Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan SALAM dan LITRAS SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan

Temaaan, dua minggu terakhir ini ada dua kegiatan yang diadakan oleh sekolah anak saya, SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan, Jakarta Barat. Meski kegiatannya bukan untuk angkatan anak saya yang kelas 9, melainkan untuk murid kelas 7 dan 8. 

Diawali dengan kegiatan Pesantren Akhlak Mulia (SALAM) untuk kelas 8 yang dihelat pada 28-30 Agustus di Griya Astoeti, Cisarua, Bogor. Dan kegiatan Leadership and Independent Training Students (LITRAS) untuk kelas 7 yang digelar pada 1-2 Sept 2023 di Arhanud-1/Falatehan, Pondok Aren, Tangerang.

Nah, untuk SALAM, kali ini mengambil tema "Meningkatkan Iman dan Taqwa Dengan Menguatkan Adab Islami di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat" dengan tujuan mengajarkan peserta didik untuk menjadi mandiri, disiplin, serta membentuk kepribadian yang berakhlakul karimah, beriman, bertaqwa kepada Allah SWT. 

Sementara, untuk LITRAS, SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan bekerjasama dengan Resimen Arhanud-1/Falatehan, yang merupakan satuan organik di jajaran Kodam Jaya, bertujuan untuk membangun Jiwa Korsa, serta membentuk kepribadian para siswa untuk menjadi pemimpin yang berkarakter, demokratis, kreatif dan inovatif.

Alhamdulillah, kedua kegiatan, SALAM dan LITRAS, berlangsung dengan lancar jaya yang Insya Allah akan membawa manfaat bagi para siswa yang mengikutinya.

foto: IG @yayasanalikhwanmeruya

foto: @smpia10

Lalu, Apa Saja Kegiatan Siswa Selama SALAM dan LITRAS Ini?

Kegiatan SALAM, diadakan setiap tahunnya oleh SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 8. Kali ini kegiatan diawali dengan berkumpul di sekolah pada pukul 07.00 pagi untuk registrasi, pengarahan panita dan sambutan Kepala Sekolah SMPIA 10 Kembangan, Bp. Rachmad Setiawan. Kemudian dengan menaiki bus, rombongan berangkat menuju Griya Astoeti, Cisarua, Puncak Bogor, Jawa Barat. 

Sesampainya di lokasi lanjut seremonial pembukaan kegiatan Pesantren Akhlak Mulia yang disampaikan oleh Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar Subur Kurniawan. Selanjutnya santri berkumpul untuk makan siang, salat Zuhur berjamaah, dan beristrahat. Sorenya, mereka salat Asar dan pemberian materi overview salam, perkenalan fasilitator dan mentoring hafalan ayat-ayat pilihan. Lanjut, bersiap untuk salat Magrib, zikir, doa, kultum, tilawah sampai salat Isya. Kegiatan malam adalah debat seputar problematika remaja (media sosial, game online dan fashion), serta evaluasi dan pengarahan sunah sebelum tidur malam.

Kemudian, hari kedua SALAM diawali dengan salat Tahajud, salat Subuh, zikir dan doa, kultum, dan tilawah. Selanjutnya materi praktik sedekah, salat Dhuha, sarapan pagi, outbound, istirahat, mandi, makan siang, dan salat Zuhur berjamaah. Kegiatan selanjutnya materi dan praktek pengurusan jenazah (memandikan, mengkafankan, mensalatkan dan menguburkan) serta motivasi kegiatan.

Lalu, hari ketiga Pesantren Akhlak Mulia dimulai dengan salat Tahajud, salat Subuh, zikir dan doa, kultum, tilawah, senam pagi, tadabur alam dan sarapan pagi. Kemudian santri istirahat, mandi, dan salat Dhuha, lanjut materi keteladanan Rasulullah saw, pengumuman juara kegiatan dan penutupan SALAM, makan siang, salat Zuhur, lalu kembali ke sekolah dan rumah masing-masing.

NextLeadership and Independent Training Students, yang setiap tahun ajaran juga diadakan dan diikuti oleh semua siswa kelas 7 SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan. Untuk mengikutinya rombongan guru dan siswa naik truk tentara menuju markas resimen Arhanud-1/Falatehan, Pondok Aren, Tangerang. 

Seruuu!

Nah, kegiatan diawali dengan pemeriksaan kesehatan peserta, dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Letda Arh Dadang Purnama, yang menyampaikan bahwa program LITRAS ini adalah sarana pelatihan yang memberikan manfaat baik dari segi pengetahuan,  keorganisasian maupun pengembangan diri, agar siswa lebih memahami aspek-aspek kepemimpinan, dan kedisiplinan.

Kegiatan selanjutnya adalah materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), materi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dan yel-yel membangun Jiwa Korsa (komando satu rasa). Sesudahnya siswa salat Jumat dan beristirahat. Lanjut, materi Ilmu Kepemimpinan dan Pengenalan Sejarah Satuan dan Tugas Menarhanud-1/ Falatehan, kegiatan jerit malam dan api unggun.

Kemudian, hari kedua LITRAS diawali dengan salat Subuh berjamaah, senam militer, makan pagi, melanjutkan materi PBB dan PPM, materi pengenalan Alutsista Arhanud, game kekompakan dan lomba yel-yel. Selanjutnya upacara penutupan LITRAS dan diakhiri dengan foto bersama lalu kembali pulang ke sekolah dan ke rumah dengan gembira.

foto: @smpia10

foto: @yayasanalikhwanmeruya
foto: IG @yayasanalikhwanmeruya

Manfaat Kegiatan SALAM dan LITRAS bagi Siswa

Well, tujuan umum dari kedua kegiatan ini adalah pembinaan akhlak dan karakter, khususnya untuk membentuk insan yang bermoral baik, sopan dalam perkataan dan perbuatan, mulia dalam tingkah laku, amanah, jujur, disiplin, bertanggung jawab, berkarakter terpuji, .... yang siap menjadi generasi penerus bangsa ini.

Nah, selain pentingnya mendidik anak dengan baik di rumah, sekolah anak pun berperan banyak dalam pembentukan karakter akhlak. Sementara di luar itu semua orang tua sebagai pendidik pertama dan utama anak-anaknya perlu kiranya untuk terus meng-upgrade diri di antaranya dengan mengikuti seminar, kajian, aneka program pelatihan atau sekolah parenting dalam memperkuat keterampilan mereka.

Seperti Sekolah Parenting Harum yang merupakan salah satu program dari Pondok Parenting Harum, sebagai sebuah upaya proses belajar yang membekali ilmu dan keterampilan parenting secara sistematik dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.

Meski teteup ya penting untuk diingat bahwa ada berbagai pendekatan terhadap parenting, dan apa yang dianggap "penting" dapat bervariasi tergantung pada pandangan individu, budaya, dan konteks keluarga. 

Lalu, apa alasan mengapa sekolah parenting bisa dianggap penting?
  • Peningkatan Keterampilan Parenting: sekolah parenting bisa membantu orang tua meningkatkan keterampilan mereka dalam mendidik anak-anak, terutama terkait strategi komunikasi yang lebih baik, pemahaman tentang tahap perkembangan anak, cara menangani konflik, dan cara memberikan dukungan emosional yang sehat. 
  • Pengetahuan Tentang Pengembangan Anak: orang tua yang memahami tahap perkembangan fisik, emosional, dan sosial anak-anak mereka akan lebih mungkin mendukung perkembangan mereka dengan baik, nah sekolah parenting dapat memberikan informasi ini kepada orang tua. 
  • Pencegahan Masalah Perilaku: dengan memahami cara yang efektif untuk mendidik anak-anak, orang tua dapat membantu mencegah masalah perilaku dan emosional pada anak-anak mereka.
  • Mengatasi Tantangan Khusus: orang tua seringkali dihadapkan pada tantangan khusus, seperti anak dengan kebutuhan khusus atau masalah kesehatan mental. Sekolah parenting dapat memberikan dukungan dan strategi khusus untuk mengatasi situasi ini. 
  • Memahami Isu-isu Keamanan dan Kesehatan: sekolah parenting juga dapat menyediakan informasi tentang keamanan dan kesehatan anak, termasuk topik seperti kecelakaan, gizi, dan perilaku aman online. 
  • Mendukung Kesejahteraan Keluarga: melalui sekolah parenting, orang tua dapat belajar cara mengelola stres, menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga, dan merawat diri sendiri sehingga mereka dapat menjadi orang tua yang lebih baik lagi.

Penutup

Well, meski orang tua terus berusaha mempelajari berbagai teori pengasuhan serta menambah ilmu dan wawasan, juga menyekolahkan anak di sekolah yang berkualitas, penting untuk diingat bahwa tidak ada pendekatan yang satu ukuran cocok untuk semua dalam parenting, karena setiap keluarga dan anak-anak itu unik adanya. 

Beberapa orang tua mungkin menemukan dukungan dan wawasan dari sekolah parenting, seperti misalnya yang diberikan oleh sekolah Parenting di Malang, sementara yang lain mungkin merasa lebih nyaman mencari informasi dan dukungan dari sumber lainnya, seperti buku, konselor, atau dukungan keluarga. 

Yang utama adalah bahwa orang tua berusaha untuk terus belajar dan beradaptasi dengan kebutuhan anak-anak mereka serta situasi keluarga mereka. Juga, memastikan memilih sekolah yang sesuai dengan misi parenting yang dijalankannya. 💖

Salam Semangat

Dian Restu Agustina





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

16 komentar untuk "Kegiatan SALAM dan LITRAS SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan"

  1. seru kegiatan ini, apalagi dilakukan terhitung masih remaja.
    inget waktu daku, terakhir ikutan mabit pas kuliah dong, hehe gegara ada tes leadership juga kayak gitu. ngangenin deh jadinya
    seoalnya jadi sekaligus meningkatkan iman dan taqwa juga

    BalasHapus
  2. Lengkap banget kegiatannya...
    Melihat artikel ini jadi ingat zaman sekolah. Seneng banget kalau ada kegiatan seperti ini walaupun paling males kalau disuruh maju hahaha..

    BalasHapus
  3. Kalau liat anak-anak SMP ini, gemes-gemes banget ya :D
    Seru banget acara salam dan litras ini.
    Anak saya juga kemaren ikut acara serupa, berangkat naik truk angkatan gini.
    Agak shock dia, doalnya biasa kalau SD naik bus nyaman, hahaha.
    Ternyata emang SMP dibiasakan untuk lebih mandiri ya

    BalasHapus
  4. Seru dan bermanfaat banget buat anak-anak nih kegiatan SALAM dan LITRAS yang diselenggarakan oleh SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan.

    Memang mendidik itu tanggung jawab utamanya di orang tua, orang tua mesti menjadi mitra bagi para pendidik di sekolah. Dan menjadi orang tua pun harus tahu ilmunya, harus mau belajar menjadi orang tua. Senang sekali jika ada lembaga yang memberikan ilmu/pelatihan tentang menjadi orang tua

    BalasHapus
  5. Kegiatan yang positif banget nih apalagi regenerasi agama tentang banyak hal termasuk tata cara mengurus jenazah pada anak zaman now wah keren deh

    BalasHapus
  6. Sekolah-sekolah kudu banyakin kegiatan outdoor begini deh ya.
    Mnafaatnya banyak banget emang.
    Karekter dan ahlak ini teramat penting dibentuk apalagi diusia remaja, ditengah invansi budaya barat dan kpop yang sebagian bikin geleng2 kepala.

    Dengan banyak kegiatan di luar kan bisa lupa main hpnya hehee

    BalasHapus
  7. Dengan adanya kegiatan memperdalam keimanan membuat anak menjadi mandiri. Sekolah dengan kurikullum yang bagus

    BalasHapus
  8. kok mantab jiwaaaa bgt ini mbaaaa

    bisa melatih anak untuk jadi makin tangguh dan survive di kehidupan yg keras ini yahhh

    BalasHapus
  9. Seneng banget tulisan Mbak Dian banyak mengulas tentang anak2
    termasuk aktivitas bersama SMP Al Azhar
    Dulu pingin banget masukin anak2ku ke Al Azhar, sayang gak ada di Bandung

    BalasHapus
  10. Acara dan programnya menarik dan penuh makna ya. Keren banget Al Azhar 10 Kembangan. Penting sekali pembentukan karakter baik sedari dini seperti ini

    BalasHapus
  11. Keren banget ya SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan. Para pengajarnya kreatif banget bikin kegiatan untuk siswa-siswinya. Dari nama kegiatannya aja sudah menarik perhatian. Apalgi tujuan dan isi programnya. Pasti siswa-siswinya enjoy deh... Belajar, bermain, beribadah dan tumbuh bersama... Sukses selalu ya SMP Islam Al Azhar 10 Kembangan

    BalasHapus
  12. Seru banget ya kegiatannya. Apakah ini kegiatan wajib dan jenis aktivitasnya selalu sama tiap tahun?

    BalasHapus
  13. Kegiatan sekolahnya kok menarik sih, Mba..
    Bagus banget untuk bekal anak-anak dan tentunya orangtua juga. Setuju juga bahwa setiap teori parenting itu kadang cocok di keluarga A tapi belum tentu pas juga kalau diterapkan di keluarga B..

    BalasHapus
  14. Kegiatannya seru dan membuat anak-anak menjadi punya kemandirian dan kebiasaan yang baik.
    Karena pembentukan akhlak ini sejatinya berdasarkan contoh di lingkungannya.

    BalasHapus
  15. Seruu yaa, selain pelajaran agama Islam, juga diajarkan leadership. Bisa dimasukkan kepada anak muatan2 islami dalam kepemimpinan sehingga nanti lahir calon pemimpin bangsa yang bagus akhlak Islamnya.

    BalasHapus
  16. Agenda sekolah seperti itu seru kali ya mbak, anak anak digembleng agar mandiri, terampil, tidak mudah cengeng. inshaAllah outputnya menjadi anak anak hebat tangguh pastinya islami

    BalasHapus