Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Tukar Tambah Mobil Pribadi

Jadi ceritanya, belum lama saya menjual mobil saya. Nah, ternyata setelah melihat kondisi mobilnya dan negosiasi, ujung-ujungnya mobil saya malah dihargai lebih tinggi. Jadi, biasanya setelah cek kondisi harga ditawar lebih rendah eh ini malah nambah. Bahkan naik Rp 25 juta dari harga awalnya! 

Yeay, senang dong pastinya! 

Oia, yang beli mobil saya itu Mobil88, perusahaan jual beli mobil bekas di Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari ​​34 tahun, dan merupakan bagian dari grup Astra. 

Hm, apa saja sih tipsnya, agar mobil bekas kita terjual di atas harga pasar? Juga apa keuntungan pilih jual mobil bekas di showroom seperti ini daripada jual ke pribadi?

Berikut pengalaman saya, siapa tahu ada di antara teman-teman yang memerlukannya!

mobil lama yang dijual


Cara Tukar Tambah Mobil dengan Mudah

Well, sekitar bulan Februari 2023 yang lalu, saya dan keluarga mengunjungi IIMS (Indonesia Internasional Motor Show) di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta.

Niatnya, selain memang mau menyaksikan pameran otomotif  tahunan di Indonesia, suami saya juga ingin melihat sendiri sekalian test drive salah satu kendaraan yang baru diluncurkan Toyota. 

Mobil lama kami - yang dulu kami beli baru, sudah beberapa tahun ini dipakai melalang buana mengantar kami berkegiatan sehari-hari, wara-wiri ke kantor suami juga kios laundry kami, mudik ke Madiun-Kediri, juga roadtrip ke Sumatera, Jawa, Madura dan Bali, sehingga suami saya berencana untuk menggantinya mengingat sudah lelah mobilnya. 

Maklum kami memang tipe traveler yang prefer pakai mobil pribadi. Karena ada jug orang yang lebih suka traveling dengan kereta api, pesawat, bus, motor bahkan sepeda seperti Inspirasi 6 Traveler Sepeda yang diceritakan teman saya Blogger Malang, Silvana Devinta.

Nah, singkat cerita, mobil yang sudah dikepoin sebelumnya via channel-channel Youtube yang mengulas permobilan, akhirnya bisa dijajal. Meski test drive hanya keliling di area pameran, lumayan..kami jadi tahu kalau memang ini yang kami butuhkan. Lanjut booking fee, dan meski kami ingin membeli mobilnya secara tunai, mesti nunggu/inden dulu sebab mobil ready diperkirakan baru pada November 2023 nanti!

Lama kalinyaaaa!! (logat Medannya keluar hahaha)

Ya iya..karena memang enggak seimbang antara jumlah pemesan dan kemampuan produksi, jadi ya mesti antriii. Tapi senangnya, diinfokan, mobil lama nanti bisa dibantu untuk dijualkan, jadi tinggal nambah kekurangannya saja! Lebih praktis dan mudah jadinya!

Dan, ternyata enggak sampai November, di bulan Agustus kami dikabari kalau mobil sudah ready dan segera diantar setelah pelunasan. Karenanya, akan ada petugas dari Mobil88 untuk cek kondisi mobil lama untuk proses tukar tambahnya.

Lalu, esoknya tibalah appraiser (penilai: petugas yang menentukan nilai ekonomis suatu properti, baik berwujud maupun tidak berwujud) ke rumah.

FYI, mobil yang kami jual itu merk-nya Honda, sedangkan kami beli baru mobil Toyota, dan tukar tambahnya lewat Mobil88. 

Tinggal info saja ke sales person-nya Toyota, nanti akan dibantu proses tukar tambahnya. Alurnya: pihak PT Serasi Mitra Mobil (Mobil88) akan bayar/transfer senilai pembelian mobil lama yang telah disepakati ke PT Astra International, lalu suami saya akan membayar kekurangannya ke PT Astra International. Praktis jadinya!

Oia, kenapa sih kami pilih jual mobil ke showroom saja bukan melalui platform online atau ke pribadi? Bukannya harganya kalau jual ke pribadi lebih tinggi?

Alasan Menjual Mobil Bekas ke Showroom

Sebenarnya ini pilihan ya, karena dulu saya juga pernah jual mobil langsung ke perorangan, nah kini saya pilih jual mobil bekas ke showroom, alasannya:  

1. Kemudahan: menjual mobil bekas ke showroom lebih mudah daripada mencoba menjualnya sendiri. Enggak perlu repot pasang iklan di sana-sini, menangani calon pembeli, juga negosiasi, karena dealer akan menangani semua prosesnya.

2. Kecepatan: proses penjualan ke showroom biasanya lebih cepat daripada menjual mobil secara pribadi, segera ada pembeli yang tertarik dan menyelesaikan penjualan dalam waktu singkat (saya hanya butuh waktu seminggu dari proses penaksiran hingga pembayaran).

3. Jaminan Kualitas: dealer mobil bekas biasanya memiliki standar kualitas tertentu untuk mobil yang mereka beli dan jual. Ini memberi pembeli potensial kepercayaan bahwa mobil yang mereka beli telah melalui pemeriksaan dan perawatan yang sesuai standar.

4. Potongan Harga pada Pembelian Baru: jika ada niatan untuk membeli mobil baru dari dealer yang sama, bisa dapat penawaran atau potongan harga dengan menjual mobil bekas pada mereka.

5. Keamanan dan Kepercayaan: perasaan lebih aman dan nyaman menjual mobil pada dealer yang sudah mapan dan memiliki reputasi baik, daripada menjualnya kepada individu yang tidak dikenal.

6. Fasilitas Trade-In: ada fasilitas trade-in, di mana kita dapat menukarkan mobil bekas sebagai bagian pembayaran mobil baru yang membuat transisi ke mobil baru menjadi lebih mudah.

Oia, tapi meski diingat ya, menjual mobil ke showroom biasanya akan menghasilkan harga jual yang lebih rendah daripada jika kita menjualnya secara pribadi. Karena dealer perlu mengambil margin untuk menutupi biaya operasional dan memperoleh keuntungan. 

Oleh karena itu, sebelum dirimu memutuskan untuk menjual mobil ke showroom, pertimbangkan apakah kenyamanan dan kecepatan transaksi sebanding dengan harga yang lebih rendah yang mungkin akan kamu terima nantinya.



Tips Agar Mobil Bekas Terjual di Atas Harga Pasar

Well, akhirnya proses jual beli mobil saya lancar jaya. Oia, agar mobil bekas terjual dengan harga sesuai harapan - seperti mobil saya, tipsnya: 

1. Perawatan dan Pemeliharaan: pastikan mobil dalam kondisi terbaik. Lakukan perawatan rutin, perbaikan yang diperlukan, dan membersihkan mobil secara menyeluruh. Rekam riwayat perawatan dengan baik, ini bisa memberi pembeli keyakinan bahwa mobil dalam kondisi bagus. seperti sejak awal membeli mobil di Honda Trimegah BSD, saya juga rutin servis di sana, sesuai dengan KM-nya juga perawatan lainnya.

2. Dokumentasi: semua dokumen yang berkaitan dengan mobil, termasuk buku servis, faktur perawatan, laporan sejarah kendaraan dan dokumen lainnya yang dapat memverifikasi sejarah dan perawatan mobil semua masih tersimpan rapi dan bisa saya tunjukkan ke pihak Mobil88 untuk disertakan dalam penjualan.

3. Perbaikan: perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan penampilan atau kinerja mobil bisa meningkatkan nilai jual mobil. Seperti mobil saya pernah di-coating yang membuat tampilan mobil terlihat seperti masih baru, tidak nampak kusam dan pastinya lebih enak buat di pandang.

4. Informasi yang Lengkap: deskripsi yang lengkap dan jujur tentang mobil, termasuk informasi tentang spesifikasi, fitur-fitur, sejarah perawatan, dan alasan kita menjualnya akan membantu pembeli membuat keputusan yang lebih baik.

5. Sejarah Kendaraan: Jika mobil  memiliki sejarah kendaraan yang baik, seperti tidak pernah terlibat dalam kecelakaan atau banjir, sampaikan ini kepada pembeli. Sejarah kendaraan yang bersih dapat meningkatkan nilai jual.

6. Tunjukkan Kepemilikan yang Bertanggung Jawab: jika kita dapat menunjukkan sebagai pemilik yang bertanggung jawab yang merawat mobil dengan baik, ini dapat meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap transaksi. Misalnya, sertakan polis asuransi mobil jika ada yang menujukkan kita bertanggung jawab merawat kendaraan.

7. Siapkan Dokumen Jual Beli: siapkan semua dokumen yang diperlukan untuk penjualan mobil, termasuk surat-surat kendaraan, sertifikat emisi, dan lainnya, kelengkapan dokumen membantu transaksi berjalan lancar dan berpengaruh pada harga jual.

Oia, ingat juga yaaa bahwa faktor-faktor seperti merek, model, tahun, dan kondisi mobil akan sangat memengaruhi harga jualnya.

Penutup

Alhamdulillah proses tukar tambah mobil saya berjalan lancar. Sekadar sharing, suami dan saya sejak pertama mampu beli kendaraan, membelinya secara tunai saat dana tersedia. Kemudian, kami ganti mobil karena kebutuhan. Setelahnya, kendaraan dirawat sesuai petunjuk perawatan dan pemeliharaan, sehingga saat waktunya ganti lagi, harga jual tetap tinggi...

Baiklah, semoga pengalaman tukar tambah mobil dari saya ini bermanfaat ya....! See Ya!💖





Salam Semangat

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

28 komentar untuk "Pengalaman Tukar Tambah Mobil Pribadi"

  1. Wah, pengalaman yang seru sekali ya mbak Dian tukar tambah mobil pribadi. Lengkap nih ceritanya. Tentu saja banyak hal penting yang harus dipenuhi, terutama dokumen/ surat kendaraan yang lengkap. Kalau perawatan mobilnya bagus, mobil yang dijual masih kece lah ga kalah tampilannya dengan mobil baru ya. Oh, begituu...ternyata boleh juga nih jual beli mobil di showroom. Sudah tinggal pakai aja nih jadi praktis ya. Tapi kita cek dulu semua kelengkapan surat dan kondisi mobilnya juga. TFS mbak Dian.

    BalasHapus
  2. Memang Mak, kadang bisa beli-beli ini itu tapi ngerawatnya yang nggak rutin. Pantas saja dibeli dengan harga tinggi, perawatannya terjaga, pembeli juga bakalan nyaman dan tahu sejarahnya. Tapi memang surat-surat bukti servis harus disimpan dengan baik ya mbak.. Selamat buat mobil barunya, semoga membawa ketempat-tempat yang menyenangkan.. semoga saya cepet ketularan hahaha

    BalasHapus
  3. Memang transaksi jual beli mobil lewat dealer bakal lebih aman yah, sekarang agak serem kalo mau transaksi pribadi karena sodaraku ada yang kena tipu sih pas beli mobil. Kita harus ekstra teliti sih. Asyik banget beli mobil baru tunai, jadi gak usah ribet mikir cicilan yaaah ehehehe

    BalasHapus
  4. Masya Allah, lancar2 jaya ya mba prosesnya. Mobil barunya berkah.. enak tunai ya mba.. mobilnya gedai ya walau anak 2 karena tipe traveler. Aku suka jg mobil gedai2 gini mba

    BalasHapus
  5. waaah alhamdulillah nilainya malah lebih tinggi dibanding harga perkiraan yah. Perawatan mobil memang penting apalagi udah diajak road trip jauh dan sering digunakan wara-wiri. Impianku nih mbaa bisa beli mobil baru secara cash supaya enggak kepikiran nyicil. Happy traveling with the new car!

    BalasHapus
  6. Wahhhh mau banget lah kalao jual mobil bekas malah dinaikin harganya. Biasanya aja mau nego sadis benget nawarnya yakan. Enaknya kalo jual di showroom emang ga ribet pasang iklan ke sana sini dan lebih cepet lakunya juga. Pokoknya pastikan juga mobil kita terawatt dan kondisinya baik yaa, sama dokumentasinya lengkap.

    BalasHapus
  7. Terima kasih sharingnya Mak. Aku belum pernah jual mobil di dealer. Ternyata lebih gampang ya kalau jual di dealer. Kalau mau jual beli juga lebi gampang ya. Tinggal tambah kekurangan uangnya saja. Aku jadi kepo dengan mobil88. Gampang banget caranya kalau mau jual beli mobil.

    BalasHapus
  8. Terima kasih sharing pengalamannya Mba, untuk mobil kami sebelumnya sudah pernah juga ikut yang tukar tambah api hitungannya agak kurang di kami, jadi belum jadi, hehehe

    BalasHapus
  9. Wah sekarang tukar tambah mobil semakin mudah ya. Ga perlu ngiklan mobil di jalanan lagi. Cukup ke showroom atau mobil88

    BalasHapus
  10. Dengan adanya Mobil88, jual mobil bekas bisa nilainya tambah gede, ya.

    Terus kalau mau beli mobil baru juga bisa dibantu dari Mobil88. Mantaap nih. Memudahkan kita.

    BalasHapus
  11. Mobil yang terawat itu memang jadi nilai tambah bagi yang ingin beli mobil. Suami saya juga selalu memperhatikan dengan detil kondisi mobil ketika mau beli mobil. Dilihat dari segi perawatan dan jangka waktu pemakaiannya.

    BalasHapus
  12. Wuih, mobil baru, barakallah... Saya juga pernah tukar tambah, tapi diurusin sama orang dealer toyotanya...

    BalasHapus
  13. Ikut senang dengarnya. Kalau kendaraan kondisinya bagus, harga memang jadi gak jatuh banget ya. Surat-surat jelas juga jadi pilihan. Karena Beli kendaraan bodong tuh malesin

    BalasHapus
  14. Owh ternyata tuker tambah di mobile88 gak harus dr mobil yang sama dg merek toyota ya mba. kirain hanya berlaku untuk merek sejenis. Brerarti bisa ya mobil apapun. Tukar tambah memang harus di tempat yang terpercaya sih menurutku mba. minimalisir resiko

    BalasHapus
  15. Saya juga prinsipnya kalau beli kendaraan lebih baik beli cash dibanding nyicil. Alhamdulillah ya Mba proses jual beli mobilnya lancar, selain itu mobil yang dijual dihargai lebih. Tentunya perawatannya juga tepat

    BalasHapus
  16. Wih recommended ya mobil88, di sini baca pengalaman Mbak Dian sendiri. Menarik nih, nanti bisa saya informasikan ke adik saya.

    BalasHapus
  17. Wih recommended ya mobil88, di sini baca pengalaman Mbak Dian sendiri. Menarik nih, nanti bisa saya informasikan ke adik saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telat tahunya nih. Jadi tahun lalu mama saya jual mobil dan ganti mobil baru. Gak tau kalo mobil88 bisa bantu jual dg harga yg sewajarnya. Dulu mikirnya kalo dijualin pihak lain bakal anjlok, ternyata jual perseorangan malah lama dan alot. Hiks

      Hapus
  18. Beruntung banget ya mba ternyata harga mobilnya lebih tinggi dari perkiraan, tukar tambah di sana ternyata lebih cepat prosesnya dan aman ya...

    BalasHapus
  19. mobilnya nampak muluuuuussss, kliatan bgt kalo kluarga mba Dian nih cinta kerapian dan kebersihan.

    noted bgt mbaaa , makasiii sharingnyaaaaa

    BalasHapus
  20. Dalam hal tukar tambah mobil memang harus ada kesepakatan yang mengikat dari kedua belah pihak. Semoga ada kepercayaan, keamanahan dalam proses tukar tambah. Semuanya sama2 diuntungkan, adil dan barokah. Makasih sharingnya kak Dian Restu. Sangat2 bermanfaat.

    BalasHapus
  21. Pengalaman yang bikin nambah pengetahuan yah, ku belum pernah nih tukar tambah mobil, pas baca ini jadi nambah pengetahuan dan wawasan baru, recommended nih tukar tambah mobil disini, langsung masukin ke list rekomendasi

    BalasHapus
  22. Blognya mbak Dian lengkap dan seruuuu
    Tentang anak, usaha yang dirintis, sekarang tentang tukar tambah mobil pribadi
    Keren banget Mbak, saya yang kudet jadi tahu seluk beluknya

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah~
    Ikut senang kak Dian.. Karena bisa tukar tambah mobil dengan harga yang jauh diluar ekspektasi. Jadi makin memahami makna rejeki itu yaa..

    Mobil Ibu juga sepertinya kemarin dibawa ke Showroom.
    Tapi gak tukar tambah. Sepertinya Ibu sama mas di Surabaya masih menimbang-nimbang mau ganti apa. Mengingat keluarga semakin membesar juga yaa..

    BalasHapus
  24. Jual, tukar tambah, dan beli mobil bekas tuh tricky sih menurutku Mak. Kalau nggak ngerti caranya, bisa dapet harga kerendahan pas jual atau ketinggian pas tukar tambah/beli bekas. Tapi kalau ngerti ilmunya, InsyaAllah bisa dapet yang saling menguntungkan.

    BalasHapus
  25. Tukar tambah mobil ini butuh ketelitian juga yaa perhitungan yang tepat dan ilmu tentang permobilan setidaknya. Tq for sharing mba..

    BalasHapus
  26. terima kasih sharing-nya Mak, kami belum tahu nih mau beli mobil atau entar mau pindah cari tanah lagi buat rumah, walau di sini letaknya stategis banget dekat kampus-kampus. Btw, jual tukar tambah mobil emang perlu hati-hati dan ada ilmunya, ya.

    BalasHapus
  27. tukar tambah mobil ini harus teliti juga kan ya mak. selain faktor rejeki kitanya juga harus merhatiin detail apa aja yang kita butuhkan. aku juga biasanya banyakin ngobrol sama temen2 dan kerabat yang paham mobil

    BalasHapus