Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solitaire.org, Game untuk Jaga Kesehatan Otak Lansia

Gais, beraneka game yang ada di Solitaire.org kini jadi pilihan saya dan suami untuk membantu menjaga kesehatan otak kami. FYI, saat ini, saya dan suami saya berada pada usia paruh baya. Masa yang dikategorikan oleh World Health Organization (WHO) sebagai usia pertengahan/middle age (rentang 45-59 tahun usia), dan dimasukkan pada kategori pra lanjut usia (pra lansia) oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Waaah, sudah tua yaaa, sudah pra lansia!!🙈


Solitaire.org, Game untuk Jaga Kesehatan Otak Lansia


Jaga Kesehatan Otak Lansia dengan Main Game di Solitaire.org

Well, sejatinya kami berdua berprinsip 'Age is just a number' alias usia hanyalah sekedar angka. Tapi meski begitu kami sadari saat umur tak lagi muda, organ tubuh termasuk otak pun akan menua. 

Akibatnya, otak mengerut dan fungsinya pun tak lagi sempurna. Bahkan pada tingkat yang parah, kerusakan pada otak dapat menyebabkan penyakit kognitif yakni Demensia.

Kabar buruknya, belum lama ini Ibu Mertua saya meninggal dalam kondisi menderita penyakit Demensia. Sebuah penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat dan cara berpikir, yang berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari.

Karenanya, saya mendorong suami untuk aktif bermain game lagi, setelah sejak lama karena kesibukan dan aktivitas lain, tak lagi dilakukannya. Mengingat, salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko Demensia adalah adanya riwayat Demensia dalam keluarga!

Jadi, jika istri yang lain mungkin meminta suaminya agar tidak nge-game melulu, saya malah nyuruh Paksu untuk mulai main game tertentu. Kwkwwk. Meski, tetap lah harus ingat waktu!

Lalu, game-nya apa tuh? 

Pastinya yang membantu untuk menjaga kesehatan otak khususnya usia pra lansia. Mengingat beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan kegiatan sederhana sebagai upaya ‘latihan otak’ dapat membantu seseorang dalam aspek memori dan proses berpikir. 

Apalagi, permainan asah otak yang dapat dilakukan sangatlah beraneka. Juga, kita dapat dengan mudah mengaksesnya melalui gawai yang kita miliki, seperti smartphone, tablet, ataupun laptop. 

Nah, Demensia sendiri menjadi penyakit otak yang misterius dan progresif yang sampai saat ini belum ada obatnya. Tetapi, penelitian mulai menjelaskan bagaimana risiko pengembangan Demensia dapat dikurangi melalui aktivitas dan permainan yang dapat dilakukan di antaranya dengan melakukan permainan kartu seperti Solitaire yang membantu menjaga ketajaman otak terutama untuk orang lanjut usia. 

Ya, Solitaire yang diakui sebagai salah satu permainan kartu paling populer di dunia yang dapat dimainkan secara langsung ataupun online di Solitaire.org bisa bantu asah otak lansia.

Permainan kartu ini dianggap bermanfaat bagi pasien Demensia karena akan meningkatkan kemampuan berpikir dan mengingat. Pasalnya, game ini berjalan lambat, sehingga lansia dapat meluangkan waktu dan merangsang otak mereka untuk waktu yang lama.

Oia, enggak cuma main kartu saja, lansia juga bisa bermain aneka game menarik terutama untuk asah otak di Solitaire.org ini. 

Apa saja?

Aneka Game di Solitaire.org yang Bantu Asah Otak Lansia

Yes, ratusan game gratis untuk dimainkan yang bisa bantu menjaga kesehatan otak lansia ada di Solitaire.org.

Enggak hanya menawarkan lebih dari 100 game Solitaire online gratis yang berbeda, Solitaire.org juga menawarkan game kartu yang lain, game Mahjong, teka-teki logika, game objek tersembunyi, game kata, game simulasi dan lainnya.

Terus, game favorit saya dan suami yang mana? Di antaranya:

Classic Solitaire

Classic Solitaire ini adalah game di mana untuk memenangkannya kamu harus menyusun nomor kartu dari yang paling besar sampai ke nomor paling kecil dengan berselang warna merah dan hitam. Ya, meski terlihat mudah, tapi memang butuh kesabaran untuk memenangkan permainan.

Nah, tips biar kamu enggak emosi karena kalah lagi dan lagi sehingga kezel sama website Solitaire.org ini, yakni:
  1. Pelajari aturan: mengetahui bagaimana kartu-kartu ini dimainkan dan dimana mereka ditempatkan adalah langkah pertama untuk memenangkan Solitaire.
  2. Prioritaskan kartu di samping dulu baru kartu yang di atas.
  3. Turunkan kartu yang telah dinaikkan dan tersusun pada bagian atas jika diperlukan.
  4. Tak perlu buru-buru turunkan kartu, naikkan kartu As dan 2 terlebih dulu lalu lihat perkembangannya.
  5. Utamakan menggeser kartu supaya dapat membuka kolom baru untuk mempercepat tersedianya kolom kosong sehingga ketika kartu yang baru terbuka bisa dipindahkan ke tempat lainnya. 
  6. Gunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Shift sambil klik kartu yang masih tertutup pada bagian kiri atas untuk bisa memenangkan permainan Solitaire 
  7. Pertimbangkan ganti strategi, juga perlu diingat bahwa tidak semua game Solitaire dapat dimenangkan.
Solitaire Classic


Daily Word Search Puzzle

Ada pilihan ukuran kisi teka-teki yang bisa kamu pilih pada Daily Word Search di Solitaire.org, yakni:12x12, 14x14 atau 16x16 untuk memulai teka-teki hari ini.

Game juga memiliki tombol untuk saran bantuan, pilihan jika ingin mencetak teka-teki hari ini, lebih banyak game, dan pilihan bahasa.

Sayangnya belum ada pilihan bahasa Indonesia, tapi gapapa, saya dan suami memilih 'English' sebagai pilihan bahasa sekaligus untuk mengasah ingatan akan perbendaharaan kosakata bahasa Inggris kami berdua.

Oia, game ini menyediakan daftar kata untuk ditemukan dan kemudian menghitung berapa banyak kata yang tersisa. 10 kata pertama ditampilkan yang jika telah kita temukan kata tersebut menghilang dan kata baru akan menggantikannya.

Kata-kata dapat muncul dalam teka-teki maju, mundur, atas, bawah, atau diagonal yang disorot dengan warna hijau.

Asliii, bikin happy nih Daily Word Search di Solitaire.org. Nyari kata-kata yang ada di list terus enggak nemu-nemu juga bikin sensasi tersendiri!

Daily Word Search Puzzle
sumber: dok pribadi


Animal Connection Mahjong Solitaire

Cara mainnya mudah dan konsep game-nya sederhana, tapi bagus buat stimulasi otak lansia. Kita bisa klik 2 gambar yang dapat dicocokkan dengan garis lurus atau garis dengan tidak lebih dari dua putaran 90 derajat.

Game ini memungkinkan kita untuk memilih antara game dengan tingkat kesulitan: mudah, normal, dan sulit, atau memainkan kumpulan 30 teka-teki yang harus diselesaikan secara berurutan. Mode pertandingan sendiri tidak dibatasi waktu sementara level teka-tekinya diatur waktunya.

Mainkan Animal Connection Mahjong Solitaire di Solitaire.org dengan klik gambar monyet dengan monyet atau jerapah dengan jerapah, asal sesuai aturan mainnya!

Solitaire.org
Animal Connection Mahjong Solitaire



The Palace Hotel: Hidden Objects Game

The Palace Hotel: Hidden Object Game di Solitaire.org ini, mengajak kita menemukan semua benda tersembunyi di dalam game. Klik pada objek untuk memilihnya yang jika kurang besar/kecil klik panjang saja gambarnya

Memiliki 10 level dengan waktu tertentuyang mengharuskan pemain mengalahkan setiap level untuk membuka kunci level berikutnya. Jika level tidak selesai tepat waktu, kita dapat memutarnya kembali.

Sementara untuk skor di setiap level tergantung pada seberapa cepat kita menyelesaikan teka-teki (atau berapa banyak waktu yang tersisa saat menyelesaikannya). Sedangkan untuk tipsnya: carilah barang dengan warna atau bentuk unik yang menonjol terlebih dahulu, kemudian barang lain yang lebih sulit.

Pokoknya coba aja, dan rasakan keseruannya!

The Palace Hotel: Hidden Objects Game
Solitaire.org game untuk asah otak lansia

Zuma Ball

Zuma Ball di Solitaire.org  memiliki 10 level. Di mana di setiap level terdapat rantai bola hingga yang bergerak menuju akhir level. Nah kita mesti membuat set 3 bola atau lebih berturut-turut untuk melepaskannya dari rantai sebelum mencapai akhir. Tembakan yang kita mainkan akan menciptakan reaksi berantai yang memindahkan bola-bola sewarna itu.

Semakin banyak susunan bola yang diciptakan untuk dihancurkan, maka semakin tinggi nilai permainan sekaligus penghambat bola-bola agar tidak masuk lubang.

Apabila ada bola dengan susunan warna tidak senada dengan bola yang muncul pada alat tembak, maka tugas pemain hanya perlu menembak keluar bola yang tidak sesuai tersebut untuk mengejar lintasan agar tidak segera mencapai akhir level.

Mudah kan ya? Tapi, meski terlihat mudah, dalam bermain Zuma dibutuhkan strategi juga, karena di setiap levelnya tentu saja memiliki tingkat kesulitan yang semakin besar.

Zuma Ball Solitaire.org
Zuma Ball di Solitaire.org


Yuk, Jaga Kesehatan Otak Lansia dengan Bermain Game di Solitaire.org!

Nah, gimana? Saya yakin dirimu, berapapun usiamu, pernah memainkan atau paling tidak tahu dengan aneka game dari Solitaire.org ini.

Selain bisa bernostalgia dengan game yang dulu kala pernah saya dan suami mainkan saat kami masih (((muda))), beragam game yang ada bisa jadi hiburan sekaligus membantu menjaga kesehatan otak di usia pra lansia kami berdua. 

Oia, kami biasa memainkannya di sela-sela kesibukan dan lebih pilih laptop sebagai gawainya karena lebar layarnya yang ramah bagi usia kami berdua.

Well, menolak tua dengan berbagai cara sah-sah saja bukan? Yang utama tahu waktu dan menempatkan sesuai porsi segala sesuatu!

Lalu, gimana dengan dirimu? Yang mana game Solitaire.org yang jadi favoritmu!💖


Salam Sehat

Dian Restu Agustina

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

52 komentar untuk "Solitaire.org, Game untuk Jaga Kesehatan Otak Lansia "

  1. Kok yg tertarik malah aku y buat main game ini? Wkwkwk semuanya aku sukaaa kecuali yg kartu itu ya. Game mahjong, menyusun kata, zuma semua itu permainan yg g ngebosenin y mbak. Lgs download nih.

    BalasHapus
  2. Cara biar otak terus terasah dan tetap kreatif bisa dilakukan dengan bermain game ya mbak.
    Apalagi ini game-nya buaannyyak tersedia.
    Tinggal klik web nya aja, cuss main. Gak pake donlod

    BalasHapus
  3. Main game ternyata bukan hanya bikin happy ya tapi bisa bantu menjaga kesehatan otak kita juga. Baiklah, saya akan rajin kembali main game ini juga nih kalo begitu, dah lama berhenti main game hehehe

    BalasHapus
  4. Meskipun terbilang jadul, game di website solitaire ini memgasyikkan ya mbak. Terlebih lagi banyak manfaat, termasuk untuk melatih dan menjaga kesehatan otak.

    BalasHapus
  5. Harus buka Solitaire.org nih
    saya paling takut terkena demensia karena bakal nyusahin keluarga dan kerabat yang kebingungan ngadepin pasien demensia

    BalasHapus
  6. Mamah saya dan almarhumah mertua punya pesan yang sama. Kalau udah lansia jangan mageran supaya gak mudah pikun. Makanya keduanya tetap menyibukkan diri. Kesibukannya juga gak harus dengan aktivitas fisik yang berat. Main game seperti ini menyenangkan banget dan minim emosi. Keuntungannya juga sekalian mengasah otak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game kayak solitaire gini juga asik dimainkan. Karena gak harus berpikir keras. Jadi santai banget mainnya. Lumayan untuk relax.

      Hapus
  7. Kalau lihat kata Solitaire jadi teringat masa-masa dahulu. Setiap mau main Solitaire pergi ke rental komputer. Sekarang sudah makin mudah dengan adanya laman khusus buat nge games. Banyak pilihannya juga

    BalasHapus
  8. Masuk usia pra lansia tapi masih cantikkk banget kak dian.. Btw aku suka banget main Zuma. Penghilang stress banget ini kak dian. Kalo Solitaire cuma bisa main yang klasik. Ini game gak ada matinya.. Selalu enak dimainin..

    BalasHapus
  9. Bermain game memang banyak menfaatnya, termasuk mengasah otak juga ya, Mbak. Dan saya suka yang Animal Connection Mahjong Solitaire. Kalau lagi buka laptop yang lama, saya suka main catur hehehe.

    BalasHapus
  10. Wah wah wah baru tahu ini kalo SOLITAIRE tuh punya beragam jenis games. Dulu sekali saya tahunya cuma permainan kartu aja. Ya ampun. Katro banget ya saya hahahaha. Tapi emang loh salah satu games yang selalu ada di HP dan PC saya tuh ya Solitaire classic itu. Sama yang mencocokkan gambar seperti Triple Tile. Ntar mau cobain ANIMAL CONNECTION ah. Keknya pas nih dengan umur saya hahahaha.

    BalasHapus
  11. Game game di masa mpo nih. Asik ada lagi nih. Bisa menghilangkan rasa kangen

    BalasHapus
  12. Seneng banget main Solitaire.org
    Games penuh kenangan zaman dulu awal-awal punya komputer, rasanya penasaran banget main kartu kok gak pernah menang. Hihii... saat ini bisa dilanjut di Solitaire.org

    BalasHapus
  13. astaga seriusan, bisa membantu menjaga kesehatan otak? Wah, padahal saya termasuk paling males nih main game. Tapi dulu2 suka sih main solitaire dan baru tahu kalau ternyata punya banyak variasi permainan. Kayaknya harus dicoba main lagi nih untuk mencegah pikun

    BalasHapus
  14. Suamiku paling suka dan paling jago kalau main Hidden Objects. Aku malah yang amatir huhu.

    BalasHapus
  15. Banyak manfaatnya ternyata game ini ya. Solitaire ini game jaman dulu banget, waktu PC masih kotak. Hehe. Sekarang udah makin banyak jenisnya ya.

    BalasHapus
  16. Beberapa kali saya pernah nyoba game card solitaire sejak kuliah dulu. Seneng sih, bisa dimainkan pas sela-sela ngampus, atau pas lagi mager di tempat kos hehe...

    BalasHapus
  17. Eeh... ternyata saya juga termasuk pra lansia :D
    Saya udah pernah main semua jenis solitaire itu, Mbak, kecuali Daily Word Search Puzzle.
    Paling sering mahjong dan zuma ball, suka keasyikan sendiri kalau main solitaire hehehe

    BalasHapus
  18. Ternyata main di Solitaire.org gak hanya aneka permainan kartu ya..
    Ada permainan lain yang juga seru dan bisa meningkatkan kinerja otak.
    Paling pengen Daily Word Search Puzzle sama Zuma.

    Yeaay~
    Auto main games di Solitaire.org kuy~

    BalasHapus
  19. Meski sudah emak emak, saya masih main game candy crush dan homescape lho. Hehehe... Memang game cemen yg bisa dimainkan secara offline, tapi yg penting kan manfaat dan melatih otak kita nya itu ya ...

    BalasHapus
  20. Ini mainan saya 20an tahun yang lalu. Wahhh.. ternyata sekarang masih ada. Jadi kangen ngegame Solitaire lagi 😅

    BalasHapus
  21. saya juga suka main solitaire mba. pokoknya permainan kartu lah. ternyata solitaire.org jga ada permainan lain selain kartu ya

    BalasHapus
  22. Wah kemana aja saya ya mb. Nggak tahu deh dengan permainan ini. Bermanfaat juga buat lansia.. patut dicoba nih sama nenek dan angku tapi takut nggak kenal waktu

    BalasHapus
  23. Wah bagus juga ya ada game untuk paruh baya. Jadi game tidak melulu yang habiskan waktu. Tetapi juga melatih ingatan dan kreatif. Sepertinya aku juga masuk ni kategori paruh baya, xixixi.

    BalasHapus
  24. Aku dulu sering main solitaire mbak, tapi yang classic, buat seru-seruan aja, yang penting kan ga kecanduan ngegame ya, gampang mainnya, secara aku ga suka game yang sampai bikin lupa waktu, kalau solitaire ga kok

    BalasHapus
  25. Zuma nih salah satu game favorit dulu. Mainnya pake notebook... jadi zaman kuliah dulu kalau pusing sama tugas mlipir dulu ke game zuma. Game juga bisa membantu pikiran lebih fresh lagi ya kak

    BalasHapus
  26. games-games masa kecil ini tuh dan jadi memori baik banget semasa kecil dan sekarang kita bisa menikmatinya secara online kapans aja dan di mana saja ya

    BalasHapus
  27. Aku juga suka game Solitaire ini mba. Soalnya ngasah otak banget

    BalasHapus
  28. Masyaa Allah ternyata ada platform game yang cocok buat ngasah kemampuan ingat lansia. Oke juga nih idenya

    BalasHapus
  29. Aku jadi pengin nyobain nih mbaaa... duluuuuu udah lama banget seneng banget mainan mahjong. Eeehh di solitaire dot org ini ada yaaa... Sekarang lagi seneng sudoku mba, tapi kalau udah naik level malah jadi bikin pening hehehee...

    Papa mertuaku dulu suka banget mainan solitaire. Sekarang beliau udah di bed aja dan terkena demensia. Beliau jadi ga bisa main solitaire karena dulunya terkena katarak dan tidak bersedia dioperasi huhuuu...

    BalasHapus
  30. aku juga otw pra lansia mbaaa

    sip siippp, ada solusi jitu utk bisa mengasah otak secara fun yaaahh

    BalasHapus
  31. Aku takut banget nih sama dementia, duh semoga dijauhkan dari sindrom satu itu.
    Dari semua game yang bisa dimainin di gadget, solitaire sama candy crush yang bisa ku mainkan. Kalau bosan bengong dan bosan kerja, pasti istirahat main solitaire, paling lama sejam-an lah.
    Lumayan ngerefresh otak biar ngak mumet-mumet banget :)

    BalasHapus
  32. Macamnya udah banyak ya game di solitaire, dulu tahunya yang kartu aja itu. plus baru tahu klo gane-game ini bagu utk para lansia. Emang beda genre sih ya sm macam game anak2 zaman now. lebih bs diikuti sm yg sdh sepuh hehe

    BalasHapus
  33. Wahh games kesukaanku dari jaman kuliah nih. Solitaira dan Mahjong. Seneng banget main ini karena beneran bisa mengasah otak dan kemampuan dalam berfikir juga.
    Baru tahu kalau ternyata ini punya manfaat luar biasa juga untuk otak dan lansia. Kirain cuma sekedar ngegame aja, haha.

    BalasHapus
  34. Di solitaire bukan hanya kartu aja ya, ada mahyong, puzzle, dan lainnya. Tapi, buat otakku juga cukup main kartu versi classic dulu sama mahyong.

    Kadang itu aja udah bikin pusing.

    BalasHapus
  35. memang menyenangkan sih mba main games solitaire, aku sih biasanya main solitaire kartu

    BalasHapus
  36. Aku suka ngegame dan udah nyoba website ini juga buat main. Sejauh ini beberapa aku cocok, yang lain pasti mikir dulu. Lumayan buat olahraga otak

    BalasHapus
  37. Wah boleh juga nih rekomendasinya buat game yang bisa support kesehatan buat lansia. Meski belum masuk kategori lansia, boleh kan main game ini, hehehe. Yang kartu emang paling disennagi

    BalasHapus
  38. Wow rekomendasi banget games yang ada di atas, aku suka banget loh bermain game apalagi yang di Zuma zaman dulu aku paling sering main game ini tapi sekarang ternyata ada lagi!

    BalasHapus
  39. Aku juga kenal Solitaire dari paman yang sudah beranjak dewasanya di level banyak, hehe
    Seru bermainnya ternyata meski terkesan jadul tapi sekarang lebih keren pengembangnya

    BalasHapus
  40. aku kayaknya seneng yang palace hotel itu mbak, santai gitu main gamenya menemukan benda yang gak keliatan hehe kadang main sama anak juga

    BalasHapus
  41. Aku pilih zuma, daripada Solitare nggak pernah menang, suntuk jadinya, tapi seru juga

    BalasHapus
  42. word search itu kesukaan ibuku. Kalau ada game TTS lebih OK lagi
    eh ada gak yah di Solitaire? betul, main game seperti ini mengasah kesehatan otak lansia

    BalasHapus
  43. Ih Solitaire game favorit banget, ahaha. Dulu mainan default di komputer ini soalnya, jadi ya itu yang paling sering dimainkan deh. Almarhum bapak juga suka banget main Solitaire. Semoga dengan mengasah otak begini bisa membuat sehat sehat terus yaa mak :D

    BalasHapus
  44. Kesukaan aku juga tuh Solitaire!
    Tapi ngga karena tuwir loh ya wkwkkwkwkk... aku suka solitaire sejak aku kuliah, karena waktu itu kan game memang terbatas di komputer

    BalasHapus
  45. Game nya kesukaan aku semua ini mah, sudah dari jaman sekolah main semua game ini, dan sampai hari ini masih menjadi game favorit ku dan bapak, waktu itu kita sering meluangkan aktu hanya untuk bermain Solitaire di setiap minggu, wah jadi nostalgia deh

    BalasHapus
  46. Semoga ngeblog menjaga kesehatan otak kita di masa tua ya Mbak, nah kadang2 perlu juga diselingi main game Solitaire ini.

    BalasHapus
  47. aku mengenal Solitaire dari zaman SD dulu, dan awal-awal main masih belum paham triknya. Sekarang udah pasti "jago", dan Solitaire ini salah satu favorit aku juga mba

    BalasHapus
  48. Saya paling suka hidden object.
    Tapi kayaknya animal connection mahjong itu seru juga ya...
    Itu permainan daya ingat ya kan...

    BalasHapus
  49. Kangeeeeeen main Animal Connection Mahjong Solitaire. Seru bangettttt. Jadi ingat zaman-zaman masih kuliah dulu. Iseng-iseng main ini di PC. Wkwkwk. Bener banget, memperkuat daya ingat. Kecepatan mata juga.

    BalasHapus

  50. Duh berasa nostalgia dulu suka banget main game ini. Sampai kadangg rebutan sama adikku hahaha.. aaah skrg ada versi onlinenyaa ya mbaa.

    BalasHapus
  51. Game yg ada sejak sy kuliah nih, dulu mainnya di komputer lab kampus kalau udah kelar praktikum hehehe

    BalasHapus