Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surya Taman Wisata

Surya Taman Wisata - Wahana Rekreasi yang Asri di Kota Kediri! Suatu siang saat Ramadan silam...

Panas membara melanda kota kelahiran saya, Kediri tercinta. Si Mas mulai rewel enggak betah di rumah dan ribut minta pergi berenang. Adiknya pun seia sekata, ngajak ngadem ke kolam renang katanya.

Tentang Surya Taman Wisata

Memang, kalau lagi mudik ke Kediri, berenang selalu masuk agenda kami. Selain karena ingin tetap merutinkan anak-anak yang biasa berenang seminggu 1-2 kali, juga lantaran berenang di Kediri tiketnya masih terjangkau sekali. Maklum Ibuk irit, meski cari kegiatan yang hemat tapi bikin hepiii...😁

Nah, sebelumnya, saya pernah mengajak anak-anak berenang di Kediri Water Park, Gumul Paradise Island dan yang paling sering di Tirtoyoso Park. Ketiganya, seperti kolam renang pada umumnya, berjenis outdoor...Yang pastinya, bisa bikin anak-anak saya bermandikan panas sang surya jika nekat berenang di sana.

Hmm, sebagai solusi, tentu bakal menyenangkan sekali kalau ada kolam renang indoor di Kediri. Tapi, masak iya mau mimpi, kan enggak ada indoor swimming pool di sini. Saya ngerti lantaran dua kali setahun saya biasa pulang kampung. Jadi meski enggak hapal lagi ada apa saja di Kediri, biasanya saya tahu berita terbaru...

Tapi... ternyata pemirsaaah, saya ketinggalan berita....

Kakak saya cerita, kalau sekarang sudah ada kolam renang beratap di Kediri. Sehingga kalau kita mau renang siang-siang pun, enggak perlu khawatir akan panas matahari.

Lhaaa...seriusan? Beratap? Bagaimana tuh modelnya?

Baiklah kalau begitu, biar enggak penasaran....saya pun langsung meluncur ke situ!

Nama tempatnya, Surya Taman Wisata.

Sebuah taman wisata yang berlokasi di depan PG Pesantren Baru Kediri dan baru dibuka pada 16 Maret 2018 lalu.

Lokasi tepatnya di Jalan Durian 1 Desa Ketami, Pesantren, Kediri. Sekitar 6 kilometer ke arah Timur dari pusat kota atau 3 kilometer dari Monumen Simpang Lima Gumul.

Tadaa..dan ini dia, Surya Taman Wisata sudah di depan mata!

Dari depan, jalanannya agak naik, sehingga yang bawa kendaraan musti hati-hati di sini.

Lalu, saat memasuki gerbangnya saya disambut petugas tiket parkir dan parkiran kendaraan yang cukup luas.

Kolam renang Kediri

Pengalaman Mengunjungi Surya Taman Wisata

Karena saya datang di siang jelang sore di bulan Ramadan, maka pengunjung pun tak begitu banyak. Nampak hanya 2-3 mobil dan beberapa motor di parkirannya.

Setelah memarkir kendaraan, saya pun menuju arah masuk ke area dalam. Dimana ada sebuah water wall yang dihiasi patung bangau mini di sana-sini.

Lalu di sisi kirinya ada sebuah lorong yang di bagian kiri kanan dan atasnya disemarakkan oleh tanaman rambat yang ijo dan bikin seger mata.

Juga ada hiasan lampu gantung yang unik dan cantik.

Suka lihatnyaaa!

Kolam Renang Kediri

Di sebelah kiri lorong ada ruang terbuka yang menyediakan jajaran kursi makan dan meja. Tempat ini merupakan tempat duduk untuk restoran yang memang ada di sini juga.

Dinding yang mengelilingi tempat makan ini terbuat dari kayu dan bambu. Juga nampak bunga ada di sekelilingnya. Tak lupa, juga ada hiasan dinding yang mempercantiknya.

Asriiii...

Tapi, karena sedang puasa...skip dulu review makanannya. Lain kali kalau ke sini lagi, baru bisa cerita yaa..😀

Surya Taman Wisata Kediri

Masuk ke dalam lagi, saya mendapati loket pembelian karcis di sisi kanan. Tiket dibandrol 20 ribu rupiah untuk pengunjung dewasa, 15 ribu tiket anak dan 10 ribu untuk balita.

Satu kata dari saya, warga Jakarta, ... M U R A H  euy tiketnya!👏😁

Nah, sedangkan untuk waktu operasional dari pukul 8 pagi sampai 9 malam.

Oh ya, di kaca depan ruangan loket tiket ini, tertera juga pengumuman untuk tempat pemancingan yang jam bukanya adalah dari pukul 8 pagi sampai 4 sore dengan tarif 25 ribu.

Sementara khusus hari Minggu, jam bukanya dari pukul 9 pagi sampai 5 sore dengat tiket 50 ribu. Dan info tambahan untuk Sabtu, Minggu dan tanggal merah tidak ada pelayanan memasak dari kolam pancing itu.

Surya Taman Wisata

Selesai membayar tiket, saya pun masuk ke dalam area kolam setelah menukarkan tiket dengan stiker gelang yang dipasang di tangan. Gelang ini berfungsi untuk menandai pengunjung keluar masuk area, misalnya jika mau ke restoran atau berkeliling tamannya.

Nah, begitu masuk ke dalam, di sisi kiri ada loket penitipan barang dan penyewaan ban. Ban bisa disewa dengan deposit sebesar 20 ribu (nanti dikembalikan) dan harga sewanya 5 ribu untuk ban kecil serta 10 ribu untuk ban besar.

Karena yang berniat nyemplung cuma anak-anak maka saya tidak menitipkan barang juga tidak menyewa ban.

Kolam renang Kediri

Jadi, langsung saja saya masuk ke area kolam...

Sejenak saya terpana..

Memang bukan indoor swimming pool yang berada di sebuah gedung tertutup, tapi beberapa kolam yang bagian atasnya beratap semacam kanopi untuk menghindari hujan dan panas matahari.

Kereeeen idenya...

Kolam Renang di Surya Taman Wisata

Ada 4 kolam yang terbagi menurut kedalaman airnya. Ada kolam bola untuk balita, kolam tong air dan kolam seluncuran untuk anak-anak serta kolam renang dewasa.

Kolam-kolam ini dikelilingi tempat duduk baik di pinggir kolam maupun di saung tempat makan yang berjajar di sisi lainnya.

Warna-warni bola, seluncuran, hiasan jejamuran menambah meriah dan indah area taman. Selain itu air kolam juga nampak bersih dan segar.

Surya Taman Wisata Kediri

Sementara di banyak sudut ada banyak tempat instagrammable yang bisa dipakai untuk pepotoan.

Misalnya saja ada patung Merlion, beberapa kursi unik, sepeda nyentrik, juga bunga-bunga menawan.

Syantiiik pokoknya...

Surya Taman Wisata

Oh ya, untuk kolam renang (kolam dewasa) berada di sisi lain dari kolam dangkal yang ada. Sehingga relatif aman untuk anak yang belum bisa berenang, karena kolam dalam dan dangkal tidak berdekatan. Tapi, tetap saja pengawasan orang tua diperlukan.

Selain itu, kawasan kolam juga bersih dan terlihat terawat.

Petugas kebersihan juga berjaga di sekitar area dengan alat kebersihannya untuk memastikan lingkungan taman bersih dan nyaman.

Dan...semua memang tampak tertata rapi.

Semoga saja bukan karena tempat ini masih baru yaa...Tapi, seterusnya nanti juga selalu begitu.

Kolam renang di Kediri

Puas berenang dan bermain air, pengunjung bisa memesan makanan/minuman ke restoran yang ada. Atau membeli camilan yang dijual di kios snack yang tersedia.

Makanan/minuman yang dipesan di restoran ini, nanti akan diantar ke tempat duduk kita. Bahkan kalau kita juga memancing di kolam pemancingan yang tersedia, di hari Senin-Jumat, ikan bisa dimasakkan di restoran.

Oh ya, untuk tempat makannya selain ada tempat duduk kursi dan meja, juga ada yang berbentuk lesehan. Jadi tinggal pilih saja mau duduk versi apa..

Kolam Renang di Kediri

Kolam renang di Kediri

Lalu, tak hanya kolam renang, di Surya Taman Wisata ini juga terdapat kolam pemancingan.

Jadi pas sekali, buat yang habis berenang ingin menenangkan diri dengan memancing ikan, tinggal jalan ke arah belakang.

Oh ya, selain kolam dan tempat memancing, Surya Taman Wisata yang memiliki luasan area 4000 meter persegi ini menyediakan tempat yang bisa dipesan untuk acara rapat, ulang tahun atau pertemuan lainnya.

Sajian istimewa dengan harga yang menarik tersedia bagi pengunjung dengan beragam pilihan menu yang ada.

Kolam renang di Kediri

Nah, lengkap kan Surya Taman Wisata ini? Bisa nih disamperin lagi saat saya sekeluarga lain kali mudik ke Kediri.

Tapi, Ada Kurangnya....

Hanya saja, saya tidak mendapati life guard yang stand by di tempatnya. Memang sih, ada petugas yang nampak ada, cuma saya enggak bisa membedakan apakah itu petugas penyelamat atau bukan.

Lebih baik sih, life guard itu pakai baju khusus dan selalu berjaga di sisi kolam yang ada. Juga, hendaknya dilengkapi alat keselamatan (terutama di kolam dewasa). Karena bagaimanapun keselamatan pengunjung itu yang utama.

Harapannya semoga saja ini ke depan bisa diperbaiki oleh pihak pengelolanya ..

Baiklah...

Bagi teman-teman yang tinggal di Kediri dan sekitarnya atau punya niatan mengunjungi Kediri, silakan singgah ke Surya Taman Wisata juga yaaa...

Mau berenang, senang-senang, mancing ikan atau makan kenyang, Surya Taman Wisata bisa jadi pilihannya....😍

SURYA TAMAN WISATA
Jalan Durian 1, Ketami, Pesantren
Kediri - Jawa Timur
(0354) 2892668 / 082334656123

Wong Kediri Asli,

Dian Restu Agustina

Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

13 komentar untuk "Surya Taman Wisata"

1. Areanya terlihat terawat baik ya, kak. Kelihatan bersih.
    Kalau suasananya bersih seperti surya taman wisata ini bikin betah lama-lama diareanya.

BalasHapus
  2. Wah jadi pengen ngajakin Erysha maen ke kolam renang juga jadinya hihihi.

3. Belum nyampe sini mainnyaaaa, pengeeenn...

4. Tempatnya asik banget Mbak. Sayang di magetan belum ada yg kayak gini. Wuih, bakalan betah anakku kalau diajak ke sini

BalasHapus
  5. Sekalian main ke Kampung Inggris bisa nih, yaaa. Eh, tapi ide pakai kanopi itu memang bagus banget ya, Mbak. Kan sering tuh, anak-anak harus beranjak dari kolam karena udah kepanasan. Kalau indoor, rasa terbatas gitu pandangan mata kita. Ya, kaaan ...

6. kemarin mau ke sini taoi gak jadi
    akhirnya ke Pagora
    yah padahal bagus banget ya mbak ternyata
    kediri lagi emang lagi banyak tempat wisata

BalasHapus
  7. Nyaman bnget kyaknya y mbak, bersih dan terawat. Jangankan anak anak kitapun pasti betah berlama lama disana

8. Miapaah mba Dian, bayar 20 rebu bisa dapet fasiliyas beginian? Uwoow itu mah. Hehehe... sayang juauhhh

9. Waaah, boleh juga nih kalau suatu saat ke Kediri. Saya asli Jombang, jadi tidak jauh dengan Kediri.

BalasHapus
  10. Keren ya mbak suasana tenang pemandangan nya indah dan banyak tempat yg view-nya indah buat foto-foto. Kebersihannya juga sangat terjaga apalagi tiketnya murah meriah. Recommended ya mbak buat famili time

11. Kalau berenang di situ mah saya bakalan betah banget. Airnya jernih dan kelihatan banget segernya. Terus selain kolam renang, yang menarik bagi saya itu ada spot-spot yang dijadikan untuk berfoto. Kan cakep jadinya itu.

12. Cantiknyaaaa ... Yang aku tahu tentang Kediri hanya kampung Inggris, bahkan tukang cilok pun pake bahasa Inggris. Keren euy 😍

BalasHapus
  13. Lohh Mb Dian asli Kediri too ternyata.
    Sama2 orang Jatim kita mbak. 😍
    Saya baru tahu kalau ada kolam renang baru di Kediri. Terakhir ke Kediri ke Gumul Paradise.

Wahh, sepertinya perlu dicoba nih. Surya Taman Wisata Kediri ini.
    Makasih reviewnya Mb Dian.