Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelas Gratis BRT Network: Meski Gratis tapi Keren Abis!

Mengikuti Kelas Gratis BRT Network, sukses bikin saya puyeng seminggu terakhir ini. Tapi demi performa blog yang lebih juwaraaa, saya abaikan pusingnya dan terus semangat mengikutinya. 

Beneran, meski ini kelas free, materinya enggak kaleng-kaleng! Mostly, kelas ini ngulik SEO dan printilannya sebagai cara optimasi blog kita. Hal yang selama ini belum mendalam saya pelajari detilnya. 

Memang selama ini saya ngeblog fokus ke nulis saja. Belajar seputar blog baru secara garis besar. Pokoknya yang penting tiap tahun domain enggak telat dibayar, kwkwk. Ya, saya belum pernah sampai ngoprek daleman blog seperti yang diajarkan di kelas online gratis dari BRT Network ini. 

Karenanya, saya antusias mengerjakan tugas. Meski dengan deg-degan ngerjainnya, sambil kepikiran apa bisa bertahan sampai akhir nanti atau malah tereliminasi. Duh, semoga saya enggak kena kick ya...

Kelas SEO Gratis BRT Network

Optimasi Blog di Kelas Gratis BRT Network


FYI, bagi dirimu yang belum kenal BRT Network..... BRT Network menyebut dirinya sebagai 'arena bermain dan belajar para blogger yang berdiri pada tahun 2019'. 

Sebuah komunitas yang berawal dari grup Blogger Ruang Tunggu, yang diinisiasi oleh couple blogger, Mas Punto Wicaksono (PeWe) dan Mbak Monica Anggen, sebagai wadah untuk bisa berbagi ilmu, pengetahuan, update dunia blogging dan untuk bertumbuh bersama-sama.

Nah, saya bergabung di WAG BRT Network (WAG-nya bernama BRT Move Foward) belumlah lama. Juga, saya termasuk silent reader di sana. Meski demikian saya tetap perhatikan chat-nya, apalagi yang berbau ilmu. 

Juga, nyimak kalau ada info keren seperti ada kelas blog gratis seperti kelas ini. Serta gercep saat ada info job disebar oleh kakak adminnya (modus banget ini, jangan ditiru ya haha).

Tapi serius, sejak lama, saat Mas Punto dkk mulai bikin kelas gratis SEO begini, pengin ikutan saya. Cuma kok ya ndilalah jadwalnya barengan ketika saya akan pulang kampung, kadung ikut ODOP di komunitas sebelah, jadwalnya traveling, atau pas berjejer deadline job (yang terakhir agak lebay sih, jadi Amin-kan saja, yes. kwkw)

Pucuk dicinta ulam pun tiba, akhir November lalu, Mba Monica woro-woro di grup bakal ada kelas gratis BRT di Desember ini. Saya pun nekat ikutan. Dengan satu tujuan, blog yang selama ini dah mendulang prestasi, jadi penguat silaturahmi, tempat berbagi manfaat dan mampu menghasilkan cuan, mesti juga menjalani perawatan. 

Yang belum benar dibetulkan, yang kurang lengkap dilengkapi, yang salah dibenahi, biar enggak cuman ketje tampilannya tapi sesuai kaidah SEO juga. Sehingga Google mengenali saat merayapinya dan pejwan pun bukan hanya impian semata.

Tentang Mentor dan Peserta Kelas Gratis BRT Network 


Well, akhirnya saya pun menjadi bagian dari lebih kurang 100 peserta, dari (entah berapa) pendaftar yang terpilih yang dimasukkan ke grup kelas di WA Group. Peserta ini kemudian menjalani pertemuan online wajib di awal kelas melalui Google Meet. Kemudian materi kelas lanjut via grup yang ditutup dengan tugas pertama. 

Sejak awal meet, jujur saya masih tertatih-tatih. Maklum, sehari-hari biasa pegang wajan dan panci dan ngeblog buat me time di sela waktunya, eh diajak bahas coding yang untuk mencernanya mesti baca berulang kali. Solusinya saya bintangi dulu yang penting, terus dibaca ulang dan dipraktikkan kemudian.

Saya memang kurang paham soal SEO dan printilannya. Jadi deh baru ngeh di kelas ini, kalau template blog saya (meski premium/bukan bawaan/download gratisan) tapi enggak SEO-friendly..huhuhu

Jadilah, cuma buat benerin 3 poin saja memakan waktu seharian! Hiks

Syukurnya, mentor yang ada sabar memaparkan materi, menjelaskan pada teman yang bertanya dengan rinci, juga memberi solusi. Semua transparan di grup, no japri, sehingga seluruh peserta tahu ilmunya. 

Oia, Mentor kelas ini ada 6, yaitu:

  • Mas PeWe (Punto Wicaksono)
  • Mbak Monica Anggen
  • Mas Priyo Harjiyono
  • Mas Zen
  • Mbak Gilang Maulani
  • Mbak Marita Ningtyas

Kesemuanya sangat membantu peserta dan bergantian menjawab jika ada yang nanya. Hingga seminggu berlalu dan pekan kedua pun saya jalani. 

Nah, awal minggu kedua, peserta dibagi dalam 9 kelompok, setelah melalui proses evaluasi dan seleksi.

Di grup kecil ini ada tugas selanjutnya yang kini sedang berlangsung dengan sistem satu peserta failed maka seluruh anggota grup bakal di-kick-out. Oh Nooooo!!

Maka di grup kecil, teman yang masih kesulitan dibantu oleh teman yang tahu jawaban. Keren juga sistem begini, dan senangnya di kelompok saya yang ngerti langsung bantu yang masih bingung. 

Sementara saya bagian menyemangati dan mendoakan saja semoga lancar jaya. Karena kalau saya yang bantu bakalan tambah hancur nantinya. Huaaa. Monmaap ya temans..Semoga saya dan teman-teman di Kelompok B selamat nantinya.

Well, ternyata bukan saya saja yang bilang kalau kelas ini jempol, dua teman sekelompok saya pun berpendapat sama.

Adalah Mbak Januar Atiqoh, pemilik catatanatiqoh.com. Seorang Lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang mencintai dunia menulis dan tertarik dengan info seputar kesehatan dan kecantikan serta perjalanan hidup. 

Kini Mbak Atiq, berprofesi sebagai content creator dan lifestyle blogger dan tentang kelas ini berpendapat jika:

Belum ada seminggu di kelas gratis BRT tapi ilmunya sudah nambah banyak. Semua dikasih cuma-cuma sama masternya. Beruntung banget bisa gabung disini bulan ini, karena ternyata blog yang kelihatannya baik-baik aja juga harus kudu diservice berkala. Senang sekali dibimbing praktik langsung sama semua coach sampai berhasil bikin performa blog lebih baik lagi. Semoga bisa terus diterapkan sendiri di blog biar makin berkualitas, bermanfaat dan bercuan. Terima kasih semua coach.

Sementara, teman yang lain, Mbak Maftuhah, pemilik ruangkisah.my.id yang adalah seorang istri dan calon ibu dan saat ini aktif dalam dunia tulis menulis, juga menerbitkan buku berjudul "Dia yang Pergi" dan "This is My Way" dan belasan antologi lainnya, berpendapat:

Kelas yang benar-benar membuat saya sport jantung. Saya selalu membayangkan muka-mula serius para coach-nya. Meski demikian saya suka dengan ketegasan para coach-nya. Membuat diri jadi ikut benar-benar serius. Di luaran untuk belajar SEO kayaknya harus merogoh kantong yang lumayan buat jajan cilok. Hehe. Nah ini kelasnya gratisss... para coach-nya gercep ngebantuin tapi bukan nyuapin melainkan ngajak lari bareng. Pokoknya kelas BRT kece memacu adrenalin 

 

Kelas Gratis SEO

Materi Kelas SEO Online BRT Network


Nah, materi di kelas ini diberikan langsung oleh mentor melalui meet dan info di WAG. Setelahnya peserta berusaha sendiri ngoprek blog masing-masing. Jika ada kesulitan bisa bertanya baik di grup kecil maupun grup besar atau googling sendiri buat cari solusi.

Jadi peserta enggak melulu disuapi materi, tapi secara mandiri berupaya sendiri dan jika buntu baru dibantu.

Lalu, apa saja materi yang dipelajari di kelas optimasi blog gratis ini? Di antaranya:

Parameter SEO Onpage

Disampaikan oleh Mas PeWe, SEO Onpage didasarkan pada 18 parameter, yakni:

  1. Ada keyword di judul dan panjang meta judul 55 karakter
  2. Judul sebaiknya di awal
  3. Ada keyword di permalink dan panjang permalink maks 75 karakter dihitung dari huruf H di https
  4. Ada keyword di meta deskripsi dan maks 155 karakter
  5. Ada keyword di 150 karakter paragraf awal
  6. Keyword tidak perlu di Bold, Italic, Underline
  7. Selalu ada kesimpulan/konklusi
  8. Jumlah kata pada artikel sebaiknya lebih banyak daripada kompetitor
  9. Paragraf tidak perlu panjang
  10. Ada H1, H2 dan H3 (urut), H1 hanya boleh ada 1 di tiap page dan adanya dipaling atas.
  11. Keyword ada di H2 dan H3
  12. Keyword di nama image pakai strip (-)
  13. Alt Image/Video bedakan keyword-nya 
  14. Internal link menuju ke artikel yang relevan
  15. Gunakan LSI Keyword
  16. Share di media sosial (FB/Twitter/dll) untuk social signal
  17. Inspect URL di Google Search Console
  18. Besar file image maks 100 kb (kalau bisa di bawah 50 kb)

Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC)

Disampaikan oleh Mas Priyo bahwa sebagai blogger kita sebaiknya mengenal GA dan GSC, dua tools gratis yang bisa dipakai untuk analisis performa web kita. 

Perbedaannya apa? Nah, GA dipakai untuk mengukur performa blog terhadap user, sementara GSC mengukur performa blog terhadap search engine Google.

Oia, GA bukan cuma dipakai untuk reporting PV artikel ke klien tapi biar kita bisa memahami karakter pembaca blog masing-masing dengan lebih baik. 

Sementara, menu di GA ada 5 yang utama:

  1. Realtime - mengukur kondisi realtime pengunjung situs kita
  2. Audiens - gambaran siapa user kita, dari mana mereka berasal pakai hp/laptop, dari kota mana dll
  3. Akuisisi bagaimana cara pengunjung menemukan blog kita: organic search, direct, referal, social
  4. Perilaku - ngapain saja mereka di blog kita, halaman apa yang pertama kali dibuka, buka halaman apa saja, keluar dari halaman apa, dan berapa lama mereka membaca sebuah halaman
  5. Konversi - ini biasanya untuk kebutuhan pelacakan komersial, misal jualan produk, ads dll

Sedangkan Google Search Console, jika belum terhubung, bisa memulai GSC dengan daftar dulu ke halaman https://search.google.com/search-console/about

Jadi, GA itu interaksi web - user sedangkan GSC adalah interaksi web - search engine. Lalu, GA bisa dipakai untuk riset berdasar karakter pengunjung, sementara GSC bisa dipakai untuk riset berdasar search engine dan berfungsi untuk mendeteksi kalau web kita kenapa-kenapa.

Parameter SEO Onpage Materi di Kelas gratis BRT Network

Kesimpulan


Mengikuti Kelas Gratis BRT Network adalah salah satu keputusan di akhir tahun ini yang saya syukuri. Enggak apa-apa mengalokasikan waktu, tenaga dan mental (haha..karena ada mumetnya saat ngoprek dan deg-degan tadi), tapi semua sungguhlah sepadan. 

Minggu pertama saja, sudah dibuka mata saya cara menganalisis blog sendiri. Petakan apa masalahnya dan cari solusi. Oia, sebelum ngoprek coding, jangan lupa back up- dulu. Karena, masing-masing blog berbeda permasalahan dan solusinya, kita sebagai pemiliklah yang tahu dan memahami blog kita sendiri..

Kemudian, menulis sesuai kaidah SEO dengan parameter yang disarankan, agar menulis enggak cuma bisa terindeks Google saja tapi juga bisa nangkring di halaman pertama, sehingga kans-nya lebih besar untuk terbaca!

Serius, kelas optimasi SEO ini beneran keren abis! 

Meski kelasnya gratis, semua mentor royal bagi ilmu, semangat peserta bertanya hal yang sama juga sungguh membara, membuat saya ikut tertular jadinya! 

Yuk bisa yuk, bikin blog makin juara dengan mengikuti kelas SEO gratis BRT Network!


Semangaaaat!

kelas gratis SEO online BRT Network
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

18 komentar untuk " Kelas Gratis BRT Network: Meski Gratis tapi Keren Abis!"

  1. Keren memang kelas gratis dari BRT Network ini. Sangat membantu para blogger untuk mengoptimasi blognya masing-masing. Yuk, belaja sampai tuntas

    BalasHapus
  2. Kelas blogger seperti BRT bermanfaat banget buat blogging hasil akan dirasakan jika kita konsisten

    BalasHapus
  3. Ikutan kelas seperti ini membuat saya jadi harus kenal berbagai hal baru yang tidak saya ketahui. Biasanya hanya minta tolong orang biar beres, sekarang harus ngoprek sendiri itu sesuatu, hehehe. Akan tetapi, jadi membuka pengetahuan saya.

    BalasHapus
  4. wow mba, ini sih harus aku bintangin nih, nanti spill and bagi-bagi lagi dong yaa ilmunya sebagai peserta yang berhasil masuk kelas BRT Network

    BalasHapus
  5. duh ngiriiii

    beberapa kali ingin ikutan kelasnya Mas Punto Wicaksono (PeWe) dan Mbak Monica Anggen dan selalu gak lolos sortiran

    huhuhu sedih banget

    BalasHapus
  6. semangattt mba dian
    aku pernah ikutan kelas SEO nya mas pewe, udah lama juga
    dan sampe sekarang kalau ada kelas SEO tetep masih suka ikut, aku juga ga ahli-ahli banget kalau soal SEO. tapi berusaha untuk nerapin juga
    biasanya hanya ke beberapa artikel aja, nggak semua tulisanku berbau SEO

    BalasHapus
  7. Semangat mba Dian ngoprek blognya. ngeblog merupakan salah satu peluang juga untuk kita bisa menghasilan pendapatan jadi dibikin bagus dan sehat ya mba

    BalasHapus
  8. Wow...keren banget kelas pelatian dari BRT,gratis ilmunya banyak banget.Beruntung loh kak Dian mendapat kesempatan itu.Btw kak bagaimana caranya bergabung di BRT?

    BalasHapus
  9. Belajar di kelas BRT itu jadi nyadar tentang banyaknya PR buat bikin blog jadi cantik optimal ya, Mbak. Puyeng sih, tapi kan kata orang Zimbabwe mah "no pain no gain".

    BalasHapus
  10. Sayang banget gak bisa ikutan kelas ini. Padagal mateirnya pasti top abis. Ah. Semoga kesempatan berikutnya bisa ikutan

    BalasHapus
  11. luarbiasa mbak bisa ngikutin rtime dikelas ini, kayak naik rol coaster ya mbak, harus siap gerak. semoga sampai finish ya mbak. terimakasih sharingnya, jadi punya gambaran jika next ada kesempatan lagi buat ikut.

    BalasHapus
  12. Saya daftar tapi ga keangkut. Mungkin memang sebaiknya daftar dengan blog baru karena yang utama sudah mapan. Padahal saya jga ga tau kenapa bisa begtu karena belum paham SEO on-Page dan off_page.

    BalasHapus
  13. wah senangnya bisa ikutan kelas gratis BRT Network mbak
    Aku ketinggalan infonya, ntar baca baca di blog mbak Dian aja ah

    BalasHapus
  14. Huaaaa beruntung sekali aku baca artikel ini, jadi ikut dapat ilmunya! Mantap Mbak Dian bisa ikut kelas gratis BRT Network, benar-benar bergizi ya, dan aku setuju sih ngeblog itu juga mesti sesuai kaidah SEO, kalau belum ngerti ya belajar, seperti ini. Aku sendiri awam banget soal SEO, masih macam orang yang udah males duluan belajar SEO, males jadi pusing hahaha.

    Aku bookmark nih postingannya, sekalian ku copas isinya buat dipelajari (dan dirpaktekkan) kapan-kapan. (((kapan-kapan)))

    BalasHapus
  15. Ikut kelas BRT materinya daging semua ya mbak. Coach nya juga baik banget ngajarin plus ngasih simulasi. Buat yang bener2 pengin pinter aja ini mah.

    BalasHapus
  16. Wah beruntung sekali ikut kelas BRT, dilatih para master blog. Akan semakin hebat blognya nanti mbak

    BalasHapus
  17. Mentornya pun keren semua nih yang ilmunya uda daging banget ya, Kak. Serunya bisa menambah pengetahuan gratis dengan ilmu yang luas. Semakin terpacu pasti untuk terus upgrade diri belajarnya ya.

    BalasHapus