Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Sore di Pantai Simbaronce

Setelah mata dimanjakan pemandangan di sepanjang Jalur Lintas Selatan, saya dan keluarga akhirnya memutuskan beristirahat di Pantai Simbaronce, Trenggalek. Pantai ini lokasinya bersebelahan dengan Pantai Karanggongso yang pernah saya datangi beberapa kali. 

Berbiaya tiket Rp 10.000/orang, Pantai Simbaronce menawarkan keindahan laut Pantai Selatan dengan pasir putih lembut, pemandangan perbukitan khas pantai, deretan pepohonan yang rindang, kontur pantai yang landai, lokasi berdekatan dengan parkiran dan ada tempat kulineran. Sungguh pilihan pantai yang family friendly mengingat saya mengajak serta Bapak dan Ibu saya yang sudah lansia.

Apalagi tak hanya sekadar mantai, di sini saya dan keluarga juga menikmati hidangan ikan bakar yang segar dengan harga yang sangat bersahabat. 

Sungguh, Pantai Simbaronce adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan sore!

Menikmati Sore di Pantai Simbaronce


Bersantai di Pantai Simbaronce

Memasuki area pantai yang pertama saya lakukan adalah menyewa tikar plastik 2 lembar (10 ribu/lembar) untuk duduk santai sambil menikmati camilan yang sudah disiapkan dari rumah tadi.

Sementara, anak-anak saya langsung berlari-lari, sudah gatal kakinya pengin merasakan kesegaran air laut lewat ombak-ombak kecilnya. Tapi karena sudah gede, mereka enggak lagi minta berenang atau berbasah-basahan melainkan jalan dari ujung ke ujung menikmati pemandangan.

Pasir putih yang lembut, aroma khas laut, riak ombak, diiringi angin sepoi-sepoi, sungguh sebuah paduan sempurna untuk menghabiskan hari. 

Sesekali ada pemilik perahu mendatangi kami menawarkan jasa naik perahu berkeliling area pantai, tapi karena anak-anak enggak mau ya sudah kami abaikan tawaran itu.

Hari itu pantai tidak terlalu ramai, hanya beberapa rombongan keluarga selain kami, karena memang sekolah di Jawa Timur liburnya belakangan, duluan sekolah di Jakarta liburnya. Jadinya saya puas selonjoran di pantai yang bersih yang di Jakarta susah saya temukan...

Nah, karena perut sudah keroncongan, saya dan kakak pun memesan ikan bakar di warung sekitar. Ikan dipilih langsung, segar... hasil tangkapan dari nelayan setempat dengan harga yang hemat!!

Saya sampai terkejoet ketika diminta memilih ikan, gede-gede ikannya seharga 30 rb-an per ekor! Entah apa saja namanya saya enggak paham perihal ikan, dan harga itu adalah harga matang boleh pilih mau dibakar atau dibumbu asam manis.

Enggak itu saja, harga nasi per porsi misalnya, juga masih standar yaitu 5 ribu, juga harga minuman seperti kopi, kelapa muda utuh, juga murah. Senangnya, meski ini daerah wisata  penjual di Pantai Sambironce tetap mematok harga standar sehingga wisatawan seperti saya merasa nyaman.

Pantai yang indah, makanan enak dan murah, disantap bersama orang tua dan keluarga saya tercinta, sungguh nikmat yang tiada tara, Alhamdulillah!





Tips Mengunjungi Pantai Simbaronce

Setelah puas mantai, makan dan tak lupa belanja ikan bakar buat oleh-oleh, saya dan keluarga pun mengakhiri kunjungan ke pantai Simbaronce yang diresmikan pada tahun 2017 lalu itu. 

Trenggalek tuh pantainya memang selalu istimewa...!

Kota Trenggalek juga mengingatkan saya pada salah satu teman blogger yang juga penulis lepas, mantan penyiar radio, ibu meong, dan peminum kopi, Mbak Dhenok Astuti yang di antaranya melahirkan karya buku tentang perempuan dalam kumpulan kisah FRAGMEN 9 PEREMPUAN.

Oia, jika dirimu jalan-jalan ke Trenggalek dan berniat mendatangi Pantai Simbaronce, berikut tips-tips yang bisa kamu perhatikan:
  • Kenakan baju yang nyaman, jika perlu bawa baju ganti siapa tahu dirimu mau berbasah-basahan dengan air laut di situ
  • Bawa tikar buat selonjoran, kalau enggak ada bisa sewa di sana
  • Bawa topi, kacamata hitam, pakai sunscreen buat melindungi diri karena teriknya sinar matahari
  • Bawa perbekalan makanan/minuman tapi kalaupun mau bebelian ada tersedia aneka kuliner khas setempat (hidangan laut) yang enak tenan!
  • Patuhi petunjuk keselamatan, misalnya dimana boleh berenang juga larangan yang diberlakukan pengelola, dan lainnya
  • Coba sewa perahu di sana jika kamu mau eksplor berkeliling area pantainya
  • Jalan dari ujung ke ujung pantainya dan nikmati keindahan ciptaan Illahi hingga rasa syukurmu bakal makin mengalir nanti
  • Abadikan kenangan dengan pepotoan, bikin konten, tapi tetap utamakan keselamatan dan tanpa mengganggu pengunjung lainnya
  • Hanya tinggalkan kenangan dan bukan yang lainnya, jaga kebersihan area dan jaga kelestariannya

Well, wisata Trenggalek sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi jika dirimu sudah menginjakkan kaki di pantainya, bakal ketagihan pasti dan ingin datang lagi dan lagi. Kamu bisa menjelajahi berbagai pantai di sana di antaranya Pantai Simbaronce yang saya datangi ini.💜



Happy Traveling

Dian Restu Agustina





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

14 komentar untuk "Menikmati Sore di Pantai Simbaronce"

  1. Cantik sekali pantai Simbaronce ini mbal
    Trenggalek punya banyak pantai cantik ya mbak
    Pengen kapan kapan kesana

    BalasHapus
  2. Cantik sekali pantai Simbaronce ini mbal
    Trenggalek punya banyak pantai cantik ya mbak
    Pengen kapan kapan kesana

    BalasHapus
  3. Pantai Sambironce, namanya kayak memiliki makna di Pantai disambi dengan meronce, hehehe..
    Seru banget karena pantainya terlihat sepi. Apa karena ka Dian ke Pantai Sambironce-nya weekdays?

    Yang seru tuh menu makanan dan minumannya yang harganya terjangkau banget ituloo..
    Pernah makan di Pantai Pangandaran, subhanallahu, harganya random banget.
    Kapok kapok rasanya.

    BalasHapus
  4. wah enak banget tuh untuk mandi. saya paling suka main ke pantai dan selalu mandi, kalau nggak mandi di laut nggak afdol rasanya

    BalasHapus
  5. Wah baru tahu dengan pantai ini mbak.. pesonanya begitu indah dan pantainya begitu tenang

    BalasHapus
  6. Waktu baca artikel ini, kok kaya ga asing. Ternyata pantai ini pernah muncul reviewnya di tiktok. Liat tulisan mbak jd pengen kesana deh

    BalasHapus
  7. wah jadi pengen wisata ke pantai juga, enggak ngeh lo kalau ini ada di Trenggalek, ingin someday ke sana ah, bersih ya pantainya menikmati angin pantai tentunya menyenangkan

    BalasHapus
  8. Wah pantainya bagus ya mbak. Belum pernah ke sana sih mbak. Bs masuk booket list sih

    BalasHapus
  9. wah aku baru dengar nama pantai simbaronce ini, mbak. cakep yaa pantainya. kemarin aku ke pulau jawa nggak sempat ke pantainya eh

    BalasHapus
  10. Seru banget ya pantai Simbaronce ini, udah lama ga mantai jadinya pengen ikutan di sana juga menikmati hembusan udara laut dna juga berisiknya ombak yang tiada henti, pasti nyaman banget ya, wajib banget ya berselancar dengan menyewa perahu kayaknya bakal makin seru ya mba Dian

    BalasHapus
  11. Cantik banget mba pantainya, bersih, dan sepi, jadi bebas ya mau foto-foto nggak bocor. Biaya masuknya juga cukup terjangkau.

    BalasHapus
  12. Trenggalek memang surganya pantai- pantai cantik. Beberapa kali sudah pernah kesana waktu mudik ke Kediri

    BalasHapus
  13. aku baru denger nama pantai Simbaronce ini mbak
    Mungkin karena aku juga jarang explore tempat wisata di daerah Trenggalek sana
    harga menu masakan kayak ikan bakar kalau ditempat wisata kayak pantai, rata-rata di Jawa TImur hampir sama ya, di kotaku juga segitu mbak.
    Dulu awalnya aku ngira kalau makan bakar-bakaran di pantai pasti habis banyak, ternyata ga juga

    BalasHapus
  14. Saya baru mendengar pantai simbaronce, karena belum pernah jalan2 ke Trenggalek. Ternyata pantainya cantik sekali ya, apalagi ada kuliner masakan ikan khas daerah itu. Jadi kepingin mampir ke sana. Someday...

    BalasHapus