Tips Mengunjungi Harry Potter Platform 9 ¾ 




"Ha, segini panjang antrinya, waduh, berapa lama lagi nih nunggunya?" keluh saya bimbang
"Enggak usah ngantri aja yaa, enggak enak ditungguin yang lainnya" bujuk suami saya
"Ya deh, enggak foto sama trolinya juga enggak apa-apa...ke tokonya aja yuk!" jawab saya kecewa


Kami pun bergegas menuju ke The Harry Potter Shop at Platform 9 ¾ yang lokasinya hanya beberapa langkah dari  Platform 9 ¾  King's Cross Station ini. 

Padahal tadi sewaktu jalan pulang dari Bleinheim Palace dan sebelum sampai sini saya sudah berangan-angan akan bergaya mendorong troli serasa jadi Hermione di Platform 9 ¾ yang melegenda ini. Tapi, melihat antrian yang lapisannya beberapa puluh orang sementara kami perginya berombongan tentu egois kalau saya mikirin diri sendiri.

Yo wis lah, yang penting dah sampai sini. Dan meski enggak jadi "pergi" ke Sekolah Sihir Terbaik di Dunia, Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry, toh saya bisa menghibur diri dengan beraneka merchandise Harry Potter yang ada di toko ini. 

Ada apa saja di tokonya? Bagaimana dengan harganya? Saya beli apa saja? Lalu sebenarnya adakah tips buat bisa pepotoan di Platform 9 ¾ ini?


Harry Potter Platform 9 ¾


Etapi, Memang Beneran Ada Enggak sih King's Cross Station Platform 9 ¾ Ini?



Sebelumnya, sudah pada tahu kan apa itu Platform 9 ¾ yang saya bela-belain datangin di tengah dinginnya suhu 6 dercel di King's Cross Station London ini?

Bagi teman-teman yang termasuk kaum Potterhead (sebutan buat para fans Harry Potter) tentu enggak asing lagi dengan Platform 9 ¾  ini. Tapi buat yang lahirnya setelah saya atau genre bacaannya berbeda pasti bertanya-tanya. 

Platform 9 ¾? 
Apaan tuh?

Terletak di King's Cross Station, London's Platform 9 ¾ (platform=peron), sangat mungkin merupakan platform kereta api paling terkenal di dunia. Didasarkan pada Serial Harry Potter karya JK Rowling yang mendunia, Platform 9 ¾ yang dibuka sejak Desember 2015 ini adalah platform kereta fiksi yang berlokasi di King's Cross Station di London.



Tips Mengunjungi Harry Potter Platform 9 ¾



Platform 9 ¾ ini adalah tempat para siswa Hogwarts berangkat menuju sekolah mereka di Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry. Nah, Harry Potter dan teman-temannya di Hogwarts harus menaiki kereta  Hogwarts Express dari Platform 9 ¾ ini agar bisa sampai ke sekolah mereka yang berada di Skotlandia Utara.

Di dalam bukunya diceritakan, para siswa harus naik kereta yang hanya bisa diakses dari Platform 9 ¾ yang uniknya tidak bisa dilihat oleh orang biasa alias non-penyihir (disebut "Muggle" dalam bukunya).

Juga, para siswa Hogwarts harus berlari melalui dinding bata di bawah papan Platform 9 ¾ ini dan kemudian secara ajaib mereka akan menemukan Hogwarts Express yang sudah siap sedia di depan mata untuk dinaiki.



Tips Mengunjungi Harry Potter Platform 9 ¾


Nah, karena begitu banyak wisatawan yang sengaja datang dari berbagai penjuru dunia untuk membuktikan keberadaan Platform 9 ¾ ini, maka pihak berwenang King's Cross Station memutuskan untuk menempatkan Platform 9 ¾ di sana. Sejak saat itulah penggemar Harry Potter dari seluruh penjuru bumi mengunjungi King's Cross Station hanya untuk pepotoan di tanda platform yang terletak di antara platform 9 dan 10 ini.

Kemudian tak lama, dibukalah The Harry Potter Shop di Platform 9 ¾ di King's Cross, yang terletak sangat dekat dengan tanda Platform 9 ¾ ini sehingga memudahkan para wisatawan yang ingin belanja-belanji. Juga melengkapi lokasi dengan memasang setengah troli di dinding bata di bawah papan tanda Platform 9 ¾, yang persis sama dengan troli Harry Potter dan siswa Hogwarts lainnya saat mengangkut barang-barang mereka menuju kereta.

Lokasi King's Cross Station Platform 9 ¾





Tips Mengunjungi Harry Potter Platform 9 ¾



Untuk menuju ke King's Cross Station saya menggunakan minibus karena perginya bersama rombongan. 

Tapi jangan khawatir, lokasi King's Cross St. Pancras, Stasiun Kings Cross, Euston Rd, London N1 9AP, Inggris ini mudah dituju karena letaknya di pusat kota.

Kita bisa mengaksesnya dengan menggunakan:
  • The Tube: kereta bawah tanah atau London Underground/ The Underground/Tube
  • Bus: banyak rute menuju King's Cross Stasiun, tinggal periksa di list bus yang ada mesti naik nomor berapa
  • Mobil: parkir terdekat di Judd Street, York Way, dan North Gower Street 

Tips Mengunjungi Harry Potter Platform 9 ¾



Nah, setelah kita memasuki Stasiun King's Cross kita bisa jalan terus dan mengikuti tanda yang mengarah ke Platform 9 hingga 11. Karena tanda Platform 9 ¾ terletak di ruang terbuka maka kita tidak perlu memiliki tiket kereta api untuk berjalan mendekatinya. Demikian juga jika kita berkeinginan mengunjungi The Harry Potter Shop di Platform 9 ¾  yang letaknya persis di sebelahnya.


Oh ya untuk jam operasionalnya:

Platform 9 ¾  bisa dikunjungi kapan saja selama jam buka King's Cross Station yaitu all day/24 jam. Sedangkan, The Harry Potter Shop di Platform 9 ¾ buka antara jam 9 pagi dan 9 malam setiap harinya dalam seminggu.


Terus Kalau Pengin Foto Pakai Troli Bayar Enggak sih?




pic by www harrypotterplatform934 com



Jadi, sesudah antri, ada beberapa tips buat pepotoan di tanda Platform 9 ¾ ini, yakni:


  • Foto Selfie

Lebih baik enggak pilih ini. Kecuali pakai tongsis sehingga enggak hanya wajah kita tapi keseluruhan troli nampak semua. Tapi, ya gitu deh hasilnya enggak maksimal pasti. Dan bakalan dilihat aneh sama yang antri sesudah kita. Karena FYI, di Inggris jarang banget orang pakai tongsis.πŸ™ˆ





  • Minta Tolong Orang

Kalau ternyata perginya sendirian, bisa sih minta tolong orang buat motoin kita. Tapiii....mesti hati-hati sekali. Karena di sini ramai sekali dan seperti pemandu kami sering mengingatkan akan antisipasi kejadian kecopetan. Kalau sudah ngasih smartphone atau kamera keren kita ke orang tak dikenal buat motoin terus dianya lari gimana, nangis bombay pastinya.




Jadi kalau enggak terpaksa jangan minta orang asing motoin kita. FYI, saya dan suami beberapa kali ditawari diambil gambar oleh penjaga museum atau petugas di tempat wisata itu. Pokoknya pilih-pilih orangnya yaaa.


  • Difotoin Teman

Saat tiba giliran, kita boleh bergaya ala Harry Potter, Ron Weasley atau Draco Malfoy, mendorong troli menuju dinding bata lalu teman kita mengambil gambarnya. Boleh banget dan ini free! Tapi ingat jangan kelamaan terus seenaknya minta difoto dari kiri, kanan, belakang, depan...mesti tenggang rasa juga sama yang antri





  • Difotoin Petugasnya

The Harry Potter Shop di Platform 9 ¾ di di King's Cross menawarkan sesi pepotoan oleh fotografer profesional. Kita tinggal bilang dan bayar di toko kalau mau foto. Jika memilih opsi ini kita bisa memilih syal asrama mana yang ingin dikenakan saat pemotretan. Boleh syal Gryffindor, Slytherin, Ravenclaw atau Hufflepuff .

Selain itu kita juga boleh memilih tongkat sihir untuk digunakan sebagai pelengkap pemotretan. Nah, setelah siap semua, petugas kemudian akan mengarahkan kita dengan gaya tertentu sehingga hasilnya akan terlihat seolah-olah sedang "menembus" Platform 9 ¾ itu. Oh ya, berfoto di sini boleh sendiri bisa juga beramai-ramai ya...Siapa tahu dirimu mau foto bertiga bergaya ala Harry Potter, Hermione dan Ron Weasley!

Biayanya?
  • Sekali foto £9.50 (sekitar Rp 160.000,-)
  • Dua kali foto £15
  • Tiga kali foto £20


The Harry Potter Shop at Platform 9 ¾



Nah, karena gagal pepotoan pakai troli, saya dan suami pun melangkahkan kaki ke toko merchandise Harry Potter yang ada persis di sebelah Platform 9 ¾ ini. 

Toko yang dibuka pertama kalinya pada Desember 2012 ini enggak seberapa luas tapi punya koleksi beraneka rupa. Dengan pengunjung yang berduyun maka memilih barang pun jadi bikin manyun. Kwkwk, enggak bisa pilah pilih dengan bebas. Maklum, saat saya bebelian, pasti kalkulator di dalam hati langsung jalan. Biasa, ngitung kurs mata uangnya, pemirsaaah!










Jadi, saat pegang sweater misalnya, hm...30 pounds, ga jadi deh..itu kan 500 rebooo, mahal amat! Terus, taruh lagi, batal! hahaha.


Tapi demi sebuah merchandise asli dan kenangan jika pernah ke sini maka beli juga sih beberapa item, terutama oleh-oleh untuk anak-anak di rumah. (Ibuk Bapaknya ngalah...😁)




Oh ya, di sini ada pengelompokan berdasarkan 4 asrama yang ada di Hogwarts. Jadi jika dirimu pemuja siswa Gryffindor ya pilih merchandise di bagian asrama ini. Pengelompokan seperti ini akan memudahkan pembeli untuk memilih souvenir yang diminati.


Beraneka jenis barang ada di toko ini diantaranya: tentu saja novel Harry Potter versi berbahasa Inggris, tongkat sihir, topi, tas, kaos, alat tulis, gantungan kunci, magnet, mug, games, kandang burung hantu, koper.....hingga Hogwarts Acceptance Letter (Surat Penerimaan Murid Hogwarts)




Tapi, sayangnya karena tokonya enggak luas bener, maka masing-masing item, terutama yang laris manis jadi enggak lengkap ukurannya. Tapi gapapalah...

Oh ya, toko seperti ini ada di beberapa tempat lagi. Misalnya saat saya di Bandara Edinburgh ada toko merchandise Harry Potter juga...Dan lebih luas sebenarnya, tapi ya itu tadi karena sudah ditunggu jadwal tur, saya enggak bisa mampir ke sini.

Untuk harga variatif, misalnya untuk: key chain £5, 95 pensil £4,95 Sweater £25 Tongkat Sihir Harry Potter £33 Magnet £6,99 dan lainnya.

Bagus-bagus deh merchandisenya...kalau enggak inget sama kursnya, bakal banyak belanja deh saya. hahaha



Tips Mengunjungi  Platform 9 ¾  & The Harry Potter Shop at Platform 9 ¾


Nah, beberapa tips saat mengunjungi Platform 9 ¾  & The Harry Potter Shop at Platform 9 ¾, diantaranya:
  • Datang Lebih Awal

Saat toko buka jam 9 usahakan sudah di depannya jika memang berkeinginan foto barengan troli. Ini untuk meminimalkan antrian, karena kabarnya saat rush hour antrinya bisa sampai 1 jam
  • Jangan Kemalaman 

Tapi jangan juga kemalaman datang. Pengalaman, sepulang dari Edinburgh, saya singgah ke sini lagi - sambil lari-lari karena ngejar waktu biar enggak ditinggal rombongan. Bersama beberapa teman yang ingin berburu foto juga - dan di hari kemarinnya enggak kesampaian- saya bergegas ke Platform 9 ¾. Tapi zonk, kalau toko sudah tutup ternyata troli juga dikukuti hihihi. Jadi cukup berpuas diri foto di bawah tanda Platform 9 ¾ saja akhirnya.



  • Hati-hati Minta Bantuan


Seperti yang saya sebutkan di atas, kalau perginya sendiri mending ikut foto yang pakai bayar. Kecuali memang kita ada teman jadi bisa saling gantian pepotoan. Pokoknya hati-hati minta bantuan pada orang tak dikenal.

  • Skip the Line

Jika memang enggak mau punya waktu untuk antri, bisa bayar VIP Photo Pass untuk skip antrian dengan membayar £20 saat di kasir tadi. Jadi kita langsung difoto, enggak perlu nunggu giliran lagi. Tapi sayangnya saya tahu info ini setelahnya hahaha

  • Hati-hati Saat Belanja

The Harry Potter Shop at Platform 9 ¾ ini rameee sekali, maka berhati-hatilah dengan barang bawaan. Jangan sampai keasyikan milih souvenir unyuuu, dompet, atau hape melayang dari genggaman.




  • Bisa Bayar Pakai Kartu

Belanja di The Harry Potter Shop at Platform 9 ¾ bisa bayar pakai cash dan kartu debit/kredit. Kalau ke London-nya enggak bawa uang Pounds banyak, jangan khawatir, bebayaran dimana-mana sudah cashless. Bisa pakai debit maupun credit card. Juga ambil uang di ATM dengan mata uang setempat, menggunakan kartu ATM dari Indonesia mudah juga. (Duh, tips macam apa pula ini yaa...nyuruh orang ambil uang dan belanja lagi. Abaikan saja deh yaaa...πŸ™ˆπŸ˜)

  • Intip Dulu Harganya

Jadi sebelum ke The Harry Potter Shop at Platform 9 ¾  lebih baik intip dulu saja souvenir apa yang tersedia di sana, di akun  Harry Potter Platform 9 ¾. Jadi kita punya bayangan mau beli apa dan berapa kisaran dana yang mesti disiapkan nantinya.





Baiklaaah, sepertinya sudah semua diceritakan. Jadi sudah tahu jawabannya kan kenapa foto saya di lokasi pakai baju yang berbeda? Karena memang 2 kali datangnya hahaha

Demi apa coba?

Demi mimpi saat membaca serialnya yang setebal itu bukunya bisa saya selesaikan dalam 1-2 hari saja (kalau sekarang karena faktor U, enggak kuat lagi saya. U=urusan lain menunggu untuk dikerjakan 😁)

Ya sudah ya, saya mau praktekkin pegang tongkat sambil baca mantra cahaya: "Lumos" biar bisa hemat listrik di rumah saya.

Juga, "Wingardium Leviosa", mantra untuk membuat sesuatu bisa terbang, buat mobil suami saya biar bisa terbang menerjang macetnya Jakarta.

Atau buat dirimu yang jomblo bisa juga pakai tongkat sihir-nya dengan mantra untuk membuka pintu atau suatu benda yang terkunci. "Alohomora!" Buka hati gebetan saya. #Eaaaa…😁

Oh ya, cerita tentang United Kingdom yang lainnya ada di sini ya....


di toko Harry Potter Bandara Edinburgh

di toko Harry Potter Bandara Edinburgh




Salam dari seorang Muggle,



Dian Restu Agustina


#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day9































47 comments:

  1. Merchandise-nyaaaaa gemassshhh banget!
    Terutama sweater-nya akuu mupeengg!
    Moga2 segera ada rezeki cus ke Inggris, aaamiiinnn
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Duh keren banget nih tempatnya...Semoga someday bisa kesini... Bawa tongsis tetep perlu lah ya...hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa aja enggak papa, turis yang dari Asia rata-rata bertongsis ria kok haha

      Delete
  3. Whoaa mupeng banget liatnya. Aku kalau ke sana liat antrean begitu panjang sih pasti nyerah juga. Pilih ke tokonya aja buat bebelian barang2 Slytherin 😁

    ReplyDelete
  4. Kreatif dan tangggap juga ya pengelola stasiunnya. Malah jadi objek wisata gitu. Memang saya juga nggak bakalan melewatkan buat mengunjungi platform 9 3/4 kalau sempat ke sana secara kebayang terus novel dan film Harry Potternya. πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi tempat wisata sekarang
      Makanya di itinerary tur kan enggak ada, syukurnya ada beberapa teman pecinta Harry Potter juga, jadi deh bisa barengan haha

      Delete
  5. Kayaknya kalau saya yang berada di sana, gak hanya mengalah, deh. Bisa-bisa malah ikutan borong. Saya juga suka banget Harry Potter hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..beli juga sih Mbak..tapi memang banyakan merchandise untuk anak dan remaja item-nya

      Delete
  6. Luar biasa si potter ini, ya. Sampai dibikinin platform ini. Merchandisenya lo...byuhhh...gak nahan. Gemassss. Kalau ke sini kudu kekep dompet keknya. Kecuali udah niat mengikhlaskan kuras tabungan. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenan, Mbak...aku aja..pengin beliin anak, secara banyak barang anak-anak dengan segala bentuknya. Tapi kursnya, gilaa!!haha

      Delete
  7. Wah, penggemar Harry Potter wajib ke sini nih. Ada banyak pilihan buat kenang2an. Selain tempatnya asik dan seru. Ku mau tongkatnya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..
      Ku beli satu tongkatnya, yang replika punya Harry Potter

      Delete
  8. ih kenapa di taruh lagi, kan sweaternya bagus tuh.
    Klo nggak ingat dompet bisa jebol ya mbak, lihat barang-barang lucu gitu. apalagi belum buat yang jauh lokasinya, belum tentu ada kesempatan bisa ke sana lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya beli kaos aja..hahaha. Sweater di Jakarta jarang kepakai

      Delete
  9. Keren banget mbak sudah sampai platform 9 3/4, ini ceritanya jalan jalan berdua sama papanya doang mbak? Anak anak di rumah sama siapa?

    Btw asyik juga kalau bisa beli syal dan jaketnya. Mupeng ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak..jalan berdua suami sama grup tur. Anak-anak sama si Mbak yang biasa bantu tiap pagi, aku minta nginep di rumah seminggu sama suaminya juga, nemenin anak-anak ;D

      Delete
  10. Ini ponakanku mimpi bnget mau kesini mba,, jadi Tau nih triknya berharap bnget bisa jalan sama dia cnbta berat harpot

    ReplyDelete
  11. Aku suka Harry Potter tapi bukan penggemarnya sih Mbak. Tapi ini buat penggemar berat pasti sukak banget kalau bisa ke London ya, terlebih bisa foto-foto di Harry Pottter platform 9 3/4

    ReplyDelete
  12. Senang banget kesini kalau penggemar Harry POtter ya mba. Dan aku jadi pengen foto ala ala Harry POtter nembus dinding itu :)

    ReplyDelete
  13. Woho ... Plaform 3/4-nya beneran ada ternyata, ya? Yaaa ... Ada dalam arti nggak bisa ditembus gitu, hihihi ... Aduuuh, aku mupeng banget ya membayangkan foto sambil dorong troli lalu pasang wajah terkejut gitu ke arah dindingnya. Kalau Mbak Dian berpose gitu keren juga tuh, Mbak, hihihi ...

    ReplyDelete
  14. Aku kok ngefansnya sama Draco Malfoy ya mba, tapi ga mau masuk asrama Slytherin hehehee... ndak tau, kalo sama yang manis2 aja kayak genk Gryffindor koq kurang sreg :D Muggle macam mana iniiii...

    ReplyDelete
  15. Asik nih yang main ke Platform 9 3/4, berasa jadi siswi Hogwarts yaa. Wah kalo urusan antri mau foto aku juga bakal menyerah. Nah kudu warning banget ya kalo ketemu tempat belanja merchandise kayak gini, bahaya nih pengennya bayar dg debet card, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..mana sekarang kurs dari bank lokal Indinesia itu bagus..jadi ga perlu bawa cash banyak, pakai debit sungguh bisa dan menggoda

      Delete
  16. Duh mba.. Sebagai fans Harry Potter sejak dulu aku ngiri banget loh baca ini. Ya ampun mana marchandise nya lucu2. Lempar kesini napa mba? Haha.

    ReplyDelete
  17. foto-foto di Harry Pottter platform 9 3/4 buat fans berat Harpot pasti sesuatu ya. Apalagi bisa koleksi souvenirnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada yang sampe beli jubah dan koper Harpot..fans berat pasti

      Delete
  18. Wah ini wishlist yang jadi impiannya anakku mbak. Sesama pecinta Harry Potter pasti pengen main ke sini. Salam dari fansnya Draco Malfoy

    ReplyDelete
  19. Baru tahu soal platform 3/4 soalnya belum pernah baca Harry Potter. Cuma denger sekilas doang. Keren banget sih konsepnya, bakal betah sih kalau kesitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga betah sih, bahaya kalau betah..banyak yang melayang..belanja teruus hihi

      Delete
  20. Aaaakk...
    Im a Potterhead.

    Surely baca HarryPotter janya butuh sehari semalam.
    Hahaha...dan memang sekarang gak kaya jaman dulu yaa...minim distraksi.

    Salam Wingardium Leviosa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang baca beberapa halaman aja sehari perlu perjuangan..kwkkw

      Delete
  21. Store nya bersih, rapi dan nyaman yaik. aamiinkabar ba mba,s ebaba jadi bisa nyari dan lhat langsung . btw ini kayaknya senang banget ya nam noga pulangnya ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..sebenarnya agak crowded storenya dan numpuk karena tempat terbatas, barang banyak

      Delete
  22. Wouwww ada beneran yah, sampe segitunya. Jujur aq jg fans banget sama Harry Potter tp gk smpe fanatik sih hehehe, beruntung bgt mba bisa berkunjung langsung di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga fanatik, mbak..tapi baca komplit bukunya
      Pas di sana aja mumpung. Kalau yang ga baca ya merasa aneh

      Delete
  23. Belum pernah baca buku Harry Potter.
    Dulu pernah nonton filmnya saja, mba
    ... dan aku syukak!

    ReplyDelete
  24. Kalau saya udah sampai sana aja, bersyukur banget apalagi musti beli oleh2, palingan cukup magnet kulkas sebiji aja udah seneeeng banget hehee

    ReplyDelete
  25. Harry Potter impianku bisa ke tempat ini karena zaman kuliah aq koleksi berhubungan Harry Potter bukan novelnya yah hehehe. Kalo kesini aq khilaf kali

    ReplyDelete