Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Klayar Pacitan yang Menawan

Pacitan! Akhirnya saya, suami dan dua anak kami, menyinggahi kota ini meski hanya sehari! Yup, saat mudik ke Kediri pada libur Nataru 2023 lalu, kami memang berencana balik ke Jakarta via jalur Selatan saja. Jalur ini sebenarnya sudah pernah kami lewat duluuu banget. Memang selama ini kami lebih sering pakai rute Pantura, terlebih sejak ada tol Trans Jawa, yang bikin perjalanan lebih hemat waktu dan tenaga. 

Jadi ini edisi sekali-kali lewat Selatan biar sekalian menikmati Jalur Lintas Selatan yang makin menawan, dan singgah ke kota yang belum pernah kami datangi yakni Pacitan!

Lalu, kemana saja kami saat di Pacitan?

Pantai Klayar Pacitan


Rute ke Pacitan yang Bikin Deg-degan

Singkat cerita, dari Kediri kami berangkat jam 7 pagi, menempuh jalur non-tol di lintas Selatan Jawa yakni Kediri - Tulungagung - Trenggalek - Pacitan.

Berbekal Google Maps, saya sekeluarga yang memang pecinta road trip dan sudah mengelilingi daratan Amerika Serikat (saat kami tinggal di sana), sebagian besar Jatim-Jateng-Jabar, Bali, dan roadtrip Sumaterapede menjalani tanjakan, turunan, juga kelokan tajam, di sepanjang rute ini.

Jalanannya sebagian besar mulus meski di beberapa titik sempit dan butuh ektsra kehati-hatian karena di sisinya adalah jurang menganga. Beberapa kelokan juga super tajam yang bikin pengemudi mesti menyiapkan diri jika ada kendaraan dari arah yang berlawanan. Meski lumayan bikin deg-degan, pemandangan pegunungan, pedesaan, pantai, dan perkebunan, di sepanjang jalan sungguh memanjakan pandangan.

Hingga akhirnya jam 12 siang kami sampai di pusat kota Pacitan. Setelah beristirahat dan makan siang di resto Taman Alun-Alun Pacitan, kami bablas ke Pantai Klayar. Salah satu pantai tercantik di sepanjang pantai Selatan, yang meski jaraknya dari pusat kota hanya 30 km-an tapi karena jalanan menuju ke sana penuh tantangan jadi mesti ditempuh dalam waktu lebih dari satu jam!

Taman Alun-Alun Pacitan

Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar kami nikmati di tengah sinar surya yang mulai meredup sinarnya. Ngadem di antara angin laut yang bertiup membawa aroma khasnya, menikmati suara ombak laut Selatan dengan air birunya, pas banget momennya!

Tak heran orang tumpek blek, ada yang bermain air di pinggir pantai, bermain pasir, pepotoan, menyewa ATV, duduk di bebatuan atau gazebo yang disediakan, atau sekadar melamun mengurai kenangan (ini saya hahaha).

Anak saya cus lihat ATV langsung minta. Jadi deh masing-masing sewa 1 ATV seharga 100 ribu (kalau enggak salah per jam). Mereka jauh ke arah ujung pantai mainnya. Saya yang sudah lelah, menunggu saja di tempat semula.

Eh, saat si Adik balik, kok Mas enggak ada. Ternyata mogok ATV-nya. Pemilik ATV pun saya cari dan nyusulin, sambil ganti dengan ATV lain. 

Puas main di pantai kami pun undur diri. Sayang hari itu agak mendung sehingga sunset Pantai Klayar tak bisa kami nikmati. Berjalan ke arah parkiran, kami melihat tukang ojek berjajar. Sama seperti tadi saat tiba di parkiran, ojek ini menawarkan tumpangan dari dan ke bibir pantai yang memang jalannya curam (apalagi baliknya mesti mendaki). Walaupun enggak jauh tapi karena saya mau hemat energi jadinya saya naik ojek saja, 5 ribu ongkosnya, sementara anak-anak dan bapaknya jalan kaki.

Di parkiran selain ada jejeran kios oleh-oleh juga ada tempat bilas/kamar mandi yang dikelola penduduk setempat. Jadi pengunjung bisa mandi/bebersih dulu sebelum melanjutkan perjalanan atau pulang. Juga ada fasilitas lainnya seperti mushola, penginapan dan rumah makan.

Tips Mengunjungi Pantai Klayar

Well, meski hanya sekitar 2 jam dengan perjalanan pulang-pergi yang penuh tantangan, saya puas dengan Pantai Klayar. Jika dirimu main ke Pacitan, jadwalkan ke sini juga ya teman... 

Oia, sebelumnya ingat untuk:

  1. Siapkan kendaraan agar prima mengingat jalur lintas selatan medannya penuh tanjakan/turunan
  2. Bawa perbekalan agar sewaktu-waktu istirahat makan/minum gampang
  3. Pakai pakaian nyaman juga tabir suryanya jangan lupa
  4. Gunakan topi dan kacamata buat melindungi diri dari teriknya sang surya
  5. Datang sebelum matahari terbit jika ingin menikmati sunrise, siang hari kalau mau motret cantiknya pemandangan dan jelang senja jika ingin menikmati indah sunset-nya.  Sambil cari inspirasi, kayak saya yang butuh ide mau nulis apalagi di blog nanti biar ngalir nulisnya seperti teman saya Blogger Buton Tengah, Mba Ira Hamid
  6. Jalan kaki sepanjang garis pantai yang panjang, nikmati suara deburan ombaknya, rasakan halus pasir putih dan tebing-tebing cantik di sekitarnya (yang kalau pas sepi bisa banget buat berlarian seakan adegan di Film India kwkw)
  7. Bisa sewa ATV jika capek jalan
  8. Bawa peralatan mainan sand castle buat bebikinan istana pasir
  9. Bawa pakaian ganti dan peralatan mandi
  10. Hati-hati dan patuhi aturan keselamatan yang ada (seperti ada larangan berenang)
Jadi gimana, tertarik ke Pantai Klayar juga? Cus, agendakan segera!💗


Happy Traveling

Dian Restu Agustina

 


Pantai Klayar

Pantai Selatan Pacitan

Pantai cantik di Pacitan

Pantai Pacitan

Ojek Pantai Klayar






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

10 komentar untuk "Pantai Klayar Pacitan yang Menawan"

  1. Pas liat foto awal mikirnya, "wah berbatu ya, gak cocok buat berenang" eh tapi keliatan banyak yang berenang di foto lain. Dan ada juga area yang kelihatan garis pantai berpasirnya lebih panjang. Sebagai orang yang tinggal jauh dari pantai (terdekat kudu ke Lampung atau Bangka), seneng bisa liat laut kayak gini. Beneran view mahal buatku hahaha.

    BalasHapus
  2. Senangnyaaa....., jadi pingin jalan-jalan bareng dengan anak-anak
    Emang beda ya? Jalan bareng anak dengan jalan bareng teman
    Kayanya harus dijadwalin nih jalan-jalan ke Pantai Klayar Pacitan
    Tapi lebih enak kalo bukan di hari libur ya?

    BalasHapus
  3. Ciamik ini healing di pantai, apalagi nuansanya juga seru.
    Bener bawa bekel udah harus banget deh, buat antisipasi juga siapa tahu kan harga makanannya melebihi ekspektasi hihi.

    BalasHapus
  4. ATV sekarang udah jadi magnet untuk wisata pantai ya. Banyak pantai yang biasanya sepi, eh setelah ada penyewaan ATV, langsung banyak didatangi anak muda dan jadi tujuan wisata liburan keluarga

    Di pantai Cianjur Selatan juga. Padahal sebelum ada ATV mana mau ke sana. Jalannya aja rusak bikin sakit hehehe

    BalasHapus
  5. Banyak yang merekomendasikan kalau ke Pacitan wajib liburan ke Pantai Klayar. Apalagi sering banget liat foto temen temen di Pantai Klayar. Pantainya bersih dan banyak permainan di sana

    BalasHapus
  6. Whoaaa cakep banget sunrise di Pantai Klayar Pacitan. Itu di pasir pantainya ada bebatuan karang gitu ya, kak? Jadinya kelihatan unik. Oh iya itu naik ojeknya murah banget dari parkiran ke bibir pantai cuma 5K aja. Solusi biar gak capek jalan kaki

    BalasHapus
  7. Waah..meski medannya menantang, tapi terbayarkan dengan keindahan pantainya ya mba..Bener banget nih, sublock kalau di pantai jangan sampai ketinggalan

    BalasHapus
  8. Wah bebatuannya besar-besar di pantai Klayar Pacitan yaa, ka Dian.
    Kudu hati-hati kalau mengajak anak balita.
    Seneng dan seru bisa sewa permainan ATV. HIhihi, aku ngebayangin donk.. lari-larian ala film india menggunakan kain saree..

    BalasHapus
  9. Pacitan ini salah satu hidden gem Pulau Jawa paket lengkap menurutku. Alam, kuliner, budaya, semua ada.
    Banyak yang jual sarapan nggak ya? Kayak asyik pagi-pagi ke situ.

    BalasHapus
  10. kayaknya seru banget nih menyusuri pantai pake ATV, menikmati pemandangan sambil menikmati angin sepoi2. saya jad kangen pantai nih secara terakhir ke pantai udh lama banget, ada 10 tahun kyknya hihi

    BalasHapus