Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perpanjangan SIM di Gerai Samsat Lippo Mall Puri Jakarta Barat

Perpanjangan SIM C dan A di Gerai Samsat Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, saya jabani pada hari Jumat, 11 Agustus 2023 yang lalu. Yup, masa berlaku kedua SIM saya akan habis tanggal 17 Agustus nanti. Saya memang terlahir pas di hari kemerdekaan, tepatnya pada 17 Agustus 1976. 

Nah, lima tahun yang lalu, saya memperpanjang SIM C dan A di Gerai Samsat Gandaria City (Gancit) Mall secara bersamaan dimana dulu masa berlakunya tuh sampai tanggal ultah kita lima tahun kemudian. Tapi, kini, aturan baru perpanjang SIM 2023, masa berlaku tidak lagi mengikuti tanggal lahir kita melainkan tanggal pembuatannya

Pemilik SIM dapat melakukan perpanjangan paling telat satu hari sebelum masa berlaku habis. Apabila sudah melebihi tanggal masa berlaku, maka tidak ada dispensasi dan harus bikin lagi yang baru.

Karenanya, jelang hari H mati SIM saya, gerceplah saya mengurus perpanjangan SIM di Gerai Samsat dekat rumah, tepatnya di Gerai Samsat & SIM Lippo Mall Puri.

Dengan semangat '45 saya berangkat pagi-pagi, karena jam 8 dah buka gerainya. Eh tak tahunya saya salah masuk gate-nya dan mesti keluar dan putar balik lagi....! Saking semangat mau buat, jadi enggak googling dulu tentang pintu huhuhu, malu-maluin aja, ngakunya mom blogger tapi enggan membaca!🙈

Lalu cepat enggak ngurus SIM di situ?

Perpanjangan SIM di Gerai Samsat & SIM Lippo Mall Puri Jakarta Barat

Gerai Samsat Lippo Mall Puri

Jadi, kalau ke Gerai Samsat & SIM Lippo Mall Puri, masuknya lewat Gate 6 ya, yaitu yang berada di Jl. Puri Elok - yang ujungnya ada McDonald Puri, (tepatnya gerbang ada di seberang Gedung CNI) yang merupakan gerbang utama dan ada lantai entended/mezzanine-nya.

Oia ini informasi bagi yang bawa mobil ya, masuk Gate 6, lalu langsung saja ke parkiran basement karena Gerai Samsat Lippo Mall Puri ada di bawah. Kalau yang bawa motor saya kurang tahu dimana parkirannya, silakan disesuaikan saja.

Nah, Gerai Samsat ada di bagian gedung mall, dimana ada ruang tunggu di luar dan di dalam area. Untuk yang di luar ada kursi yang bermeja, juga bangku panjang, jadi bisa isi formulir dengan gampang. 

Di area luar hanya ada petugas bagian tes psikologi (online) sementara keseluruhan tahapan SIM dan STNK ada di dalam ruangan.

Nah, yang perlu diperhatikan sebelum memperpanjang SIM di Gerai Samsat & SIM Lippo Mall Puri ini:
  • Bawa KTP dan SIM asli
  • Bawa uang tunai Rp 240.000/SIM A atau C
  • Bawa pulpen sendiri
  • Kalau ada bawa fotocopi KTP dan SIM (saya lupa syaratnya 2 lembar atau 3 per SIM, di gerai ini juga ada mesin fotocopy - bayar seikhlasnya)
  • Kalau ingin ke toilet kesana aja dulu, kalau di sini toilet mesti masuk mall yang belum buka pagi-pagi
  • Kenakan pakaian yang sopan dan nyaman, lokasi Gerai Samsat di basement jadi enggak akan kepanasan, bikin hasil treatment Meso DNA Salmon mu amaaan!
  • Di Gerai Samsat Gancit seberangnya ada kantin karyawan, bisa singgah sembari nunggu kalau belum sarapan. Kalau di Gerai Samsat Lippo Mall Puri enggak ada, jadi pastikan sudah sarapan, khawatir nunggu kelamaan bisa pingsaaaan!
  • Bawa smartphone (dan ada kuota internet) karena nanti ada tes psikologi SIM online yang mesti scan QR code dan ngerjain tes secara online
  • Di dalam ruangan dilarang makan, minum dan mengambil gambar
Perpanjangan SIM di Gerai Samsat Lippo Mall Puri Jakarta Barat

Langkah-Langkah Perpanjang SIM di Gerai Samsat & SIM Lippo Mall Puri


Lalu apa saja langkah-langkahnya?

  1. Masuk ke dalam dan antri di bagian/petugas SIM untuk ambil formulir. Serahkan KTP dan SIM pada petugas untuk diperiksa masa berlakunya baru diberikan formulirnya, isi infromasi data diri di formulir ini (ngisinya di luar saja biar sekalian tes psikologi)
  2. Pindah keluar ruangan, untuk tes psikologi online. 
  3. Sebelumnya scan QR code PSI SIM Online. Lalu isi data dan kerjakan soalnya. Karena saya memperpanjang 2 SIM jadi yang pertama mesti di screenshoot dulu, baru mengerjakan yang kedua. Uniknya soalnya random jadi saya dua kali tes enggak sama. Pertanyaan-pertanyaannya mudah saja malah untuk kemampuan bahasa (kalau enggak salah) cenderung enggak ada jawaban tepat (khas soal psikologi gitu). Sementara untuk pengetahuan lalu lintas mudah saja, seperti misalnya: "Sebelum berkendara saya langsung saja tanpa menghangatkan kendaraan dulu": Selalu-Kadang-Enggak Pernah. Dan sejenisnya...
  4. Setelah selesai, akan ada hasil berupa QR code jika 'Memenuhi Syarat' . Tunjukkan QR code ke petugas dan tunggu dipanggil untuk mendapatkan bukti hasil tes.
  5. Setelah dipanggil, bayar Rp 60.000/tes, hasil tes psikologi disatukan dengan formulir permohonan perpanjang SIM yang telah diisi tadi
  6. Kembali ke dalam ruangan, ke petugas SIM yang tadi dan serahkan formulir, hasil tes psikologi, KTP asli, SIM asli, KTP fotocopy, SIM fotocopy. Di sini KTP asli dikembalikan, SIM asli dikumpulkan.
  7. Tunggu di ruang tunggu untuk dipanggil ke meja Asuransi Bhakti Bhayangkara. Di sini bayar Rp 50.000 per SIM (SIM C dan A sama saja) untuk AKDP (Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi)
  8. Pindah ke meja sebelah, ke petugas tes kesehatan untuk cek buta warna. Ini singkat saja, ada 5 kartu di meja, kita diminta menyebutkan angka yang bulat-bulatnya berbeda warna. Dan,..saya salah dua, padahal dah pakai kacamata baca haha
  9. Terus tunggu lagi dulu sampai dipanggil untuk tanda tangan, pengambilan sidik jari, dan foto diri
  10. Dipanggil  lagi ke meja/ petugas bagian tanda tangan digital, lalu foto, ambil sidik jari dan diminta bayar biaya tes kesehatan dan pembuat SIM total Rp 130.000/SIM
  11. Pindah ke meja sebelah untuk ambil SIM-nya. SIM diserahkan dan periksa dulu dengan teliti apakah sudah benar informasi di kartunya. 

Jika sudah benar semua....Pulaaang!!

Perpanjangan SIM di Gerai Samsat Lippo Mall Puri Jakarta Barat


Perpanjang SIM di Lippo Mall Puri...


Sat set sat set cepet, dari saya datang, nunggu, sambail blogwalking dan baca-baca artikel parenting, sampai SIM-nya jadi sekitar 90 menitan. Kebetulan hari Jumat, Gerai Samsat bakal tutup lebih cepat, jadi pemohon SIM pun padat. 

Syukurnya, pelayanan petugas Gerai Samsat cepat bikin antrian enggak tersendat. Petugas dengan ramah membantu yang belum tahu dengan memberikan informasi tentang langkah-langkahnya.

Nah, bagi dirimu yang tinggal dekat lokasi ini dan mau perpanjang SIM silakan datang ke:

Gerai Samsat & SIM Lippo Mall Puri
Jl. Puri Indah Raya Blok U 1, Puri Indah CBD, Jakarta 11610, Indonesia

Biaya: Rp 240.000 (termasuk tes psikologi, asuransi, tes kesehatan, pembuatan SIM)

Jam Operasional SIM: 

Senin-Kamis: 08-00-12.00
Jumat-Sabtu: 08.00-11.00
Minggu: Tutup

Jam Operasional STNK:

Senin-Kamis: 08.00-12.00
Jumat: 08.00-11.00
Sabtu-Minggu: Tutup

Well, Surat Izin Mengemudi (SIM) berfungsi sebagai bukti kompetensi mengemudi. Mengemudi tanpa SIM adalah pelanggaran hukum di Indonesia. Sesuai dengan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009, setiap pengemudi wajib memiliki SIM sebagai bukti legalitas dan izin sah untuk mengemudi. Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp1 juta (Pasal 281) 

Jadi, SIM kamu habis kapan? 
Segera perpanjang di Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM atau SATPAS, Gerai Samsat &SIM, Layanan SIM Keliling atau Perpanjang SIM Online, ya!

Mari menjadi warga negara yang baik dan taat aturan, dengan memiliki SIM dan selalu membawanya saat mengemudikan kendaraan!.

Semoga informasi ini bermanfaat ya...💗




Salam Sehat

Dian Restu Agustina








Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

24 komentar untuk "Perpanjangan SIM di Gerai Samsat Lippo Mall Puri Jakarta Barat"

  1. sat set sekarang ya mba, 90 menit beres deh..240k udah semua yah no calo-calo lagi hehhee dulu aku selalu pake calo nangis sendiri karena biaya jasanya sama kek perpanjangan SIM wkwkk

    BalasHapus
  2. Benar sekali mbak
    Sekarang perpanjang sim itu mudah ya
    Paling enak kalau perpanjang sim di mall seperti ini

    BalasHapus
  3. Iya ya kalau telat perpanjang harus bikin baru, suami yg ngalamin ini jdnya ribet, pelajaran jgn sampai telat lgi. Sekarang enak ada sim keliling juga untuk perpanjang

    BalasHapus
  4. Anakku bikin SIM pakai calo, tidak sampai dua kali lipat sih, tapi lumayan juga biaya tambahannya, maksudnya biaya transpor calonya walaupun jalannya di situ-situ juga wkwkwk. Kalau ada di mall seperti ini bagus sih, semoga di Makassar ada juga seperti ini. Atau.mungkin sudah ada hanya sayanya yg kurang info.

    BalasHapus
  5. minggu lalu baru aja anterin suami perpanjang SIM A dan C di gerai SIM, sekarang perpanjang SIM tempatnya lebih manusiawi dan memang sat set gak gak kayak dulu lagi.

    BalasHapus
  6. Di Jogja pun kalau mau perpanjangan SIM atau STNK juga di mall Mak. Ada beberapa pilihan mall, tinggal cuss pilih aja mau ke yang jauh atau jauh banget wkwkwk. Walau agak jauh dari rumah tapi yang pasti prosedurnya nggak njlimet jadi aku pun merasa nyaman dengan prosesnya :))

    BalasHapus
  7. Waduh baru ingat kalau beberapa bulan lagi sim aku habis, harus prepare diperpanjang nih kadang suka lupa, maklum jarang keluar naik kendaraan sendiri, paling disekitar kompleks perumahan aja. Tapi sekarang sudah mudah ya, soalnya aku dulu bikin SIM masih pakai calo, meskipun nambah sedikit tapi kadang ada juga yang bisa dua kali lipat biaya sim resmi.

    BalasHapus
  8. Oh aturan terbaru perpanjang SIM ikutin kapan waktu pembuatan ya mba . Maret 2024 insyaAllah sebelumnya harus aku perpanjang lagi SIM aku mba. Dan kayaknya mau bikin lebih awal nggak perlu nunggu sehari sebelumnya. Makasih ulasannya mba

    BalasHapus
  9. kini tuh harga perpanjangan ama bikin baru udah hampir sama yah kan, hehehe. Coba deh perpanjangan ini kayak ngisi pulsa aja deh, tinggal top up, hehehe. Yang penting kan pajaknya masuk

    BalasHapus
  10. Aku baru perpanjang SIM pergi ke Polres sendiri. Mau coba yang SIM keliling atau apa, tapi kadang males karena biasanya malam. Sekarang emang lebih sat set. Asal pagi, udah gak antre lama

    BalasHapus
  11. Ini penting buat mengetahuo antrian dari mana masuknya dan bagaimana alurnya untuk Perpanjang SIM di Lippo Mall Puri. Kalau di Bandung tuh, jam 6 aja uda antrian ke 20 ke atas. Jam 6 ituuuu... di Bandung masi gelaaapp.. huhuhu.. Seniat itu memang yaa.. ((HARUS)) demi bisa satset berkendara kemana-mana.

    BalasHapus
  12. Sekarang pembuatan SIM ngga sesuai tanggal lahir yah? Jadi takut lupa heheh

    BalasHapus
  13. Sekarang kalau mau perpanjangan SIM tuh enak banget ya, gak perlu antri panjang kayak sebelumnya. Apalagi sekarang juga sudah ada beberapa gerai Samsat.

    BalasHapus
  14. Oalah sekarang gak seperti dulu lagi yaa masa berlaku habis pas bulan lahir kita.
    Mudah juga perpanjang SIM sekarang, punya aku pas pandemi kemarin mak perpanjangnya lumayan cepet dan sepi karena dibatasi

    BalasHapus
  15. Huhu jadi keingat deh aku juga perlu perpanjangan SIM. Mentang-mentang udah gak pernah bawa kendaraan, jadinya lupa perpanjangan SIM ini. Untung diingetin. Sebelum kudu bikin baru yang lebih lama, mending perpanjangan ya.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah lancar ya. Urusan seperti bikin SIM atau memperpanjang SIM ini memang perlu dipersiapkan dan saya pun suka membaca artikel teman jadi bisa tahu apa saja yang harus kita persiapkan. Jadi kedatangan kita bisa langsung gak harus kembali lagi karena ada yg kelupaan atau tertinggal. Jangan bilang oh ga bawa itu karena gak tahu. Hehehe

    BalasHapus
  17. iya ih sekarang banyak gerai perpanjangan sim di beberapa mall pilihan ya, jadi lebih mudah aksesnya

    BalasHapus
  18. Nah gitu dong yaaa perpanjangan SIM jelas, dan mudah dilakukan juga
    sehingga masyarakat terbantu

    BalasHapus
  19. Perpanjangan SIM lebih mudah ya dan tempatnya lebih strategis ada di mal jadi lebih mudah dijangkau jaraknya, selesainya pun lebih cepat, mudah dan murah

    BalasHapus
  20. Suami saya baru kemarin perpanjang sim, tapi di bandung... Ulang tahunnya awal september, biar enggak kelewat perpanjang dari sekarang... Rugi sih ya tanggalnya jadi maju...

    BalasHapus
  21. Ooo baru tau kalau perpanjang sim skrg pakai tes online. Belum punya SIM, jadi bisa ada gambaran nih kalau mau buat SIM dan perpanjang SIM.

    BalasHapus
  22. Waah Sabtu buka ya. Kebetulan baca artikel ini. Jadi ingat SIM pak suami bentar lagi masa berlakunya habis. Bisa bikin nih Sabtu depan. Makasih ya mbak Dian dah ngingetin

    BalasHapus
  23. Ternyata di Mall bisa melakukan perpanjangan SIM yah kupikir hanya di kantor samsat aja nih

    BalasHapus
  24. Belum ada SIM jadi belum ada pengalaman ngurusin
    Namun, info seperti ini penting
    Jangan sampai sudah lewat masa berlakunya dan kena denda

    BalasHapus