Partisipasi Tatalogam Group dalam Pameran Konstruksi Indonesia 2019




"Domus Revo merupakan pengembangan Domus, rumah permanen yang memungkinkan untuk dibangun secara cepat, minimal 5 hari kelar!"


Siapa sangka empat orang bisa membangun hunian tetap (huntap) hanya dalam waktu lima hari saja. Inovasi ini bisa menjadi pertimbangan para pengembang properti yang kini masih melakukan dengan cara konvensional.

Memang secara konvensional pembangunan sebuah hunian bisa menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan. Tapi, PT Tatalogam Lestari menawarkan pembangunan huntap hanya dengan lima hari. Dan, Tatalogam Lestari menamakan inovasi ini: Domus, yang merupakan rumah permanen instan dan tahan gempa.

Ya, Tatalogam Lestari menghadirkan pembangunan hunian tetap dengan cara instan didasari pada lamanya waktu pembangunan dengan cara konvensional. Tak hanya itu perusahaan yang fokus dalam industri baja ini melalui aneka produk lainnya juga ingin lebih berpartisipasi aktif dalam pembangunan bersama pemerintah dan BUMN lainnya untuk Indonesia yang lebih baik, yang dapat dilaksanakan secara cepat tanpa mengabaikan kekuatan dan keindahan strukturnya.

Maka, tak heran Tatalogam Group kembali ikut berpartisipasi dalam Pameran Konstruksi Indonesia 2019, yang berlangsung pada 6 -8 November 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. 







Tatalogam Group dan Peran Serta dalam Rekonstruksi Bencana di Indonesia



Nah, peran serta Tatalogam Group memang telah dimulai dan ditunjukkan dengan keterlibatannya dalam pembangunan rekonstruksi pasca bencana di wilayah Lombok, Palu dan Konawe. Bekerja sama dengan Kementerian PUPR dan BNPB, Tatalogam Group melakukan percepatan pembangunan hunian tetap bagi warga korban bencana di wilayah-wilayah tersebut dengan menerapkan teknologi DOMUS. Yang mana rekonstruksi ini melibatkan tenaga personel TNI/Polri dalam pelaksanaan pembangunannya di lapangan. Sebelum dilibatkan, tenaga personel TNI/Polri menjalani pelatihan dan sertifikasi yang diselenggarakan oleh Tatalogam Group, bekerja sama dengan kementerian PUPR dan LPJK provinsi setempat.

Sebagai perusahaan PMDN, Tatalogam Group berkomitmen untuk menggunakan baja dalam negeri guna mendukung pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan di Indonesia. Serta mendukung adanya informasi ketersediaan material dan peralatan konstruksi, sebagai informasi rantai pasok yang akurat dan komprehensif. Itulah sebabnya keikutsertaan dalam Pameran Konstruksi Indonesia menjadi penting adanya.





Presiden Joko Widodo dalam Pameran Konstruksi Indonesia 2019



Sementara, secara bersamaan Pameran Indonesia Infrastructure Week (IIW), Konstruksi Indonesia (KI) dan Intertraffic Indonesia resmi dibuka pada Rabu, 6 November 2019. Tiga pameran infrastruktur konstruksi dan konektivitas terbesar di Indonesia ini di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Bertempat di Jakarta International Expo Kemayoran, pameran akan diselenggarakan dari tanggal 6 November hingga 8 November 2019. Hadir kurang lebih 240 exhibitor dari 20 negara dengan latar belakang infrastruktur jalan, jembatan, konstruksi, alat berat, teknik sipil dan lainnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan dalam sambutannya bahwa, gelaran pameran ini sangat penting diadakan sebagai wujud keseriusan Indonesia untuk mengejar ketertinggalan pembangunan dari negara lain.

"Meskipun lima tahun ke depan kita mengedepankan SDM, pembangunan infrastruktur juga jangan ditinggal. Justru harus dikebut lebih cepat, kita harus tetap fokus," kata Presiden Jokowi lagi.




Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya berbagai alternatif sumber pendanaan untuk memenuhi pembiyayaan yang diperlukan. Presiden meminta agar setiap alternatif pembiayaan yang mungkin dilakukan terus dielaborasi. Hal tersebut, menurut Presiden Jokowi, dinilai penting dilakukan mengingat kebutuhan biaya pembangunan infrastruktur sangat besar.

"Partisipasi sektor swasta melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha, alternatif pembiayaan investasi non-pemerintah, serta green finance sebagai sumber pembiayaan inovatif, semuanya perlu terus dikembangkan," tegas Jokowi.

Sehingga diperlukan pula kebijakan dan fasilitas yang mendukung kemudahan untuk berinvestasi, agar berbagai inovasi pembiayaan tersebut dapat dilaksanakan. 

"Yang harus segera diselesaikan dalam waktu cepat adalah harmonisasi dan penyederhanaan peraturan untuk berinvestasi. Dengan demikian investor tidak ragu-ragu lagi menanamkan modalnya di negara kita," tegas Jokowi.

Presiden menegaskan pula bahwa pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas di samping pembangunan SDM untuk perbaikan daya saing dan pemerataan ekonomi. Presiden juga menegaskan agar pembangunan infrastruktur jangan terlalu banyak menggunakan barang impor, dan bisa menyerap tenaga kerja maupun partisipasi UKM.

Harapan Presiden, dengan adanya pameran ini bisa mendorong para profesional dalam bidang konstruksi untuk bertukar pikiran agar pembangunan nasional di Indonesia dapat terakselerasi.




Tatalogam Lestari Mempersembahkan Rumah "Murah" Domus Revo


Sejalan dengan tujuan pembangunan nasional, sebagai sektor swasta yang ikut berperan serta di dalamnya, PT Tatalogam Lestari menawarkan solusi di bidang konstruksi dengan teknologi "rumah murah" Domus tadi.

Yess, jaman sekarang punya rumah enggak harus mahal. Rumah ‘murah’ pun kalau nyaman ditinggali kenapa enggak, ye kan?

PT Tatalogam Lestari menawarkan rumah harga ‘murah’ yang lebih dari nyaman. Domus Revo namanya. Selain pembangunannya cepat, durabilitasnya juga diklaim lebih kuat dan tahan gempa.

Domus Revo merupakan pengembangan Domus, rumah permanen yang memungkinkan untuk dibangun secara cepat, minimal 5 hari kelar! Penampakannya persis Domus, bedanya ada pada cara pengiriman barang dan cara bangunnya.

“Komponen Domus Revo di-packing terpisah sehingga dalam kargo pengirimannya ukuran space-nya lebih praktis dan efisien. Satu container bisa untuk membangun 30 unit rumah,” ujar Vice President PT Tatalogam Lestari Stephanus Koeswandi 

Produk berupa batangan baja ini dibangun dengan sistem knock down (rakit). Pada packing-an komponen diberi label penjelasan tata cara merakit sehingga konsumen tinggal mengikuti langkah-langkahnya. Pabrikan juga sudah melubangi panel sehingga konsumen tinggal merangkai dengan baut.

“Kalau produk sebelumnya harus potong-potong panelnya, Domus Revo tinggal plug and play. Satu hari bisa berdiri frame-nya,” ungkap Stephanus lagi.

Nah, karena kepraktisannya ini, Domus Revo cocok untuk penanganan bangunan sementara pasca bencana. “Enggak perlu bangun tenda. Pakai produk ini lebih kuat dan aman jadinya. Sistemnya juga bongkar pasang, jadi enggak perlu ukur-ukur lagi. Instalasinya kilat sehingga bisa difungsikanlebih cepat  ,” ujarnya.

Domus Revo menawarkan tipe rumah 30, 36 dan 45 m2 seharga Rp2,2 juta/m2 (terpasang). Stephanus menggambarkan hitungan ekonomis menggunakan produknya dibanding rumah konvensional. 

“Itu sudah termasuk dinding, lantai, penutup plafon, kloset plus keran dan pintu terpasang, juga instalasi listrik dan air. Kalau rumah konvensional harga borongan material minim Rp3,5 juta per meter persegi. Tipe 21 m2 sekitar Rp70-75 jutaan. Kadang biaya itu belum termasuk jasa tukang Rp100-150 ribu per hari. Jelas produk kami jauh lebih irit,” paparnya.






Bangun Kuat Cepat untuk Bangunan Ukuran Besar



Sementara untuk mengakomodir bangunan ukuran besar seperti sekolah, kandang ayam, lapangan futsal, gedung olah raga, pasar, pabrik dan rumah sakit sementara pasca bencana, Tatalogam melansir Purlin, profil baja ringan hitensile dengan bentuk kanal C.

Material terbuat dari galvanis dengan taburan Zinc 180 gram/m2, sehingga diklaim awet dalam jangka panjang, baik untuk area luar (outdoor) maupun dalam (indoor).

“Dengan yield stress 450 Mpa, kekuatannya dua kali lipat lebih kuat dari baja konvensional yang hanya 240 Mpa,” ujar Stephanus.

Bentangan maksimal tanpa kolong di tengah mencapai 30 meter. Tinggi portal sampai 6 meterdengan kemiringan atap 5 hingga 25 derajat. Kanal bisa diaplikasikan pada bangunan dua lantai.

Purlin dapat diaplikasikan pada gording atap dan dudukan cladding. Pada bagian tengah bentang, Purlin dilengkapi Sag Rod, penghubung gording yang satu dengan gording yang lain berfungsi untuk mencegah melengkungnya gording. Gording sendiri fungsinya sebagai pengikat dengan penutup atap.

“Karena aplikasinya yang cepat, maka kita sebut Bangunan Kuat Cepat,” jelasnya. Produk dibandrol Rp1-1,2 juta/m2 (terpasang).





Tatalogam Lestari Bangun 3.000 Unit Rumah



Kendati baru dirilis sekitar dua tahun lebih, respon masyarakat terhadap rumah instan Domus terbilang bagus. Sepanjang 2018, Tatalogam melayani permintaan sedikitnya 3.000 unit rumah di sejumlah wilayah di Indonesia. Tahun ini penjualan ditargetkan tumbuh 50 persen dibanding tahun lalu.

“Kapasitas produksi kami dilihat dari tonase baja sekitar 15-20 ribu ton per bulan,” aku Stephanus.

Bermodal bahan dasar baja ringan, menjadi salah satu kunci pembangunan suatu hunian menjadi lebih cepat. Pada dasarnya, pembangunan huntap Domus ini sama dengan hunian pada umumnya, yaitu pondasi dengan beton. Namun, yang membedakan adalah rangka bangunan, kolom praktis, dan rangka atap menggunakan baja ringan.

Selanjutnya, Domus hunian tetap instan ini juga menggunakan kombinasi dinding bata ringan, genteng metal. Pelaksanaannya tinggal dirakit sesuai kebutuhan. Jadi tidak perlu menunggu coran kering dulu, pengerjaannya bisa paralel. Sehingga penyelesaian satu hunian tetap selama lima hari hitungannya untuk rumah tipe 21. Di mana melibatkan empat orang tukang.

Oh ya, teknologi Domus ini bisa diaplikasikan juga untuk bangunan rumah tinggal, pasar, ruko, pabrik, gudang, dan lain-lain.

Dengan kemampuan kecepatannya dalam proses membangun tersebut menjadikan Domus sebagai teknologi yang cocok dalam membangun rumah bagi korban bencana alam. Harga untuk satu unit rumah pun terbilang murah. Untuk tipe 21 ditaksir sekitar Rp 30-70 jutaan.

Adapun, cara untuk memesannya terbilang mudah yaitu bisa melalui aplikasi SiMantAPP. Aplikasi itu bisa diunduh pada smartphone dan tersedia untuk android dan apple. Dari aplikasi tersebut, terdapat pilihan tipe rumah dan estimasi harga.

Jadi ada paket rangka, paket putih, dan paket komplit:
  1. Paket rangka: hanya sebuah kerangka hunian meliputi rangka praktis, kuda-kuda, plafon, genteng, dan cladding. 
  2. Paket putih: merupakan tambahan dari paket rangka yang meliputi bata ringan, roster keramik, kloset, kran, jendela, dan pintu penutup plafon.
  3. Paket komplit: juga tambahan dari paket putih yang meliputi plesteran plus aci bagian dalam dan luar rumah, serta pengecatan.

Nah, gimana, teman-teman tertarik dengan rumah permanen instan yang tahan gempa dan hemat biaya? Cus.....pilih DOMUS Revo dari PT Tatalogam Lestari saja. Yuks, kepoin langsung aneka produk kerennya ya!😍





IG: @simantap | Twitter: @tatalogam 






Cheers,

Dian Restu Agustina

1 comment:

  1. kosntruksi tahan gempa memang sangat penting ya mbak dian
    apalagi negara kita rawan bencana
    dari bawah sampai atas harus direncanakan dengan matang

    ReplyDelete