Tips Mudah Memilih Headphone yang Sesuai Plus Bisa Tampil Stylish




Teman-teman, dirimu tahu kan ya kalau headphone itu tidak sama dengan earphone? 

Yup, kedua benda itu memang berbeda. Dan, salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah b-e-n-t-u-k-nya (selain ejaan tentunya😁)



Bukalapak
pic by Pixabay



Headphone yang Sesuai Bikin Kita Tampil Stylish dan Enggak Lebay



Dan, meskipun memiliki fungsionalitas yang relatif sama, headphone memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada earphone. Masyarakat yang memakai headphone juga lebih sedikit yang menggunakannya ketika berada di luar rumah.

Dirimu tahu kenapa?

Ya, karena anggapan norak dan tampil lebay alias berlebihan merupakan salah satu alasan kenapa masyarakat masih lebih banyak memilih earphone daripada headphone. Hiks!

Padahal nih, jika kita mampu memilih dengan benar, menggunakan headphone bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dibandingkan dengan earphone. Ditambah lagi, dengan kehati-hatian saat memilih headphone kita juga bisa tampil stylish termasuk saat menggunakannya di luar rumah.

Jadi bukannya bakalan lebay bombay tapi stylish manis!! 😍

Nah, apa saja tips biar headphone yang kita beli ini sesuai plus bisa juga dipakai bergaya ya? Ini diaaa...


Bukalapak
pic by Pixabay


Tips Mudah Memilih Headphone



1. Kebutuhan

Jika kita langsung mencari headphone di tempat-tempat jual headphone kemungkinannya adalah kita akan ditawari headphone berdasarkan harganya saja. Padahal, memilih headphone juga perlu mempertimbangkan kebutuhan penggunaan. Karena kesalahan dalam memilih headphone bisa berakibat kita harus membeli headphone yang baru lagi. Yang ujung-ujungnya ada uang yang bakal terbang melayang!!

Untuk itu, perlu untuk mengenali terlebih dahulu sejauh mana kebutuhan kita terhadap headphone ini. 

Diantaranya apakah:
  • Headphone murni hanya digunakan untuk mendengarkan audio saja. 
  • Headphone yang digunakan juga mesti memiliki fitur mic tambahan. 
  • Headphone hanya digunakan di rumah saja. 
  • Headphone hanya digunakan ketika berada di luar rumah. 
Nah, perbedaan pada masing-masing kebutuhan ini akan memberikan hasil pilihan headphone yang berbeda pula. Well,...headphone-mu memang menunjukkan siapa dirimu, ye kan?


2. Tipe

Sedikit menyinggung masalah teknis mengenai headphone. Kebanyakan pengguna awam tidak paham akan perbedaan dari kedua tipe headset ini selain pada bentuknya saja. Nah, perbedaan tipe headphone apakah tipe open atau close akan menentukan kualitas dari suara yang dihasilkan ketika didengarkan.

Sederhananya:
  • Tipe Open: khusus bagi pengguna headphone yang menginginkan kualitas suara terbaik ketika didengarkan di rumah
  • Tipe Close: terutama bagi pengguna headphone yang tidak menginginkan adanya suara yang “keluar” atau menggunakannya di tempat ramai
Nah, baik headset tipe open maupun close ini biasanya jarang disebutkan ketika kita membeli di tempat-tempat jual headphone, kecuali jika kita bertanya atau mencari tahu pada penjualnya.


3. Kabel

Headphone saat ini telah dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan untuk bisa terhubung dengan perangkat elektronik tanpa harus menggunakan kabel alias secara wireless

Nah, headphone wireless selain bisa digunakan untuk mendengarkan audio, sekarang ini juga bisa digunakan sebagai salah satu aksesoris yang mampu meningkatkan penampilan ketika dipakai di luar rumah. 

Tapi bukan berarti headphone dengan kabel tidak bisa digunakan untuk bergaya lho, ya. Namun ini semua akan kembali lagi kepada kemampuan seseorang untuk memilih headphone yang tepat ditambah dengan kemampuan memadukan pilihan pakaian di saat jalan-jalan.


4. Desain

Desain headphone memang tidak ada hubungannya dengan fungsionalitas, namun saat ini headphone telah mampu berevolusi menjadi salah satu perangkat elektronik yang bisa digunakan sambil bergaya. Pemilihan desain dan warna yang tepat, dipadukan dengan gaya berpakaian yang stylish akan mampu membuat seseorang mendapatkan penilaian lebih sehingga rasa percaya diri pun bisa terdongkrak karena ini.

Nah, bagi pengguna headphone yang peduli terhadap fashion, hal ini cukup penting sehingga memilih desain headphone yang tepat harus menjadi salah satu pertimbangan ketika seseorang hendak membeli di tempat-tempat jual headphone.


5. Budget

Setelah mempertimbangkan poin-poin di atas, budget akan menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih headphone kita. Sebagaimana earphone yang memiliki rentang harga yang berbanding lurus dengan kualitas, headphone juga demikian adanya. 

Meskipun tidak harus memilih headphone yang paling mahal, paling tidak dengan menyesuaikan antara kebutuhan dengan budget kita bisa berpeluang lebih besar untuk mendapatkan headphone yang paling cocok antara kebutuhan dengan kemampuan.


6. Tempat Membeli

Tips terakhir adalah tempat membeli. Pastikan kita membeli headphone di tempat-tempat jual headphone yang aman dan terpercaya. Dan, salah satu tempat dimana kita bisa membeli headphone secara online, aman dan terpercaya adalah melalui Bukalapak

Karena, di Bukalapak kita bisa melakukan browsing berbagai macam headphone terlebih dahulu sebelum membelinya. Kita juga bisa mencari tahu pelapak-pelapak online yang terpercaya atau sekalian mencari informasi lainnya seperti harga HP Samsung atau aksesoris HP yang lain.


Nah....tunggu apalagi, kuy kepoin Bukalapak segera dan pilih headphone pilihanmu yang sesuai, stylish dan enggak lebay!!😎



Happy Sharing

Dian Restu Agustina



23 comments:

  1. Sangat membantu sekali kak tips nya, bisa saya jadikan panduan yang berguna bagi saya, makssih infonya ya πŸ˜‡

    ReplyDelete
  2. Yang jelas mau beli handphone harus sesuai budget ya, mak Dian. Tidak hanya karena ikut trend hehe

    ReplyDelete
  3. antara earphone dan headphone, saya lebih nyaman pake headphone, karena dipasang di kepala aja, ga perlu memasukkan sesuatu ke telinga :). Makasih infonya mba, entar hunting deh di Bukalapak..

    ReplyDelete
  4. saya lebih suka memakai headphone daripada earphone, berasa lebih mantap aja dengerin musiknya kalau pakai headphone :D

    ReplyDelete
  5. Di Bukalapak semakin komplit saja. Banyak pedagang terpercaya jadi belanja pun semakin aman dan lebih nyaman

    ReplyDelete
  6. Tips yang sangat bermanfaat Kak. Trims infonya yaa

    ReplyDelete
  7. Sama mba, saya pilih barang kayak headset gini pastinya karena kebutuhan, meskipun saya butuhnya cuman buat norak2 nyanyi di laptop hahahah.

    Gara-gara baca ini, jadi auto buka bukalapak untuk ngecek harga asesoris dan handphone Samsung :)

    Biasanya banyak promo diskonan kesukaan emak-emak kayak saya hahaha
    Emak-emak kan sukanya diskon, ga peduli harganya, pokoknya diskonnya :D

    ReplyDelete
  8. Budget emang penting banget ya. Walau dikata semua cocok baik model, bentuk dan tipenya kalau budget nggak sesuai ya pasti nggak akan dapat...hehhe

    ReplyDelete
  9. Sejujurnya saya gak pernah belanja gadget di olshop, khawatir aja gimana akan garansi dan ori atau tidaknya....tp setelah ini boleh lah cari2 di buka lapak

    ReplyDelete
  10. cues aaah cari di bukalapak... pasti banyak pilihan dan harganya manusiawi hehehe

    ReplyDelete
  11. terima kasih kakak tips nya. Ternyata ada 2 tipe open dan tipe close. Dengan berdedaan kalau Tipe Open, khusus pengguna headphone ketika didengarkan di rumah, sedangkan tipe close di tempat ramai

    ReplyDelete
  12. saya itu tipe yang punya headphone atau eraphone selalu gonta ganti
    paling gak setahun 4 x
    kalau gak ilang, kabelnya putus, atau ketlisut.
    kalau saya lebih suka tipe open mbak karena di rumah jarang pake sih hehe

    ReplyDelete
  13. Makin kesini, rupanya makin efisien ya mba. Secara, selama ini suka malu kalau pake headphone gitu lantaran terlalu gede menurut aku. Dan, sekarang tanpa kabel cobaa alias wireless gitu. Jadi makin penasaran mau cobain pake. Thanks Mba Dian informasinyaa

    ReplyDelete
  14. Hihihi... iya ya, kadang orang suka nggak bisa ngebedain. Meski sama-sama buat nempel di telinga tapi ada bedanya. Aku sendiri sih lebih nyaman pakai headphone. Lebih kerasa nyaman aja di telinga.

    ReplyDelete
  15. Aku seneng banget nih pakai headphone. Berasa beneran lagi dengerin musik. Haha.

    ReplyDelete
  16. Di bukalapak banyak pilihan ya...gara2 bc ini jd buka bukalapak hehehe eh nyasar liat yg lain juga jd deh pengen belanja

    ReplyDelete
  17. Headphone sekarang emang gak sebooming dulu yaaah. Sekarang kayaknya yg masih tetap setia dengan headphone tu para gamers, saya aja udah lupa kapan terakhir kali pake headphone, upsss. Lebih praktis earphone siih, padahal kualitas suara yg dihasilkan headphone biasanya lebih oke punya.

    ReplyDelete
  18. wah cuss ah kepoin bukalapak. pas banget nih anakku mau ultah, mau beliin headphone karena headphone nya uda kekecilan. pasti banyak pilihannya :)

    ReplyDelete
  19. Iya banget nih tipsnya mba. Apalagi emak-emak yang mau beli hape harus lengkap ini itunya ya. Apalagi dapat diskon atau promo gitu happy banget.

    ReplyDelete
  20. aku sangat butuh headphones mba di kantor kalau udah butuh konsentrasi tinggi daripada dengerin rumpian orang mending tutup kuping dengerin murotal atau musik biar rileks hahaha

    ReplyDelete
  21. Pas banget nih lagi cari handphone murah meriah happy ending... Hahahahaa... Kalau handphone Samsung sudah pasti juata menurutku sih, cus ah mau kepoin Bukalapak dulu.

    ReplyDelete
  22. Sepengalamnku selama ini sih, kok kerasa lebih nyaman gunain headphone daripada earphone, ya .. terutama buat dengerin musik dalam waktu yang agak lama.
    Kalau kelamaan gunain earphone, lubang kuping berasa pegal setelahnya 😁

    ReplyDelete
  23. Terima kasih kak tipsnya, bermanfaat :)

    ReplyDelete