banyak lemon dirumah enak kayanya bikin iced lemon

    BalasHapus
  16. Aku pernah bertamu di rumah sahabat.
    Gercep banget bikinin Iced Lemonade. Jadi ketagihan. Selain karena memang lemon ini sehat, juga menyegarkan kalau diminum siang-siang sama es yang banyak.. uuww~

    BalasHapus
  17. Ngekos bukan halangan bisa bikin minuman segar
    Resep minuman segar diatas sangat direkomendasikan untuk anak kos

    BalasHapus
  18. Es Kuwut paling sering setelah tahu caranya. Bahkan ponakan juga yang ngekost bisa bolak balik bikinnya

    BalasHapus
  19. Makasih maak resepnya woww seger2 banget minumannya disaat cuaca panas cetar gini meski malam hr kalau tampa AC geraah banget butuh yg seger2 (gusti yeni)

    BalasHapus
  20. Wahhh mantaps terimakasih resep segernya ya mb, coba nanti aku aplikasikan pada jam 12 siang, pasti makyussss.

    BalasHapus
  21. Es kuwutnya suka saya bikin juga di rumah, enak seger banget ini. Apalagi diminum pas buka puasa.

    BalasHapus
  22. Wah seger-seger nih minumannya. Gak hanya bisa ngilangin haus, juga banyak manfaatnya ya. Bisa dibuat sendiri pula. Gak harus beli di kafe. Mamak kudu nyoba bikin nih.

    BalasHapus
  23. lemon mojito ini kalau di cafe harganya lumayan. padahal bisa bikin sendiri ya mbak. Apalagi kalau untuk temen ngobrol atau temen nugas

    BalasHapus
  24. Dari ke lima resepnya, aku suka yang infused water. Kupikir bikinnya bakalan ribet, ternyata mudah ya...

    BalasHapus
  25. dari dulu pengen bikin sendiri infused water tapi mager buatnya, padahal temen temen kantorku cukup banyak yang bikin.

    BalasHapus