Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Membuka Usaha Self Service Laundry

Gais,  sudah sebulanan ini saya dan suami sedang mengikhtiarkan satu lagi pintu rezeki. Tepatnya pada 18 Agustus 2023 lalu, suami saya telah mengoperasikan usaha self service laundry yang berlokasi di Serpong Garden Apartment - Tower Cattleya Kios LG01 di Cisauk, Tangerang, Banten.

Maxpress @ASGard Self Service Laundromat ini menjadi ide usaha suami karena bisnis ini lebih mudah dimulai dan Insya Allah menguntungkan dan membawa keberkahan. Aamiin...

Nah, beda dengan usaha laundry lainnya yang pelanggannya setor baju kotor dan ngambilnya bersih mewangi bajunya, di sini customer mencuci dan mengeringkan bajunya sendiri. 

Waktunya? Bisa kapan saja, sesempatnya, karena kami 24 jam buka! 
Bayarnya? Pakai aplikasi UWash yang memudahkan bagi kami pemiliknya maupun pelanggan!
Kelebihannya? Cepat, bersih, higienis, tidak dicampur!
Bosan enggak nunggunya? Enggak dong, kan ada free WiFi!

Jadi sembari menunggu cuci+kering yang cuma sejam itu, dirimu bisa sambil nugas, stalking crush-mu, chat kesayangan, ngedrakor, ngedracin di ruang tunggu... 

Dan, kalau bingung enaknya mau nonton apa, cek aja aneka review Drama Cina yang ditulis secara menarik dalam Curhat Si Ambu oleh Ambu Maria G Soemitro, blogger kawakan yang inspiratif dengan tulisan-tulisan yang beneran juaraaa!

Maxpress Laundromat

Tentang Maxpress Self Service Laundromat

Well, sejatinya usaha kami ini rencana dibuka sejak 2-3 tahun lalu. Tapi karena pandemi mendadak bertamu, semua rencana pun mundur teratur! Tapi gapapa, lebih baik terlambat daripada batal kan ya...

Juga, sebenarnya sempat ada keraguan, mengingat self service laundry belum membudaya di negeri ini. Tapi kalau tidak dikenalkan dan dibudayakan kapan lagi?

Jadi, waktu saya sekeluarga tinggal di Amerika (2009-2011), kalau pergi-pergi kami terbiasa mencuci di tempat pencucian - yang saat itu pakai koin.(Kalau di apartemen tempat tinggal, kami sudah menyewa unit sekalian washer&dryer-nya). 

Nah, balik ke Jakarta, belum ada tuh laundry semacam ini. Adanya laundry biasa (per item biaya cucinya) atau ada juga laundry kiloan. 

Barulah, beberapa waktu belakangan kami nemu laundry, yang menawarkan jasa cuci sendiri, salah satunya Maxpress Laundromat (IG @maxpress_official atau web laundromat.id) yang memiliki penawaran menarik jual putus - free franchise fee/ free royalty free, bagi siapa saja yang ingin memulai usaha ini. (Oia, kami dulu dapat harga 60 juta/2 unit washer-dryer promo free 1)

Cuss..suami pun mendalami informasinya dan meski agak tertunda, Maxpress @ASGard Self Service Laundromat pun bisa beroperasi! 

Oia, silakan cek video lokasi di bawah ini:...

 

Mengapa Pilih Maxpress Self Service Laundromat?

Well, nyuci bagi beberapa orang menjadi pekerjaan yang jadi beban. Padahal di luar udara lagi panas-panasnya yang bikin keringatan, polusi dan debu juga bertebaran membuat pakaian jadi tertempel noda dimana-mana. Ujung-ujungnya, baju kotor nambah terus tiap harinya.

Ini belum kehitung sprei, handuk, selimut, dan printilan lain yang mesti dicuci juga. 

Kalau enggak sempat nyuci sendiri akhirnya bawa deh ke laundry. Tapi, kalau laundry hitungannya boros juga, karena dihitunganya per biji, misalnya: celana 3 ribu, sprei 10 ribu, handuk 5 ribu, dan seterusnya. Hm, mayan juga tuh bayarnya!

Hm, ke laudry kiloan aja kalau gitu lebih hemat biayanya! Etapi, ntar dicampur sama yang lain pula karena dikilo nyucinya. Belum lagi risiko tertukarnya baju dengan pelanggan lainnya. 

Juga, nyuci barang pribadi (CD dan teman-temannya) di laundry itu malu hati! hihihi

Nah, di sinilah Maxpress Self Service Laudromat jadi solusi!!

Dirimu tinggal datang, masukkan cucian selama 30 menitan, sesudahnya pindahkan cucian ke mesin pengering 30 menitan juga, dan sudah! Dalam waktu sejam, cucian seminggu kelar: cepat, bersih, higienis, tidak dicampur dengan 4 langkah mudah (4M):
  1. Masukkan: cucian,deterjen, dan pelembut ke dalam mesin
  2. Memindai: nomor mesin
  3. Memilih menu: yang diinginkan dan tekan start
  4. Menyetujui: pembayaran di aplikasi
Yes, Maxpress @ASGard yang dilengkapi dengan mesin cuci Maytag ini memang didukung oleh aplikasi UWash, yakni aplikasi yang mempermudah customer dan owner dalam bertransaksi. Dimana keuntungannya bagi:
  • Customer: cahsless payment, lebih murah, top up mudah, info status mesin tersedia, notifikasi cucian selesai, buka 24 jam
  • Owner: cashless payment, laporan penjualan live, operasional mudah, notifikasi mesin error, buka 24 jam
Apartemen Serpong Garden

Maxpress Laundromat Serpong Garden Apartement

Mohon Doanya Semoga Usaha Kami Lancar Jaya


Well, saat ini usaha kami Maxpress @ASGard self service laundry ini baru memiliki 2 karyawan (aplusan dengan Depot Air Minum AQUALUX yang kami buka juga di dekatnya). 

Dan meski beroperasi 24 jam, tapi hanya ada karyawan pada pukul 12.00-20.00 saja, pada hari Senin-Sabtu, Jumat karyawan libur. Di luar jam itu, kios laundry tetap buka dan pelanggan bisa mencuci sendiri sesuai petunjuk pengoperasian mesinnya.

Inilah enaknya usaha di hari gini, konsep digital yang membantu pemilik usaha dengan pembayaran memakai aplikasi tak perlu tenaga kerja untuk menerima pembayarannya. Semua lebih praktis dan mudah baik bagi pemilik maupun pelanggannya!

Baiklah, buat dirimu yang tinggal di Apartemen Serpong Garden atau mungkin ada saudara, teman, keluarga menghuni salah satu unitnya, coba aja nyuci ke Maxpress @ASGard Self Service Laundry ya. Mumpung harga promo nih Nyuci mulai Rp 10.000  (termasuk sabun & pewangi) dan Ngeringin dari Rp 10.000! Siapa tahu ketemu kalau pas saya ke situ...

Mohon doanya semoga lancar jaya laris manis berkah usahanya, bisa menjadi pintu rezeki buat lebih banyak orang nantinya! Aamiin! Oia, kalau mau tahu info cara buka usaha ini, feel free japri, nanti saya bagi informasinya. 😍

See Ya!!






Salam Semangat

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

62 komentar untuk "Pengalaman Membuka Usaha Self Service Laundry"

  1. MashaAllah. Selamat untuk usaha barunya ya Mbak. Semoga berkah, banyak membawa manfaat dan terus berkembang sukses ke depannya.

    Inspiratif banget sih usaha laundry mandiri gini. Terutama buat kita2 yang sempat mencoba sendiri dan merasakan efisiensinya saat berada/tinggal di LN. Saya juga lagi nyari nih usaha efektif diluar pekerjaan yang ada sekarang. Kepikiran pengen punya warung bubur karena kami sekeluarga suka bubur dan sudah ada penjual yang mau difranchise. Habis baca ini kok jadi tertarik ya hahaha. Apalagi jika bisa menemukan lokasi yang tepat. Kepikiran dengan area2 kampus. Keknya cocok ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh sama mbak, membaca ini saya kok jadi ikut tertarik juga. Apalagi nggak perlu menyediakan penjaga selama 24 jam, walau laundrynya buka 24 jam. benar-benar efisien dari segi waktu dan biaya

      Hapus
    2. Lah...tadinya pas aku baca, buka 24 jam, kok berani. Kan takut aja, kasihan karyawan kalau ada apa-apa malem-malem. Eh tahunya serba digital, bahkan cashless juga pembayarannya. Keren. Kayaknya belum pernah ada ya di apartemen, self service laundry. Semoga makin maju dan berkah ya bisnis keluarga mbak Dian.

      Hapus
    3. Keren ya punya bisnis begini. Kepengen deh aku juga punya bisnis kayak gini. Bisa jadi diam di rumah tanpa bosan, karena cuan. Hehehehe. Sukses dengan bisnisnya, Mbak Dian :)

      Hapus
  2. Selamat ya Mba, smoga makin sukses dan berkembang utk usahanya. Bisnis ini menjanjikan bgt, klo pas mudik aku slalu le self laundry macam ini dam slalu byk antrian

    BalasHapus
  3. Aih inspirasi banget deh mbak, memang sih klo pengen punya usaha harus punya modal, dapatkan informasi full terus cus deh. Tapi kok grand opening nya saya gak di undang nih mbak🤭

    Btw sukses ya mbak dan punya cabang banyak aamiinn

    BalasHapus
  4. Alhamdulilah, terimakasih backlinknya Mbak Dian

    Keren banget usahanya Mbak Dian, karena usaha laundry ini semakin menjanjikan
    Bahkan di perumahan kampung tempat sekarang saya tinggal, usaha laundry masuk dan laris
    Karena kehidupan modern membuat orang gak hanya punya baju yang harus dicuci
    Juga quilt, boneka serta masih banyak lagi yang butuh dilaundry

    BalasHapus
  5. barakallahu Mbak Dian untuk bisnisnya ya,
    semoga apa pun usaha yang dijalankan dapat bermanfaat untuk sekitar dan memberikan benefit luar biasa.
    Asik juga ini memanfaatkan teknologi ya mbak, keren inspirasinya.

    BalasHapus
  6. Amiin ya rabbal alamin... Semoga usahanya berkah dan bermanfaat untuk masyarakat ya mbk. Ini solusi banget buat yang belum pingin beli mesin cuci, bisa ngelondry sendiri ya... Nunggu cucian sambil nonton, lumayan juga

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah kak Dian dan keluarga sudah keren bisa buka banyak usaha atau bisnis. Semoga lancar berkah bisnis self sevice laundrynya. Bisa bermanfaat untuk orang lain tentunya dengan pelayanan prima kepada para pelanggan.

    BalasHapus
  8. Semoga makin sukses usaha self service laundrynya mbak, makin banyak masyarakat yang tahu, jadi pelanggannya makin banyak deh. Berarti investasi cuma di awal saja ya mbak, karena pembelian frachise putus, selebihnya pengelolaan dan keuntungan jadi milik sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut mendoakan yang terbaik juga untuk usaha ka Dian dan keluarga.
      Semoga sukses dan semakin berkembang usaha Self Service Laundry-nya.
      Dan tulisannya sungguh menginspirasi bagi yang masih maju-mundur untuk membuka usaha Self Service Laundry di kota yang kini ditinggali, bisa menjadikan tulisan ka Dian sebagai referensi.

      Hapus
  9. Selamat untuk usaha laundry nya! Semangat baru karena sekarang pandemi sudah berlalu. Mudah-mudahan sukses dan nggak banyak pesaing ya. Rejeki nggak akan ke mana, asal ada usaha dan doa, semua ada jalannya. Aamiin.

    BalasHapus
  10. Wah, keren mbak
    Selamat ya atas bisnis barunya
    Semoga bisnis laundry nya berjalan lancar dan penuh berkah

    BalasHapus
  11. Barakallah ya mba, aku happy banget bacanya. Pandemik berlalu jg jadi bisa lanjutin plan yg kepending ya ini. Di dkt rumah jg ada yg otomatis gini tp blm pernah cobain. Apakah sama mereknya ya. Sekarang sih nyuci bisa tinggal nongton ya di tkp 😁.
    Btw semoga lancar jaya ya mba, laris manis barokah. Insya Allah

    BalasHapus
  12. keren nih. langsung tanggap aja buka usaha kekinian, ya. semoga alris manis dan sukses selalu

    BalasHapus
  13. Ikut senang sama usahanya, kak Dian.
    Jadi inspirasi buat pembaca kalau kini ada usaha laundry self service seperti di luar negeri. Sehingga kalau butuh buru-buru, mungkin karena baju terbatas, bisa langsung dateng ke Maxpress Self Service Laundromat dan segera bisa bersih.

    BalasHapus
  14. Semoga berkah dan lancar bisnisnya Mba.sistem londri kek gini jadi ingat drama Soon yongki, itu musuhnya mati saat lagi self londri, hehehe

    BalasHapus
  15. Aamiin, semoga usaha Laundrynya dilancarkan dan berkah ya Mak.
    Mulai rame nih usaha self service laundry ini, makin banyak peminatnya karena pengen experience terutama anak2 muda dan mamah2 muda jugaa, hihiii.
    Paling sering kalo pas traveling ke Luar pake self service laundry ini menyenangkan, trus sambil nunggu nyemil, ngopi dan onlen.

    BalasHapus
  16. Jadi inget cerita temen yang usaha laundry dari nol hingga menjadi besar, dan setiap jumat sedekah laundry dengan mencuci gratiskan mukena dan sajadah di masjid. Semoga sukses ya mb usahanya, aamiin

    BalasHapus
  17. Semoga lancar usahanya. Banyak yang membutuhkan jasa laundry karena memang mencuci itu bikin malas, terutama untuk pakai tertentu atau seperti seprei dan selimut.

    BalasHapus
  18. Masya Allah... Turut senang juga mbak Dian, semoga usahanya lancar dan berkah ya. Bisnis laundry gini tuh memang menjanjikan menurutku, apalagi buka di apartemenkan.

    BalasHapus
  19. Self service laundry ini sering dilihat di drama korea
    Tapi emang sekarang di Indonesia banyak juga laundry seperti ini
    Selamat ya mbak, semoga lancar bisnisnya

    BalasHapus
  20. Wah selamat buat usaha barunya. Kirain tadinya di rumah bikinnya ternyata agak jauhan ya hehe. Deket rumah ibuku ada laundry kyk gtu, pengen nyobain pas mudik dulu tapi belum kesampaian hehe. Suka liatnya di drakor2, kyknya asyik ya. Pilihan ok sih di apartemen soalnya menurutku dr tingkat pendidikan dan ekonomi kyk "lbh bisa bertanggungjawab" utk mengoperasikan mesinnya gtu ya. Sukses ya mbak :D

    BalasHapus
  21. Sukses untuk usaha self service laundry-nya Mbak. Semoga lancar dan berkah untuk semua.
    Usaha laundry ini memang lagi nge-trend yaa..sesuai kebutuhan masyarakat.

    BalasHapus
  22. Sukses selalu, kak Dian untuk usaha Self Service Laundry-nya.
    Seneng dan excited banget ketika konsepnya bener-bener dipahami dan skema bisnisnya bisa dijalani. Semoga semakin berkembang dan bisa membuka banyak cabang lainnya.

    BalasHapus
  23. Semoga diberikan kelancaran ya mbak, sukses

    BalasHapus
  24. Wah, asyik nih bisa punya usaha Self service laundry kayak begini. Iya deh, aku jadi inget drama Korea kalo ngomongin Self service laundry. Di sana udah biasa ya. Kalo di sini masih sangat sedikit. Kepengen deh aku punya usaha begini. Sukses ya dengan usahanya :)

    BalasHapus
  25. Wah, asyik nih bisa punya usaha Self service laundry kayak begini. Iya deh, aku jadi inget drama Korea kalo ngomongin Self service laundry. Di sana udah biasa ya. Kalo di sini masih sangat sedikit. Kepengen deh aku punya usaha begini. Sukses ya dengan usahanya :)

    BalasHapus
  26. Maxpress Self Service Laundromat ini jeli ya melihat hal-hal tertentu saat orang membutuhkannya :)
    Semoga berkembang pesat ya usahanya Mbak Dian dan segera berkembang ke kota2 lain juga.

    BalasHapus
  27. Wah keren mbak, berarti self service laundry kayak di filmnya mister bean itu ya? Btw pasti banyak tantangan seru mengingat kebanyakan layanan laundry masih model Terima beres

    BalasHapus
  28. Yeay! Sukses ya untuk bisnis laundry-nya, Kak. Beneran unik nih, kayak laundry di luar negeri.

    BalasHapus
  29. Yeay! Sukses untuk bisnis laundry barunya ya, Kak. Keren nih, kayak laundry-an di luar negeri.

    BalasHapus
  30. Sukses usahanya lancar rezekinya mbk. Semoga bisa mengikuti jejaknya. Dengan. Laundri kayak gini jadi hemat waktu dan tenaga

    BalasHapus
  31. Wah, selamat ya Mbak. Semoga berkah usaha laundry nya dan sesuai harapan Mbak, bahwa usaha ini akan pula jadi pembuka pintu rezeki bagi orang lain. Oiya, temanku yg ketja do Semarang juga selalu pakai laundry mandiri macam ini. Mulai membudaya pelan-pelan rupanya.

    BalasHapus
  32. Sukses ya mbak usahanya.. teredukasi sekali saya bacanya dan tertarik tapi modal belum ada

    BalasHapus
  33. Barakallah, Mbak Dian
    Ikutan happy bacanya. Semoga aku bisa tertular membuka bisnis kaya Mbak Dian dan suami. Hihihi
    Menarik banget usaha self laundry ini ya, Mbak.

    BalasHapus
  34. Wow self loundry ini bisnis kekinian yang mulai banyak dikembangkan di kotaku.Semoga bisnisnya lancar luncur dan barokah ya mom

    BalasHapus
  35. Ide baru buka usaha laundry nih, dekat daerah aku belum ada yang kaya gini. Nggak perlu repot ada penjaganya, keren. Semoga lancar usahanya

    BalasHapus
  36. masya Allah solusi banget tuh aku jadi berasa nonton di drakor aja. eslf service juga yak. moga makin lancar berkah y mbak usahanya pinter banget baca peluang

    BalasHapus
  37. Usaha laundry ini sangat menjanjikan ya mbak
    Apalagi model self laundry seperti ini, lagi happening juga kayaknya

    BalasHapus
  38. Selamat untuk usahanya ya mbak, semoga berkah dan lancar. Kalau deket mau ikutan deh nyoba laundry di tempat mbak sayangnya jauh huhu

    BalasHapus
  39. salah satu mimpi saya buka usaha laundry begini mba Dian, karena masih jarang, terus keinspirasi sama diri sendiri kalau nyuci pakaian capek di rumah, tapi kalau laundry jarang yang dipisah, jadi kepikiran usaha ini sayangnya belum kesampaian. Semoga lancar usahanya ya Mba dan berkah, aamiin

    BalasHapus
  40. Selamat mba Dian semoga usahanya lancar dan berkah, potensi usaha laundri ini memang sangat besar terutama di kota besar karena mereka pada sibuk gitu jadi nyari yang cepat dan mudah. selain itu self laundry belum begitu banyak juga dan saya rasa lebih aman untuk pakaian dan badan kita karena ga kecampur dengan baju orang lain karena dicuci sendiri pula

    BalasHapus
  41. Semoga lancar usahanya Kak. Menarik sekali usaha Laundry ini. Pencucian baju dan pencucian motor adalah dua usaha yang sempat menarik hati kami untuk menjalankannya.

    BalasHapus
  42. Unik ide usahanya, mudah-mudahan cepat adaptasinya dengan laundry self service ini karena memang terbilang baru ya di negeri kita konsep seperti ini. Tapi peluangnya memang bagus, karena harganya lebih terjangkau juga ya
    Good luck ya Kak dengan bisnisnya

    BalasHapus
  43. Keren banget mbak. Punya usaha laundry dengan konsep menarik. Selama ini konsep konvensional emang cukup menyita kocek ya mbak, kalau di Malang hitungannya per lima kilo. Tapi jatuhnya mahal di seprai. Dengan self laundry jadi lebih murah kan tidak menghitung pekerja ya. Semoga lancar dan berkah kakak buat usaha barunya. 🫰

    BalasHapus
  44. Laundry self service ini cukup menjanjikan ya, apalagi kalau buka 24 jam. secara sekarang mencuci adalah kewajiban dan tak bisa ditunda. Jadi selalu dicari dong ya. Sukses terus usahanya kak

    BalasHapus
  45. congrats ya, mba :).. untuk urusan cuci mencuci memang kalau bisa dibuat praktis, kenapa harus ribet.. oia, untuk liburan nasional seperti lebaran dan natal apakah nanti rencananya akan tetap buka ?.. karena banyak pelanggan yang kesulitan mencari tempat laubdru di saat libur nasional tersebut (terutama saat libur lebaran)..

    BalasHapus
  46. Sukses buat usahanya ..
    Kalau laundry self service gini jadi ingat sketsanya Mr. Bean di laundry self service.
    Hati² ketemu pelanggan macam Bean, yang ada mesin² jadi rusak semua.
    Sx lagi semoga nerkah usahanya. Amin.

    BalasHapus
  47. Bisnis laundry ini cukup menjanjikan, makin ke sini makin banyak orang sibuk soalnya hehe. Semoga usahanya lancar terus mba

    BalasHapus
  48. Aamiin. Semoga usahanya berjalan lancar dan sukses ya Mba. Pas banget nih Mba Dian melihat peluang kalau laundry self service begini di tanah air masih jarang sekali. Sudah begitu memang kalau mencuci di laundry kiloan juga punya risiko pakaian bisa tertukar dengan milik orang lain. Kalau cuci sendiri kan enak. Apalagi kalau lagi backpackeran deh. Kebayang hemat waktu hemat uang tapi tetap bisa punya pakaian bersih.

    BalasHapus
  49. Wah..selamat ya ,usaha barunya semoga makin lancar mbak. Btw, itu detergent, pewangi,pelembutnya dll itu bawa sendirikah atau disediakan disana ya mbak?

    BalasHapus
  50. Usaha laundry ini termasuk bisnis yang gak musiman, ya. Kayaknya hampir setiap waktu ada yang butuh layanan laundry ini, terutama self service laundry yang lebih aman karena gak takut ketuker pakaiannya dengan pelanggan yang lain.

    BalasHapus
  51. Baca tulisan mbak, jadi flashback waktu masih tinggal dan kuliah di Malaysia, hampir setiap 2 hari sekali ke tempat self service laundry, sambil nunggu cucian sambil internetan ngerjain tugas kuliah.
    Selamat mbak usahanya dan semoga sukses selalu usahanya.

    BalasHapus
  52. Firdaus Deni Febriansyah24 September 2023 pukul 00.04

    Aamin kak. Semoga usahanya sukses ya. InsyaAllah jika semua dimulai dengan cara yang baik akan mendapatkan hal terbaik juga

    BalasHapus
  53. wah keren banget. semoga lancar usahanya mbak, dan berkah terus sehingga bisa menambah atau memeprluas usahanya.

    BalasHapus
  54. Woiya Mbak Dian kalau liat di film2 LN tuh laundrynya self-service, nunggunya bisa sambil nonton film di hp atau baca buku, wondering juga kayagini tuh kapan banyak di Indonesia hihi. Setuju sih, urusan mencuci ini emang capeeek banget kalau dilakuin sehari2 apalagi kalau manual, saya juga mengalaminya, adanya self-service punya usaha Mbak Dian ini solutif bgt mah pasti. Sukses untuk usahanya ya Mbak

    BalasHapus
  55. Benr mba, di JKT ini blm banyak memang. Yg bisa self laundry. Padahal sebenernya sangat membantu trutama utk Naka kos, atau mungkin turis yg sedang ke Jakarta.

    Saat sedang traveling aku biasanya cari self laundry. Jadi setidaknya baju kotor berkurang, dan aku juga ga perlu bawa baju banyak. Apalagi saat winter yaa. Itukan berat Krn ada winter coat. Jadinya sebisa mungkin aku ga bawa terlalu banyak. Sisanya ya cuci di negara tujuan. Makanya self laundry sangat membantu sih

    BalasHapus
  56. wah usaha impian ku jg mbak, Masya Allah semoga bisa nih ikutin tips nya mba Dian :) sukses ya mba

    BalasHapus
  57. Emang bener sih, self service laundry malah lebih menguntungkan karena kebersihan bisa lebih diperhatikan. kalau kiloan, mungkin murah tapi ga tau standar higienitasnya. Makasih panduannya Kak, jadi tahu gmn caranya, secara belum pernah sih walau di kotaku yang kecil ini juga mulai ada laundromat.

    BalasHapus
  58. alhamdulilah lancar terus ya mba untuk usahanya
    dulu aku punya angan-angan pengen punya usaha laundry, soalnya aku termasuk sering ke laundry hahaha, lebih praktis juga kalau pas musim hujan dan nggak sempet nyuci sendiri
    di Jember kotaku kayaknya belum ada self laundry kayak gini, bisa jadi lahan bisnis baru juga nih ya

    BalasHapus