Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H

Selamat Tahun Baru Islam 1445 H. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan untuk kita semua. Aamiin.

Rabu ini adalah hari pertama di tahun 1445 Hijriah. Tepat 1 Muharram kita rayakan tahun baru menurut penanggalan Islam. Berbeda dengan tahun Masehi, tahun Hijriah ini baru menginjak tahun 1445, yang diawali pada peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Meski tak seheboh peringatan tahun baru Masehi, tapi tahun baru Islam ini bisa dijadikan momen instropeksi diri bagi kita umat Muslim khususnya, untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Nah, terkait dengan perayaan tahun baru Islam ini di Jakarta, biasanya dirayakan dengan pawai Muharram, di mana anak-anak keliling kampung dengan membawa hiasan kembang kelapa (kembang kelape) khas Betawi sambil melafalkan selawat dan puji-pujian.

Enggak ketinggalan di sekolah anak saya, SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan, pun demikian. Sehari sebelumnya, tepatnya di hari Selasa, 18 Juli 2023, murid-murid diminta membawa kembang kelape yang ujungnya diberi permen lalu berkeliling sekitar lingkungan sekolah sembari selawatan. Dulu, ujung kembang kelape ini dikasih uang (maksudnya untuk dibagikan/disedekahkan), tapi karena jadi rebutan yang membahayakan baik anak yang memberi maupun penerima, akhirnya diganti permen/snack)

Sesudahnya, mereka berkumpul di aula masjid sekolah untuk acara peringatan yang diisi dengan kajian dari Ustaz bertema terkait yang ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang bertabur hadiah yang mantap. 

Masya Allah, seruuuu! 

Sebuah kegiatan yang diadakan untuk mendukung Merdeka Belajar, yaitu salah satu upaya kemerdekaan dalam berpikir dan berekspresi di sekolah (seperti yang banyak diedukasikan di antaranya di Blog Homeschooling)

Etapi, teman-teman sudah tahu belum apa itu Tahun Hijriah dan sejarahnya? Mungkin ada yang lupa, maka, yuk kita ingat lagi bersama!

Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H
Tahun Baru Islam 1445 H


Tentang Tahun Hijriah

Jadi nih ya, perbedaan utama antara tahun Masehi dan tahun Hijriah itu terletak pada sistem penanggalannya dan peristiwa yang menjadi titik awal tahun dalam masing-masing kalender. 

Nah, berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:

1. Sistem Penanggalan

Tahun Masehi: kalendernya berbasis tahun matahari yang didasarkan pada periode revolusi bumi mengelilingi matahari, sekitar 365.24 hari. Untuk mengkompensasi perbedaan ini, kalender Masehi menggunakan tahun kabisat (leap year) yang terdiri dari 366 hari setiap empat tahun sekali. Sehingga, rata-rata durasi satu tahun Masehi adalah 365.2425 hari.

Tahun Hijriah: kalendernya berbasis tahun lunar yang didasarkan pada periode revolusi bulan mengelilingi bumi, sekitar 29.53 hari. Karenanya, setiap tahun dalam kalender Hijriah berisi 354 atau 355 hari. Ini membuat kalender Hijriah lebih pendek daripada kalender Masehi.

2. Titik Awal Tahun

Tahun Masehi: memiliki titik awal pada tahun kelahiran Yesus Kristus, yang diyakini oleh sebagian besar orang sebagai 1 Masehi (Meski ada penyesuaian sejarah yang menyebabkan tanggal kelahiran Yesus yang lebih akurat berada di sekitar 4 SM - 6 SM).

Tahun Hijriah: memiliki titik awal pada peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

3. Panjang Tahun

Tahun Masehi: rata-rata berisi 365.2425 hari, termasuk tahun kabisat - yang terjadi setiap 4 tahun sekali, kecuali pada tahun-tahun yang dapat dibagi habis oleh 100, tetapi bukan oleh 400. Misalnya, tahun 2000 adalah tahun kabisat, tetapi tahun 1900 dan 2100 bukan tahun kabisat.

Tahun Hijriah: berisi 354 atau 355 hari, dan tidak ada tahun kabisat dalam kalender Hijriah. Sehingga, kalender Hijriah maju sekitar 10-12 hari dalam satu tahun kalender Masehi.

4. Penggunaan

Tahun Masehi: kalendernya digunakan secara luas di seluruh dunia dan menjadi kalender standar dalam urusan internasional, bisnis, dan keuangan.

Tahun Hijriah: kalendernya digunakan oleh umat Islam sebagai kalender agama untuk menentukan tanggal-tanggal penting dalam agama Islam, seperti Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha. Juga digunakan dalam berbagai urusan keagamaan dan kebudayaan di negara-negara mayoritas Muslim.

 
Sejarah Tahun Baru Islam

Peristiwa Hijrah (622 M) merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam dan menjadi titik awal kalender Hijriah. Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya, yang dikenal sebagai kaum Muhajirin, meninggalkan Makkah karena tekanan dan penganiayaan dari orang-orang kafir di sana, sehingga mencari tempat yang lebih aman dan berpindah ke kota Madinah (yang saat itu dikenal sebagai Yathrib). Peristiwa Hijrah ini (di kemudian hari) disebutkan terjadi pada tanggal 1 Muharram 1 Hijriah dalam kalender Islam.

Nah, penetapan 'Tahun Islam' atau 'Tahun Hijriah' dilakukan oleh Khalifah Umar bin al-Khattab, yang merupakan salah satu sahabat terdekat Nabi Muhammad SAW dan juga khalifah kedua dalam sejarah Islam. Hal ini terjadi pada tahun 638 Masehi.


Sebelumnya, umat Muslim menggunakan kalender lunar sejak masa Nabi Muhammad SAW untuk menentukan tanggal-tanggal penting, seperti puasa Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha. Namun, tidak ada penetapan resmi mengenai tanggal dan tahun yang pasti dalam kalender ini.

Ketika Khalifah Umar bin al-Khattab memimpin umat Muslim, Beliau menghadapi kebutuhan untuk mengatur sistem waktu yang lebih terstruktur untuk tujuan administrasi. Selain itu, Beliau juga ingin memiliki titik awal yang jelas untuk menghitung masa pemerintahan. Sebagai hasilnya, pada tahun 638 Masehi, Khalifah Umar mengumpulkan para sahabat dan cendekiawan Islam untuk membahas tentang penetapan awal tahun baru dalam kalender Islam.

Setelah konsultasi dan pertimbangan, mereka memutuskan untuk menggunakan peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah sebagai titik awal tahun baru dalam kalender Islam. Dengan demikian, tahun pertama dalam kalender Hijriyah ditetapkan sebagai tahun di mana Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya hijrah ke Madinah, yaitu pada tahun 622 Masehi.

Penetapan kalender Hijriah oleh Khalifah Umar bin al-Khattab ini telah diakui dan diadopsi oleh umat Muslim di seluruh dunia, dan sejak saat itu, kalender Hijriah digunakan secara luas untuk menentukan tanggal-tanggal penting dalam agama Islam. Juga, digunakan untuk tujuan administratif dan penanggalan dalam berbagai aspek kehidupan umat Islam.


Perayaan Tahun Baru Islam 1445 H di SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan


Kini tahun baru Hijriah, atau awal tahun Islam, dirayakan oleh banyak umat Islam di seluruh dunia. Perayaan ini tidak sebesar perayaan tahun baru Masehi pada tanggal 31 Desember, tetapi momen ini adalah saat yang tepat bagi umat Islam mengenang peristiwa penting Hijrah dan merenungkan makna dan pelajaran dari peristiwa tersebut. 

Selain itu, pada tanggal 1 Muharram, umat Islam juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan, seperti berdoa, berpuasa, dan bersedekah, demikian disampaikan pada materi ceramah peringatan Tahun Baru Islam 1445 H di SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan.

Karenanya mari memohon agar di tahun baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriah ini Allah SWT memberikan keberkahan bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Melipatgandakan kebaikan, memberikan rezeki yang halal, dan menjauhkan dari segala kesulitan dan bencana. Juga memberikan kebahagiaan dan kesempatan kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya dalam ibadah dan ketaatan.

Semoga di tahun baru Hijriah ini, seluruh umat Islam semakin bersatu dan hidup dalam kedamaian. Allah SWT menyatukan hati, menghilangkan perpecahan, dan menjadikan umat Islam sebagai perekat persatuan bagi umat manusia. Hidup dalam harmoni, saling menghormati, dan membantu satu sama lain dalam kebaikan dan kebajikan.

Juga, semoga di awal tahun baru ini, Allah Yang Maha Pemurah meningkatkan iman dan keimanan memberi kekuatan untuk tetap istikamah dalam menjalankan ajaran agama dan melakukan amal sholeh di jalan-Nya. Juga, menjadikan kita hamba yang lebih taat dan bermanfaat bagi sesama.

Finally, di tahun baru Hijriah ini, mari kita merenungkan peristiwa Hijrah dan mengambil hikmah serta pelajaran dari perjuangan dan ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam mempertahankan kebenaran dan menyebarkan ajaran Islam di muka bumi!💖

Salam semangat

Dian Restu Agustina


Catatan: 

  1. Artikel tentang kegiatan sekolah anak yang banyak saya tuliskan di blog bukan untuk pamer, yagesya. Tapi memang kebetulan dua tahun ini saya diamanahi jadi sie Humas dalam kepengurusan Jamiyyah (komite sekolah), jadi selalu terlibat dalam kegiatan sekolah. Daripada dibuang sayang mending jadi bahan tulisan. Semoga berkenan.🤩
  2. Sejarah tentang Tahun Baru Islam saya dapatkan dari materi kajian pada acara ini dan berbagai sumber untuk melengkapi. Jika ada yang salah mohon dikoreksi. Terima kasih








Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

42 komentar untuk "Peringatan Tahun Baru Islam 1445 H"

  1. Selamat Tahun Baru Hijriah juga Mbak Dian, semoga tahun baru ini kita semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya. Btw, memang di semua sekolah dilaksanakan peringatan Tahun Baru Hijriyah ini yaa? ada pawai, baca sholawat, dan lainnya. Jadi ramai dan bermakna.

    BalasHapus
  2. alhamdulillah masih diberi umur untuk menghirup tahun baru islam yang ke 1445 H ya mak. Bersyukur banget diberi kesehatan. semoga kita bisa mengisi tahun ini dengan banyak kebaikan

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah perayaan tahun baru Islam 1445 H di lingkungan saya berlangsung meriah, Mbak.
    Anak-anak pengajian ngadain pawai obor keliling antar perumahan. Tambah seru kalau bertemu dengan rombongan pawai obor lainnya hehehe..
    Semoga tahun ini kita semua diberi keberkahan dan bisa hijrah ke arah yang lebih baik lagi, ya..

    BalasHapus
  4. Barakallah, kita masih diberi kesempatan merayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah. Alhamdulillaah SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan melakukan kegiatan keagamaan seperti ini sangat mendidik dan patut diapresiasi dan menjadi tauladan bagi kita semua. Semoga istiqomah segala ibadah yang sedang maupun akan dilakukan sebaik-baiknya aamiin.

    BalasHapus
  5. Asik banget ya kelihatannya mba, jadi ingat masa-masa sekolah dulu. Jd pengn kumpul bareng teman rasanya, huft

    BalasHapus
  6. Jangan lupa manfaatkan 10 hijriah untuk makin meningkatkan amal sholeh ya mba, hehe. Semoga di tahun ini semuanya jadi lebih baik aamiin

    BalasHapus
  7. Selamat Tahun Baru, 1 Muharram 1445 Hijriah.
    Semoga di tahun yang baru, kita semua memiliki semangat yang semakin menggebu untuk senantiasa berlomba-lomba menjadi probadi yang lebih baik.

    Barakallahu fiik, kak Dian.

    BalasHapus
  8. Selamat tahun Baru Hijriyah. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Aamiin.
    Makin sehat, makin semangat dalam menjalani di ibadah termasuk yang Sunnah nya

    BalasHapus
  9. Seru yaa peringatan tahun baru hijriyah dengan kegiatan yang ramah anak dan seru2an sehingga bisa menarik hati mereka dan bisa jdi pengingat mereka hingga mereka dewasa kelak. Ada kenangan manis yg harus disimpan hingga dewasa

    BalasHapus
  10. Meriah sekali ya mbak, peringatan Tahun Baru Hijria di SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan
    Semoga tahun baru ini kita semua menjadi pribadi yang lebih baik lagi

    BalasHapus
  11. Sekolah Islam biasanya memang merayakan Muharram ya, Mbak. Jadi inget ketika anak-anak saya masih belajar di sekolah Islam. Selamat tahun baru Islam. Semoga kita semua menjadi lebih baik. Aamiin.

    BalasHapus
  12. Ih Mba Dian siapa yang bilang pamer nih yuk kita samperin ajak ngopi. Hehehe. Aku ngersa tulisan seperti ini juga mendapat ilmu kan tentang agama dan juga jadi kenangan juga kegiatan anak pada pelaksanaan Tahun Baru Islam ya mba. Sukses selalu mba Diaann

    BalasHapus
  13. aamiin, mbaa. Udah lamaa banget ngga mendalami makna tahun baru Muharram, lalu merasa tertampar dengan artikel ini. mendalami arti hijrah yang sesungguhnya dari teladan Rasulullaah

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, kemarin anak sulung pun kebagian pawai 1 muharam juga di rumah. Penjelasannya lengkap banget Mbak, saya jadi serasa belajar sejarah lagi. Terutama tentang asal muasal penetapan tahun Hijriah. Semoga di tahun baru 1445 Hijriah ini, kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik, sukses, dan bahagia selalu. Aaamiin.

    BalasHapus
  15. Aamiin. Momen tahun baru hijriah emang jadi semacam refleksi bagi diri. Sejauh mana sudah berubah ke arah yang lebih baik. Semoga kita makin istikamah, ya, Mba.

    BalasHapus
  16. Pawai keliling supaya menyemangati kita dan syiar ya.. bahwa islam juga punya hari istimewa yg mengingatkan tentang kapan Rasulullah berhijrah.

    BalasHapus
  17. Alangkah lengkapnya pe jabaran tentang makna tahun baru Islam 1445-Hijriah. Selamat tahun baru buat semua sohib yg merayakannya. Semoga kita menjadi UmatNya yg jauh lbh baik lg dan selalu dlm lindunganNya. Aamiin, YRA

    BalasHapus
  18. Semoga Allah mudahkan kita untuk senantiasa dalam hidayah dan keistiqomahan dalam ketaatan..Masya Allah...

    BalasHapus
  19. MasyaAllah makasih mba udah sharing-sharing tentang sejarah tentang mulanya tahun hijriah, semoga tahun baru 1445H Allah berkahi dan limpahkan rahmatNya kepada umat muslim untuk saling meningkatkan ketaqwaan kepada Allah aamiin

    BalasHapus
  20. Anakku paling senang kalau Tahun Baru Islam bisa ikutan pawai obor di sekitar lingkungan rumah dan suasananya rame banget. Di tahun baru, doaku selalu sama, semoga diberikan kesehatan dan dimudahkan setiap langkah untuk mencari kebaikan di muka bumi ini, semoga kita selalu bisa memberikan manfaat untuk orang lain terutama disekitar kita.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah sekaligus sedih bisa bertemu dengan tahun baru islam 1445H. Sedihnya karena pastinya usia bumi sudah semakin tua. Makin dekat dengan akhir zaman. Semoga selalu dalam lindungan Allah

    BalasHapus
  22. Selamat tahun baru mb, semoga di tahun ini apa yang kita cata-citakan dan impikan terwujud dengan baik, terutama kalo saya harapan da doa terhadap anak-anak dan masa depannya

    BalasHapus
  23. Kalau di kompleks aku, saat perayaan malam tahun baru hijriah anak anak diajak keliling kompleks sambil bawa obor
    Klo di sekolah anakku nggak ada perayaan, karena sekolah swasta umum

    BalasHapus
  24. Masjid di komplek kami pun menggelar acara perayaan tahun baru hijriah dengan meriah. Mulai dari tablig akbar, pagelaran sholawat dan lagu-lagu religi sampai botram bareng se RW-an. Semoga di tahun baru ini kita bisa lebih bertakwa dengan meneladani kehidupan Rasulullah Saw.

    BalasHapus
  25. Sekolahnya seru ya kak banyak kegiatan. Kalau di sekolah anakku tidak ada kegiatan saat tahun baru hijriah kemarin. Libur

    BalasHapus
  26. Kebiasaan memakai kalender masehi, tahun baru Islam sering banget terabaikan. Walau pas tahun baru ada libur nasional, tapi tahun baru Masehi rame banget peringatannya ya Mbak. Mungkin karena tahun baru Islam bukan kalender resmi internasional, maka gemanya kurang dibanding tahun baru masehi

    BalasHapus
  27. Belum terlambat untuk mengucapkan Happy Islamic New Year 1445H. Tahun ini saya gak terlalu terlibat kegiatan di sekolah anak2 jadi kurang tahu acaranya apa aja. Hanya si Najib cerita ada pawai, kemudian tgl 10 Muharram nanti ada santunan. Kalau di sekolah Najwa sepetinya bersamaan dengan jadwal tadarus dan ceramah, Jadi mungkin acaranya itu.

    BalasHapus
  28. Salah satu penting nya peringatan tahun Baru Islam di sekolah adalah agar anak anak mengenal hari besarnya. Seneng deh mbak Dian dengan sering diposting di blog gini juga sosialisasi untuk para orang tua dan pendidik

    BalasHapus
  29. Seru banget ini peringatan tahun baru Islam di sekolah Al-Azhar Kembangan. Kalau kemarin sekolah anakku tidak terlalu banyak kegiatan karena pas baru masuk sekolah.

    BalasHapus
  30. Selamat tahun baru Hijriah, 1 Muharram 1445 H. Sekalipun tidak semeriah dan seheboh tahun baru Masehi, tetapi bagi umat Islam terlebih saya, tahun baru Hijriah selalu saya jadikan langkah awal dalam melakukan sesuatu.

    BalasHapus
  31. Seru ya acara di sekolahnya... Alhamdulillah, semoga di tahun yang baru ini, kita semua bisa menjadi lebih baik lagi ya...

    BalasHapus
  32. Seru ya perayaannya. Aku lupa dulu ngerayain tahun baru Islam kaya gimana. Paling sering doa bersama di sekolah. Kalau anak TPQ, malah lain lagi. Ada ngumpul, doa bersama di alun-alun. Ini pas belum korona sih

    BalasHapus
  33. Selamat Tahun Baru Hijriyah Mba. Kemarin sempat ikut kajian bahwa memang peringatan tahun baru 1 Muharram ini harus dijadikan ajang kita introspeksi dan memperbaiki semua hal dalam hidup kita. Jadi momen evaluasi supaya ke depan lebih baik lagi

    BalasHapus
  34. Selamat Tahun Baru Hijriah mba. Semoga bisa jadi momentum kita untuk lebih baik kedepannya.
    Keren nih sekolahnya, memeriahkan tahun baru Islam. anak-anak jadi mengenal sistem penanggalan dalam Islam karena memang banyak yang ga ngerti.

    BalasHapus
  35. Sekarang tahun baru islam saja baru ngeh lagi mba pas baca ini, belajar jaman sekolah dulu. Aku setuju mba, kadang kulwap atau kegiatan sekolah anak aku jadikan tulisan, sebagai kenangan momen dan ilmu juga pengalamannya juga cukup baik dan siapa tau ada yang membutuhkan info tersebut

    BalasHapus
  36. Sekolah anakku juga mengadakan pawai Muharram sehari sebelumnya. Dan sama juga, uang yang di ujung kelape diganti. Kalau di sini pakai biskuit sachet gitu. Seru banget lihat foto-foto yang dikirimkan gurunya via whatsapp. Dan pastinya ini menjadi kegiatan yang berkesan bagi anakku.

    BalasHapus
  37. Selamat tahun baru hijriah Mba Dian. Semoga doa dan harapannya terkabul. Yang paling penting semoga Kita lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Positif sekali acara di SMP Islam Al Azhar Kembangan dalam menyambut tahun baru Islam. Di tempatku ada pawai obor sih Mba nyambung tahun baru hijriah dan ceramah juga

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah, jadi makin banyak belajar nih dari tulisan ini. Semoga semangat untuk menjadi orang yang lebih baik makin tinggi dengan merenungkan awal penentuan tahun baru Hijriah ini. Teladan hijrah dari Rasulullah bisa diterapkan dalam keseharian, meskipun dalam skala terkecil sekalipun.

    BalasHapus
  39. MasyaALlah mbak, terima kasih artikelnya ya mbak, jadi makin tahu sejarah mengenai sejarah peringatan tahun baru Islam.

    BalasHapus
  40. barakallah semoga dipertemukan kembali dengan tahun baru hijriyah tahun-tahun mendatang ya dan semoga amal ibadah kita semua diterima. memang kalau ada peringatan gini paling kerasa tuh ibu-ibu ya karena sekolah pasti ada kegiatan, kalau yang belum punya anak usia sekolah biasanya suka lupa sama peringatan hari-hari penting

    BalasHapus
  41. Ibu sie humas, makasih banget share artikelnya. Blog walking kali ini sekaligus dapet ilmu kajian & sejarah Islam. MasyaAllah... Semoga kita bisa menjadi umat mukmin yang lebih baik di tahun-tahun mendatang ya. Aamiin

    BalasHapus
  42. Ibu sie humas, makasih share artikelnya ya. Blog walking kali ini sekaligus dapet ilmu kajian & belajar sejarah Islam. MasyaAllah. Semoga kita bisa menjadi umat mukmin yang lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang. Aamiin

    BalasHapus