Yuk, Masak dengan Minyak Bekatul Biar Lebih Sehat dan Mantuul!



Siapa yang suka gorengan, cung! Kalau dirimu masih termasuk yang tunjuk jari, kek-nya waktunya untuk mengevaluasi diri. Bukannya bilang gorengan enggak bagus sama sekali. Sesekali sih boleh saja asal enggak kecanduan memakannya. Dan, yang paling utama yang mesti diperhatikan adalah jenis minyak dan caranya memasak.

Lha, apa iya? Memang, ada apa dengan minyaknya? Terus menggoreng yang benar seperti apa?


Minyak Bekatul



Seputar Minyak dan Cara Memasak


Sejatinya, minyak goreng yang sering dianggap sebagai makanan tidak sehat, juga memiliki manfaat. Menurut penelitian, selain adanya kandungan minyak jenuh maupun tidak jenuh, hampir 60% minyak goreng yang ada di Indonesia sudah mengandung fortifikasi pangan utamanya vitamin A. Sehingga konsumsi minyak dengan cara yang tepat akan memberikan asupan vitamin fortifikasi bagi tubuh kita.

Selain itu, cara memasak yang tepat akan membuat menggoreng bisa menjadi metode memasak yang sehat.

Nah, beberapa cara yang bisa kita gunakan agar menggoreng menjadi lebih sehat diantaranya:
  • Menggoreng dengan suhu yang tepat: akan membuat makanan dapat matang sempurna dan tidak kehilangan kandungan gizinya 
  • Pilih minyak goreng berbahan dasar nabati: karena mengandung lemak tidak jenuh lebih tinggi sehingga lebih baik untuk tubuh
  • Tidak menggunakan minyak yang digoreng ulang: karena tidak lagi memiliki kandungan gizi seperti minyak yang baru digunakan, juga bisa berbahaya bagi tubuh kita

Minyak Bekatul
Bekatul - pic by: su(dot)wikipedia(dot)id


Rice Bran Oil sebagai Pilihan Minyak Goreng Sehat yang Banyak Manfaat



Nah, salah satu minyak goreng sehat yang bisa jadi pilihan adalah rice bran oil yakni minyak dari serbuk halus yang melapisi bulir beras dalam biji padi yang biasa disebut bekatul padi (rice bran).

Btw, dirimu sudah tahu bekatul kan ya? Itu tuh hasil sampingan penggilingan gabah!

Yup, bekatul itu adiknya dedak. Kalau dedak adalah hasil penyosohan pertama sedangkan bekatul penyosohan berikutnya.

Gini nih ceritanya:

Setelah beras dipisahkan dari sekam atau kulit luar gabah, akan dilakukan proses penyosohan. Proses penyosohan ini dilakukan sebanyak dua kali. Yang pertama menghasilkan dedak yang memiliki tekstur serat kasar. Sedangkan yang kedua menghasilkan bekatul (rice bran) yang teksturnya lebih halus.

Selama ini banyak orang menganggap bahwa bekatul dan dedak itu sama, padahal keduanya berbeda.

Dan ternyata..., meski bekatul padi penampakannya berwarna cokelat dan letheg, sumber pangan alternatif ini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan terutama bagi penderita penyakit tertentu, diantaranya:

  • Mengandung vitamin E yang kaya akan antioksidan sebagai senjata penangkal radikal bebas
  • Sumber serat yang dapat mengurangi risiko serangan jantung, penyakit yang berkaitan dengan usus serta beberapa macam kanker
  • Sumber serat bagi yang ingin mengurangi atau mengontrol berat badan karena dapat menjaga agar perut kenyang lebih lama
  • Bermanfaat bagi kecantikan kulit yang berfungsi untuk mencerahkan, melembabkan dan menjaga nutrisi kulit. Sehingga dapat digunakan sebagai kandungan bahan alami dalam kosmetik dan produk kecantikan

Begitu banyak manfaat rice bran bahkan seorang dokter senior di Bandung, Letkol (Pur) dr. Liem Tiong Tjing, sejak tahun 1979 menggunakan rice bran sebagai suplemen untuk mengobati banyak penyakit seperti Diabetes Mellitus, tekanan darah tinggi, pengapuran pembuluh darah, kolesterol tinggi, Asthma Bronchiale, Cirrhosis hati dan lainnya karena diketahui bahwa bekatul padi mengandung banyak nutrisi.

Diantaranya: Omega 3 Fatty Acids, Omega 6 Fatty Acids dan Oleic Acid dan Vitamin E complex (Gamma Oryzanol, Tocopherol &Tocotrienol) yang merupakan anti-oksidan kuat, anti penuaan dini dan pelawan radikal bebas.


Rice Bran Oil - Healthy Oil yang Mengandung Gamma Oryzanol 



Sementara, Gamma Oryzanol adalah zat yang berasal dari rice bran oil dan termasuk dalam kelompok vitamin E, bermanfaat diantaranya:

1. Menjadi sumber tenaga, zat anti-kanker dan mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas. Berguna mengurangi penyerapan kolesterol jahat dari makanan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Di mana Gamma Oryzanol mampu melindungi kerusakan DNA sel kulit, meningkatkan regenerasi sel kulit, serta mencegah kerusakan serat kolagen dan elastin yang menjadi pemicu terjadinya pengeriputan pada kulit. Bahkan, secara tradisional di Jepang, bekatul murni digunakan sebagai masker karena kandungan Gamma Oryzanol-nya dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Tuh, rice bran oil alias minyak bekatul atau disebut orang dengan minyak dedak manfaatnya memang mantuuul! Mantap betul!😀

Dan, 'Oryza Grace' adalah rice bran oil yang bisa jadi pilihan minyak goreng sehat keluarga karena beberapa keunggulan yang dimilikinya.


Minyak Bekatul


Mengapa Mesti Pilih Minyak Goreng Sehat 'Oryza Grace' Rice Bran Oil sih?


'Oryza Grace' Rice Bran Oil adalah hasil ekstrak bekatul padi yang memiliki nutrisi sangat tinggi. Lalu, keunggulan 'Oryza Grace' Rice Bran Oil apa?

Ini dia :

1. Rendah Lemak Jenuh

‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil memiliki konfigurasi lemak yang paling mendekati rekomendasi American Heart Association (AHA) yang menyebutkan bahwa lemak yang seimbang berkisar antara 37% Lemak Tak Jenuh Tunggal, 33% Lemak Tak Jenuh Ganda dan 30% Lemak Jenuh.

2. Tinggi Titik Asapnya

Titik asap (Lemak Tak Jenuh tidak rusak saat proses penggorengan)  ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil adalah 254°C. Angka ini tertinggi di antara semua jenis minyak goreng yang ada. Menjadikannya aman pada suhu wajan saat penggorengan di mana panasnya bisa mencapai 220°C. Titik asap inilah yang menunjukkan titik ketahanan minyak goreng terhadap panas.

3. Tidak Menyebabkan Batuk

Terbentuknya zat akrolein dalam minyak yang menimbulkan beberapa akibat yang merugikan kesehatan, di antaranya menyebabkan batuk.

4. Melezatkan Makanan

Dengan ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil, gorengan maupun tumisan akan menjadi lezat, renyah dan gurih. ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil cocok dan aman dipergunakan untuk menggoreng (deep frying), menumis, memanggang, salad dressing dan berbagai cara penyajian lainnya.

5. Mengandung Gamma Oryzanol

Yaitu antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

6. Menyehatkan dan aman bagi penderita penyakit kolesterol dan jantung


Memasak Chicken Salad dengan Menggunakan Minyak Bekatul 'Oryza Grace' Rice Brand Oil



Minyak Bekatul


Minyak Bekatul


Nah, kali ini saya bebikinan menu yang simpel dan sehat dengan menggunakan minyak goreng sehat 'Oryza Grace' Rice Bran Oil. Yuks, masak kita!


Chicken Salad


Bahan:

Ayam
Tepung Bumbu Serbaguna (atau bikin sendiri: 250 gr terigu, 3 sdm tepung beras, 2 sdm maizena, 1 sdt baking powder, lada halus, bawang putih halus, garam secukupnya)
Wortel
Jagung Pipil
Selada
'Oryza Grace' Rice Bran Oil

Cara Memasak:

Lumuri ayam dengan tepung basah dan kering (ulangi proses ini 2 kali)
Goreng hingga matang dengan 'Oryza Grace' Rice Bran Oil
Rebus/kukus jagung pipil
Iris memanjang wortel (jika kurang suka mentah, bisa direbus/dikukus sebentar)
Potong-potong selada

Cara Penyajian:

Siapkan wadah dan tata selada
Letakkan wortel dan jagung di atasnya
Raruh ayam goreng tepung setelahnya
Tuang secukupnya Oryza Grace Rice Bran Oil ke seluruh bagian.
Hidangkan!


Minyak Bekatul
Chicken Salad


Minyak Bekatul Oryza Grace Rice Bran Oil Belinya Di Mana?



Gimana, tertarik mau coba juga minyak bekatul 'Oryza Grace' Rice Bran Oil-nya? Tapi, bingung cara belinya?

Enggak perlu bingung, ada dimana-mana kok!

Minyak goreng sehat 'Oryza Grace' Rice Bran Oil bisa dibeli langsung di berbagai supermarket yang ada di Indonesia. Juga bisa beli online di beberapa marketplace yang ada.

Oh ya, ada 2 kemasan yang bisa jadi pilihan:

1. ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil 1 liter

Ukuran Bersih : Botol ukuran 1 liter / Pak(Karton): isi 12 botol
Penyusunan maksimum adalah 5 karton. Jauhkan dari paparan panas dan sinar matahari secara langsung. Dan dapat digunakan sebagai minyak goreng dapur untuk konsumsi rumah tangga.

2. ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil 5 liter

Ukuran Bersih : Botol besar ukuran 5 liter / Pak(Karton): isi 4 botol
Penyusunan maksimum adalah 5 karton. Jauhkan dari paparan panas dan sinar matahari secara langsung. Selain digunakan untuk konsumsi rumah tangga juga untuk industri kuliner skala kecil dan menengah.

Memang ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil tidak hanya dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai minyak goreng, namun juga bisa dijadikan bahan dasar untuk industri kecantikan. Lantaran kandungan dari ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita.


'Oryza Grace' Rice Bran Oil
pic by: oryzagrace(dot)com

Yuk, Masak dengan Minyak Bekatul Biar Lebih Sehat dan Mantuul!


Jadi, kalau dirimu pengin lebih sehat dan mantuul, kuy cobain ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil ini, hasil ekstrak bekatul padi yang memiliki nutrisi sangat tinggi. 😍

Selengkapnya sila cusss ke web dan media sosialnya, ini dia infonya:




‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil

FB: OryzaGraceRiceBranOil - Youtube: Oryza Grace Rice Bran - Ig: OryzaGrace 

PT. Hero Intiputra
Kompleks Graha Indah D6 (Giant Pondok Gede)
Jl Raya Jatiwaringin Pondok Gede Bekasi 17411
Telepon : 021-8483573




Stay Happy Stay Healthy

Dian Restu Agustina



39 comments:

  1. aku lgs cari tau harganya brapa dong mbaa :D. udh kepikiran mau hidup lbh sehat sih. goreng2an sbnrnya aku ga doyan. tp suami blm bisa lepas, dan kalo dilarang suka ngomel. makanya aku pikir, apa minyak diganti supaya bisa lbh sehat. aku ga prnh merhatiin sih apa di supermarket tempat aku biasa belanja ada minyak ini ato ga. ntr deh, aku mau cek juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku malah kebalikan , suami dah ngurangin gorengan akunya yang kadang bandel kwkwkw
      Hampir di supermarket ada mbak...online juga bisa

      Delete
  2. Penasaran nih sama produknya, di minimarket terdekat Rice Bran Oil ini belum ada mungkin di supermarket besar kali ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Aku ngacung paling tinggi pecinta gorengan. Wah kubaru tau minyak bekatul nih, belom pernah liat. Itu manfaatnya banyak banget ahh aku jadi kepoo..

    ReplyDelete
  4. Padahal jaman dulu bekatul cuma jd makanan ternak mbak, eh ternyata kandungannya bagus untuk dibuat minyak juga ya. Mau hidup sehat emang harus balik lagi ke minyak nabati. Resepnya boleh aku coba ya mbak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena mengandung banyak minyak akhirnya dibuat minyaknya mbak, begitu yang saya baca

      Delete
  5. aku sukaaaaa gorengan! Tapi baru tahu ada minyak goreng bekatul ini. siap, ganti ke minyak goreng sehat

    ReplyDelete
  6. Whoaaa, ini sih mantuuuul bener mbaaa
    Aku mau coba nyari di hypermarket ah.
    Kalo toko2 kecil ngga ada kayaknya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara masih di supermarket dan marketplace mbak

      Delete
  7. Baru denger nih ada minyak bekatul..harganya sekitar berapa ya mba..lebih mahal dari minyak biasa kah?

    ReplyDelete
  8. Sehat banget. Ayam digoreng pakai minyak bekatul gak bakal bikin tenggorokan serik dan kolesterol gak nambah. Hehe. Apalagi minyaknya juga bisa dipakai campuran salad, waaaah... sehat tapi kenyang

    ReplyDelete
  9. Wah.. inovasi baru ya ini kayaknya.. sehat gitu ya Mbak minyaknya.
    Soal bekatul, dulu waktu kecil pernah dibikinin jajanan dari bekatul sama ibu, atau beli di pasar. Dikukus gitu masaknya, enak rasanya. Tapi sekarang gak pernah nemu makanan kayak gitu lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dalam bentuk makanan sudah jarang ya mbak...ini dibuat minyak yang lebih banyak

      Delete
  10. Gimana mba rasanya, penasaran deh jd pgn nyobain masak pake minyak bekatul

    ReplyDelete
  11. MBaa, akuk juga pakai Oryza Graze ini mba. Lebih sehat dan makanan juga jadi enak enak. Makasih juga ya mba sudah berbagi resep ayamnya. So kliatan yummy banget

    ReplyDelete
  12. Naaah aku dah cobain juga niiih pake oryza grace rice bran...
    Surprisely meski minyak sehat tp rasanya enaaaak dan harganya ckup u affordable utk minyak sehat

    ReplyDelete
  13. eh baru tahu saya. Tetap enak gak ya, pengen cari juga deh rasanya. Ini kemasannya udah bagus dan modern ya mba.

    ReplyDelete
  14. Wah inovasi ya, bekatul emang kaya nutrisi. Jadi penasaran pengen coba deh

    ReplyDelete
  15. ini bisa buat solusiku yg gak bisa hidup tanpa goreng-gorengan tapi pingin hidup sehat yaa.. besok pas belanja bulanan cari ah :)

    ReplyDelete
  16. Aku belom pernah nyoba masak pake minyak ini. Jadi penasaran deh. Nyari ah, biar gorengan sedikit lebih sehat. Biar gak terlalu berdosa saat makannya :D

    ReplyDelete
  17. kalau kata suami, bekatul itu makanan ayam. Ku bilang, bekatul justru bergizi karena seratnya banyak. Nah ini ada minyak bekatul yang cocok buat deep fried. Lebih sehat, kan.

    ReplyDelete
  18. Sekarang semua orang ingin yang serba sehat,ya, Mbak. Selain makanan yang sehat, cara memasaknya pun menggunakan bahan yang sehat seperti minyak bekatul ini. Bagaimana dengan rasanya, Mbak? Sama dengan rasa minyak yang lainnya ya?

    ReplyDelete
  19. Baca bekatul, jadi inget ibuku. Soalnya waktu aku kecil, beliau sering bikin kue dari tepung bekatul dan bilang bekatul tuh sehat, banyak vitamin dll. Ternyata sekarang ada minyak gorengnya ya? Belum pernah lihat/beli sih tapi kayaknya mau nyoba

    ReplyDelete
  20. Kok tahu sih Mbak Dian bahwa banyak orang yang berpikiran dedak itu ya bekatul. Ternyata ini adiknya ya yang sudah melalui dua proses penyaringan. Mantap nih titik asapnya, jadinya tidak cepat rusak kandungan gizi di dalam minyaknya.

    ReplyDelete
  21. Eh aku belum pernah pake ini secara biasanya pakai yang minyak biasa. Tapi ternyata buat nutrisi tinggi ini butuh produk yang bagus emang ya. Cocoklah buat aku yang lagi nyoba hidup sehat demi janin 😍

    ReplyDelete
  22. Belum pernah nyoba minyak nabati selain dari jagung dan kelapaa, kalo ini lbh murce mau deh beralih :D

    ReplyDelete
  23. Mak, idealnya berapa kali sih minyak goreng itu bisa digunakan atau dipakai untuk menggoreng masakan lainnya? Aku sebenarnya sayang juga buang-buang minyak bekas yang masih bagus hehe.

    ReplyDelete
  24. aku lumayan asing dengan merek oryza grace ini mbak..coba besok kalau ke supermarket aku coba-coba cari ah..

    ReplyDelete
  25. Aku suka lihat minyak ini kalau lagi belanja bulanan, penasaran sebenarnya pengen nyobain tapi masih galau. Lihat ulasan mbak Dian jadi malah pengen nyoba beneran besok kalau pas belanja mau beli ah.

    ReplyDelete
  26. Nyaaamm chicken saladnya :D Makasih resepnya.
    Aku udah nyoba Oryza Grace minyak bekatul ini mbak, emang hasil gorengannya sama enaknya kyk minyak goreng kebanyakan.
    CUma bedanya dia lbh sehat yaa :D

    ReplyDelete
  27. Wah ternyata manfaatnya luar biasa yah. Selama ini aku masih pakai yang biasa minyak gorengnya.

    ReplyDelete
  28. Selama ini tahunya bekatul cuma buat makanan ternak, eternyata bisa dibikin minyak juga dan ternyata lebih sehat. Patut dicoba nih.

    ReplyDelete
  29. Aku jarang masak goreng-gorengan itu ya karena ngeri sama minyak goreng biasa itu kalau keseringan. Tapi kalau kayak Minyak Bekatul kayaknya lebih oke, terbukti bisa buat salad juga. Artinya dia lebih light dan natural ya

    ReplyDelete
  30. aku baru tau tentang minyak ini dan ternyata lebih sehat ya. terimakasih infonya bun :D

    ReplyDelete